Deretan Tes Kehamilan Online yang Bisa Dicoba Para Ibu
Kehamilan

Deretan Tes Kehamilan Online yang Bisa Dicoba Para Ibu

Agustus 9th 2022

Tes kehamilan online mungkin masih asing bagi sebagian besar orang. Namun, kecanggihan teknologi sekarang memungkinkan mengetahui kehamilan secara online.

Sebagian besar wanita menyadari adanya beberapa perubahan di dalam dirinya yang mengindikasikan kehamilan. Untuk memastikan apakah tanda-tanda yang dialami adalah gejala kehamilan, perlu dilakukan tes yang bisa memvalidasinya. Sebelum melakukan tes kehamilan di rumah dengan menggunakan test pack, atau melakukan USG di klinik/ rumah sakit, Anda bisa mengecek tanda-tanda kehamilan yang dirasakan dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi melalui ponsel.

Kecanggihan teknologi bahkan dapat membantu Anda mengetahui jenis kelamin bayi sejak usia kehamilan 10 minggu dengan mendapatkan NIPT test. Anda tak perlu lagi menunggu hingga usia kehamilan 20 minggu untuk mengetahui jenis kelamin bayi di dalam kandungan Anda.

Bila kali ini Anda menjalani program hamil dan menemukan tanda-tanda kehamilan namun masih belum yakin, maka Anda bisa mengunduh beberapa aplikasi untuk mengetes kehamilan Anda. Yuk ketahui apa saja tes kehamilan online yang bisa Anda cocokkan dengan tanda-tanda kehamilan yang dirasakan serta informasi seputar menjalani kehamilan agar janin tumbuh dan berkembang menjadi bayi yang sehat.

Daftar tes kehamilan online yang bisa diunduh dan digunakan saat ini juga

ilustrasi deretan tes kehamilan online
Sumber gambar

Premom Ovulation Tracker App

Tes kehamilan online Premom Ovulation Tracker telah membantu lebih dari 3 juta wanita untuk melacak periode kesuburan dan ovulasi serta menjadi pendamping aplikasi kehamilan. Premom menggunakan analisis berbasis data dari tes ovulasi, suhu basal tubuh dan melacak periode siklus menstruasi untuk mengidentifikasi hari-hari paling subur yang Anda miliki.

Aplikasi ini terbukti membantu untuk lebih cepat hamil dan memahami lebih lanjut tentang tubuh. Adapun fitur-fitur yang dimiliki antara lain:

  • Tes scan ovulasi.
  • Jendela ovulasi di dalam kalender periode menstruasi.
  • Termometer basal tubuh.
  • Cara cepat hamil.

Aplikasi tes kehamilan online ini didukung oleh para ahli dan menyediakan tempat berkumpul dan berkomunikasi antara wanita yang telah menjalani program hamil seperti IUI atau IVF, dan kehamilan melalui perencanaan kehamilan alami. Dengan demikian Anda bisa mengetahui bahwa tanda-tanda yang Anda rasakan adalah benar-benar tanda kehamilan.

Flo Ovulation & Period Tracker

flo apps
Sumber gambar

Tes kehamilan online selanjutnya ini telah menjangkau lebih dari 230 juta wanita di dunia untuk mengetahui tanda-tanda kehamilan yang dialami dan menemani selama perkembangan kehamilan itu sendiri.

Berbasis teknologi AI, aplikasi ini dapat membantu Anda memonitor kapan Anda menstruasi, kapan ovulasi terjadi, kesuburan, siklus yang dialami dan adanya kehamilan. Aplikasi ini juga membantu mengatasi gejala PMS yang terjadi, memantau konsumsi air setiap harinya, dan memberikan informasi perkembangan janin setiap minggunya.

Flo Ovulation & Period Tracker bahkan bisa dihubungkan dengan jam pintar Anda, sehingga memudahkan dalam pemantauan informasinya saat Anda tidak bisa mengakses ponsel saat itu juga.

Pregnancy Tracker

Aplikasi tes kehamilan yang telah diunduh lebih dari 5 juta wanita di dunia ini sangat membantu wanita dalam menjalani kehamilannya. Selain memberikan informasi tentang berat badan, gejala kehamilan, aplikasi ini juga akan memberi informasi perkembangan kehamilan dari minggu ke minggu, memperkirakan usia kehamilan, menghitung pergerakan janin hingga mengkalkulasi hari perkiraan lahir.

Ovia Pregnancy Tracker: Baby Due Date Countdown

Adalah hal yang menyenangkan ketika Anda bisa mengetahui bahwa tanda-tanda yang Anda alami benar adalah tanda kehamilan melalui aplikasi Pregnancy Tracker. Aplikasi yang telah membantu lebih dari 15 juta wanita di dunia ini juga dilengkapi dengan hari perkiraan lahir, perkembangan kehamilan dari minggu ke minggu dilengkapi dengan ilustrasi video yang menarik, ukuran tangan dan kaki bayi, bahkan membantu Anda memilih nama bayi dengan sangat mudah.

Ketika berhasil mengkonfirmasi tanda-tanda kehamilan yang dialami, Anda juga bisa mencari informasi lebih lanjut bagaimana cara mengelola gejala tersebut agar tidak sampai mengganggu aktivitas sehari-hari Anda.

Tes kehamilan Ovia Pregnancy Tracker juga membantu menghitung pergerakan janin dan kontraksi yang Anda alami, sehingga Anda bisa bergegas mengunjungi dokter apabila ada yang tidak beres dengan pergerakan janin di dalam perut atau adanya kontraksi yang semakin intens.

Femometer Fertility Tracker

femo apps
Sumber gambar

Femometer Fertility Tracker adalah tes kehamilan yang membantu Anda mengetahui kapan waktu ovulasi dan jendela kesuburan Anda, sehingga dapat memaksimalkan peluang terjadinya kehamilan. Aplikasi ini telah dilengkapi dengan tes LH dan HCG, yang akan menganalisa data dengan lengkap untuk Anda.

Kalender kesuburan di dalam aplikasi ini telah membantu mengidentifikasi fase siklus kesuburan dan memprediksi dengan baik kapan saatnya berhubungan intim agar kehamilan bisa terjadi. Kurva dan grafiknya juga melacak dengan baik, kapan ovulasi berada di masa puncaknya.

Clue Period & Cycle Tracker

Tes kehamilan Clue Period & Cycle Tracker membantu melacak periode menstruasi dan ovulasi yang Anda alami, memprediksi gejala pra menstruasi maupun gejala kehamilan, serta membantu meningkatkan peluang kehamilan lewat informasi yang dikumpulkan tentang tubuh Anda.

Aplikasi ini bahkan dapat menyimpan informasi gejala selama periode menstruasi yang Anda rasakan, kapan periode menstruasi akan datang, kapan Anda mengalami ovulasi, memprediksi gejala terkait menstruasi yang Anda alami sehingga dapat mengingatkan Anda untuk lebih waspada dan berhati-hati.

Apabila Anda sedang mengonsumsi pil KB, aplikasi ini juga dapat membantu Anda minum pil KB sesuai jadwal sehingga tidak akan terlewatkan.

Sebagai tes kehamilan online, aplikasi ini sekaligus berperan sebagai ensiklopedia kesehatan dan memiliki banyak konten yang mengedukasi, sehingga pengetahuan Anda semakin bertambah.

Pregnancy tracker Momly

Tes kehamilan Pregnancy tracker Momly adalah aplikasi yang bisa diunduh secara gratis dan membantu Anda melacak kehamilan selama 280 hari lamanya. Anda bisa memantau perkembangan janin dari minggu ke minggu, memantau kondisi kesehatan selama kehamilan, dan menyiapkan persalinan agar lancar.

Aplikasi ini akan menunjukkan gambaran ukuran janin Anda dari minggu ke minggu, sehingga Anda bisa membayangkannya sudah tumbuh sebesar apa ia di dalam perut Anda. Dilengkapi dengan penghitung kontraksi, aplikasi ini juga menyediakan lebih dari 1000 pilihan nama bayi agar Anda tidak perlu repot lagi mencari ide nama bayi.

Nah, itulah tadi beberapa aplikasi tes kehamilan online yang bisa Anda unduh di ponsel Anda tanpa harus pergi ke mana-mana. Tes kehamilan online ini bisa Anda coba sebelum Anda melakukan tes kehamilan dengan test pack. Yang perlu dicatat, Anda sebaiknya tidak sepenuhnya mengandalkan informasi dari aplikasi untuk memantau kondisi kehamilan.

BACA JUGA: NIPT Test, Metode untuk Mengetahui Kondisi Janin Sejak Dini

Tetap ikuti jadwal pemeriksaan rutin baik ke bidan maupun dokter kandungan agar bisa mengetahui perkembangan janin dan kondisi kesehatannya di dalam rahim Anda. Konsumsi semua suplemen yang telah diresepkan oleh dokter yang telah disesuaikan dengan kondisi Anda.

Sumber:

  1. https://www.orami.co.id/magazine/aplikasi-tes-kehamilan-dengan-sidik-jari
  2. https://kumparan.com/mama-rempong/4-aplikasi-tes-kehamilan-dengan-jari-yang-bisa-dicoba-1yHG3PrDC9J/3
  3. https://www.rancahpost.com/202111186195/aplikasi-tes-kehamilan/
  4. https://play.google.com/store/search?q=pregnancy%20test&c=apps

Temukan pengalaman baru cek kesehatan dengan mengetahui masa depanmu!

DAFTAR KONSULTASI GRATIS

Connect with us on instagram

@tanyadna.id