Alasan Penting Mengapa USG Kehamilan Wajib Dilakukan
Kehamilan

Alasan Penting Mengapa USG Kehamilan Wajib Dilakukan

Juni 15th 2022

USG kehamilan tak hanya digunakan untuk mengetahui usia kehamilan dan kondisi janin, namun juga untuk mengonfirmasi kehamilan terutama bila Anda memiliki haid yang tidak teratur.

Seringkali merasa mual, kelelahan, ingin buang air kecil terus menerus, dan mulai mengidam, adalah tanda-tanda program hamil Anda berhasil. Agar tidak salah mengenali tanda-tanda tersebut sebaiknya Anda melakukan tes kehamilan baik dengan menggunakan testpack maupun mengkonfirmasinya kembali melalui pemeriksaan USG.

Apabila hasil pemeriksaan USG telah mengkonfirmasi bahwa Anda hamil, maka Anda juga bisa meminta dokter untuk memberikan rekomendasi NIPT test yang dapat memeriksa adanya kelainan genetik pada janin sejak trimester pertama kehamilan. Mengetahui ada tidaknya kelainan genetik pada janin penting untuk membantu mempersiapkan diri selama kehamilan berjalan hingga saat persalinan.

Apa itu USG kehamilan dan bagaimana prosedur USG dilakukan?

ilustrasi prosedur usg kehamilan
Sumber gambar

USG kehamilan adalah pemeriksaan teknis pencitraan yang menggunakan gelombang suara untuk menghasilkan gambar janin di dalam rahim. Gambar ini dapat membantu untuk mengevaluasi pertumbuhan dan perkembangan bayi serta memantau kondisi kehamilan Anda.

USG kehamilan biasanya dilakukan pada awal Anda merasakan ada tanda-tanda kehamilan namun tidak yakin karena adanya kondisi tertentu seperti misalnya haid yang tidak teratur. Dengan pemeriksaan USG, dokter dapat mengetahui berapa usia kehamilan Anda tanpa harus mengetahui periode menstruasi terakhir atau masa ovulasi Anda.

Tidak dibutuhkan persiapan apapun untuk bisa mendapatkan USG kehamilan. Anda mungkin perlu mempersiapkan pakaian yang lebih longgar atau menggunakan bawahan rok untuk mempermudah pemeriksaan.

Prosedur USG:

  1. Anda akan diminta untuk berbaring telentang di meja pemeriksaan
  2. Perawat akan membantu mempersiapkan area perut yang akan diperiksa dan membersihkannya sebelum mengoleskan gel bening ke area perut dan pinggul. Gel ini akan membantu mengirimkan suara gelombang yang kemudian akan ditampilkan sebagai gambar di monitor
  3. Gelombang yang memantul dari tubuh akan menghasilkan gambar struktur tubuh bayi dan juga kondisi rahim, termasuk kantung dan cairan ketuban

Mengenal jenis USG kehamilan

ilustrasi jenis usg kehamilan
Sumber gambar

Secara umum ada dua jenis USG kehamilan yang digunakan untuk membantu memeriksa kehamilan.

USG kehamilan transvaginal

USG transvaginal adalah alat USG yang memiliki wujud seperti tongkat yang disebut transduser. Alat ini akan dimasukkan ke dalam vagina untuk mengirimkan gelombang suara dan mengumpulkan pantulannya. Jenis USG ini lebih sering digunakan di awal kehamilan saja karena tidak memberikan cukup informasi tentang kondisi janin di dalam rahim.

USG kehamilan abdominal

USG abdominal adalah alat USG yang paling sering digunakan untuk memeriksa kehamilan. Selain untuk memantau kondisi janin, USG kehamilan juga digunakan untuk berbagai hal, misalnya memeriksa aliran darah bayi, kondisi jantung bayi, hingga menghasilkan gambar tiga dimensi yang dapat mendeteksi adanya kondisi abnormal pada bayi.

Untuk itu USG abdominal sendiri memiliki jenis yang berbeda-beda, antara lain:

USG khusus

Pemeriksaan USG abdominal khusus ini biasanya digunakan untuk kondisi tertentu, misalnya ketika dokter mencurigai adanya kelainan janin yang membutuhkan informasi lebih rinci.

USG 3D/USG 4D

USG tiga dimensi atau USG empat dimensi akan memberikan gambaran janin yang lebih jelas pada janin sehingga dokter bisa mendeteksi apabila ada keabnormalan di wajah janin atau adanya kecacatan pada tabung saraf.

USG Doppler

USG Doppler berguna untuk memantau objek bergerak seperti sel darah dan memberikan info lebih rinci tentang aliran darah bayi.

USG ekokardiografi janin

USG kehamilan ini membantu memberikan gambaran rinci terhadap jantung bayi, yang biasanya digunakan untuk mengonfirmasi kecurigaan dokter akan adanya cacat jantung bawaan pada bayi.

Mengapa USG kehamilan wajib dilakukan?

ilustrasi ibu sedang usg kehamilan
Sumber gambar

Ada berbagai alasan mengapa USG kehamilan wajib dilakukan selama kehamilan. Alasan pertama adalah untuk mengonfirmasi kehamilan, terutama bila Anda memiliki kondisi kesehatan seperti haid yang tidak lancar, adanya riwayat keguguran, kehamilan ektopik, atau problem lainnya.

USG kehamilan dapat memberikan manfaat yang berbeda-beda sesuai dengan usia kehamilan.

USG kehamilan di trimester pertama kehamilan

Di trimester pertama kehamilan, usia kehamilan minggu pertama hingga minggu ke-12, USG memberikan manfaat sebagai berikut:

  • Mengonfirmasi kehamilan
  • Mendeteksi detak jantung janin
  • Menentukan usia kehamilan dan memperkirakan tanggal jatuh tempo kehamilan
  • Memeriksa kehamilan kembar
  • Memeriksa kondisi rahim, ovarium, dan leher rahim
  • Mendiagnosis adanya kehamilan ektopik (kehamilan di luar kandungan)
  • Mendiagnosis keguguran
  • Mendeteksi adanya pertumbuhan abnormal pada janin

USG kehamilan di trimester kedua dan trimester ketiga kehamilan

ilustrasi hasil usg
Sumber gambar

Trimester kedua kehamilan adalah ketika Anda hamil di minggu ke-13 hingga ke-24, dan trimester ketiga kehamilan adalah ketika Anda hamil di minggu ke-25 hingga ke-40. Di usia kehamilan ini, pemeriksaan USG memberikan manfaat sebagai berikut:

  • Memantau pertumbuhan dan posisi janin, apakah posisinya normal, melintang, atau sungsang
  • Menentukan jenis kelamin bayi
  • Mengonfirmasi apabila ada kehamilan kembar
  • Melihat apakah ada masalah dengan plasenta, misalnya seperti plasenta previa (ketika plasenta menutupi jalan lahir) dan solusio plasenta (ketika plasenta terpisah dari rahim sebelum melahirkan)
  • Memeriksa adanya kelainan sindrom down, yang biasanya dilakukan di minggu ke-13 atau minggu ke-14 usia kehamilan
  • Memeriksa adanya kelainan bawaan
  • Memeriksa adanya kelainan struktural atau adanya gangguan aliran darah
  • Memantau kadar cairan ketuban, apakah terlalu sedikit atau berlebihan
  • Menentukan apakah janin mendapatkan cukup oksigen
  • Mendiagnosis apabila kehamilan disertai dengan masalah lain seperti adanya tumor di ovarium atau di dalam rahim
  • Mengukur panjang serviks
  • Sebagai alat untuk memandu pemeriksaan cairan ketuban
  • Mengonfirmasi kematian intrauterin (kematian janin di dalam rahim)

BACA JUGA: NIPT Test, Metode untuk Mengetahui Kondisi Janin Sejak Dini

Nah itulah tadi manfaat-manfaat pemeriksaan USG kehamilan yang bisa Anda dapatkan. Tak perlu khawatir akan keamanannya, karena USG kehamilan telah digunakan selama bertahun-tahun untuk memeriksa kehamilan. USG ini dianggap aman untuk janin bila digunakan dengan tepat, dokter akan membantu mengontrol jumlah gelombang energi yang digunakan sehingga memberikan penilaian akurat dan aman untuk janin.

Sumber:

  1. https://www.whattoexpect.com/pregnancy/pregnancy-health/prenatal-testing-ultrasound/
  2. https://www.healthline.com/health/pregnancy/ultrasound#types
  3. https://medlineplus.gov/ency/article/003778.htm
  4. https://www.mayoclinic.org/tests-procedures/fetal-ultrasound/about/pac-20394149

Temukan pengalaman baru cek kesehatan dengan mengetahui masa depanmu!

DAFTAR KONSULTASI GRATIS

Connect with us on instagram

@tanyadna.id