Tanda-tanda Kehamilan 1 Minggu yang Bisa Dirasakan
Kehamilan

Tanda-tanda Kehamilan 1 Minggu yang Bisa Dirasakan

Agustus 2nd 2022

Tanda kehamilan 1 minggu bagi sebagian wanita sudah bisa dirasakan. Gejala yang muncul mungkin mirip seperti tanda-tanda periode menstruasi, seperti kelelahan, perubahan payudara atau bahkan kram ringan.

Peningkatan kadar hormonal yang terjadi setelah pembuahan dan implantasi menyebabkan banyak perubahan besar di dalam tubuh wanita. Perubahan-perubahan itulah yang kemudian dikenal sebagai tanda kehamilan. Tanda kehamilan bahkan sudah bisa dirasakan sejak usia kehamilan 1 minggu, hanya saja ada orang yang menyadarinya dan ada pula yang tidak.

Tanda-tanda kehamilan 1 minggu seringkali disalah artikan sebagai tanda-tanda periode menstruasi, karena memang cukup mirip. Apalagi, tidak semua wanita menyadari adanya kehamilan yang mungkin tidak direncanakan sebelumnya. Kehamilan yang tidak direncanakan memiliki risiko yang cukup besar, seperti misalnya kelainan genetik atau cacat lahir bawaan pada bayi, terutama bila sebelum kehamilan Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu, tidak cukup mengonsumsi nutrisi tertentu seperti asam folat, zinc, asam lemak omega-3, dan lain sebagainya.

Beberapa jenis kelainan genetik dapat diketahui lebih awal dengan mendapatkan NIPT test di trimester kehamilan, tes amniocentesis, atau tes CSV. Sehingga apabila Anda sudah mengkonfirmasi kehamilan, maka langkah selanjutnya adalah mendapatkan pemeriksaan USG dan NIPT test atau pemeriksaan lain terkait dengan kondisi genetik janin.

Tanda kehamilan 1 minggu, apa saja?

tanda kehamilan satu minggu
Sumber gambar

Menurut Medical News Today, implantasi dimulai sekitar 6-7 hari setelah pembuahan. Pada saat implantasi ini, sel telur yang dibuahi akan berusaha untuk menembus dinding rahim dan menanamkan diri di sana. Dalam pergerakan menanamkan diri, ada sebagian pembuluh darah yang pecah yang menyebabkan pendarahan ringan dan kram. Di saat ini pula, tanda-tanda kehamilan akan segera dirasakan.

Pendarahan ringan atau flek

Tanda kehamilan 1 minggu yang paling umum ditemui adalah pendarahan ringan atau lebih terlihat seperti flek. Bagi Anda yang menjalani program hamil dan menemukan tanda-tanda ini sebaiknya jangan keburu kecewa dan menganggapnya sebagai pendarahan menstruasi biasa. Karena bisa jadi ini adalah tanda berhasilnya program hamil yang sedang Anda jalani.

Pada pendarahan implantasi, flek mungkin akan lebih terlihat seperti bercak darah merah muda atau kecoklatan. Flek tidak akan berlangsung terlalu lama, biasanya akan berhenti dalam beberapa jam atau beberapa hari.

Kram perut

Kram perut juga menjadi tanda awal kehamilan yang sering disalah artikan sebagai pertanda menstruasi. Padahal di saat ini, sel telur yang dibuahi sedang berjuang menanamkan diri di dinding rahim Anda. Akibatnya, kram ringan akan muncul pada perut, pinggul dan panggul Anda.

Berbeda dengan kram saat menstruasi, kram yang menjadi tanda kehamilan 1 minggu cenderung terasa seperti sensasi ditarik, kesemutan atau geli yang datang dan pergi dalam beberapa hari.

Mudah lelah saat hamil

Tanda kehamilan 1 minggu yang seringkali tidak disadari tetap umum dirasakan adalah mudah lelah. Anda juga mudah merasa mengantuk, bahkan ketika sudah mendapatkan cukup tidur. Kelelahan ini disebabkan oleh peningkatan hormon progesteron di dalam tubuh yang membuat Anda jadi sangat mengantuk.

Perubahan suasana hati

Karena kadar hormon estrogen dan progesteron meningkat selama kehamilan, maka Anda akan mudah mengalami perubahan suasana hati. Anda mungkin bisa menangis saat melihat hal-hal yang mengharukan, mudah tersinggung akan hal-hal kecil, mudah merasa bahagia berlebihan, atau juga merasakan kecemasan.

Seringkali buang air kecil

Selama kehamilan, tubuh akan memompa lebih banyak darah dan cairan tubuh yang menyebabkan ginjal jadi harus bekerja lebih keras. Hasil kerja ginjal dalam memproses kelebihan cairan ini membuat kandung kemih Anda menjadi lebih cepat penuh, akibatnya Anda jadi sering merasa ingin buang air kecil.

Kembung dan sembelit selama kehamilan

ilustrasi sembelit dan kembung
Sumber gambar

Sama halnya seperti saat sedang menstruasi, Anda juga akan merasakan kembung dan sembelit di awal perkembangan kehamilan. Perubahan hormon mempengaruhi kondisi pencernaan sehingga sistem pencernaan Anda berjalan sangat lambat. Jika biasanya Anda mudah buang air besar, maka Anda mungkin akan mengalami kesulitan dan sembelit. Sembelit kemudian memicu kembung yang terkadang terasa tidak nyaman.

Morning sickness, mual dan muntah

Morning sickness adalah salah satu tanda kehamilan 1 minggu yang akan terus berkembang hingga minggu ke-4 dan ke-6. Pada akhirnya gejala ini akan memuncak di usia kehamilan 9 minggu. Beberapa wanita mungkin mengalami gejala morning sickness lebih parah hingga akhir trimester pertama, yang terkadang membutuhkan perawatan di rumah sakit.

Morning sickness bisa diredakan dengan mengonsumsi biskuit crackers asin sesaat setelah bangun tidur. Anda juga sebaiknya tetap mencukupi kebutuhan cairan tubuh dan tidak sampai membiarkan diri Anda mengalami dehidrasi. Dehidrasi pada ibu hamil bisa sangat berbahaya baik bagi ibu maupun janin.

Indera penciuman yang lebih sensitif

Anda mungkin menyadari satu perubahan besar yang bisa dirasakan, di mana indera penciuman menjadi lebih sensitif. Anda bisa mencium aroma makanan walau sedang berada di ruangan lain, atau merasakan bahwa deterjen yang digunakan terlalu harum baunya. Indera penciuman yang lebih sensitif terkadang juga menyebabkan peningkatan mual di trimester pertama, sehingga Anda mungkin perlu menghindari segala jenis makanan atau produk mengandung wewangian dengan aroma yang menyengat.

Sakit kepala

Sakit kepala selama awal kehamilan biasanya muncul akibat perubahan hormon besar-besaran di dalam tubuh. Sakit kepala ini akan muncul di trimester pertama dan ketiga, yang mungkin juga terkait kondisi lain seperti kurang tidur, kafein withdraw, gula darah rendah, dehidrasi, stres, depresi, kecemasan, atau perubahan ukuran perut yang semakin besar.

Migrain adalah jenis sakit kepala yang paling sering dialami ibu hamil. Sebelum mengonsumsi obat pereda nyeri, sebaiknya tanyakan terlebih dahulu jenis obat yang aman dikonsumsi ibu hamil, atau minta resep pereda nyeri pada dokter. Anda juga bisa mendapatkan pijatan di daerah leher dan kepala untuk melepaskan ketegangan yang Anda rasakan.

Peningkatan suhu basal tubuh

Sebagian wanita yang menjalani program hamil umumnya secara rutin akan mencatat perubahan suhu tubuh setiap harinya. Peningkatan suhu basal tubuh menunjukkan adanya ovulasi yang juga dapat mengindikasikan adanya kehamilan.

Setelah tanda kehamilan 1 minggu, kapan sebaiknya melakukan tes kehamilan?

ilustrasi hasil tespek
Sumber gambar

Tes kehamilan di rumah bisa dilakukan kapan saja, namun jika dilakukan terlalu dini, Anda mungkin akan mendapati hasil test pack yang negatif. Tes kehamilan di rumah biasanya dapat mendeteksi kadar hCG di dalam darah paling cepat 10 hari setelah Anda berhubungan seksual tanpa perlindungan alat kontrasepsi. Tetapi, hasil tes juga terkadang menunjukkan negatif apabila hormon hCG belum terdeteksi atau terlalu rendah jumlahnya untuk dideteksi dengan alat tes kehamilan.

BACA JUGA: NIPT Test, Metode untuk Mengetahui Kondisi Janin Sejak Dini

Untuk mendapatkan hasil yang akurat, sebaiknya dapatkan tes kehamilan sekitar 3 minggu setelah berhubungan seksual tanpa alat kontrasepsi, atau satu minggu setelah haid tidak datang. Jika tanda kehamilan 1 minggu sudah berkembang namun hasil test pack belum juga menunjukkan kehamilan, ulangi tes setelah 1 minggu kemudian. Jangan lupa untuk memeriksa tanggal kadaluarsa test pack atau menggunakan merk test pack lain sebagai pembanding.

Sumber:

  1. https://www.medicalnewstoday.com/articles/pregnancy-symptoms-week-1#when-to-test
  2. https://www.medicalnewstoday.com/articles/322696#earliest-signs-of-pregnancy
  3. https://www.thebump.com/pregnancy-week-by-week/1-weeks-pregnant
  4. https://www.healthline.com/health/pregnancy/early-symptoms-timeline#symptoms-timeline
  5. https://www.pregnancybirthbaby.org.au/headaches-during-pregnancy

Temukan pengalaman baru cek kesehatan dengan mengetahui masa depanmu!

DAFTAR KONSULTASI GRATIS

Connect with us on instagram

@tanyadna.id