Manfaat Tes DNA Saat Hamil untuk Janin Anda
Kesehatan

Manfaat Tes DNA Saat Hamil untuk Janin Anda

Mei 3rd 2022

Di dalam tubuh manusia terdapat jutaan sel di mana sebagian besar memiliki atau mengandung gen-gen. Dengan pesatnya teknologi kedokteran saat ini, seseorang bisa mendapatkan banyak sekali manfaat tes DNA saat hamil. Salah satunya adalah untuk masa depan si buah hati.

Lalu apa sebenarnya dan pentingnya gen bagi kehidupan manusia?

Tanpa gen, manusia akan mati. Sudah merupakan sesuatu yang alami bahwa orang akan tercipta, terlahir, hidup, dan mati bersama gen yang mengalir di setiap urat nadinya. Gen sendiri merupakan ‘perangkat’ instruksi yang mengendalikan pertumbuhan dan bagaimana cara tubuh bekerja.

Tak berhenti sampai di situ, gen juga ‘berhak’ menentukan bagaimana karakter seorang manusia hingga ciri-cirinya yang ditunjukkan lewat organ tubuh, seperti warna mata, golongan darah atau tinggi badan.

Jadi pada dasarnya Tuhan menciptakan seorang manusia dengan ribuan gen di dalam tubuhnya. Yang menarik, masing-masing memiliki warisan, yaitu dua salinan dari sebagian besar gen yang masing-masing didapatkan dari ibu dan ayah. Jadi jangan heran bila Anda memiliki kemiripan fisik atau sifat dengan orang tua. Bahkan terkadang suara atau bentuk rambut pun juga sangat mirip dengan mereka.

Seperti apa sih bentuk gen?

Ilustrasi gen
Sumber gambar

Andaikan mata kita sehebat mikroskop mungkin Anda bisa melihat seperti apa bentuk gen. ‘Benda’ ini sangat kecil namun memiliki bentuk seperti benang. Nah, benang tersebut bernama kromosom dan biasanya setiap orang memiliki 46 kromosom di sebagian besar sel. Jumlah tersebut merupakan total dari 23 kromosom dari pihak ibu, dan 23 kromosom lainya dari pihak ayah. Jadi, manusia normalnya memiliki jumlah total 23 pasang kromosom.

Namun karena satu dan lain hal, gen bisa bermutasi atau berubah bentuk di luar kehendak normalnya. Mutasi tersebut tentu saja membuat kinerja dan proses gen terganggu sehingga membuat pemiliknya akhirnya terindikasi memiliki gangguan kesehatan.

Perubahan pada gen tersebut bisa menyebabkan kondisi genetik berbeda dengan orang biasa. Bisa Anda bilang juga sebagai kelainan genetik, yang pada saat ini menimbulkan dampak, seperti Down Syndrome, fibrosis kistik dan distrofi otot.

Manfaat tes DNA saat hamil atau di waktu lainnya bagi manusia

Ilustrasi tes gen
Sumber gambar

Selama ini banyak berita yang mendengungkan tentang kabar seseorang tes DNA saat hamil, entah apa pun motivasinya. Salah satu yang paling santer adalah untuk melacak garis keturunan.

Namun ternyata tes DNA saat hamil bukan hanya untuk mengetahui siapa orang tua dari bayi di dalam kandungan ibu. Lebih dari itu, tes DNA saat hamil juga bisa menjadi sebuah ‘bocoran rahasia’ tentang banyak hal yang akan bisa menjadi sebuah diagnosa, pencegahan terhadap penyakit, atau perawatan yang nantinya diperlukan bagi sang bayi.

Ragam manfaat tes DNA saat hamil untuk janin Anda

Pemeriksaan terhadap Deoxyribonucleic Acid atau DNA merupakan satu langkah mudah untuk ‘berkomunikasi’ dengan janin di dalam perut sang ibu. Dari tes ini bisa terungkap, siapa orang tuanya karena DNA membentuk materi genetika yang terdapat di dalam tubuh yang merupakan warisan dari ayah dan ibu.

Dalam dunia kesehatan, ada beragam manfaat tes DNA saat hamil. Apa saja?

Mengetahui ada tidaknya kelainan genetika

Salah satu yang sangat dikhawatirkan oleh para orang tua adalah ketika calon keturunan mereka memiliki kelainan genetika, meski sering kali hal tersebut berkaitan dengan nasib.

Di dunia kesehatan, tes DNA saat hamil memberi manfaat besar bagi para calon orang tua. Ini bisa mengidentifikasi adanya kelainan genetik tertentu. Bahkan pada tahapan yang lebih lanjut, pengujian bisa menyingkirkan kelainan tersebut.

Tes prenatal atau pra-kelahiran sang bayi

Bila orang tua mengetahui bahwa bayi memiliki kemungkinan mengalami kelainan genetik, mereka bisa mencoba manfaat tes DNA saat hamil yang bisa mendeteksi perubahan pada gen bayi. Ini bisa dilakukan saat bayi di dalam kandungan, pada usia kehamilan tertentu.

Dengan informasi tersebut, orang tua bisa mempersiapkan diri sedini mungkin untuk kelahiran sang bayi, terlepas apakah calon buah hati memiliki kelainan genetik atau tidak. Intinya, ayah dan ibu bisa merencanakan masa depan si kecil dengan lebih baik.

Membantu dokter dan orang tua dalam mengontrol kesehatan bayi

Bayi yang baru lahir tentu belum bisa menyatakan keluhannya ketika ia merasakan sesuatu. Apalagi kalau ada kemungkinan kelainan genetik yang terjadi di dalam tubuh sehingga mustahil terlihat oleh mata.

Untuk mengetahui dan memantau kondisi bayi yang baru lahir, tes DNA merupakan sebuah solusi tepat untuk memberitahu kemungkinan adanya kelainan genetik. Hal ini juga akan membantu dokter dalam memberikan pengobatan dan perawatan dengan lebih cepat agar hasilnya lebih maksimal.

Berbagai kelainan genetik yang bisa terdeteksi dengan tes DNA saat hamil

Ilustrasi darah
Sumber gambar

Dengan bantuan tes DNA saat hamil, Anda bisa mengetahui apakah janin di dalam perut memiliki kelainan genetik atau tidak. Beberapa jenis penyakit genetik yang bisa terdeteksi lewat tes DNA saat hamil adalah sebagai berikut:

  1. Penyakit paru obstruktif kronis.
  2. Thalasemia.
  3. Crohn Disease.
  4. Fibrosis Kistik.
  5. Kanker.
  6. Sindrom Klinefelter.
  7. Anemia Sel Sabit.
  8. Down Syndrome.

Selain deteksi terhadap penyakit akibat kelainan genetik, tes DNA saat hamil juga bisa menentukan jenis virus penyebab penyakit. Salah satu yang kini sedang populer adalah pemeriksaan PCR untuk deteksi virus Corona saluran pernapasan.

Ketika melakukan tes DNA saat hamil pada janin, sampel yang diambil adalah cairan ketuban atau jaringan plasenta. Kemudian sampel tersebut akan dikirim ke laboratorium untuk pengujian lebih lanjut. Dalam beberapa hari, Anda bisa mendapatkan hasil laporan pemeriksaan DNA.

Inilah mengapa keluarga dengan potensi memiliki kelainan genetik, meski hanya seorang carrier, sebaiknya melakukan tes DNA. Paling tidak, bila memang ada sesuatu untuk Anda cemaskan, kekhawatiran tak perlu menjadi besar karena dokter dan Anda tahu apa yang harus dilakukan demi menjaga dan mengembalikan kesehatan anak yang ada dalam kandungan.

Sumber:

  1. https://www.halodoc.com/artikel/bukan-cuma-asal-usul-ini-6-manfaat-tes-dna
  2. https://tirto.id/mengetahui-apa-saja-manfaat-dan-risiko-melakukan-tes-dna-egx1

Temukan pengalaman baru cek kesehatan dengan mengetahui masa depanmu!

DAFTAR KONSULTASI GRATIS

Connect with us on instagram

@tanyadna.id