5 Tanda Awal Kehamilan Sebelum Telat Haid yang Perlu Anda Ketahui
Kehamilan

5 Tanda Awal Kehamilan Sebelum Telat Haid yang Perlu Anda Ketahui

Mei 23rd 2022

Tanda awal kehamilan sebelum telat haid bisa berbeda-beda setiap orang. Namun begitu sperma berhasil membuahi sel telur, maka telur yang dibuahi akan bergerak turun ke dalam rahim dan implantasi terjadi. Selama periode ini, berbagai tanda kehamilan akan mulai Anda rasakan.

Secara umum rata-rata kehamilan penuh berlangsung selama 40 minggu. Anda membutuhkan perawatan prenatal sebaik mungkin agar dapat melahirkan bayi yang sehat dengan berat badan cukup dan tak ada kekurangan apapun. Untuk itu Anda perlu tahu tanda-tanda awal kehamilan yang mungkin terjadi, sehingga Anda bisa lebih maksimal dalam memantau dan merawat perkembangan kehamilan Anda. Di sisi lain Anda juga bisa melakukan pengecekan janin melalui NIPT test.

Tanda awal kehamilan sebelum telat haid bahkan bisa dilihat sebelum Anda melakukan tes kehamilan. Pun demikian, untuk memastikan bahwa itu adalah tanda-tanda kehamilan, tetap diperlukan tes kehamilan atau tes USG. Apa saja sih tanda awal kehamilan yang bisa diamati? Yuk simak ulasan berikut ini.

Tanda awal kehamilan sebelum telat haid, sakit kepala akibat hormon

ilustrasi sakit kepala
Sumber gambar

Walaupun sakit kepala adalah gejala umum yang seringkali dirasakan semua orang, namun sakit kepala juga merupakan tanda awal kehamilan yang dialami setidaknya 39% wanita hamil. Sakit kepala selama kehamilan mungkin sedikit berbeda dari biasanya, di mana sakit kepala selama kehamilan tidak berbahaya. Sakit kepala ini lebih banyak disebabkan oleh adanya perubahan hormon, meningkatnya volume darah dan perubahan berat badan.

Sebagian besar sakit kepala saat hamil adalah jenis sakit kepala primer, yang artinya terjadi dengan sendirinya tanpa disertai tanda atau adanya gejala gangguan lain. Adapun jenis sakit kepala yang dialami ketika hamil seperti:

  • Sakit kepala tegang
  • Serangan migrain
  • Sakit kepala cluster

Umumnya sakit kepala yang dirasakan seperti berdenyut-denyut di satu atau kedua sisi, rasa tajam di belakang mata, atau rasa sakit yang tumpul. Anda bisa mengkonsumsi asetaminofen untuk meredakan rasa sakitnya, namun pastikan untuk membicarakan terlebih dahulu dengan dokter agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. Anda tidak disarankan mengkonsumsi aspirin atau ibuprofen yang bisa berbahaya bagi perkembangan janin, terutama bila dikonsumsi di usia kehamilan awal.

Bercak dan pendarahan ringan adalah tanda awal kehamilan sebelum telat haid

ilustrasi pembalut
Sumber gambar

Apabila Anda menyadari adanya bercak atau pendarahan ringan, Anda mungkin akan bertanya-tanya, “apakah ini adalah tanda menstruasi?”

Sebenarnya membedakan bercak dan pendarahan ringan sebagai tanda kehamilan dengan pendarahan menstruasi cukup mudah. Ada beberapa hal yang membedakan antara pendarahan tanda kehamilan dan pendarahan menstruasi, sebagai berikut:

  • Pendarahan implantasi cenderung berwarna coklat dan hanya sedikit, sedangkan pendarahan menstruasi berwarna merah muda atau kecoklatan yang segera berubah menjadi merah tua dan jumlahnya lebih banyak.
  • Pada pendarahan implantasi, bercak cenderung sangat ringan sedangkan saat haid pendarahan hanya ringan di awalnya namun kemudian semakin banyak dan kuat alirannya.
  • Kram yang menyertai pendarahan implantasi juga ringan dan tidak terlalu lama, sedangkan kram saat menstruasi berlangsung intens dan lebih lama.
  • Pendarahan implantasi hanya berupa bercak dan tidak disertai adanya gumpalan darah. Hanya menstruasi dan keguguran yang biasanya disertai dengan campuran darah dan sisa jaringan yang berbentuk gumpalan.
  • Pendarahan implantasi berlangsung 1-3 hari, sedangkan pendarahan menstruasi berlangsung 4-7 hari.
  • Pendarahan implantasi juga lebih terlihat seperti bercak yang timbul tenggelam dibandingkan pendarahan menstruasi yang progresif semakin berat.

Sakit punggung dirasakan di awal kehamilan sebagai tanda awal kehamilan sebelum telat haid

ilustrasi sakit punggung
Sumber gambar

Bagi sebagian wanita, sakit punggung sebenarnya merupakan tanda awal kehamilan. Jika Anda mengalami sakit punggung pada trimester pertama, maka beberapa hal berikut adalah penyebabnya:

Adanya peningkatan hormon yang menyebabkan ligamen dan sendi di panggul melunak dan mengendur, sebenarnya hal ini sangat penting bagi proses persalinan Anda, namun karena terjadi di trimester pertama maka Anda akan merasakannya dalam bentuk sakit dan nyeri.

Stres meningkatkan nyeri otot dan sesak terutama di area yang melemah. Jika hormon menyebabkan perubahan pada ligamen dan sendi, maka nyeri tersebut akan semakin meningkat rasanya. Sangat penting untuk mengontrol stres dan kecemasan tentang pekerjaan, keluarga, dan kehamilan agar nyeri punggung tidak semakin parah

Perubahan payudara, tanda awal kehamilan sebelum telat haid yang membuatnya lebih sensitif

ilustrasi seorang wanita hamil sedang berbaring
Sumber gambar

Perubahan payudara selama kehamilan bahkan bisa Anda rasakan sejak hari pertama kehamilan. Peningkatan hormon, aliran darah serta retensi cairan adalah penyebab utamanya. Tanda awal kehamilan sebelum telat haid ini menyebabkan payudara Anda terasa bengkak, sakit dan sensitif terhadap sentuhan.

Di masa ini, hormon sedang mempersiapkan payudara Anda untuk menyusui ketika bayi dilahirkan. Saluran susu tumbuh dan meregang saat terisi dengan susu di awal kehamilan. Akibatnya payudara terutama puting menjadi lebih sensitif dan menyebabkan ketidaknyamanan.

Agar tidak mengganggu kegiatan sehari-hari, Anda disarankan mengganti bra maternity yang tidak memiliki underwire (kawat penunjang) namun tetap memberikan dukungan payudara yang ukurannya semakin besar. Pilih bra dengan tali yang lepar dan lapisan katun lembut agar menopang payudara dengan baik terutama saat Anda masih aktif berkegiatan.

Munculnya jerawat sebagai tanda awal kehamilan sebelum telat haid

ilustrasi seorang wanita berjerawat
Sumber gambar

Munculnya jerawat di awal usia kehamilan terjadi ketika hormon yang disebut androgen mengalami lonjakan. Hormon ini disebut bertanggung jawab karena mendorong kelenjar sebaceous di kulit menjadi lebih besar dan meningkatkan produksi zat berminyak yang disebut sebum. Kelebihan sebum dan sel-sel kulit mati kemudian akan menghalangi dan menyumbat pori-pori, menciptakan lingkungan di mana bakteri dapat berkembang biak dengan cepat. Akibatnya, peradangan dan erupsi kulit dari jerawat tidak dapat dihindari.

Saat hamil, sebagian wanita mungkin hanya akan mengalami problem jerawat ringan, namun sebagian juga mengalami problem jerawat parah yang membutuhkan perawatan dokter. Anda tidak disarankan sembarangan menggunakan produk obat jerawat karena dapat membahayakan janin dan kehamilan Anda. Pastikan untuk membicarakan terlebih dahulu dengan dokter kulit, dan memastikan bahwa ia tahu Anda sedang hamil sehingga dokter dapat meresepkan obat yang tidak berbahaya bagi kehamilan Anda.

Selain nyeri punggung, nyeri pinggul juga merupakan tanda awal kehamilan sebelum telat haid

Nyeri pinggul umumnya sering terjadi selama trimester kedua dan ketiga, namun biasanya dimulai sejak awal kehamilan. Walaupun perut Anda belum membesar, namun menurut American College of Obstetricians and Gynecologists (ACOG), hormon yang diproduksi tubuh selama kehamilan menyebabkan mengendurnya sendi dan membuat pinggul lebih rentan terhadap cedera.

Anda akan dengan mudah rentan mengalami sakit pinggul terutama saat melakukan gerakan menopang, duduk, berbaring dalam posisi tertentu, atau berdiri terlalu lama.

BACA JUGA: Mengenal NIPT Test, Metode untuk Mengetahui Kondisi Janin Sejak Dini

Nah itulah tadi sebagian tanda awal kehamilan sebelum telat haid yang mungkin Anda rasakan selama trimester pertama. Jika Anda berpikir tanda-tanda ini sedang Anda rasakan, Anda bisa mengkonfirmasinya dengan mengambil tes kehamilan di rumah atau mengunjungi dokter untuk melakukan pemeriksaan USG.

Sumber:

  1. https://www.healthline.com/health/pregnancy/headache-during-pregnancy#treatment
  2. https://www.healthline.com/health/implantation-bleeding-vs-period#signs-and-symptoms
  3. https://www.healthline.com/health/pregnancy/first-trimester-back-pain#causes
  4. https://americanpregnancy.org/healthy-pregnancy/changes-in-your-body/breast-changes-during-pregnancy/
  5. https://www.babycenter.com/pregnancy/your-body/acne-during-pregnancy_1456557
  6. https://www.medicalnewstoday.com/articles/pregnancy-hip-pain#is-it-normal

Temukan pengalaman baru cek kesehatan dengan mengetahui masa depanmu!

DAFTAR KONSULTASI GRATIS

Connect with us on instagram

@tanyadna.id