Begini Ukuran Kantong Janin 6 Minggu yang Normal, Seperti Apa?
Kehamilan

Begini Ukuran Kantong Janin 6 Minggu yang Normal, Seperti Apa?

September 8th 2022

Ukuran kantong janin 6 minggu menjadi salah satu topik yang sering dicari oleh para ibu hamil. Hal ini karena kantong janin merupakan satu tanda paling awal dari kehamilan yang tampak pada pemeriksaan USG. Pada pemeriksaan USG pertama kali akan terlihat kantong kehamilan, baik yang sudah berisi janin atau belum, tergantung dari usia kehamilan Anda.

Ada beberapa indikator yang dilihat pada perawatan prenatal pertama seorang ibu hamil. Selain anamnesis dan pemeriksaan fisik, dokter akan melakukan USG untuk melihat beberapa indikator. Pemeriksaan USG sedini mungkin akan sangat berguna dalam menentukan usia kehamilan karena jika menunggu semakin lama, akurasi USG dalam mengidentifikasi usia kehamilan seseorang akan berkurang.

Usia kehamilan seseorang dapat dilihat di antaranya melalui kantong janin, crown rump length, femur length, diameter biparietal, dan sebagainya. Apakah kantong janin sudah terbentuk? Berapa ukuran kantong janin? Berapa ukuran diameter lainnya? Indikator tersebut sangat menentukan berapa usia kehamilan seseorang.

Biasanya, kehamilan baru diketahui pada usia sekitar 6 minggu. Inilah yang membuat banyak ibu hamil penasaran berapa ukuran kantong janin 6 minggu. Berikut akan dijelaskan mengenai ukuran kantong janin 6 minggu dan kelainan yang berhubungan dengan kantong janin.

Berapa ukuran kantong janin 6 minggu yang normal?

ilustrasi hasil usg
Sumber gambar

Pada awalnya, janin merupakan sekumpulan sel yang terus membelah dan disebut embrio. Embrio bergerak dari saluran tuba menuju dinding rahim, sebelum berubah menjadi janin. Kantong janin sendiri baru terbentuk pada saat kehamilan menginjak usia 4 minggu.

Pada usia kehamilan 4 minggu, kantong janin berukuran sangat kecil dan hampir tidak tampak. Kantong janin akan bertambah ukuran 1mm per hari hingga usia kehamilan 9 minggu. Pada umumnya, kantong janin baru tampak jelas di USG ketika usia kehamilan 5 minggu.

Bagaimana cara mengetahui ukuran kantong janin 6 minggu yang normal? Sebenarnya tak hanya pada usia 6 minggu, Anda dapat menggunakan cara ini pada usia kehamilan berapa pun.

Kantong janin mulai terbentuk pada usia kehamilan 4 minggu, itu berarti ukuran kantong janin masih 0mm. Kemudian, ukuran akan bertambah 1mm per hari. Berarti ukuran kantong janin sama dengan usia kehamilan (dalam hari) dikurangi 4 minggu (28 hari).

Misalkan Anda ingin menghitung ukuran kantong janin 6 minggu. Usia kehamilan 6 minggu sama dengan 42 hari. Kemudian, dikurangi 4 minggu atau 28 hari. Berarti tersisa 14 hari atau ukuran kantong janin sebesar 14mm. Cara yang mudah, bukan? Nah, sekarang Anda bisa menghitung ukuran kantong janin 6 minggu atau pada usia berapa pun yang normal dan membandingkannya dengan hasil pengukuran USG Anda.

Apa saja kelainan seputar kantong janin?

ilustrasi sedang memeriksa janin
Sumber gambar

Setelah mengetahui ukuran kantong janin 6 minggu yang normal, coba bandingkan dengan ukuran hasil pemeriksaan USG Anda. Pada umumnya, Anda akan melihat perbedaan karena tidak semua individu akan seragam. Akan tetapi, perbedaan yang terlalu jauh, yaitu lebih dari 1mm menunjukkan kemungkinan adanya kelainan pada kandungan. Kelainan tersebut bisa terjadi pada janin, plasenta, maupun cairan ketuban yang sama-sama berpengaruh besar terhadap kelangsungan kehamilan Anda.

Jika Anda merasa khawatir akan hal tersebut, lebih baik melakukan beberapa pemeriksaan tambahan, seperti lab darah atau USG fetomaternal untuk mengetahui adanya risiko komplikasi dalam kehamilan. Anda juga bisa melakukan pemeriksaan noninvasif seperti NIPT Test untuk mengetahui kelainan kromosom pada janin sejak dini.

Ukuran kantong janin 6 minggu atau pada usia berapa pun yang terlalu besar atau kecil merupakan kondisi yang tak boleh diremehkan. Penelitian membuktikan bahwa sebagian ibu hamil yang mengalami hal tersebut lebih berisiko terhadap kejadian komplikasi selama kehamilan hingga terjadinya aborsi (keguguran). Sebagian ibu hamil yang dapat mempertahankan kehamilannya hingga akhir pun, lebih berisiko memiliki bayi dengan berat lahir rendah.

ilustrasi hasil periksa janin
Sumber gambar

Ukuran kantong janin 6 minggu menjadi hal yang cukup penting untuk diperhatikan. Hal ini karena banyak kelainan yang terjadi pada awal kehamilan. Satu kelainan yang berhubungan dengan kantong kehamilan adalah blighted ovum atau anembryonic pregnancy.

Sesuai namanya, blighted ovum berarti kantong kehamilan yang tidak berisi janin atau bisa juga berisi janin, namun janin tersebut telah berhenti tumbuh. Perempuan yang mengalami kondisi ini umumnya tetap merasakan mual muntah dan memperoleh hasil positif pada test pack. Hal tersebut karena meskipun janin tidak tumbuh, namun kantong janin tetap menghasilkan hormon kehamilan (hCG).

Dokter biasanya akan melakukan tindakan kuret atau induksi sehingga kantong janin dan isinya dapat segera dikeluarkan. Jika dibiarkan tetap berada di rahim, kondisi ini justru akan membahayakan kesehatan. Selain itu, hal ini juga secara tidak langsung dapat menurunkan kesuburan seorang perempuan bila tidak segera ditangani.

BACA JUGA: NIPT Test, Metode untuk Cek Kondisi Janin Sejak Dini

Itulah sekilas penjelasan mengenai ukuran kantong janin 6 minggu yang normal dan kelainan seputar kantong janin. Ketika menyadari ada hal yang tidak wajar pada kehamilan atau hasil USG Anda, jangan pernah ragu untuk selalu mengonsultasikannya pada dokter yang merawat Anda.

Sumber:

  1. https://www.brooksidepress.org/Products/Military_OBGYN/Ultrasound/1st_trimester_ultrasound_scannin.htm
  2. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK551624/
  3. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/pregnancy-loss-miscarriage/expert-answers/blighted-ovum/faq-20057783
  4. https://obgyn.onlinelibrary.wiley.com/doi/full/10.1002/uog.21178
  5. https://www.verywellfamily.com/meaning-of-small-gestational-sac-in-early-pregnancy-2371255#:~:text=Sometimes%20ultrasound%20measurements%20will%20reveal,a%20higher%20risk%20of%20miscarriage

Temukan pengalaman baru cek kesehatan dengan mengetahui masa depanmu!

DAFTAR KONSULTASI GRATIS

Connect with us on instagram

@tanyadna.id