10 Tanda Pasti Hamil yang Sering Dilewatkan
Kehamilan

10 Tanda Pasti Hamil yang Sering Dilewatkan

Juni 19th 2022

Tanda pasti hamil sebenarnya sudah bisa diketahui sejak 7-8 hari setelah pembuahan, namun sering terlewatkan. Untuk memastikan kehamilan Anda perlu melakukan tes kehamilan dan pemeriksaan USG.

Tidak sedikit wanita yang masih merasa ragu-ragu pada tanda pasti hamil yang dirasakan, apalagi beberapa tanda kehamilan sedikit mirip dengan tanda saat kurang enak badan. Keraguan akan kehamilan juga sering dirasakan mereka yang menjalani program hamil, yang tidak mau salah duga sebelum memastikan dengan tes kehamilan maupun pemeriksaan USG.

Tanda pasti hamil

Tanda awal kehamilan antara wanita yang satu dan yang lain bisa berbeda-beda. Kapan munculnya gejala kehamilan juga bisa berbeda, ada yang menyadari di awal ada pula yang baru sadar setelah haid terlambat datang. Sebelum memastikannya dengan test pack, yuk perhatikan kembali tanda awal kehamilan yang sering tidak disadari berikut ini.

Flek dan kram perut

Tanda pasti hamil yang sering disalahartikan sebagai pramenstruasi adalah adanya flek dan kram perut. Munculnya bercak yang bisa diamati pada celana dalam sebenarnya adalah tanda awal kehamilan yang umum terjadi ketika sel telur yang telah dibuahi berhasil menempel pada dinding rahim.

Bercak darah tersebut bukanlah darah menstruasi, melainkan disebut sebagai pendarahan implantasi. Tanda pasti hamil ini terjadi pada 6-12 hari setelah sel telur dibuahi yang juga terkadang disertai kram mirip seperti kram menstruasi. Selain flek, Anda juga akan melihat keluarnya keputihan yang berwarna putih susu, yang terkait dengan penebalan dinding vagina setelah pembuahan berhasil.

Keputihan ini akan berlanjut selama kehamilan dan tidak berbahaya, selama tidak disertai bau tidak sedap atau sensasi seperti gatal atau terbakar.

Perubahan pada payudara

ilustrasi perubahan pada payudara
Sumber gambar

Tanda pasti hamil kedua adalah adanya perubahan pada payudara. Peningkatan hormon yang berubah dengan cepat setelah pembuahan menyebabkan payudara menjadi bengkak, sakit atau kesemutan selama 1-2 minggu. Payudara juga mungkin terasa lebih penuh dan terasa lembut saat disentuh. Area di sekitar puting yang disebut areola akan lebih terlihat gelap.

Bila nyeri pada payudara cukup mengganggu dan membuat tidak nyaman, Anda bisa mengompresnya dengan air hangat. Namun tenang saja, kondisi ini akan segera berlalu setelah dua minggu.

Mudah merasa lelah

Mudah merasa lelah adalah tanda pasti hamil yang sangat wajar di kehamilan usia dini. Peningkatan hormon progesteron, kadar gula yang lebih rendah, tekanan darah yang lebih rendah, peningkatan produksi darah ikut serta menyebabkan tubuh mudah merasa lelah. Apabila Anda merasa mudah mengantuk di awal kehamilan, maka sebaiknya cukupi istirahat Anda dan imbangi dengan makanan kaya protein dan zat besi.

Morning sickness sebagai tanda pasti hamil

Gejala hamil yang paling umum dan populer adalah morning sickness. Nyaris semua wanita mengalami mual di pagi hari, baik yang ringan maupun berat. Walaupun disebut morning sickness, mual yang dirasakan tidak hanya muncul pada pagi hari, beberapa wanita bahkan merasakan mual yang lebih parah di siang atau malam hari.

Tidak diketahui jelas apa penyebab morning sickness. Tetapi hormon kehamilan mungkin memiliki kontribusi paling besar akan gejala yang satu ini.

Gejala mual akan berkurang dan semakin membaik di usia kehamilan 13-14 minggu. Anda perlu memastikan untuk tetap menjaga nafsu makan dan makan makanan yang sehat sehingga janin dapat berkembang dengan baik.

Terlambat haid

ilustrasi terlambat haid
Sumber gambar

Mencatat setiap periode haid sangat penting untuk membantu mengetahui masa ovulasi dan juga meningkatkan potensi kehamilan saat menjalani program hamil. Ketika Anda menemukan adanya tanda-tanda kehamilan yang diikuti dengan terlambat haid, Anda sudah bisa melakukan tes kehamilan karena pada saat ini hormon hCG sudah dapat terdeteksi melalui test pack. Tetapi apabila hasil tes menunjukkan negatif, Anda bisa mengulangi tes beberapa hari kemudian.

Bagi Anda yang memiliki periode menstruasi tidak teratur, terlambat haid bisa jadi bukan suatu tanda kehamilan yang dapat mengonfirmasi kehamilan. Untuk memastikan bahwa terlambat haid yang Anda alami adalah tanda kehamilan, selain melakukan tes kehamilan Anda juga perlu segera menjalani pemeriksaan USG.

Sering buang air kecil

Tak lama setelah pembuahan terjadi, perubahan hormonal akan memicu serangkaian peristiwa termasuk meningkatnya laju aliran darah melalui ginjal. Akibatnya kandung kemih menjadi terisi lebih cepat sehingga Anda merasa perlu buang air kecil lebih sering.

Seringnya buang air kecil akan berlanjut dan meningkat seiring usia kehamilan, terutama bila perut menjadi lebih buncit dan menekan kandung kemih. Perasaan ingin buang air kecil akan memuncak di trimester akhir kehamilan yang menandakan bahwa posisi janin telah berada di dekat jalan lahir.

Perubahan suasana hati

Adalah normal apabila Anda mengalami perubahan suasana hati selama kehamilan. Hal ini disebabkan oleh adanya perubahan hormon yang mempengaruhi neurotransmitter yang bertugas menyampaikan pesan ke otak. Setiap ibu hamil akan mengalami perubahan suasana hati yang berbeda, ada yang mudah marah, ada yang mudah sedih dan terharu, atau mengalami kecemasan tertentu.

Kesedihan atau kecemasan dapat berkembang menjadi depresi apabila tidak ditangani dengan baik. Sehingga sangat penting untuk memiliki teman bicara yang bisa diajak berbagi cerita selama kehamilan.

Kembung dan sembelit

ilustrasi sembelit
Sumber gambar

Perubahan hormon di awal kehamilan seringkali menyebabkan kembung dan sembelit. Perut akan terasa tidak nyaman dan pakaian yang dikenakan mungkin akan sedikit sesak walaupun perut belum membuncit. Anda bisa menyiasatinya dengan menggunakan pakaian yang lebih longgar agar tetap nyaman.

Peningkatan progesteron selama awal kehamilan juga menyebabkan otot-otot tubuh termasuk otot pencernaan menjadi lemah. Akibatnya makanan yang diproses di usus besar menjadi lebih lambat. Ketika mengalami sembelit, sebaiknya tidak mengejan, namun perbanyak asupan serat dan juga cukupi kebutuhan air minum.

Meningkatnya denyut jantung

Tanda pasti hamil selanjutnya adalah meningkatnya denyut jantung selama awal kehamilan. Sekitar usia 8-10 minggu, jantung Anda akan memompa lebih cepat dan keras. Palpitasi dan aritmia akan sering terjadi akibat pengaruh hormon.

Anda tidak perlu khawatir, karena menurut penelitian, aliran darah meningkat 30-50% selama kehamilan, yang kemudian menambah beban kerja jantung. Namun apabila Anda khawatir dan merasa kondisi ini mengganggu, jangan ragu untuk membicarakan lebih lanjut dengan dokter.

Meningkatnya tekanan darah dan pusing

Peningkatan tekanan darah dan pusing adalah tanda pasti hamil yang sering tidak disadari, karena mirip dengan gejala kondisi kesehatan lain. Pada ibu hamil, tekanan darah bisa naik atau turun yang menyebabkan pusing akibat pembuluh darah yang melebar.

Tekanan darah tinggi akibat kehamilan akan berkembang selama 20 minggu pertama kehamilan, yang juga perlu diwaspadai dan tetap dipantau agar tidak menyebabkan masalah pada kehamilan. Untuk itu, pastikan selalu mengikuti jadwal janji temu dengan dokter untuk pemeriksaan kehamilan. Tak hanya penting untuk mengetahui usia dan perkembangan janin, pemantauan tekanan darah juga penting untuk mencegah preeklamsia.

BACA JUGA: NIPT Test, Metode untuk Mengetahui Kondisi Janin Sejak Dini

Nah itulah tadi 10 tanda pasti hamil yang sering dilewatkan dan jarang disadari. Apabila Anda merasakan lebih dari satu gejala yang telah disebutkan di atas, segera lakukan pemeriksaan kehamilan baik dengan test pack maupun pemeriksaan USG untuk mengonfirmasi kehamilan. Jaga kehamilan tetap sehat dengan melakukan NIPT test di trimester pertama kehamilan yang berguna untuk mendeteksi adanya kelainan genetik pada janin.

Sumber:

  1. https://www.webmd.com/baby/guide/pregnancy-am-i-pregnant
  2. https://www.babycenter.com/getting-pregnant/how-to-get-pregnant/pregnancy-symptoms_1146468
  3. https://www.healthline.com/health/pregnancy/early-symptoms-timeline#high-blood-pressure

Temukan pengalaman baru cek kesehatan dengan mengetahui masa depanmu!

DAFTAR KONSULTASI GRATIS

Connect with us on instagram

@tanyadna.id