Apa Saja yang Bisa Dilihat Saat USG Janin 5 Minggu
Kehamilan

Apa Saja yang Bisa Dilihat Saat USG Janin 5 Minggu

September 13th 2022

USG janin 5 minggu penting dilakukan untuk mengetahui berkembang atau tidaknya kantung kehamilan. Pada akhirnya, kantung kehamilan inilah yang akan diisi oleh air ketuban dan menjadi tempat tumbuh dan berkembangnya janin.

Setelah kehamilan berhasil dideteksi dengan alat tes kehamilan mandiri di rumah, biasanya Anda disarankan untuk melakukan serangkaian pemeriksaan lainnya di trimester pertama kehamilan. Pemeriksaan USG dan juga pemeriksaan NIPT test memiliki beragam manfaat di trimester pertama kehamilan. Pemeriksaan USG di trimester pertama kehamilan bermanfaat untuk mengonfirmasi kehamilan, mengetahui di mana sel telur berimplantasi, serta mengetahui apakah kantung kehamilan telah berkembang atau tidak.

USG janin 5 minggu, mengapa harus dilakukan?

ilustrasi alasan usg 5 minggu
Sumber gambar

USG terkait kehamilan sebenarnya perlu dilakukan sejak Anda menjalani program hamil untuk mengetahui kondisi rahim. Adanya gangguan dengan alat reproduksi, umumnya pertama kali diketahui melalui pemeriksaan USG. Bila dokter mencurigai adanya tanda-tanda yang tidak normal selama pemeriksaan USG, dokter akan menganjurkan Anda untuk menjalani serangkaian tes untuk memastikan kecurigaan dokter.

Setelah dinyatakan hamil, dan sel telur yang telah dibuahi berhasil berimplantasi di dinding rahim, sekitar minggu ke 5-7 akan terbentuk kantung rahim. USG janin 5 minggu perlu dilakukan untuk mengetahui, apakah kantung kehamilan ini sudah terbentuk atau belum. Kantung kehamilan akan menjadi tempat untuk tumbuh dan berkembangnya janin di dalam rahim. Kantung ini nantinya akan diisi dengan cairan ketuban, yang akan melindungi janin dari tekanan dan juga benturan selama bertumbuh dan berkembang di dalam rahim.

USG janin 5 minggu juga berguna untuk mendeteksi kecurigaan akan kehamilan ektopik atau risiko keguguran, terutama pada wanita yang memiliki riwayat kehamilan ektopik atau mengalami keguguran pada kehamilan sebelumnya. USG janin 5 minggu juga bermanfaat untuk memantau perkembangan program hamil bayi tabung setelah embrio berhasil ditanam di dalam dinding rahim.

Adakalanya, dokter juga meminta Anda menjalani USG janin 5 minggu ketika Anda mengalami gejala-gejala kontraksi atau adanya pendarahan di usia kehamilan ini. Dokter akan segera mengetahui, apakah pendarahan tersebut normal atau merupakan tanda-tanda keguguran atau kehamilan ektopik.

Jika Anda perhatikan, pada gambar di USG, Anda akan melihat lingkaran putih di sekitar tengah gambar yang menunjukkan kantong kehamilan. Biasanya untuk mengetahui perkembangan kantung kehamilan, dokter lebih sering menggunakan USG transvaginal yang memiliki sensitivitas lebih tinggi dibandingkan USG transabdominal.

Kantung kehamilan biasanya dapat terlihat dengan jelas, ketika kadar hCG telah meningkat di antara 1.500 hingga 2.000 mIU/mL. Menurut studi penelitian terbaru yang dilakukan di tahun 2013, kantung kehamilan juga sudah bisa dideteksi ketika kadar hCG telah meningkat dari 390 hingga 3.510 mIU/mL. Untuk mengetahui kepastiannya, bicarakan kembali dengan dokter Anda, kapan waktu yang tepat untuk melakukan USG guna melihat kantung kehamilan ini.

USG janin 5 minggu bisa melihat apa saja?

ilustrasi dokter sedang melakukan usg
Sumber gambar

Sebenarnya di usia kehamilan 5 minggu tidak banyak hal yang bisa dilihat dengan pemeriksaan USG. Bahkan pada usia kehamilan 6 minggu masih sangat sulit untuk melihat embrio.

Di usia kehamilan 5 minggu, pemeriksaan USG biasanya dilakukan melalui vagina, yang disebut USG transvaginal. Pemeriksaan ini dilakukan dengan memasukkan sebuah tongkat yang telah dilumasi ke dalam vagina, untuk melihat kondisi di dalam rahim dengan lebih jelas ketimbang USG transabdominal. Tenang saja, karena pemeriksaan USG transvagina umumnya hanya dilakukan di awal kehamilan saja, dan selanjutnya untuk mengetahui pertumbuhan dan perkembangan janin, dokter akan menggunakan pemeriksaan USG transabdominal.

Gambar USG janin 5 minggu tidak selalu jelas pada setiap orang, tetapi pada sebagian kehamilan, dokter sudah bisa mengetahui beberapa hal berikut:

Mengukur embrio dan mengukur diameter kantung kehamilan rata-rata

Pada saat ini, embrio mungkin masih sebesar biji cabai, kira-kira 2 millimeter besarnya. Dokter juga bisa mengetahui dan mengukur diameter kantung kehamilan rata-rata dalam pemeriksaan USG ini

Mengetahui kantung kehamilan dan kantung kuning telur

Selain mengetahui kantung kehamilan, dokter juga dapat mengenali kantung kuning telur. Kantung ini bertugas untuk menyediakan nutrisi serta memproduksi sel darah di awal kehamilan bagi embrio yang sedang tumbuh sampai plasenta mengambil alih tugasnya. Kelak, plasenta yang akan menjadi satu-satunya media untuk menyalurkan oksigen serta nutrisi yang dibutuhkan oleh janin.

Mengetahui apakah kehamilan berjalan normal dan bukan kehamilan ektopik

Dengan melihat kantung kuning telur dan juga kantung kehamilan, dokter bisa memastikan bahwa kehamilan berkembang di lokasi yang tepat, dan bukan termasuk kehamilan ektopik. Kehamilan ektopik adalah kehamilan yang berkembang di luar rahim, yang lebih sering terjadi di saluran tuba falopi. Kehamilan ektopik tidak bisa dipertahankan, dan harus diakhiri karena janin tidak tumbuh di tempat yang dapat memberikan fasilitas ruang yang cukup untuk tumbuh dan berkembang. Kehamilan yang berkembang di tempat yang tidak seharusnya berisiko menyebabkan komplikasi kehamilan dan juga robekan pada organ tersebut.

Mengetahui apakah cairan ketuban cukup

Kantung kuning telur atau kemudian disebut kantung kehamilan di dalam USG terlihat seperti area gelap yang luas, yang berisi cairan ketuban yang mengelilingi embrio. Cairan ketuban ini akan bertambah setiap harinya seiring dengan pertumbuhan kantung kehamilan yang bertambah sekitar 1,13 mm setiap harinya.

Ketahui penyebab kantung kehamilan tidak terlihat pada USG janin 5 minggu

ilustrasi seorang ibu bersedih
Sumber gambar

Pada sebagian orang, kantung kehamilan mungkin tidak terlihat di usia kehamilan 5 minggu. Ada beberapa kemungkinan yang menyebabkan kantung kehamilan tidak nampak pada USG janin 5 minggu, yaitu:

Pemeriksaan terlalu dini

Ada kemungkinan bahwa Anda salah menghitung hari saat melakukan pemeriksaan USG. Apalagi bila selama ini Anda tidak mencatat dengan betul kapan jadwal terakhir periode menstruasi Anda. Kesalahan sederhana ini ternyata juga berpengaruh pada USG yang dilakukan di usia kehamilan awal. Hal ini juga disebabkan oleh kadar hormon hCG yang belum cukup tinggi untuk mendeteksi kantung kehamilan. Sebagian ahli mengatakan bahwa kadar hCG Anda harus mencapai 1.500 hingga 2.000 untuk dapat melihat kantung kehamilan.

Adanya kehamilan ektopik

Kehamilan ektopik adalah salah satu penyebab dokter tidak bisa melihat kantung kehamilan pada USG kehamilan 5 minggu. Sayangnya, penyebab ini adalah penyebab yang paling sering dialami sebagian besar wanita dibandingkan kesalahan menghitung usia kehamilan.

Kehamilan ektopik biasanya disertai juga dengan adanya flek atau pendarahan serta nyeri parah di area panggul. Dokter akan menyarankan pemeriksaan USG bila mencurigai tanda-tanda yang Anda alami adalah kehamilan ektopik.

Keguguran atau berhentinya kehamilan

Keguguran atau berhentinya kehamilan menyebabkan kadar hormon hCG di dalam tubuh menurun drastis. Akibatnya, dokter tidak bisa melihat adanya kantung kehamilan yang berkembang.

Keguguran biasanya terjadi ketika sel telur berkembang semestinya, atau sel telur memiliki kualitas yang buruk. Keguguran ditandai dengan pendarahan ringan berwarna merah muda atau merah segar, yang terkadang juga disertai dengan nyeri perut bagian bawah.

BACA JUGA: NIPT Test, Metode untuk Cek Kondisi Janin Sejak Dini

Jika dokter telah menemukan bahwa tidak ada kantung kehamilan yang terlihat pada pemeriksaan USG, mereka kemudian akan memastikan bahwa kehamilan telah berhenti dengan melakukan USG ulang atau pemeriksaan lainnya. Anda juga bisa meminta pendapat kedua dari dokter lain yang apabila kantung kehamilan tidak ditemukan dan Anda tidak mengalami gejala lainnya.

Sumber:

  1. https://www.verywellfamily.com/gestational-sac-2371621
  2. https://www.healthline.com/health/pregnancy/5-week-ultrasound#early-pregnancy-symptoms
  3. https://www.earlylife.co.uk/blogs/news/what-will-i-see-at-a-5-week-early-pregnancy-scan-why-should-i-wait-until-7-weeks

Temukan pengalaman baru cek kesehatan dengan mengetahui masa depanmu!

DAFTAR KONSULTASI GRATIS

Connect with us on instagram

@tanyadna.id