Ibu Perlu Tahu 7 Vitamin Agar Cepat Hamil Ini
Kehamilan

Ibu Perlu Tahu 7 Vitamin Agar Cepat Hamil Ini

Desember 1st 2022

Kehamilan merupakan momen yang sangat dinantikan oleh kebanyakan pasangan. Berbagai cara termasuk mencari vitamin agar cepat hamil dilakukan demi cepat diperolehnya buah hati. Upaya ini tidak hanya dilakukan oleh pasangan yang baru menikah, melainkan juga yang sudah belasan tahun melakukan program kehamilan.

Upaya memperoleh kehamilan memang tidak selalu mudah bagi semua orang. Apalagi bagi pasangan dengan masalah pada sistem reproduksi. Ada banyak cara yang dapat ditempuh agar cepat hamil, mulai dari perbaikan gaya hidup, konsumsi vitamin, hingga intervensi bedah.

Konsumsi vitamin biasanya merupakan langkah awal yang dipilih oleh pasangan muda yang baru menikah. Memilih vitamin agar cepat hamil berbeda dengan vitamin pada umumnya. Nah, apa saja perbedaan dalam kandungan vitamin agar cepat hamil yang perlu diperhatikan?

Kandungan dalam vitamin agar cepat hamil

ilustrasi ibu hamil minum vitamin
Sumber gambar

Sebelum mencari vitamin agar cepat hamil, sebaiknya Anda tahu siapa saja yang sebaiknya mengonsumsi vitamin tersebut. Bagi pasangan yang baru menikah kurang dari 1 tahun, tidak perlu terburu-buru untuk mengonsumsi vitamin agar cepat hamil. Sebab batas seseorang dikatakan infertil adalah ketika tidak dapat hamil setelah 1 tahun berhubungan rutin.

Perbaiki terlebih dahulu kuantitas dan kualitas hubungan seksual, sebanyak minimal 3 kali dalam seminggu. Apabila intervensi tersebut tidak memberikan kemajuan, mulailah mengatur pola makan, termasuk mengonsumsi vitamin agar cepat hamil. Berikut adalah kandungan yang diperlukan dalam vitamin agar cepat hamil, yang harus diperhatikan sebelum membelinya.

Vitamin D

Penelitian membuktikan bahwa kadar vitamin D yang rendah dalam darah berpengaruh terhadap fertilitas seseorang. Baik laki-laki maupun perempuan dengan defisiensi vitamin D, cenderung lebih sulit untuk hamil. Konsumsi vitamin D bahkan diketahui lebih berpengaruh dalam meningkatkan kesuburan daripada vitamin E. Selain itu, konsumsi vitamin D juga baik bagi pertumbuhan tulang dan gigi janin jika nanti Anda telah berhasil untuk hamil.

Vitamin C

Vitamin C terkenal akan fungsinya dalam meningkatkan daya tahan tubuh dan menghambat peradangan. Ini sangat penting mengingat salah satu sebab ketidaksuburan adalah adanya peradangan pada organ reproduksi, terutama pada testis dan sperma. Vitamin C juga diketahui dapat meningkatkan motilitas dan kemampuan pergerakan sperma, sehingga lebih mudah untuk membuahi sel telur.

Vitamin E

ilustrasi vitamin e
Sumber gambar

Vitamin E sudah terkenal sejak dahulu sebagai vitamin kesuburan. Hal ini karena vitamin E memiliki efek antioksidan cukup tinggi. Ia dapat memperbaiki fungsi sperma pada laki-laki dan memelihara kesehatan organ reproduksi pada perempuan.

Akan tetapi, seberapa besar efektivitas terhadap kesuburan tersebut masih memerlukan penelitian lebih lanjut. Konsumsi vitamin E oral dosis tinggi dalam jangka waktu lama pun justru berakibat buruk bagi kesehatan. Konsultasilah terlebih dahulu dengan dokter mengenai dosis vitamin E yang Anda butuhkan.

Antioksidan

Tubuh memproduksi antioksidan dalam jumlah terbatas. Oleh karena itu, penting untuk menambah asupan antioksidan dari makanan maupun vitamin. Salah satu antioksidan yang mampu meningkatkan kesuburan adalah CoQ10.

CoQ10 diketahui mampu meningkatkan konsentrasi dan pergerakan sperma pada laki-laki. Pada perempuan, CoQ10 dapat meningkatkan respon sel telur sehingga relatif lebih mudah mengalami pembuahan. Konsumsi antioksidan juga sangat direkomendasikan bagi perempuan yang sedang menjalani program inseminasi buatan.

Asam folat

Asam folat sangat direkomendasikan bagi perempuan yang sedang merencanakan kehamilan, baik secara alami atau melalui program inseminasi buatan. Asam folat dapat meningkatkan kualitas dan respons sel telur terhadap upaya pembuahan. Selain itu, asam folat dapat mencegah kelainan pembentukan sistem saraf pada janin ketika Anda hamil.

Zat besi

Penelitian terbaru telah membuktikan bahwa defisiensi zat besi dapat menurunkan kesuburan seseorang, terutama pada perempuan. Kekurangan zat besi dapat mengakibatkan ketidakseimbangan hormon sehingga siklus haid tidak teratur. Padahal, keteraturan siklus haid adalah kunci utama agar mudah terjadi pembuahan.

Omega 3

Profil lemak seseorang juga sangat memengaruhi kesuburan, baik pada laki-laki maupun perempuan. Hindari konsumsi makanan yang banyak mengandung lemak jahat (lemak jenuh dan lemak trans). Sebaliknya, konsumsilah makanan dan vitamin yang mengandung lemak baik, seperti omega 3. Selain memperbaiki profil lemak, omega 3 ternyata juga mampu meningkatkan kualitas semen dan pergerakan sperma.

Yang harus dilakukan agar cepat hamil

ilustrasi tips agar cepat hamil
Sumber gambar

Program hamil merupakan upaya yang tidak mudah dan harus dilakukan secara holistik. Butuh kesabaran ekstra untuk dapat bertahan melakukannya. Tidak hanya berbekal konsumsi vitamin agar cepat hamil, Anda juga harus memperbaiki segala aspek kehidupan.

Aspek terpenting adalah memperbaiki pola makan. Hindari makanan berlemak dan berkalori tinggi. Mulailah hidup sehat dengan banyak mengonsumsi sayur, buah, dan mengurangi gorengan. Tambahan suplementasi seperti vitamin agar cepat hamil juga tak kalah penting.

Selanjutnya adalah rutin berolahraga dan istirahat yang cukup. Lakukan olahraga selama 30 menit setiap hari dan tidurlah 8 jam dalam semalam. Kombinasi kedua hal ini akan menjaga kebugaran, stamina, dan tingkat kesuburan Anda.

Terakhir namun tak kalah penting adalah lakukan pemeriksaan kesehatan secara menyeluruh. Tidak hanya yang berhubungan dengan organ reproduksi, melainkan juga penyakit metabolik, seperti penyakit jantung dan diabetes. Pemeriksaan genetik juga sangat penting karena beberapa kelainan dapat menyebabkan ibu mudah keguguran.

Jika telah berhasil hamil, jangan lupa kembali melakukan tes NIPT untuk pemeriksaan kelainan dna atau kromosom pada janin. Biaya tes dna di Indonesia saat ini ada di rentang 7-10 juta. Beberapa asuransi bahkan telah dapat menjaminkan biaya tes dna ini.

BACA JUGA: NIPT Test untuk Deteksi Masalah Janin Sejak Dini

Demikian artikel mengenai kandungan vitamin agar cepat hamil yang harus diperhatikan sebelum mulai mengonsumsi. Semoga artikel ini bermanfaat dan Anda bisa segera memperoleh kehamilan yang telah dinantikan.

Sumber:

  1. https://www.healthline.com/health/fertility/fertility-vitamins#how-to-choose
  2. https://www.healthline.com/nutrition/16-fertility-tips-to-get-pregnant#1.-Eat-foods-rich-in-antioxidants
  3. https://www.medicalnewstoday.com/articles/fertility-vitamins-to-consider#how-to-choose

Temukan pengalaman baru cek kesehatan dengan mengetahui masa depanmu!

DAFTAR KONSULTASI GRATIS

Connect with us on instagram

@tanyadna.id