Rekomendasi Produk Test Pack dan Tips untuk Dapatkan Hasil Terbaik
Kehamilan

Rekomendasi Produk Test Pack dan Tips untuk Dapatkan Hasil Terbaik

Mei 31st 2022

Test pack adalah salah satu jenis tes kehamilan untuk mengonfirmasi kehamilan. Selain harganya yang terjangkau, pemakaiannya juga sangat mudah dan praktis karena bisa dilakukan mandiri di rumah.

Test pack, jenis tes kehamilan ini dapat mengonfirmasi kehamilan dengan tingkat akurasi hingga 99%. Tes ini memanfaatkan pengukuran hormon kehamilan yang disebut hormon chorionic gonadotropin (hCG). Hormon hCG umumnya sudah bisa dideteksi dalam urin sekitar 10-14 hari setelah pembuahan.

Jadi apabila Anda sedang menjalani program hamil dan saat ini sedang terlambat haid, untuk memastikan dugaan hamil maka langkah pertama sebelum mengunjungi dokter adalah dengan mendapatkan tes kehamilan.

Bagaimana sih cara kerja test pack?

ilustrasi cara kerja test pack
Sumber gambar

Test pack bekerja dengan mengukur kadar hormon hCG di dalam urin yang biasanya meningkat ketika Anda hamil. Hormon hCG disebut juga dengan hormon kehamilan, yang diproduksi oleh sel-sel di dalam plasenta yang menyediakan nutrisi bagi embrio untuk berkembang.

Hormon hCG tidak dilepaskan setiap saat, namun hanya dilepaskan oleh tubuh ketika telur telah dibuahi dan sudah menempel di dinding rahim. Hormon ini bisa dideteksi melalui urin maupun darah sekitar 10-14 hari setelah pembuahan, dan akan memuncak di antara minggu ke-8 hingga minggu ke-11 kehamilan.

Walaupun setiap kondisi kehamilan berbeda-beda, namun tes kehamilan di rumah memiliki tingkat akurasi hingga 99% jika digunakan sesuai dengan instruksi yang tertulis di kemasan. Hasil positif palsu lebih jarang ditemukan ketimbang negatif palsu.

Hasil negatif palsu bisa diperoleh apabila Anda melakukan tes kehamilan terlalu dini, sehingga alat tes tidak bisa membaca hCG akibat kadarnya yang masih terlalu rendah. Hasil positif biasanya muncul setelah pengujian ulang beberapa hari kemudian.

Namun karena tes kehamilan rumah semakin sensitif, beberapa alat tes bahkan diklaim dapat mendeteksi kehamilan sangat dini dengan kadar hCG yang rendah. Di dalam artikel ini nanti akan dibahas mana saja alat test pack yang direkomendasikan untuk mendeteksi kehamilan dengan hasil yang lebih cepat.

Cara menggunakan test pack

ilustrasi cara menggunakan test pack
Sumber gambar

Tes kehamilan di rumah dapat dilakukan dengan mengetahui kadar hCG melalui urin. Umumnya hasil sudah bisa diketahui dalam 1-2 menit setelah Anda melakukan tes.

Cara penggunaan test pack sangatlah mudah:

  1. Pertama, Anda harus menampung urin dalam sebuah wadah kecil
  2. Kedua, masukkan alat test pack ke dalam wadah urin hingga menyentuh garis batas tinggi maksimal
  3. Ketiga, tunggu hingga urin diserap naik dan memperlihatkan adanya satu garis (apabila hasil tes negatif) atau dua garis (apabila hasil tes positif). Selain ditunjukkan lewat satu garis atau dua garis, ada pula test pack yang menunjukkan hasil kehamilan melalui tanda (+) dan (-), yang sebenarnya secara teknis menggunakan ide yang sama.

Tes kehamilan dapat dilakukan di rumah setidaknya 14 hari setelah pembuahan. Tes biasanya dilakukan di pagi hari sesaat setelah bangun tidur, sebaiknya tidak perlu minum air terlebih dahulu sebelum melakukan tes ini sehingga urin tidak terlalu encer. Mengonsumsi air sebelum melakukan tes dapat menyebabkan hasil bacaan negatif palsu walaupun Anda sedang hamil.

Alat test pack yang beredar di pasaran memiliki tingkat sensitivitas berbeda-beda terhadap hormon hCG, namun tes akan lebih akurat apabila dilakukan setelah haid terlambat datang.

Hasil tes yang menunjukkan pembacaan positif dapat dilanjutkan dengan membuat janji kunjungan ke dokter atau bidan, sehingga sepanjang usia kehamilan nanti kehamilan Anda dapat dipantau. Anda juga bisa meminta mendapatkan NIPT test di trimester kehamilan pertama untuk mengetahui adanya kelainan kromosom pada janin dan juga mengetahui jenis kelamin janin sebelum janin berkembang di dalam rahim.

Mengenal 4 jenis test pack yang bisa digunakan untuk mengonfirmasi kehamilan

test pack strip
Sumber gambar

Test pack strip

Tes pack strip adalah alat kehamilan berbentuk stik (seperti tongkat kecil) yang biasanya terbuat dari plastik. Cara penggunaannya adalah dengan menampung urin dan merendam stik di dalam urin seusai garis batas maksimal selama beberapa saat, biasanya 1-2 menit. Ketika urin sudah mencapai alat kontrol indikator maka simbol satu garis atau dua garis akan muncul. Satu garis menandakan hasil negatif atau Anda tidak hamil atau Anda hamil namun HCG belum terdeteksi, dua garis menandakan Anda hamil dan jarang ditemukan hasil dua garis yang menunjukkan kehamilan palsu. Bila hasil tes tidak menunjukkan tanda apapun, maka Anda salah saat menggunakan test pack tersebut.

Ketika ada tanda-tanda kehamilan namun hasil tes menunjukkan negatif maka Anda bisa mengulangi tes beberapa hari kemudian. Pastikan juga bahwa Anda mengikuti instruksi yang berada di balik label kemasan dengan benar dan periksa tanggal kedaluwarsa alat tes.

Tingkat akurasi test pack strip mencapai 99%, dan harganya cukup bervariasi serta umumnya terjangkau. Alat tes ini direkomendasikan terutama bila Anda menjalani program hamil dan membutuhkan melakukan tes kehamilan berulang kali.

Test pack digital

Sesuai dengan namanya, alat tes kehamilan digital berarti mengandalkan kecanggihan digital dalam menunjukkan hasil tes kehamilan. Beberapa di antara alat tes ini memiliki fitur hitung mundur cerdas yang akan berkedip ketika hasilnya sudah siap. Hasil positif atau negatif juga ditunjukkan dengan cara yang lebih canggih, tidak dengan memunculkan satu garis atau dua garis melainkan dengan memunculkan tulisan yes atau no.

Alat tes ini mengklaim cukup sensitif, bahkan dapat dilakukan untuk menguji kehamilan 5 hari sebelum terlambat haid.

test pack digital
Sumber gambar

Alat ini mirip seperti termometer digital yang bagian ujungnya terdapat strip untuk menyerap urin. Stip dicelupkan ke dalam urin selama 15 detik, hasilnya akan segera muncul dalam waktu maksimal 3 menit. Setelah digunakan strip biasanya dapat diganti dengan yang baru dan test pack bisa kembali digunakan dengan batas waktu tertentu.

Dengan kecanggihannya sudah bisa ditebak bahwa harganya tidak semurah test pack strip, bukan? Namun karena dapat digunakan berulang mungkin Anda ingin mempertimbangkan test pack digital ini.

Test pack dengan wadah urin

Sebenarnya alat tes kehamilan yang satu ini mirip dengan test pack strip. Perbedaannya alat ini dilengkapi dengan wadah untuk menampung urin. Wadah ini membantu agar urin yang ditampung tidak terlalu banyak, sehingga tes lebih mudah dilakukan dan meminimalisir kesalahan penggunaan akibat alat tes yang dicelup melebihi garis batas.

Anda bisa mencelupkan stik ke dalam wadah dan menunggu hasilnya dalam waktu sekitar 1 menit. Setelahnya Anda dapat melihat hasilnya apakah satu garis ataupun dua garis.

Harga test pack jenis ini biasanya agak sedikit lebih mahal dibandingkan alat test pack strip namun masih cukup terjangkau.

Test pack USB

Test pack USB atau USB Home Pregnancy Test Kit (PTeq) adalah alat tes kehamilan digital pertama di dunia yang dapat dihubungkan dengan komputer melalui koneksi USB. Cara penggunaannya yaitu dengan menggunakan sepotong kertas tebal untuk mengambil sampel urin, kemudian kertas tersebut dimasukkan ke dalam alat USB. Melalui software tertentu akan diketahui tingkat hormon yang ada. Alat ini bahkan bukan untuk tes kehamilan saja, Anda dapat menggunakannya untuk mengetahui waktu ovulasi Anda. Wah, canggih juga ya.

BACA JUGA: Mengenal NIPT Test, Metode untuk Mengetahui Kondisi Janin Sejak Dini

Nah, apakah Anda sudah menentukan alat tes kehamilan mana yang ingin digunakan? Bagaimanapun alat tes kehamilan memiliki manfaat dan tujuan yang sama, kecanggihan maupun sensitivitas alat adalah nilai plus yang tentu harus dibayar dengan harga lebih. Untuk memilih alat test pack yang terbaik, sesuaikan saja dengan budget yang Anda miliki.

Sumber:

  1. https://www.medicalnewstoday.com/articles/295001#what_happens_next
  2. https://www.medicalnewstoday.com/articles/327284#accuracy
  3. https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/getting-pregnant/in-depth/home-pregnancy-tests/art-20047940
  4. https://www.healthline.com/health/best-pregnancy-test#our-picks
  5. https://jogja.tribunnews.com/2012/06/20/alat-tes-kehamilan-dengan-koneksi-usb-99-akurat

Temukan pengalaman baru cek kesehatan dengan mengetahui masa depanmu!

DAFTAR KONSULTASI GRATIS

Connect with us on instagram

@tanyadna.id