Usia Kandungan 8 Bulan tapi ASI Belum Keluar, Ini Penyebabnya
Kesehatan

Usia Kandungan 8 Bulan tapi ASI Belum Keluar, Ini Penyebabnya

September 12th 2022

Sebagian ibu hamil mengalami peristiwa keluarnya ASI dari payudara sejak awal kehamilan. Akan tetapi, ada pula ibu hamil yang hingga usia kandungan 8 bulan tapi ASI belum keluar. Hal tersebut sering menjadi kekhawatiran banyak ibu hamil, terutama jika hingga mendekati persalinan, namun ASI tak kunjung keluar.

Saat ini gerakan menyusui telah digalakkan secara luas di mana pun. Inilah yang membuat para ibu hamil khawatir bila hingga usia kandungan 8 bulan tapi ASI belum keluar. Hal tersebut karena betapa pentingnya ASI bagi perkembangan bayi.

Sebenarnya seberapa penting sebenarnya ASI bagi bayi ? Normalkah bila hingga usia kandungan 8 bulan tapi ASI belum keluar? Apa saja penyebab ASI yang tak kunjung atau sulit keluar? Berikut akan dijelaskan mengenai ASI dan proses produksinya.

Seberapa penting ASI bagi buah hati?

ilustrasi pentingnya asi untuk bayi
Sumber gambar

ASI merupakan nutrisi utama bagi setiap bayi baru lahir hingga usia 6 bulan. ASI mengandung semua nutrisi yang diperlukan bayi sesuai dengan usianya. Ya, ASI yang Anda hasilkan memiliki kandungan yang berubah seiring berjalannya waktu, menyesuaikan dengan pertumbuhan bayi.

Apa yang membuat ASI berbeda dari susu formula atau susu sapi? Jika dilihat sekilas, protein susu sapi memang lebih banyak daripada ASI, namun bukan berarti itu lebih baik. Bayi yang baru lahir memang tidak membutuhkan protein dalam jumlah terlalu banyak. Sebaliknya, ASI memiliki kandungan lemak dan karbohidrat yang lebih banyak, sesuai kebutuhan bayi.

Konsumsi ASI aman bagi pencernaan bayi yang masih sangat sensitif. Tak hanya itu, ASI mengandung antibodi yang tidak akan Anda temukan dalam susu sapi. Itulah nilai tambah ASI, yaitu dapat meningkatkan daya tahan tubuh bayi. Hal ini sangat berguna mengingat bayi adalah makhluk yang sangat rentan terhadap berbagai penyakit.

Pemberian ASI eksklusif juga terbukti meningkatkan kecerdasan bayi. Bayi yang mengonsumsi ASI eksklusif selama 6 bulan memiliki IQ lebih tinggi daripada yang mengonsumsi susu formula. Inilah yang membuat para ibu masa kini berlomba-lomba menyusui bayinya.

Proses produksi ASI dalam tubuh

ilustrasi ibu hamil
Sumber gambar

Usia kandungan 8 bulan tapi ASI belum keluar memang cukup mengkhawatirkan. Namun, sebelum paranoid dan berpikir terlalu jauh, sebaiknya Anda mengetahui terlebih dahulu proses produksi ASI. ASI diproduksi oleh setiap perempuan sebagai respon atas kehamilan.

Pembentukan ASI dimulai sejak usia kandungan 12-18 minggu dan terus berlanjut hingga beberapa hari setelah persalinan. ASI diproduksi oleh hormon prolaktin, salah satu hormon yang dihasilkan di kelenjar hipofisis bagian anterior. Kelenjar hipofisis sendiri terletak di otak dan mengatur berbagai fungsi hormon penting dalam tubuh.

Prolaktin mulai dihasilkan sejak trimester pertama kehamilan dalam jumlah sedikit. Hal ini karena pada awal kehamilan, kadar hormon estrogen dan progesteron sangat tinggi. Kedua hormon tersebut menekan produksi prolaktin. Seiring berjalannya waktu, terutama saat persalinan, kadar estrogen dan progesteron akan turun drastis sehingga kadar prolaktin meningkat tajam dan produksi ASI meningkat.

Dari penjelasan di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa sebenarnya jika usia kandungan 8 bulan tapi ASI belum keluar adalah hal yang masih tergolong normal. Bahkan banyak ibu hamil yang baru mengeluarkan ASI setelah persalinan.

Apa penyebab usia kandungan 8 bulan tapi ASI belum keluar?

ilustrasi ibu hamil berolahraga
Sumber gambar

Usia kandungan 8 bulan tapi ASI belum keluar sebagian besar masih tergolong wajar. Akan tetapi, memang ada beberapa kelainan yang menyebabkannya. Berikut adalah kemungkinan penyebab ASI tak kunjung keluar:

1. Hormonal

Pada umumnya, kondisi hormonal adalah sebab yang wajar. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, kadar prolaktin memang baru meningkat tajam setelah persalinan. Setiap perempuan memiliki waktu fluktuasi hormonal yang bervariasi.

Akan tetapi, ada beberapa kondisi hormonal yang memang tidak normal. Misalnya PCOS yang juga mempengaruhi kesuburan perempuan. Apabila mengalami kelainan hormonal sejak sebelum hamil, hendaknya Anda berkonsultasi ke dokter untuk penanganan lebih lanjut.

2. Stres

Ada kalanya ASI tak kunjung keluar karena faktor stres. Anda perlu belajar mengelola stres dengan menyibukkan diri dalam berbagai kegiatan. Anda juga bisa berolahraga dan melakukan teknik relaksasi sehingga pikiran bisa lebih tenang dan positif.

3. Kelainan tiroid

Jika memiliki penyakit tiroid, entah hipotiroid atau hipertiroid, Anda mungkin mengalami masalah dalam produksi ASI. Penyebab yang satu ini tidak dapat dibiarkan terus-menerus. Anda harus menghubungi dokter untuk mendapatkan terapi terkait penyakit tiroid yang Anda miliki.

Gejala penyakit tiroid cukup beragam. Penderita hipertiroid umumnya merasakan jantung berdebar-debar, mudah berkeringat, dan mata tampak menonjol keluar (eksoftalmus). Sedangkan, penderita hipotiroid umumnya memiliki badan yang gemuk dan kadar lemak darah yang tinggi.

Secara garis besar, sebenarnya permasalahan usia kandungan 8 bulan tapi ASI belum keluar tidak perlu terlalu dikhawatirkan. Akan tetapi, boleh saja memeriksakan diri ke dokter jika itu membuat Anda merasa lebih tenang. Jika memang ada kelainan, dokter akan merekomendasikan beberapa pemeriksaan. Anda juga bisa sekaligus meminta pemeriksaan NIPT Test untuk mengetahui ada tidaknya kelainan kromosom pada janin dalam kandungan sejak dini.

BACA JUGA: NIPT Test, Metode untuk Cek Kondisi Janin Sejak Dini

Itulah beberapa sebab mengapa usia kandungan 8 bulan tapi ASI belum keluar. Perlu Anda ketahui bahwa sebagian besar perempuan baru mengeluarkan ASI setelah persalinan, beberapa bahkan beberapa hari setelahnya. Tetaplah tenang dan jangan sampai hal tersebut membuat Anda stres hingga menjelang persalinan.

Sumber:

  1. https://my.clevelandclinic.org/health/body/22201-lactation
  2. https://www.healthline.com/health/breastfeeding/when-does-milk-come-in#timing

Temukan pengalaman baru cek kesehatan dengan mengetahui masa depanmu!

DAFTAR KONSULTASI GRATIS

Connect with us on instagram

@tanyadna.id