Tentang Batas Telat Haid Pada Wanita dan Penyebabnya
Kesehatan

Tentang Batas Telat Haid Pada Wanita dan Penyebabnya

Juli 21st 2022

Batas telat haid sebaiknya tidak boleh dianggap sebagai hal sepele. Telat haid bisa disebabkan oleh kehamilan atau juga justru kondisi kesehatan tertentu yang perlu diwaspadai.

Normalnya, semua wanita akan mengalami haid setiap bulannya. Wanita yang menjalani program hamil tentunya akan senang ketika haid terlambat datang atau tidak datang. Telat haid pada sebagian orang sebenarnya adalah hal yang wajar, yang biasanya muncul sebagai salah satu tanda kehamilan. Tetapi apabila tidak terjadi kehamilan dan Anda terus menerus mengalami telat haid, sebaiknya Anda mulai waspada akan kondisi tertentu yang menjadi penyebabnya.

Seringkali telat haid selama berminggu-minggu bahkan berbulan-bulan mungkin yang mempengaruhi kesulitan kehamilan yang Anda alami, dan mungkin menggagalkan program hamil Anda. Dalam pembahasan kali ini, Anda akan tahu berapa lama sebenarnya batas toleransi telat haid dalam kondisi normal.

Batas telat haid berapa lama?

ilustrasi lama batas telat haid
Sumber gambar

Apakah selama ini Anda memperhatikan dan membuat catatan tentang periode menstruasi Anda? Bila belum pernah melakukannya, maka Anda bisa mulai membuat catatan kapan periode menstruasi dimulai dan kapan berakhir. Normalnya, bila tidak ada kondisi tertentu yang mempengaruhi maka periode menstruasi akan dimulai dalam 21-35 hari dihitung dari hari terakhir periode menstruasi sebelumnya.

Apabila siklus menstruasi Anda teratur, maka setelah 28 hari Anda akan mengalami menstruasi lagi pada hari ke-29. Bila pada hari ke-29 menstruasi belum muncul maka Anda mengalami terlambat haid. Demikian juga bila biasanya siklus menstruasi Anda adalah 32 hari, bila sampai hari ke-33 menstruasi belum datang, maka Anda dinyatakan terlambat haid.

Terlambat haid selama beberapa hari, secara teknis bukanlah hal yang perlu dicemaskan. Namun bila dalam 6 minggu berturut-turut Anda belum mengalami menstruasi, maka sebaiknya Anda waspada terhadap beberapa kondisi kesehatan yang melatarbelakanginya.

Sudah tahu belum, inilah penyebab telat haid

ilustrasi penyebab telat hamil
Sumber gambar

Telat haid tidak hanya disebabkan oleh kehamilan. Beberapa kondisi umum hingga yang mengkhawatirkan dapat menyebabkan telat haid, misalnya seperti berikut ini:

Stres menyebabkan telat haid

Stres kronis dapat menyebabkan fluktuasi hormon yang mempengaruhi periode menstruasi, rutinitas harian dan bahkan mempengaruhi bagian otak yang bertanggung jawab untuk mengatur menstruasi. Seiring waktu, stres terus menerus dapat menyebabkan penyakit lain, kenaikan atau penurunan berat badan secara tiba-tiba.

Saat stres memuncak, otak akan memberitahu sistem endokrin untuk membanjiri tubuh dengan hormon yang mengaktifkan fight or flight, yang juga menekan sistem reproduksi untuk menghindari ancaman yang bisa terjadi. Pada akhirnya, Anda akan berhenti berovulasi untuk sementara, yang pada gilirannya akan menunda menstruasi Anda.

Diet yang terlalu ketat

Diet terlalu ketat memang terkadang menunjukkan hasil memuaskan karena Anda berhasil menurunkan berat badan. Tetapi dalam diet ketat sebenarnya bukan berat badan Anda saja yang berubah, periode menstruasi pun ikut terpengaruh.

Anda harus tahu bahwa penurunan berat badan ekstrem mempengaruhi keseimbangan hormon yang pada akhirnya menyebabkan haid datang terlambat atau berhenti untuk beberapa waktu. Pembatasan kalori yang terlalu ketat bahkan juga mempengaruhi otak untuk memerintahkan sistem endokrin dan memberi instruksi untuk menghentikan kerja hormon reproduksi. Di sinilah kemudian kekacauan terjadi sehingga haid datang terlambat hingga berminggu-minggu atau berbulan-bulan.

Berolahraga terlalu berlebihan

ilustrasi olahraga berlebihan
Sumber gambar

Semangat untuk berolahraga demi menurunkan berat badan terkadang bisa sangat berlebihan. Memang benar untuk menurunkan berat badan berarti Anda harus mengeluarkan kalori lebih banyak daripada kalori yang masuk. Namun bila dilakukan berlebihan, hingga latihan berjam-jam setiap hari, bukanlah berat badan ideal yang tercapai, melainkan kelelahan, cedera otot bahkan tidak hadirnya menstruasi.

Sama seperti ketika Anda membatasi asupan kalori dengan diet, saat Anda membakar terlalu banyak kalori, tubuh tidak akan memiliki banyak energi untuk menjalankan fungsinya dengan baik. Pada akhirnya, olahraga berlebihan akan menyebabkan haid Anda datang terlambat.

Penyakit Polycystic ovary syndrome (PCOS)

Polycystic ovary syndrome (PCOS) adalah penyakit yang ditandai dengan ketidakseimbangan hormon reproduksi. Ciri utama seorang wanita mengalami PCOS adalah menstruasi tidak teratur dan sering datang terlambat. PCOS juga ditandai dengan gejala seperti munculnya jerawat di wajah dan tubuh, rambut mengalami kerontokan, kesulitan menurunkan berat badan dan berat badan mudah naik, munculnya bercak gelap di area leher, di bawah payudara maupun selangkangan, adanya skin tags di area leher dan ketiak, ketidaksuburan.

PCOS meningkatkan risiko kesehatan serius seperti diabetes tipe 2, tekanan darah tinggi, problem dengan pembuluh darah jantung, dan kanker rahim.

Penggunaan alat kontrasepsi hormonal

Alat kontrasepsi hormonal sangat mempengaruhi hormon di dalam tubuh. Selain mencegah kehamilan, terkadang alat kontrasepsi ini mempengaruhi ovulasi sehingga haid datang terlambat. Apabila Anda menghentikan penggunaannya, dalam beberapa waktu Anda akan kembali mendapatkan periode menstruasi normal.

Jika Anda merasa bahwa alat kontrasepsi hormonal justru mengganggu periode menstruasi, Anda bisa memilih alat kontrasepsi non hormonal sebagai alternatif lain untuk mencegah kehamilan.

Mengalami perimenopause atau menopause

Menopause adalah momen di mana ovarium berhenti memproduksi sel telur. Normalnya, kondisi ini terjadi ketika Anda berusia 50 tahun ke atas, namun pada beberapa kondisi Anda mungkin akan mengalami tanda-tanda menopause yang muncul di usia pertengahan 40 tahun, yang dikenal dengan istilah perimenopause.

Pada perimenopause, menstruasi Anda mungkin akan tidak hadir selama 1 bulan atau bahkan 3 bulan lamanya. Ketika menstruasi datang, volumenya bisa lebih ringan atau berat daripada periode sebelumnya.

Adanya problem tiroid

Kelenjar tiroid adalah kelenjar yang memproduksi hormon yang membantu mengatur banyak aktivitas tubuh, termasuk siklus menstruasi. Beberapa kondisi gangguan tiroid yang umum dialami wanita adalah hipotiroid atau hipertiroid.

Gangguan tiroid, baik hipotiroid maupun hipertiroid sama-sama mempengaruhi siklus menstruasi dan menyebabkan menstruasi tidak lancar. Pada hipertiroid, Anda mungkin tidak mengalami menstruasi hingga beberapa bulan lamanya.

Haruskah khawatir bila batas telat haid terlewati?

Jika menstruasi Anda tidak lancar, seringkali datang terlambat dan bukan disebabkan oleh kehamilan, maka sebaiknya periksakan diri ke dokter. Dokter akan membantu Anda memeriksa dan mendiagnosis dengan tepat hal apa yang menyebabkan menstruasi Anda datang terlambat. Apabila memang problem menstruasi yang Anda alami disebabkan oleh kondisi kesehatan tertentu, dokter dapat membantu mengatasinya dan mempertimbangkan pengobatan serta perawatan yang tepat sesuai keluhan Anda.

Namun bila ternyata keterlambatan haid disebabkan oleh kehamilan, maka Anda perlu segera mendapatkan pemeriksaan USG serta NIPT test di trimester pertama sebagai cara terbaik untuk memastikan kehamilan yang sehat.

BACA JUGA: NIPT Test, Metode untuk Mengetahui Kondisi Janin Sejak Dini

Jangan menunda memeriksakan diri ke dokter apabila setelah haid datang terlambat, tiba-tiba Anda mengalami haid yang tidak biasa, seperti pendarahan yang parah disertai demam, nyeri yang parah, mual dan muntah, atau ketika pendarahan berlangsung lebih dari 7 hari lamanya.

Sumber:

  1. https://www.healthline.com/health/womens-health/why-is-my-period-late#see-your-doctor
  2. https://www.healthline.com/health/how-late-can-a-period-be#chronic-conditions
  3. https://health.clevelandclinic.org/why-is-my-period-late/
  4. https://www.hopkinsmedicine.org/health/conditions-and-diseases/polycystic-ovary-syndrome-pcos

Temukan pengalaman baru cek kesehatan dengan mengetahui masa depanmu!

DAFTAR KONSULTASI GRATIS

Connect with us on instagram

@tanyadna.id