5 Manfaat Yogurt untuk Ibu Hamil
Kehamilan

5 Manfaat Yogurt untuk Ibu Hamil

November 18th 2022

Yogurt untuk ibu hamil merupakan diet yang sangat baik bagi kesehatan. Di balik rasa yang lezat, yogurt ternyata menyimpan banyak manfaat bagi banyak orang, termasuk ibu hamil. Banyak dokter yang merekomendasikan konsumsi yogurt untuk ibu hamil, baik pada trimester pertama, kedua, maupun ketiga kehamilan.

Yogurt juga merupakan makanan yang dapat dijumpai secara bebas di pasaran dengan beraneka rasa. Harganya pun beragam, mulai dari yang murah hingga mahal. Inilah yang membuat yogurt disukai oleh berbagai kalangan usia, muda maupun tua. Anda pun sebagai ibu hamil tidak perlu takut untuk mengonsumsi makanan ini.

Apa saja manfaat yogurt untuk ibu hamil? Mari kita simak bersama penjelasan berikut ini.

Manfaat yogurt untuk ibu hamil

ilustrasi manfaat yogurt untuk ibu hamil
Sumber gambar

Yogurt merupakan salah satu olahan susu yang cukup populer di kalangan masyarakat. Karena memiliki bahan dasar susu, maka kandungan di dalamnya pun mirip dengan segelas susu. Yogurt untuk ibu hamil sangat baik untuk dikonsumsi sebab itu sama saja dengan mengonsumsi susu, meski mungkin tidak selengkap nutrisi dalam segelas susu.

Bagi para ibu hamil yang tidak bisa minum susu, makanan olahan susu pun dapat menjadi alternatif. Yogurt untuk ibu hamil juga merupakan alternatif yang sangat disukai karena rasanya yang tidak enek sehingga cocok bagi ibu hamil. Nah, berikut adalah manfaat yang akan Anda peroleh dari konsumsi semangkuk yogurt untuk ibu hamil.

Melancarkan pencernaan

Yogurt mengandung bakteri baik sebagai probiotik yang baik bagi sistem pencernaan. Bakteri probiotik akan menciptakan lingkungan yang kondusif sehingga proses mencerna makanan dapat berlangsung dengan mudah. Bagi ibu hamil yang mulai sering mengalami konstipasi, konsumsi yogurt dan banyak air putih akan terasa sangat membantu.

Mengurangi rasa mual

Yogurt memang berbahan dasar susu sapi, namun ia memiliki rasa yang sedikit creamy dibandingkan susu sapi. Beberapa merk yogurt bahkan menambahkan perisa buah untuk menghasilkan rasa yang menyegarkan. Hal ini sangat berguna bagi ibu hamil, terutama yang sering mengalami keluhan mual dan muntah pada trimester awal kehamilan.

Anda termasuk ibu hamil yang mengalami morning sickness parah? Cobalah konsumsi segelas yogurt tiap hari. Jangan lupa sertai dengan olahraga dan makan bergizi lainnya.

Membantu pembentukan tulang dan gigi janin

ilustrasi makan yogurt
Sumber gambar

Tahukah Anda bahwa yogurt mengandung banyak sekali mikronutrien kalsium? Kadar kalsium dalam yogurt diketahui hampir menyamai kadar kalsium dalam susu sapi. Kalsium sangat baik dalam membantu mengoptimalkan pertumbuhan tulang dan gigi janin dalam kandungan. Sebenarnya tak hanya itu, kalsium juga dapat mencegah kejadian eklampsia dan preeklampsia pada ibu hamil.

Membantu perkembangan otak janin

Selain kalsium, yogurt juga banyak mengandung vitamin B dan asam folat. Konsumsi asam folat selama kehamilan merupakan hal yang wajib. Ini karena asam folat baik bagi perkembangan otak janin. Asam folat juga mampu mencegah kelainan bawaan seperti spina bifida, hidrosefalus, atau anencephali pada janin.

Apabila Anda pernah memiliki bayi dengan kelainan kongenital saraf sebelumnya, dosis asam folat harian perlu ditambah. Lakukan pemeriksaan USG secara rutin pula untuk mendeteksi kelainan bawaan sejak janin dalam kandungan. Anda juga dapat melakukan tes NIPT untuk mengetahui adanya kelainan kromosom pada janin.

Meningkatkan daya tahan tubuh

Yogurt yang telah difortifikasi biasanya juga mengandung berbagai vitamin dan mineral sehingga dapat meningkatkan daya tahan tubuh ibu hamil. Itulah mengapa konsumsi yogurt untuk ibu hamil dapat membantu Anda agar tidak mudah tertular infeksi dari orang lain. Ibu hamil tentu harus memberi perhatian ekstra pada hal ini sebab infeksi selama masa kehamilan dapat mempengaruhi perkembangan janin.

Cara membuat yogurt untuk ibu hamil

ilustrasi tips membuat yogurt bagi ibu hamil
Sumber gambar

Konsumsi yogurt untuk ibu hamil merupakan aktivitas yang menyehatkan, murah, sekaligus mudah dilakukan. Anda dapat membeli yogurt di mana pun dengan berbagai pilihan rasa. Akan tetapi, Anda juga dapat membuatnya sendiri di rumah.

Yogurt buatan sendiri kadang bisa terasa lebih nikmat dan padat gizi. Bagaimana cara membuatnya? Berikut langkah-langkah membuat yogurt untuk ibu hamil yang dapat Anda aplikasikan di rumah.

  1. Pilih susu yang akan digunakan. Susu sapi akan menghasilkan rasa terbaik, namun Anda juga bisa bereksperimen dengan susu kambing, kedelai, dan sebagainya.
  2. Panaskan susu secukupnya.
  3. Diamkan susu hingga tidak lagi terasa panas.
  4. Masukkan ragi secukupnya, yaitu sekitar 2 sendok makan untuk semangkuk susu.
  5. Panaskan yogurt ke dalam oven atau pemanas selama semalam. Jangan menyetel suhu terlalu panas karena dapat merusak yogurt.
  6. Masukkan yogurt ke dalam kulkas untuk memperoleh tekstur yang agak kental dan lengket.
  7. Tambahkan buah, madu, atau taburan lain sesuai selera sebelum yogurt siap untuk dinikmati.

Konsumsi segelas yogurt untuk ibu hamil memang lezat dan kaya akan zat gizi. Akan tetapi, Anda tetap tidak dapat mengandalkan seluruh kebutuhan gizi harian pada segelas yogurt. Apabila ingin mengetahui kebutuhan nutrisi secara tepat, Anda sebaiknya melakukan tes nutrigenomik di laboratorium terdekat.

BACA JUGA: NIPT Test, Metode untuk Cek Kondisi Janin Sejak Dini

Nah, itulah segudang manfaat dan cara membuat yogurt untuk ibu hamil yang mudah dan sehat. Semoga artikel ini dapat menjadi referensi menu tambahan Anda agar lebih bervariasi, sehat, dan tidak membosankan selama menjalani masa kehamilan.

Sumber:

  1. https://www.nhs.uk/pregnancy/keeping-well/have-a-healthy-diet/
  2. https://www.healthline.com/nutrition/13-foods-to-eat-when-pregnant#dairy
  3. https://wellnessmama.com/recipes/yogurt-recipe/

Temukan pengalaman baru cek kesehatan dengan mengetahui masa depanmu!

DAFTAR KONSULTASI GRATIS

Connect with us on instagram

@tanyadna.id