Sebesar Apa Perut di Usia Kehamilan 6 Minggu?
Kehamilan

Sebesar Apa Perut di Usia Kehamilan 6 Minggu?

September 9th 2022

Apakah usia kehamilan 6 minggu apakah perut sudah membesar menjadi pertanyaan sebagian besar orang yang baru pertama kali hamil. Hal ini karena tidak semua orang langsung menyadari kehamilannya, melainkan menunggu hingga terlambat haid atau perut mulai menunjukkan perubahan. Banyak perempuan mulai menyadari kehamilannya di sekitar usia kehamilan 5-6 minggu.

Sebenarnya, perut membesar tidak selalu menjadi tanda kehamilan. Salah satu tanda kehamilan bukanlah perut yang menonjol, melainkan ketika ibu hamil mulai merasakan adanya gerakan janin dalam kandungan. Gerakan janin sendiri terbagi menjadi 2, yaitu yang hanya bisa dirasakan ibu dan yang tampak dari luar.

Gerakan janin yang hanya bisa dirasakan ibu kadang terasa sangat samar sehingga tak semua perempuan menyadarinya. Sedangkan, gerakan janin yang tampak dari luar tidak mungkin terjadi di awal kehamilan. Oleh karena itu, tak banyak orang yang benar-benar mengetahui dirinya hamil dari gerakan janin.

Selain USG dan test pack, ukuran perut memang menjadi salah satu indikator, namun bukan indikator utama. Mengetahui ukuran perut normal sesuai usia kandungan menjadi hal yang penting, bukan untuk mendeteksi kehamilan, melainkan untuk mengetahui adanya kelainan pada kehamilan.

Usia kehamilan 6 minggu apakah perut sudah membesar? Berikut akan dijelaskan mengenai apa yang terjadi di usia kandungan 6 minggu dan ukuran perut yang normal.

Apa yang terjadi di usia kehamilan 6 minggu?

usia kehamilan 6 minggu
Sumber gambar

Pada usia kehamilan 6 minggu, beberapa organ dalam janin mulai terbentuk. Pada pemeriksaan USG akan tampak penonjolan di dada yang merupakan cikal bakal jantung. Meski belum mulai terbentuk, namun tonjolan tersebut sudah mulai berdetak. Detak jantung janin sudah mulai terdengar bahkan sejak usia kehamilan 5 minggu.

Sebuah tabung sel saraf juga sudah terbentuk dengan satu tonjolan di ujung, yang merupakan cikal bakal otak dan kepala. Pada gumpalan cikal bakal kepala tersebut, Anda akan melihat adanya lesung dan penebalan di kedua sisi. Kedua lesung tersebut akan menjadi telinga. Sementara itu, dua penebalan di bagian depan merupakan cikal bakal dari organ mata.

Anggota gerak tangan dan kaki berada di tahap awal pembentukan. Anda akan melihat gumpalan-gumpalan kecil yang akan menjadi tangan dan kaki. Janin Anda masih berukuran sangat kecil sehingga belum teraba dari luar. Ia berbentuk melengkung dengan ekor seperti kecebong kecil. Janin hanya terlapisi kulit tipis dan transparan yang kelak dikenal sebagai kulit ari.

Itulah apa yang terjadi pada janin dalam kandungan berusia 6 minggu. Lalu, perubahan apa yang terjadi pada tubuh ibu? Pada usia kehamilan 6 minggu apakah perut sudah membesar? Secara fisik, tidak banyak yang berubah di tubuh. Baik payudara maupun perut mungkin belum menunjukkan perubahan bermakna.

Perubahan bermakna terjadi pada hormon dalam tubuh yang membuat emosi menjadi labil. Fluktuasi hormon itu pun berbeda pada tiap ibu hamil. Ada yang mengalami perubahan emosi secara drastis, namun ada pula yang tidak terlalu tampak.

Usia kehamilan 6 minggu apakah perut sudah membesar?

ilustrasi kehamilan 6 minggu
Sumber gambar

Usia kehamilan 6 minggu apakah perut sudah membesar menjadi pertanyaan banyak ibu hamil. Normalnya, perut belum menunjukkan penonjolan pada usia kehamilan 6 minggu. Pemeriksaan tinggi fundus uteri pun baru bisa dilakukan ketika usia kehamilan 12 minggu.

Fundus uteri merupakan bagian puncak dari rahim. Fundus akan mulai teraba tepat di tulang kemaluan pada usia 12 minggu. Itulah mengapa pemeriksaan ini baru dapat dilakukan pada usia kehamilan 12 minggu. Ia akan semakin membesar seiring bertambah besarnya rahim dan janin.

Pada usia kehamilan 20-22 minggu, fundus uteri sudah teraba tepat di pusar. Fundus uteri berada pada ukuran tertinggi, yaitu mencapai bagian ulu hati, pada usia kehamilan 36 minggu. Pertengahan antara tulang kemaluan dan pusar berarti usia kehamilan 16-17 minggu. Sementara itu, pertengahan antara pusar dan ulu hati berarti usia kehamilan sekitar 28 minggu.

ilustrasi kehamilan usia 6 minggu
Sumber gambar

Jadi, usia kehamilan 6 minggu apakah perut sudah membesar? Jawabannya tentu tidak. Janin dan rahim masih terlalu kecil untuk bisa teraba dari luar. Apabila perut Anda membesar dengan tidak wajar, beberapa kemungkinan yang bisa terjadi adalah:

  1. Salah menghitung usia kehamilan
  2. Anda sedang hamil dengan janin kembar
  3. Kehamilan ektopik (kehamilan di luar rahim)
  4. Kehamilan anggur
  5. Tumor dalam rahim, seperti kista, myom, dan sebagainya
  6. Kelainan polihidramnion (cairan ketuban sangat banyak)

Masih banyak kelainan yang dapat menyebabkan ukuran perut lebih besar daripada usia kehamilan. Apabila Anda ingin memastikan hal tersebut, lakukanlah pemeriksaan USG dengan dokter kandungan. Apabila khawatir terjadi kelainan genetik pada janin, Anda dapat meminta pemeriksaan NIPT Test atau melakukannya secara mandiri. NIPT Test merupakan pemeriksaan nonvasif yang dapat mendeteksi kelainan kromosom pada janin sejak dalam kandungan.

BACA JUGA: NIPT Test, Metode untuk Cek Kondisi Janin Sejak Dini

Usia kehamilan 6 minggu apakah perut sudah membesar merupakan hal yang perlu diperhatikan setiap ibu hamil. Periksakanlah kandungan secara rutin sehingga dokter dapat mendeteksi sedini mungkin apabila terdapat kelainan selama kehamilan. Semoga artikel ini membantu Anda dalam melalui masa kehamilan dengan tenang dan nyaman.

Sumber:

  1. https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/pregnancy-week-by-week/expert-answers/fundal-height/faq-20057962
  2. https://www.nhs.uk/pregnancy/week-by-week/1-to-12/6-weeks/#:~:text=By%20the%20time%20you’re,bit%20like%20a%20small%20tadpole

Temukan pengalaman baru cek kesehatan dengan mengetahui masa depanmu!

DAFTAR KONSULTASI GRATIS

Connect with us on instagram

@tanyadna.id