Cara Mengetahui Tanda Hamil pada Tespek
Kesehatan

Cara Mengetahui Tanda Hamil pada Tespek

Agustus 31st 2022

Bicara soal alat tes kehamilan, tespek adalah salah satu yang paling populer di kalangan perempuan. Kadang, para perempuan yang baru terlambat haid belum memiliki waktu luang untuk memeriksakan diri ke dokter sehingga pemeriksaan dengan tespek adalah pilihan utama. Selain mudah dikerjakan, praktis, tespek juga dijual secara luas di tengah masyarakat. Entah itu di apotek, swalayan, atau dijual secara online.

Pemeriksaan tespek dapat dikerjakan di mana saja dengan durasi waktu yang singkat. Tidak sampai lima menit, Anda bisa mengetahui apakah diri Anda sedang hamil atau tidak. Akan tetapi, ada beberapa kasus di mana sebagian orang kebingungan terhadap tanda hamil pada tespek yang mereka temui.

Terdapat beberapa variasi tanda hamil pada tespek. Hal tersebut tergantung pada jenis tespek yang digunakan. Secara laboratoris, pemeriksaan kehamilan dibedakan menjadi dua, yaitu dengan sampel darah atau urine. Tespek merupakan pemeriksaan kehamilan menggunakan sampel urine. Secara umum, jenis tespek itu sendiri terbagi menjadi dua, yaitu tespek strip dan tespek digital.

Lalu bagaimana tanda hamil pada tespek strip maupun digital? Apa perbedaan cara pakai kedua alat tespek tersebut? Simak penjelasan berikut ini.

Tanda hamil pada tespek strip

ilustrasi tanda hamil pada tespek strip
Sumber gambar

Tespek strip memiliki bentuk dan metode yang lebih sederhana daripada tespek digital. Malah terkadang, ada tespek yang hanya berupa satu buah strip panjang, sama halnya ketika Anda melakukan pemeriksaan strip gula darah. Harga tespek strip juga cenderung lebih murah. Jangan salah, meskipun lebih murah, tespek jenis ini tidak kalah akurat daripada tespek digital.

Prinsip kerja tespek strip sama dengan tespek pada umumnya, yaitu dengan mendeteksi kadar hCG (Human Chorionic Gonadotropin) yang tinggi di urine. Hormon tersebut selalu muncul pada awal kehamilan, dengan konsentrasi yang meningkat seiring berjalannya waktu, dan kembali turun di akhir kehamilan.

Kadar hCG inilah yang akan menentukan hasil positif dan negatif pada tespek. Kadar hCG yang optimal (berada di puncak) adalah seminggu setelah Anda terlambat haid. Oleh karena itu, Anda tidak bisa menggunakan tespek sebelum terlambat haid.

Apabila ingin mengetahui lebih dini, lakukanlah pemeriksaan USG. USG pun baru dapat mendeteksi kehamilan setelah terbentuk kantong kehamilan yang kurang lebih terjadi pada usia kehamilan 5 minggu. Ada pula pemeriksaan laboratorium darah bila Anda ingin mengetahui kehamilan lebih dini.

ilustrasi tespek
Sumber gambar

Pemeriksaan menggunakan tespek strip baru dapat dilakukan setelah Anda terlambat haid. Cara menggunakannya sama seperti biasa, Anda cukup mencelupkan strip ke dalam urine yang telah ditampung dan menunggu selama beberapa menit. Usahakan urine yang Anda tamping tidak terkontaminasi oleh apa pun sehingga menghasilkan tanda hamil pada tespek yang akurat.

Cara membaca tanda hamil pada tespek strip cukup sederhana. Apabila hanya ada satu garis, berarti Anda tidak hamil. Akan tetapi, bila terdapat dua garis, berarti Anda positif hamil. Apabila tidak ada garis sama sekali, berarti ada dua kemungkinan, entah Anda salah menggunakan tespek atau ada kerusakan pada alat tespek tersebut.

Lalu bagaimana bila garis kedua tampak samar? Kasus ini sering terjadi pada para perempuan. Sebenarnya, garis yang samar pun tetap terhitung positif. Hal itu menandakan kadar hCG yang masih sangat rendah. Itu berarti kemungkinan usia kehamilan Anda masih sangat muda. Akan tetapi, bila memang masih ragu, Anda bisa mengulanginya dengan tespek baru.

Tanda hamil pada tespek digital

ilustrasi tanda hamil pada tespek digital
Sumber gambar

Bagaimana dengan tanda hamil pada tespek digital? Secara keseluruhan, baik prinsip kerja maupun cara pakai tespek digital sama saja dengan tespek strip. Tespek digital juga bekerja dengan mendeteksi kadar hCG. Sampel yang digunakan pun sama, yaitu urine.

Perbedaan dari tespek digital dan strip adalah cara kedua alat tersebut mentransfer data. Bila tespek strip masih menggunakan cara konvensional, tespek digital memiliki cara yang sedikit lebih modern dengan waktu yang sedikit lebih singkat. Harga dari tespek digital juga cenderung lebih mahal.

Tespek digital banyak dijual dalam berbagai bentuk, ada yang berbentuk kaset, batangan, atau perpaduan dengan strip dan USB. Ya, beberapa alat bisa disambungkan ke USB untuk kemudian dibaca hasilnya di komputer. Tespek USB ini memiliki harga mahal, namun dapat digunakan beberapa kali hanya dengan mengganti strip. Bagi sebagian orang, tespek USB mungkin terasa merepotkan.

Perbedaan lain ada pada hasil tanda hamil pada tespek. Tespek digital umumnya tidak memiliki indikator strip, melainkan plus (+) dan minus (-). Terkadang tespek digital memiliki indikator berupa tulisan ‘yes’ dan ‘no’. Tanda plus (-) atau ‘yes’ merupakan tanda hamil pada tespek digital. Sementara itu, tanda minus (-) atau ‘no’ berarti Anda tidak sedang hamil. Cukup mudah, bukan?

BACA JUGA: NIPT Test, Metode untuk Cek Kondisi Janin Sejak Dini

Setelah Anda memperoleh tanda hamil pada tespek, entah itu strip atau digital, apa langkah selanjutnya yang harus dilakukan? Tentu Anda harus mengonfirmasi hal tersebut dengan melakukan pemeriksaan USG di dokter kandungan. Tak hanya pemeriksaan wajib USG, Anda juga bisa melakukan NIPT Test bila diperlukan. Satu hal yang paling penting adalah selalu komunikasikan segala tindakan pada dokter yang merawat Anda.

Sumber:

  1. https://my.clevelandclinic.org/health/articles/9703-pregnancy-tests#:~:text=There%20are%20two%20main%20types%20of%20pregnancy%20tests%3A%20urine%20and,are%20done%20by%20your%20provider.&text=An%20at%2Dhome%20test%20usually,for%20hCG%20in%20your%20body.
  2. http://www.accu-test.com/cassette-pregnancy-test.html

Temukan pengalaman baru cek kesehatan dengan mengetahui masa depanmu!

DAFTAR KONSULTASI GRATIS

Connect with us on instagram

@tanyadna.id