Tips Cara Menghitung Usia Kehamilan dengan Mudah
Kehamilan

Tips Cara Menghitung Usia Kehamilan dengan Mudah

Juni 11th 2022

Cara menghitung usia kehamilan dapat dilakukan dengan berbagai cara. Normalnya bayi dilahirkan di usia kehamilan 38-40 minggu.

Apakah saat ini Anda sedang menjalani program hamil? Jika iya, maka sebaiknya Anda juga mulai mengetahui berbagai hal terkait kehamilan, termasuk tanda-tanda kehamilan, bagaimana perkembangan bayi dari minggu ke minggu, pentingnya mendapatkan NIPT test, dan yang terpenting adalah cara menghitung usia kehamilan.

Umumnya sebagian besar kehamilan berlangsung sekitar 38-40 minggu sejak pembuahan. Namun, tidak semua kehamilan sama, lho. Kehamilan wanita yang satu dengan yang lain bisa berbeda-beda. Orang sering salah memperkirakan usia kehamilan karena sebenarnya untuk menghitungnya dengan akurat, Anda harus tahu jadwal ovulasi dan periode menstruasi terakhir. Usia kehamilan juga dapat diketahui dengan pemeriksaan USG, yang sekaligus dapat mengetahui ukuran pertumbuhan janin di dalam rahim, berapa banyak air ketuban di dalam rahim, dan juga perkembangan janin dari minggu ke minggu.

Cara menghitung usia kehamilan

ilustrasi tips cara menghitung usia kehamilan
Sumber gambar

Ada beberapa cara yang dapat digunakan untuk mendapatkan perhitungan usia kehamilan yang akurat. Yuk simak apa saja cara yang bisa digunakan!

Cara menghitung usia kehamilan melalui periode menstruasi

Menghitung usia kehamilan melalui periode menstruasi adalah salah satu cara terbaik memperkirakan hari perkiraan lahir bayi. Anda dapat menghitungnya 280 hari dari hari pertama periode menstruasi terakhir.

Salah satu rumus lain yang digunakan untuk menghitung usia kehamilan berdasarkan periode menstruasi adalah rumus Naegele. Caranya adalah sebagai berikut:

  • Catat tanggal menstruasi terakhir Anda
  • Tambahkan satu tahun
  • Tambahkan tujuh hari
  • Pindahkan tanggal ke tiga bulan ke belakang

Misalnya begini:

  • Hari pertama hari terakhir Anda adalah 11 Agustus 2021 maka,
  • Tambahkan satu tahun menjadi 11 Agustus 2022
  • Tambahkan 7 hari menjadi 18 Agustus 2022
  • Pindahkan tanggal tiga bulan ke belakang menjadi 18 Mei 2022
  • Maka hari perkiraan lahir akan jatuh pada 18 Mei 2022

Cara menghitung usia kehamilan melalui ovulasi

ilustrasi aplikasi kehamilan
Sumber gambar

Menghitung usia kehamilan melalui ovulasi agak sedikit berbeda dari perhitungan menggunakan periode menstruasi. Usia kehamilan dan hari perkiraan lahir dianggap lebih akurat saat dihitung menggunakan ovulasi dibandingkan periode menstruasi. Syaratnya, Anda harus tahu kapan Anda berovulasi atau tahu siklus rata-rata ovulasi Anda.

Beberapa wanita memiliki siklus yang konsisten setiap bulannya, dengan rata-rata siklus 28 hari. Separuh dari siklus ini, yaitu 14 hari adalah waktu dari ovulasi ke periode menstruasi berikutnya. Jika misalnya siklus Anda berlangsung selama 35 hari, maka Anda mungkin berovulasi pada hari ke-21.

Setelah mengetahui periode ovulasi, Anda dapat menghitung usia kehamilan dan kapan hari perkiraan lahir menggunakan roda kehamilan. Perhitungan roda kehamilan adalah yang paling sering digunakan oleh dokter maupun bidan untuk menghitung usia kehamilan dan hari perkiraan lahir.

Cara menghitung usia kehamilan melalui pemeriksaan USG

ilustrasi hasil usg
Sumber gambar

Apabila Anda tidak tahu kapan hari terakhir periode menstruasi atau Anda tidak yakin kapan ovulasi terjadi, Anda masih bisa menghitung usia kehamilan melalui pemeriksaan USG.

Pemeriksaan USG pada trimester pertama kehamilan (sebelum 13 minggu) dapat digunakan untuk mengetahui usia kehamilan, memberikan perkiraan tanggal persalinan, atau tanggal jatuh tempo periode terakhir kehamilan. Pun demikian, tidak semua wanita hamil bisa mendapatkan pemeriksaan USG dini. Umumnya dokter akan merekomendasikan pemeriksaan USG lebih dini apabila Anda memiliki jadwal menstruasi tidak teratur dan membutuhkan USG untuk mengonfirmasi kehamilan, Anda berusia 35 tahun atau lebih, Anda memiliki riwayat keguguran atau komplikasi kehamilan.

Pemeriksaan USG biasanya dilakukan melalui dua cara, yaitu:

USG transvaginal

Adalah pemeriksaan USG yang dilakukan melalui vagina pada usia kehamilan 9-13 minggu. Selama pemeriksaan, dokter akan memasukkan alat melalui vagina dan mengukur panjang janin dari ubun-ubun hingga ke bokong janin. Dari situlah diketahui usia kehamilan, dan tanggal perkiraan lahir janin.

USG biparietal diameter (BPD)

Pemeriksaan USG ini dianggap sebagai metode ukur yang lebih akurat dari lainnya, pemeriksaan ini mengukur diameter tengkorak bayi. Hasil pengukuran yang akurat menunjukkan berapa usia bayi saat ini dan bagaimana pertumbuhan bayi di dalam rahim.

Cara menghitung usia kehamilan melalui tanggal IVF

ilustrasi proses pembuahan
Sumber gambar

Fertilisasi in vitro (IVF) adalah serangkaian prosedur yang digunakan untuk membantu mengatasi masalah kesuburan, mencegah masalah genetik atau membantu keberhasilan kehamilan. Dalam proses salah satu metode program hamil ini, telur matang dikumpulkan dari ovarium dan dibuahi oleh sperma di laboratorium. Sel telur yang telah dibuahi kemudian dipindahkan ke dalam rahim.

Satu siklus penuh IVF membutuhkan waktu sekitar tiga minggu, di mana setiap tindakan yang dilakukan akan dicatat detail proses dan waktu pelaksanaannya.

Saat Anda menjalani program IVF maka tanggal jatuh tempo kehamilan tidak akan pernah berubah. Usia kehamilan dan tanggal perkiraan lahir tidak lagi dipengaruhi oleh tanggal pembuahan atau hari pengambilan sel telur, mereka akan ditentukan oleh kapan transfer embrio dilakukan dan usia embrio pada saat ditransfer ke dalam rahim.

Pentingnya mengetahui usia kehamilan

Mengetahui usia kehamilan merupakan salah satu informasi penting yang digunakan untuk mengetahui kapan hari perkiraan bayi dilahirkan. Dokter atau bidan menggunakan usia kehamilan untuk memantau perkembangan dan pertumbuhan janin di dalam rahim, apakah sesuai dengan yang seharusnya atau tidak.

Pengetahuan tentang usia kehamilan juga penting bagi dokter dan bidan untuk membuat keputusan intervensi persalinan, misalnya karena kondisi tertentu seperti preeklamsia yang menyebabkan bayi harus dilahirkan lebih dini.

BACA JUGA: NIPT Test, Metode untuk Mengetahui Kondisi Janin Sejak Dini

Setelah usia kehamilan diketahui, Anda bisa ikut memantau perkembangan dan pertumbuhan janin dari minggu ke minggu. Anda juga bisa tahu kapan Anda bisa mengajaknya ngobrol, memutarkan lagu untuknya, atau mengajaknya bermain hingga saat persalinan nanti.

Sumber:

  1. https://www.babylist.com/hello-baby/count-pregnancy-weeks
  2. https://www.whattoexpect.com/due-date/calculator/
  3. https://www.verywellfamily.com/how-many-weeks-pregnant-am-i-2758651
  4. https://www.healthline.com/health/pregnancy/your-due-date#irregular-periods
  5. https://www.mayoclinic.org/tests-procedures/in-vitro-fertilization/about/pac-20384716

Temukan pengalaman baru cek kesehatan dengan mengetahui masa depanmu!

DAFTAR KONSULTASI GRATIS

Connect with us on instagram

@tanyadna.id