Pentingnya Melakukan Tes Kesuburan Bagi Pasangan Suami Istri
Kesehatan

Pentingnya Melakukan Tes Kesuburan Bagi Pasangan Suami Istri

Mei 10th 2022

Jangan minder ketika pasangan mengajak untuk tes kesuburan. Ada makna di balik proses ini.

Bagi sebagian besar pasangan suami istri, memiliki anak merupakan suatu anugerah. Tak hanya sebagai teman dan anggota keluarga, Anda punya kesempatan untuk menjadi sosok yang bertanggung jawab, mendidik anak tersebut agar memiliki masa depan yang baik.

Namun sayangnya di Indonesia, mendengar tes kesuburan itu masih merupakan sesuatu yang tabu. Masih banyak yang berpikir bahwa ini merupakan tanda bahwa pasangan kurang percaya dengan kemampuan menghasilkan keturunan. Padahal, kalau melihat sisi positifnya, dengan melakukan tes kesuburan Anda bisa mengetahui peluang untuk hamil dan bagaimana langkah tepat untuk memperbaikinya. Selain itu, dengan tes kesuburan pasangan juga bisa merencanakan waktu yang tepat untuk hamil dan menghasilkan keturunan.

Manfaat tes kesuburan bagi pasangan suami istri

alat tes kehamilan
Sumber gambar

Namun sebelum mengetahui lebih jauh, ada beberapa hal yang wajib Anda ketahui terlebih dahulu tentang tes kesuburan. Terutama tentang penting dan manfaatnya bagi pasangan suami istri.

Penting untuk mengetahui masa subur wanita

Wanita adalah makhluk yang unik bila dibandingkan dengan pria. Termasuk karena mereka memiliki masa subur yang menjadi patokan untuk saat yang tepat melakukan program hamil.

Masa subur kaum perempuan biasanya terjadi 10-14 hari sebelum masa haid selanjutnya. Tetapi ada catatan yang harus Anda perhatikan. Periode tersebut adalah untuk wanita dengan siklus menstruasi yang teratur. Berbeda dengan mereka yang jadwal menstruasinya tidak teratur, yang menjadi sulit untuk menentukan masa suburnya.

Inilah mengapa wanita dengan masa menstruasi yang tak menentu sebaiknya mengikuti tes kesuburan. Tentunya, lewat bantuan alat uji tersebut, Anda bisa lebih mudah mengetahui waktu masa subur sehingga tahu waktu yang tepat untuk program kehamilan.

Selain itu, tes kesuburan juga bisa menjadi KB Alami. Dengan mengetahui masa subur, Anda bisa mengantisipasi kapan waktu yang tepat untuk melakukan hubungan seksual yang aman, tanpa khawatir hamil.

Bisa mengetahui kapan waktu ovulasi berlangsung

Dengan melakukan tes kesuburan, Anda juga bisa mengetahui masa ovulasi dengan lebih mudah. Ovulasi sendiri merupakan kondisi di mana sel telur keluar dari indung telur dan siap dibuahi.

Masa pembuahan sel telur adalah 12 hingga 24 jam setelah ovulasi. Inilah saat di mana seorang wanita mengalami masa subur. Bila dihitung bahwa siklus haid seorang wanita rata-rata adalah 28 hari, masa ovulasi akan terjadi di hari ke-12 hingga 14 setelah haid hari pertama.Tentunya hitungan ini akan mengalami perubahan, seiring dengan kemampuan wanita dalam menstruasi.

Keunggulan menggunakan alat tes kesuburan

ilustrasi alat tes kesehatan
Sumber gambar

Mendeteksi masa subur secara alami mungkin lebih praktis. Namun tak bisa dipungkiri bahwa dengan menggunakan tes kesuburan Anda bisa dapatkan lebih banyak manfaat. Beberapa sisi positif menggunakan alat tes kesuburan dalam merencanakan program hamil adalah sebagai berikut:

Deteksi masa subur lebih pasti dan akurat

Dengan menggunakan alat tes kesuburan, Anda dan pasangan tak perlu ragu lagi dalam menentukan masa subur. Ini juga menguntungkan bagi mereka yang percaya bahwa lebih baik menghindari hubungan suami istri di masa subur.

Peluang mendapatkan kehamilan jadi lebih besar

Dengan mengetahui masa subur secara akurat, tentu saja Anda mendapatkan keuntungan, yaitu tahu kapan waktu yang paling tepat untuk program kehamilan. Peluang ini jauh lebih besar ketimbang memperkirakan sendiri dengan melihat tanda-tanda alami.

Alat tes kehamilan bisa diandalkan untuk tunda kehamilan

Tak hanya membantu mendapatkan keturunan, alat tes kesuburan juga bisa Anda gunakan untuk menunda kehadiran anggota keluarga baru. Sangat baik bagi Anda yang sudah berkeluarga atau ingin fokus pada karir terlebih dahulu bersama pasangan.

Deteksi masalah kewanitaan sejak dini

Tentunya aneh bila lewat hitungan kalender seorang wanita harusnya memasuki masa subur. Namun ketika menggunakan alat tes kesuburan justru ketahuan kalau sedang tidak subur. Hal yang bertolak belakang ini bisa jadi sebuah sinyal bahwa Anda sedang tidak baik-baik saja dan membutuhkan bantuan dokter.

Bagaimana cara tes kesuburan secara alami?

Selain dengan menggunakan alat tes kesuburan, merencanakan kehamilan juga bisa Anda lakukan secara alami dengan mencermati gejala-gejala tertentu pada tubuh. Apa saja?

Lewat pengukuran suhu tubuh

Tes kesuburan alami pertama yang sangat mudah untuk Anda lakukan adalah lewat pengukuran suhu tubuh. Dengan mengetahui suhu tubuh (suhu basal), wanita bisa memprediksi waktu ovulasi mereka. Biasanya suhu ini diukur dengan termometer saat bangun di pagi hari.

Suhu basal yang normal berkisar antara 36,2 hingga 36,5 derajat Celcius. Namun ketika memasuki masa ovulasi, wanita akan mengalami peningkatan suhu tubuh antara 0,5 hingga 1 derajat Celcius. Penyebabnya adalah sel telur yang mengeluarkan hormon progesteron sehingga meningkatkan suhu tubuh.

Untuk melakukan tes kesuburan ini, lakukan pengukuran dan catat suhu tubuh setiap banun tidur di pagi hari, tepatnya pada menstruasi hari pertama hingga hari pertama menstruasi selanjutnya.

Periksa lendir di vagina

Adanya perubahan suhu tubuh tampaknya juga memengaruhi organ tubuh lainnya. Salah satunya adalah lendir di vagina. Perubahan ini terjadi karena adanya perubahan lainnya di lendir serviks. Saat masa subur, wanita akan mengeluarkan lendir yang transparan, tampak seperti susu, serta teksturnya elastis.

Muncul rasa nyeri pada perut bagian bawah

Memasuki masa subur, perut bagian bawah akan terasa sedikit nyeri. Hal ini berlangsung dalam kurun waktu yang tidak bisa ditentukan. Bisa hitungan menit, bisa juga jam.

Gunakan alat tes kesuburan

Untuk mengetahui masa subur, Anda juga bisa menggunakan cara yang praktis, yaitu alat tes kesuburan. Hanya dengan menggunakan sampel urin, masa subur bisa diketahui lewat deteksi hormon LH (Luteinizing Hormone) yang muncul ketika wanita memasuki masa subur.

Bila hormon LH mengalami peningkatan, besar kemungkinan wanita akan mengalami masa subur. Dengan mengetahui hal ini, Anda tahu kapan untuk merencanakan program kehamilan bersama pasangan.

Apakah tes kesuburan bisa tidak efektif?

ilustrasi hasil tes kehamilan
Sumber gambar

Sebagian besar tes kesuburan memiliki efektifitas tinggi. Kecuali bila wanita tersebut memiliki beberapa gangguan kesehatan. Ya, tes kesuburan bisa tidak sesuai harapan bila Anda memiliki gangguan Polikistik Ovarian Syndrome (PCOS), di mana peningkatan hormon LH justru malah mengganggu hasil pengujian sampel.

BACA JUGA: Ini Lho Waktu Paling Tepat Bagi Ibu Hamil untuk Lakukan Tes Kromosom

Bagi Anda yang ingin menjadi orang tua, lakukan tes kesuburan untuk mengetahui kapan waktu yang tepat dalam memulai program kehamilan bersama pasangan. Tak perlu lagi meraba-raba karena pedoman untuk memulainya sudah jelas. Semoga berhasil!

Sumber:

  1. https://www.prosehat.com/artikel/wanitasehat/manfaat-alat-tes-kesuburan

Temukan pengalaman baru cek kesehatan dengan mengetahui masa depanmu!

DAFTAR KONSULTASI GRATIS

Connect with us on instagram

@tanyadna.id