Tips Mencari Nama Bayi Laki-laki yang Bagus
Bayi

Tips Mencari Nama Bayi Laki-laki yang Bagus

Juni 10th 2022

Nama bayi laki-laki yang bagus tidak ditentukan dari berapa banyak orang yang menggunakannya atau pengucapannya yang sulit dan unik. Menentukan nama bayi sebaiknya harus mempertimbangkan banyak hal agar tidak menyesal di kemudian hari.

Memiliki bayi melalui program hamil saat ini bukan menjadi hal yang langka. Terutama bagi pasangan suami istri yang sibuk bekerja, menjalani program hamil dapat membantu mempercepat keberhasilan untuk memiliki momongan. Selain itu, dengan adanya NIPT test, Anda juga bisa memastikan kondisi kesehatan anak terhadap kemungkinan adanya kelainan genetik.

Sehingga sebagai orang tua baru, Anda sudah cukup siap menghadapi kondisi kesehatan janin yang akan dilahirkan. Melalui NIPT test, Anda juga bisa mengetahui jenis kelamin bayi sejak usia kandungan 10 minggu. Dengan kemudahan ini, Anda bisa terlebih dahulu mempersiapkan nama bayi laki-laki atau nama bayi perempuan saat jenis kelamin bayi telah terdeteksi.

Memilih nama bayi laki-laki bukanlah perkara mudah. Banyak orang menunjukkan nada penyesalan atas nama bayi laki-laki yang diberikan kepada anaknya, yang disebabkan oleh berbagai hal, misalnya seperti: kesulitan pengejaan nama sehingga menyebabkan kesalahan cetak pada akte kelahiran, pengucapan nama kerap menjadi bahan ejekan, dalam bahasa lain nama yang Anda pilih berkonotasi negatif.

Agar Anda tidak menyesal di kemudian hari, ada beberapa tips yang sudah kami siapkan agar Anda tidak salah dalam memilih nama bayi laki-laki yang bagus.

Jangan memilih nama bayi laki-laki hanya karena mengikuti tren

ilustrasi memilih nama bayi
Sumber gambar

Sama seperti fashion, apa yang populer saat ini belum tentu bisa diterima di masa depan. Untuk itu terlebih dahulu tanyakan pada diri Anda apakah nama bayi laki-laki sesuai tren yang Anda pilih ini akan tetap terdengar keren di kemudian hari? Apakah nantinya akan menimbulkan masalah seperti kesulitan mengeja, menjadi bahan ejekan teman atau akan dikaitkan dengan hal yang kurang positif? Jika Anda merasa bahwa nama sesuai tren ini tetap bisa diterima dan tidak akan menimbulkan masalah, tidak apa-apa lanjutkan saja, namun jika pilihan nama Anda berpotensi menyebabkan masalah lebih baik cari nama lain untuk buah hati Anda.

Pilihan nama bayi laki-laki klasik tidak selalu kuno dan membosankan

Anda mungkin perlu mempertimbangkan pemilihan nama klasik yang mudah diucapkan dan diingat. Berikut adalah 10 pilihan nama bayi laki-laki klasik yang bisa Anda pertimbangkan:

  • Andrew, nama ini sempat populer di akhir tahun 80-an dan awal 90-an. Nama yang klasik ini mudah diingat dan sangat indah, yang berasal dari bahasa Yunani dengan arti kuat dan jantan.
  • Anthony, nama yang berasal dari bahasa latin ini memiliki arti pendoa. Nama ini populer digunakan di tahun 90-an hingga 2000-an.
  • Brandon, nama yang berasal dari bahasa Irlandia ini memiliki arti pangeran.
  • David, bukan hanya karena digunakan banyak orang terkenal, namun nama David ini merupakan variasi dari bentuk kata Dawid yang memiliki makna kesayangan.
  • Edward, dalam sejarah Inggris kuno, nama Edward memiliki arti penjaga kemakmuran atau kekayaan.
  • Jonathan, nama ini termasuk nama populer yang bertahan menjadi pilihan nama klasik hingga saat ini. Nama Jonathan berarti penasehat, kepandaian, rejeki atau pemberian Tuhan.
  • Kevin, nama ini berasal dari bahasa Irlandia kuno yang memiliki makna yang terlahir mulia atau bangsawan. Sebuah nama yang dilandasi harapan yang indah, kan?
  • Michael, berasal dari bahasa Ibrani, nama Michael merupakan nama klasik populer yang memiliki arti anugerah.
  • Raymond, dalam bahasa Prancis, nama Raymond memiliki arti bijaksana. Memilih nama bayi laki-laki Raymond berarti mengharapkan agar anak Anda kelak menjadi seseorang yang bijaksana.
  • Steven, nama ini berasal dari bentuk bahasa latin Stephanus yang memiliki arti mahkota atau tiara. Memilih nama bayi laki-laki Steven berarti mengharapkan kelak anak akan menjadi seorang pemimpin.

Cari tahu makna nama bayi yang Anda pilih

ilustrasi arti nama bayi
Sumber gambar

Sama halnya seperti memilih nama bayi perempuan, dalam hal memilih nama bayi laki-laki Anda juga sebaiknya mencari tahu apa makna atau maksud di balik nama tersebut. Alih-alih merasa kreatif dan keren, Anda bisa menyebabkan orang berkonotasi negatif terhadap nama bayi Anda. Misalnya ketika Anda menamai anak Anda dengan Nevaeh yang merupakan kebalikan dari kata heaven. Bukannya keren, orang mungkin menganggapnya sebagai antonim dari heaven yaitu neraka. Ah seram juga kan, jadinya.

Pertimbangkan inisial nama si kecil

ilustrasi inisial nama bayi
Sumber gambar

Inisial nama juga penting untuk dipertimbangkan, jangan sampai karena inisialnya, anak menjadi bahan tertawaan banyak orang. Misalnya ketika Anda memilih nama Alexander Simeon Untoro yang disingkat A.S.U di mana dalam bahasa Jawa, asu bisa diartikan sebagai anjing. Anda tentu tidak ingin anak Anda jadi bulan-bulanan ejekan temannya nanti kan?

Pertimbangkan memilih nama sesuai budaya keluarga

Memilih nama sesuai dengan budaya termasuk salah satu cara untuk melestarikan budaya agar tidak lenyap ditelan jaman. Nama bayi laki-laki dari bahasa Sansekerta misalnya, memiliki banyak pilihan dengan arti yang indah dan keren.

10 nama bayi laki-laki Sansekerta yang terdengar agung dan cocok digunakan misalnya:

  1. Abimanyu yang artinya gagah berani, nama ini diambil dari nama putra Arjuna
  2. Birendra yang artinya pemimpin para ksatria
  3. Bimasena yang artinya panglima yang gagah berani
  4. Dewananda yang artinya karunia Sang Pencipta
  5. Ganendra yang artinya pasukan Dewa
  6. Janardana yang artinya anak yang suka menolong
  7. Meidiawan yang artinya menempuh jalan yang benar
  8. Manendra yang artinya lelaki paling cerdas
  9. Sadawira yang artinya tak kenal takut
  10. Yasodana yang artinya kaya dan terkenal

Pertimbangkan nama panggilan yang bagus untuknya

Memilih nama yang panjang dan terdengar agung sudah Anda lakukan, jangan lupa pertimbangkan juga bagaimana nama panggilan untuknya. Sama seperti membuat inisial nama, sebaiknya nama panggilan tidak menyebabkan anak merasa dipermalukan. Misalnya ketika Anda memilih nama Yasodana untuknya, sebuah nama yang indah dan agung, bukan? Alih-alih memanggilnya Dana, Anda memilih memanggilnya gembul hanya karena ia memiliki tubuh yang berukuran besar. Jangan sampai membuat anak merasa malu dengan nama panggilan yang Anda berikan, ya.

BACA JUGA: Inspirasi Nama Bayi Kekinian yang Jarang Dipakai

Yang terpenting saat ini, tidak perlu panik dan stres ketika belum menemukan nama yang sesuai dengan keinginan Anda. Memilih nama bayi laki-laki tidak harus terburu-buru, Anda bisa melihat-lihat lebih banyak referensi dan merangkainya hingga menemukan nama yang indah dan agung untuk anak Anda.

Sumber:

  1. https://www.thetot.com/mama/10-expert-tips-for-choosing-a-baby-name/
  2. https://www.haibunda.com/nama-bayi/20211018153427-88-271519/100-nama-bayi-laki-laki-terpopuler-1-abad-terakhir-klasik-dan-menarik-hati
  3. https://id.theasianparent.com/nama-bayi-laki-laki-sansekerta-dan-artinya
  4. https://www.verywellfamily.com/baby-names-4014180

Temukan pengalaman baru cek kesehatan dengan mengetahui masa depanmu!

DAFTAR KONSULTASI GRATIS

Connect with us on instagram

@tanyadna.id