5 Hal yang Perlu Dipersiapkan di Usia Kehamilan 6 Bulan
Kehamilan

5 Hal yang Perlu Dipersiapkan di Usia Kehamilan 6 Bulan

Agustus 20th 2022

Usia kehamilan 6 bulan berapa minggu? Jika dihitung, maka hamil 6 bulan adalah ketika kehamilan masuk minggu ke-25 hingga ke-28. Simak artikel berikut untuk mengetahui apa saja yang terjadi saat itu.

Kehamilan secara umum berlangsung sekitar 9 bulan atau 37 hingga 40 minggu. Kehamilan yang berlangsung dalam jangka waktu yang normal memiliki risiko rendah komplikasi, dan biasanya ibu dan janin dalam kondisi yang sama-sama sehat. Kemungkinan komplikasi dan gangguan kesehatan janin dapat dipengaruhi oleh berbagai hal, yang sebagian besar bisa diketahui sejak awal kehamilan. Pemeriksaan USG, pemeriksaan NIPT test, perhitungan fundus uteri dan masih banyak pemeriksaan lain, dapat membantu mengetahui kondisi janin sebelum terjadi komplikasi atau masalah pada janin.

Selain pemeriksaan dan serangkaian tes, mengonsumsi asam folat sejak program hamil, yaitu setidaknya mulai tiga bulan sebelum kehamilan juga membantu menurunkan risiko cacat lahir pada janin. Kecukupan nutrisi lain seperti zinc, vitamin D, kalsium, yodium, DHA, juga sangat dibutuhkan selama kehamilan untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan janin selama berada di dalam kandungan, sampai waktunya persalinan.

Usia kehamilan 6 bulan berapa minggu, ya?

ilustrasi Usia kehamilan 6 bulan
Sumber gambar

Selamat ya, Anda masuk usia 6 bulan kehamilan bila saat ini kehamilan Anda sudah masuk minggu ke-25. Anda akan menemukan banyak perkembangan menakjubkan tentang kehamilan dan pertumbuhan janin.

Saat ini, perut Anda sudah mulai terlihat lebih buncit karena janin Anda telah bertumbuh hingga sekitar 660-770 gram, dengan panjang sekitar 34 cm. Berat badan Anda juga cenderung naik hingga sekitar 6-8 kilogram atau bisa lebih bila Anda sedang hamil bayi kembar.

Di usia kehamilan ini, ada beberapa gejala yang Anda rasakan, seperti tendangan janin yang semakin keras, kontraksi palsu, kram kaki, heartburn, hidung tersumbat, gangguan penglihatan, palpitasi jantung (ketika jantung berdegup lebih keras), serta rasa gatal di beberapa bagian tubuh terutama di kulit perut akibat perubahan ukuran perut. Janin pun sudah bertumbuh lebih menyerupai bayi, hanya saja ukurannya masih terlalu kecil sehingga melahirkan di usia kehamilan ini cukup berbahaya bagi janin.

Perubahan apa saja yang dialami ibu di usia kehamilan 6 bulan?

ilustrasi perubahan di kehamilan 6 bulan
Sumber gambar

Di usia kehamilan 25 minggu ini ada banyak perubahan yang Anda alami, termasuk gejala-gejala kehamilan. Inilah gejala kehamilan di usia kehamilan 25 minggu:

Rambut yang lebih tebal

Anda mungkin tidak menyadari bahwa rambut Anda terlihat lebih tebal dan lebat. Hal ini bukan karena sampo atau rambut telah tumbuh lebih banyak, melainkan perubahan hormon yang menyebabkan setiap helai rambut Anda terlihat lebih berisi. Anda boleh lho mengabadikan penampilan rambut Anda ini, karena pada akhirnya nanti setelah melahirkan rambut indah Anda akan mengalami kerontokan yang cukup parah.

Palpitasi jantung yang lebih sering

Palpitasi jantung semakin sering terjadi karena jantung harus memompa 50% lebih banyak darah dibanding sebelum kehamilan. Palpitasi jantung selama kehamilan akan terasa seperti jantung Anda sedang berdegup lebih kencang, atau terasa seperti berpacu. Anda tak perlu khawatir karena ini adalah gejala umum kehamilan yang tidak berbahaya. Anda hanya perlu waspada dan memeriksakan diri ke dokter bila palpitasi jantung terjadi sangat lama, disertai sesak napas atau rasa sakit di dada.

Disfungsi simfisis pubis (SPD) yang seringkali menyerang

Disfungsi simfisis pubis adalah kondisi yang seringkali menyerang tubuh ketika tubuh bersiap untuk melahirkan. Kondisi ini disebabkan karena ligamen di sekitar sendi di daerah panggul menjadi lebih rileks dan fleksibel. Perubahan ini dan penambahan berat badan janin dapat menyebabkan ketidaknyamanan serta membatasi pergerakan Anda.

Anda akan sering mengalami nyeri panggul, sehingga disarankan untuk menggunakan sabuk kehamilan. Jika rasa nyeri di panggul cukup mengganggu aktivitas, jangan ragu untuk memberitahu dokter Anda, serta menghindari aktivitas yang melelahkan dan terlalu berat.

Rasa gatal di perut dan payudara

Rasa gatal di perut dan payudara juga cukup mengganggu di usia kehamilan trimester ketiga ini. Rasa gatal tersebut disebabkan oleh perubahan hormon dan kulit yang meregang mengikuti perubahan rahim serta pertumbuhan payudara. Anda tidak perlu khawatir karena rasa gatalnya dapat dikurangi dengan menggunakan lotion pelembab serta mengenakan pakaian yang lembut, menyerap keringat serta longgar.

Sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter apabila rasa gatalnya tidak mereda dan semakin parah, atau berkembang menjadi ruam, yang mungkin menandakan kolestasis kehamilan.

Kesulitan tidur di malam hari

Ukuran perut yang semakin besar membuat Anda kesulitan untuk bisa beristirahat dengan nyaman. Tekanan pada kandung kemih yang berulang kali membangunkan di malam hari juga menyebabkan kesulitan tidur.

Insomnia kehamilan ini adalah kondisi yang umum, namun dapat mengganggu kehamilan karena menurunkan kewaspadaan serta kekebalan tubuh Anda. Sehingga Anda harus mencari cara untuk bisa tidur dengan menenangkan pikiran atau merilekskan tubuh melalui pijatan di kaki, mendengarkan musik yang menenangkan, mengatur suhu kamar tidur agar lebih sejuk.

Seperti inilah perkembangan janin di usia kehamilan 6 bulan

ilustrasi perkembangan janin di 6 bulan
Sumber gambar

Jika tadi kita sudah membahas perubahan dan gejala yang Anda rasakan di kehamilan 6 bulan, maka saatnya menunjukkan apa saja yang dialami janin di usia ini.

Janin sudah tumbuh lebih besar dibandingkan sebelumnya, dan lebih terlihat seperti bayi karena tubuhnya dibungkus lemak di beberapa bagian. Kulitnya jadi tampak lembut dan kenyal, tidak lagi kisut dan keriput. Di sekitar tubuhnya akan dipenuhi dengan rambut-rambut kecil yang disebut lanugo, fungsi rambut ini adalah untuk melindungi janin dari perubahan suhu di dalam rahim, serta menjaganya tetap hangat.

Karena sudah masuk akhir trimester kedua, maka janin akan menghabiskan lebih banyak waktunya untuk tidur. Ia akan tidur setiap 20-40 menit.

Yang perlu dipersiapkan di kehamilan 6 bulan

Sebenarnya tidak banyak yang bisa dipersiapkan di kehamilan 6 bulan ini karena ini adalah akhir trimester kedua, yang artinya Anda masih memiliki waktu tiga bulan lagi sebelum persalinan. Namun karena kecemasan dapat memperparah insomnia Anda, maka yang perlu Anda lakukan adalah mencari kesibukan untuk mengalihkan kecemasan dan menjaga kesehatan kehamilan.

Daftar persiapan berikut mungkin bisa membantu Anda mengatasi kecemasan, dan dapat kembali fokus pada perkembangan kehamilan:

  • Anda bisa mulai mempersiapkan kamar bayi atau perlengkapan bayi, karena di usia kehamilan ini Anda sudah tahu jenis kelamin bayi.
  • Mempersiapkan dokumen yang perlu dibawa untuk persalinan dan kebutuhan dokumen anak.
  • Mengikuti kelas kehamilan serta kelas menyusui sebagai persiapan persalinan.
  • Memilih olahraga yang lebih menenangkan dan tidak menyulitkan pergerakan seperti yoga kehamilan.
  • Membuat pola diet sehat untuk trimester ketiga, sehingga tidak meningkatkan risiko diabetes gestasional atau peningkatan tekanan darah. Anda bisa berdiskusi dengan dokter untuk menurunkan risiko komplikasi kehamilan dengan cermat memilih menu makan.

Nah, jika semua persiapan di atas sudah Anda lakukan, yang tak kalah penting adalah berusaha mendapatkan tidur dan istirahat yang cukup, minum air yang cukup, serta lebih berhati-hati dalam menjalani aktivitas fisik.

BACA JUGA: NIPT Test, Metode untuk Cek Kondisi Janin Sejak Dini

Segera hubungi dokter apabila kontraksi palsu yang Anda alami berkembang menjadi kontraksi yang nyata dan terjadi semakin cepat, Anda merasa adanya kebocoran cairan ketuban yang ditunjukkan dengan rasa basah di celana dalam, janin tidak banyak bergerak, ada pendarahan disertai kram, atau rasa sakit parah di perut atau pinggul.

Sumber:

  1. https://www.healthline.com/health/pregnancy/6-months-pregnant#see-a-doctor
  2. https://www.webmd.com/baby/4to6-months
  3. https://www.babycenter.com/pregnancy/week-by-week/25-weeks-pregnant
  4. https://www.verywellfamily.com/25-weeks-pregnant-4159047

Temukan pengalaman baru cek kesehatan dengan mengetahui masa depanmu!

DAFTAR KONSULTASI GRATIS

Connect with us on instagram

@tanyadna.id