Penjelasan Soal Kenapa Test Pack Negatif tapi Belum Haid
Kesehatan

Penjelasan Soal Kenapa Test Pack Negatif tapi Belum Haid

Juli 31st 2022

Test pack negatif tapi belum haid, apakah bisa terjadi? Hal ini sangat mungkin terjadi terutama bila Anda terlalu cepat melakukan tes kehamilan atau saat melakukan tes kehamilan Anda sedang stres.

Sebagian besar wanita yang menjalani program hamil mendambakan usahanya lekas membuahkan hasil. Sayangnya, tidak semua program hamil bisa membuahkan kehamilan secepat yang diinginkan. Bagi beberapa orang mungkin dibutuhkan usaha ekstra dan waktu yang cukup lama, terutama bila ada kondisi kesehatan yang melatarbelakangi problem kesuburan yang dialami. Karena berharap ingin cepat hamil, tidak jarang bila Anda melakukan kesalahan dalam menggunakan alat tes kehamilan. Meskipun praktis dan mudah digunakan, Anda tetap harus mengikuti petunjuk pemakaian alat tes kehamilan (test pack) agar memberikan hasil yang akurat.

Alat tes kehamilan di rumah secara efektif dan praktis bisa menunjukkan kehamilan dengan mendeteksi hormon kehamilan atau yang disebut dengan human chorionic gonadotropin (hCG). Hormon kehamilan hanya diproduksi oleh tubuh apabila sel telur berhasil dibuahi sperma dan berimplantasi di dinding rahim. Seketika setelah berimplantasi di dinding rahim, terjadi perubahan peningkatan hormon besar-besaran di dalam tubuh termasuk hormon progesteron, estrogen dan juga hCG.

Test pack negatif tapi belum haid, apa yang salah?

ilustrasi Test pack negatif belum haid
Sumber gambar

Sebelum mengetahui jauh tentang kesalahan penggunaan test pack yang menyebabkan hasil test pack negatif tapi belum haid, terlebih dahulu Anda harus tahu bagaimana cara kerja test pack.

Saat Anda melakukan tes kehamilan, maka alat tes kehamilan tersebut akan mengenali adanya hormon hCG di dalam tubuh. Hormon hCG dapat ditemukan melalui urin dan juga darah, namun alat tes kehamilan di rumah (test pack) hanya menggunakan urin untuk mendeteksi kadar hCG. Alat tes kehamilan yang mendeteksi urin bisa dibeli di toko obat, swalayan maupun apotik, harganya beragam dan cukup terjangkau sehingga setiap orang bisa melakukannya di rumah.

Peningkatan kadar hormon hCG di dalam tubuh tidak terjadi dalam waktu yang singkat. Kenaikannya terjadi perlahan di dalam tubuh sesaat setelah sel telur yang telah dibuahi berimplantasi di dinding rahim. Di awal kehamilan, setiap hari tubuh akan menghasilkan kadar hCG yang semakin tinggi. Seiring dengan bertambahnya usia kehamilan, dari minggu ke minggu, alat tes kehamilan akan lebih mudah mendeteksi kadar hCG dan menunjukkan hasil tes yang positif.

Kadar hCG di dalam darah umumnya baru bisa terdeteksi 10 hari setelah pembuahan. Namun, terkadang beberapa wanita memiliki kadar hCG yang rendah yang mungkin belum terdeteksi saat 10 hari setelah pembuahan. Tes kehamilan yang dilakukan di kisaran waktu tersebut mungkin menghasilkan hasil negatif, walaupun sebenarnya Anda sedang hamil. Anda bisa mengulangi tes kehamilan beberapa hari selanjutnya, atau setidaknya 7 hari setelah terlambat haid.

Bagaimana bila test pack tetap menunjukkan hasil negatif tetapi haid tak kunjung datang?

ilustrasi test pack dan pil
Sumber gambar

Hasil negatif dari tes kehamilan mungkin menunjukkan beberapa hal, seperti:

  • Anda memang benar-benar tidak hamil.
  • Anda terlalu cepat melakukan tes kehamilan.
  • Anda salah menggunakan alat tes kehamilan.
  • Anda tidak melakukan tes kehamilan sesaat setelah bangun tidur.
  • Anda tidak menggunakan urin pertama yang keluar setelah bangun tidur sebagai sample urinnya.
  • Anda minum terlebih dahulu sebelum melakukan tes kehamilan, sehingga urin menjadi lebih encer dan kadar hCG menjadi tidak terdeteksi oleh alat tes kehamilan.
  • Alat tes kehamilan yang digunakan sudah kadaluarsa.
  • Alat tes kehamilan memiliki sensitivitas yang rendah.
  • Alat tes kehamilan rusak.
  • Anda melakukan tes kehamilan saat sedang stres.

Cara menggunakan test pack dengan benar agar hasil akurat

Alat tes kehamilan test pack diklaim 99% akurat dalam mendeteksi kehamilan, namun semua itu tergantung pada cara pemakaian yang benar, waktu implantasi terjadi, seberapa cepat Anda melakukan tes kehamilan, dan seberapa sensitif alat tes kehamilan yang Anda pakai.

Berikut adalah cara-cara yang benar menggunakan test pack agar menunjukkan hasil yang akurat:

  • Sebelum Anda menggunakan test pack, periksa terlebih dahulu tanggal kadaluarsa, apakah kemasan mengalami kerusakan yang mempengaruhi alat test pack, apakah alat test mengalami kerusakan, seperti terkelupas misalnya.
  • Langkah selanjutnya, baca petunjuk pemakaian test pack yang hendak Anda gunakan. Walaupun sebagian besar cara penggunaannya sama, namun beberapa merk mungkin memiliki perlakuan berbeda, misalnya seperti alat test pack bentuk stick dan alat tes kehamilan digital.
  • Jangan minum air sebelum melakukan tes kehamilan. Ambil sampel urin yang dikeluarkan sesaat setelah bangun tidur agar memberikan hasil yang akurat. Minum air atau apapun sebelum melakukan tes kehamilan dapat mengencerkan urin sehingga menyebabkan alat tes kesulitan dalam mendeteksi kadar hCG.
  • Pastikan melakukan tes sesuai waktu petunjuk. Bila perlu, gunakan stopwatch untuk menghitung berapa lama alat tes dicelupkan ke sampel urin agar memberikan hasil yang akurat.
  • Jangan memindahkan alat test pack dari wadah sampel urin sebelum waktunya.
  • Jangan merendam alat test pack terlalu lama dan meninggalkannya untuk melakukan aktivitas lain.

Penyebab haid datang terlambat

ilustrasi haid terlambat
Sumber gambar

Bila Anda sudah melakukan tes kehamilan dengan benar namun haid tetap tidak datang, maka ada beberapa kemungkinan yang terjadi pada tubuh Anda. Salah satunya adalah siklus menstruasi yang tidak teratur, yang menyebabkan Anda kebingungan mengenali apakah ini terlambat haid atau kehamilan.

Haid juga bisa terlambat datang akibat dari beberapa hal, seperti misalnya:

  • Anda sedang menyusui.
  • Anda sedang mengalami stres berat.
  • Anda sedang menggunakan alat kontrasepsi hormonal, atau belum lama melepaskan alat kontrasepsi hormonal.
  • Anda menderita penyakit tertentu yang mempengaruhi siklus menstruasi, misalnya seperti endometriosis, PCOS, fibroid rahim, dan lain sebagainya.
  • Anda berolahraga terlalu berlebihan.
  • Anda sedang kelelahan atau melakukan perjalanan jauh.

Haid yang seringkali datang terlambat, bahkan terlambat hingga 2 minggu atau lebih biasanya mengindikasikan adanya kondisi kesehatan tertentu. Anda bisa memeriksakan diri ke dokter kandungan dan mencari tahu apa yang menyebabkan menstruasi Anda tidak lancar dan sering datang terlambat. Problem menstruasi menunjukkan adanya tanda-tanda ketidaksuburan yang mungkin mempengaruhi kehamilan dan membuat Anda sulit untuk hamil. Problem ini bisa diatasi apabila Anda mendapatkan pemeriksaan dini sehingga dokter bisa mengetahui penyebabnya dan memberikan pengobatan serta perawatan yang sesuai.

BACA JUGA: NIPT Test, Metode untuk Mengetahui Kondisi Janin Sejak Dini

Bila haid Anda sudah kembali lancar, maka peluang Anda untuk hamil akan meningkat kembali. Anda juga sebaiknya mendapatkan pemeriksaan USG serta NIPT test apabila test pack menunjukkan hasil positif hamil. Kedua tes tersebut dibutuhkan untuk memantau kondisi kesehatan kehamilan sehingga kehamilan dan janin Anda dalam kondisi yang sehat hingga persalinan.

Sumber:

Temukan pengalaman baru cek kesehatan dengan mengetahui masa depanmu!

DAFTAR KONSULTASI GRATIS

Connect with us on instagram

@tanyadna.id