Cara Mengatasi Keputihan Saat Hamil
Kehamilan

Cara Mengatasi Keputihan Saat Hamil

Oktober 12th 2022

Keputihan saat hamil merupakan hal yang sering dialami oleh perempuan. Keputihan dapat terjadi sejak seorang perempuan mengalami pubertas hingga menopause. Karena sering terjadi sepanjang hidupnya, keputihan sudah seperti teman bagi sebagian besar perempuan.

Akan tetapi, tidak semua keputihan saat hamil merupakan hal yang wajar. Sering mengalami juga bukan berarti keputihan saat hamil adalah hal yang sama sekali tidak mengganggu. Berikut adalah berbagai penyebab keputihan serta cara mengatasi keputihan saat hamil dengan relatif aman.

Apa itu keputihan?

ilustrasi pengertian keputihan
Sumber gambar

Keputihan merupakan keluarnya cairan bening dan kadang agak putih dari vagina. Berdasarkan strukturnya, keputihan bisa saja cair atau kental. Hal tersebut tergantung seberapa banyak rasio antara cairan dan sel yang berada dalam keputihan itu sendiri.

Keputihan merupakan mekanisme alami dari dalam tubuh untuk melindungi organ reproduksi wanita. Hal tersebut karena keputihan dapat mencegah masuknya bakteri dari vagina menuju serviks, hingga organ reproduksi lain yang lebih atas (rahim dan sel telur). Akan tetapi, tidak semua keputihan dikatakan. Ada beberapa jenis keputihan yang mengindikasikan adanya infeksi atau penyakit lain.

Penyebab terjadinya keputihan

ilustrasi penyebab keputihan
Sumber gambar

Proses kehamilan merupakan salah satu penyebab keputihan saat hamil. Akan tetapi, masih ada banyak sebab terjadinya keputihan. Berikut adalah beberapa penyebab, baik yang normal maupun tidak normal.

Perubahan hormonal

Keputihan sering muncul menjelang haid. Hal tersebut berkaitan dengan fluktuasi hormon estrogen sebelum dan sesudah haid. Keputihan yang normal biasanya jernih, cair, dan tidak berbau. Hubungi dokter ketika keputihan yang Anda alami mulai menunjukkan warna, kekentalan yang tak wajar, bau, atau busa.

Kehamilan

Kehamilan merupakan penyebab normal terjadinya keputihan saat hamil. Sama seperti keputihan menjelang haid, keputihan saat hamil juga dipengaruhi hormon. Pada saat hamil, terjadi fluktuasi hormon estrogen, progesteron, dan hCG. Serviks dan vagina juga menjadi lebih lembut selama hamil. Keputihan saat hamil dapat terjadi sejak 2 minggu setelah pembuahan, bahkan ketika Anda belum mengalami keterlambatan haid.

Infeksi dan inflamasi

Infeksi dan inflamasi merupakan penyebab keputihan saat hamil yang tidak wajar. Keputihan tanda infeksi biasanya lebih kental, berwarna (hijau, kuning, putih susu, dan sebagainya), bergumpal, berbusa, hingga berbau. Jika ada satu saja dari karakteristik tersebut, kemungkinan keputihan yang Anda alami disebabkan oleh infeksi.

Keputihan akibat infeksi dapat dicegah dengan mengurangi frekuensi bergonta-ganti pasangan. Penggunaan kondom juga penting untuk mencegah penularan dari alat kelamin. Selain itu, berhenti menggunakan sabun kewanitaan yang terlalu asam atau basa agar tak mengganggu kehidupan flora normal pelindung vagina.

Keganasan

Salah satu sebab keputihan yang paling dikhawatirkan adalah keganasan. Keganasan yang cukup sering mengakibatkan keputihan adalah kanker serviks. Kanker serviks dapat terjadi apabila ada inflamasi pada serviks dan terdapat virus yang masuk melalui area inflamasi tersebut.

Kini Anda dapat mencegah kanker serviks sejak dini dengan melakukan vaksinasi HPV. Ada pula pap smear yang dapat dilakukan segera setelah Anda mulai berhubungan seksual pertama kali. Kanker serviks merupakan satu-satunya jenis kanker yang terbukti memiliki metode pencegahan cukup efektif. Oleh karena itu, jangan sampai Anda terlewat melakukan pencegahan tersebut.

Cara mengatasi keputihan saat hamil

ilustrasi mengatasi keputihan saat hamil
Sumber gambar

Keputihan saat hamil biasanya merupakan hal yang normal. Akan tetapi, bagaimana pun juga hal tersebut sangat mengganggu. Berikut adalah beberapa cara aman untuk mengatasi keputihan saat hamil.

Hindari penggunaan sabun pada vagina

Maraknya sabun kewanitaan di pasaran bukan berarti produk tersebut baik untuk digunakan. Hindari sabun yang mengandung pewangi bila Anda memiliki kulit sensitif. Hal itu akan menimbulkan gejala alergi dan iritasi pada vagina seperti gatal dan kemerahan.

Hindari pula sabun yang memiliki klaim asam atau terlalu basa. Pada dasarnya, ketidakseimbangan tingkat keasaman dapat membunuh flora normal di vagina. Apabila flora normal vagina terganggu, risiko infeksi akan meningkat.

Memilih celana dalam yang nyaman

Pakailah celana dalam yang longgar dan nyaman. Celana dalam yang ketat akan menghambat sirkulasi udara di daerah kemaluan. Vagina akan berkeringat dan basah sehingga mengundang timbulnya jamur. Infeksi jamur pada vagina merupakan salah satu penyebab keputihan saat hamil yang sulit untuk diobati.

Mencukupi nutrisi selama hamil

Tahukah Anda ternyata kecukupan nutrisi berpengaruh pada kejadian keputihan saat hamil? Perempuan dengan daya tahan tubuh rendah lebih rentan terserang infeksi. Contohnya mereka yang mengidap penyakit diabetes, HIV, dan sebagainya.

Ibu hamil pun sebenarnya termasuk dalam golongan orang yang mengalami penurunan daya tahan tubuh bermakna. Nutrisi yang tepat akan meningkatkan daya tahan tubuh sehingga tidak mudah terserang infeksi. Tes nutrigenomik dapat dilakukan untuk membantu mengetahui dan memenuhi kebutuhan nutrisi Anda.

Melakukan perawatan prenatal rutin

Perawatan prenatal rutin wajib dilakukan setiap ibu hamil. Salah satu komponen dalam kegiatan ini adalah pemeriksaan USG. Selain USG, Anda juga dapat melakukan tes NIPT untuk mendeteksi kelainan kromosom maupun jenis kelamin janin dalam kandungan. Tes NIPT dapat dilakukan sejak usia kehamilan 10 minggu baik atas saran dokter atau permintaan sendiri.

Anda dapat melakukan pemeriksaan USG maupun berkonsultasi dengan dokter kandungan bila mencurigai keputihan saat hamil yang memiliki karakteristik tidak normal. Langkah ini bukan merupakan upaya pencegahan, melainkan pengobatan.

BACA JUGA: NIPT Test, Metode untuk Cek Kondisi Janin Sejak Dini

Apabila tidak dapat mencegah terjadinya keputihan saat hamil, Anda tidak perlu merasa panik. Kadang kecemasan berlebih justru akan memperparah keputihan yang terjadi. Selalu aplikasikan pola hidup sehat dan berkonsultasilah ke dokter untuk menyelesaikan berbagai persoalan selama masa kehamilan.

Sumber:

  1. https://www.mayoclinic.org/symptoms/vaginal-discharge/basics/causes/sym-20050825
  2. https://www.nhs.uk/pregnancy/related-conditions/common-symptoms/vaginal-discharge/#:~:text=It%20is%20normal%20to%20have,%2C%20jelly%2Dlike%20pink%20mucus
  3. https://www.healthline.com/health/pregnancy/vaginal-discharge-during-pregnancy#What-causes-changes-to-vaginal-discharge?

Temukan pengalaman baru cek kesehatan dengan mengetahui masa depanmu!

DAFTAR KONSULTASI GRATIS

Connect with us on instagram

@tanyadna.id