Kehamilan

8 Tanda yang Terjadi di 24 Jam Sebelum Melahirkan, Apa Saja?

Mei 23rd 2022

Tanda 24 jam sebelum melahirkan bisa mencakup apa saja, mulai nyeri punggung bawah, penurunan berat badan, diare atau ketuban pecah. Yuk kenali tanda-tanda melahirkan agar Anda dapat bersiap bertemu si kecil dan memeluknya dalam timangan!

Pengalaman kehamilan wanita yang satu dan yang lain bisa saja berbeda-beda, demikian juga dengan persalinan. Sebagian wanita mungkin harus menjalani persalinan prematur, dan sebagian lainnya cukup beruntung memiliki pengalaman dengan tanda-tanda persalinan di jam-jam terakhir hari perkiraan lahir, yang menandakan persalinan mungkin akan segera dilakukan dalam 24-48 jam. Oleh karenanya, tidak ada salahnya jika selama masa awal kehamilan dan berjalannya waktu kita melakukan NIPT test. Tujuannya agar mengetahui secara pasti kondisi janinnya.

Tak perlu gugup menghadapi tanda-tanda persalinan ini, karena sebenarnya tubuh sudah mempersiapkannya sejak awal kehamilan. Apa saja sih tanda-tanda melahirkan yang sebaiknya diperhatikan?

Tanda 24 jam sebelum melahirkan yang wajib dikenali

ilustrasi tanda-tanda 24 jam sebelum melahirkan
Sumber gambar

Sebenarnya sulit untuk memprediksi kapan persalinan akan terjadi. Bahkan hari perkiraan lahir (HPL) yang dikatakan oleh dokter pun tidak dapat menentukan kapan persalinan terjadi, kecuali bila sejak jauh hari memang persalinan Anda direncanakan secara caesar.

Sangat penting bagi Anda dan pasangan untuk mempersiapkan segala keperluan melahirkan bila usia kehamilan sudah masuk trimester ketiga. Di sisi lain, Anda juga harus banyak-banyak beristirahat dan mengamati setiap perubahan atau tanda yang muncul, yang tak biasa. Apabila tanda-tanda berikut ini muncul, jangan menunda terlalu lama untuk pergi ke rumah sakit dan bersiap untuk melahirkan, ya.

Penurunan berat badan tanda 24 jam sebelum melahirkan

Tanda 24 jam sebelum melahirkan yang pertama ini cukup unik, karena Anda mungkin akan mengalami penurunan berat badan sebanyak 450-1300 gram pada 24-48 jam sebelum melahirkan.

Namun jangan keburu senang ya, karena bukan lemak yang hilang melainkan tubuh Anda telah mengurangi sebagian kelebihan berat air. Hal ini sangat mungkin terjadi karena cairan ketuban mulai berkurang menjelang akhir kehamilan.

Di sini, bayi mulai memposisikan diri turun ke jalan lahir, memberikan tekanan tambahan pada kandung kemih, sehingga Anda juga akan semakin sering merasakan keinginan buang air kecil.

Keluarnya lendir keputihan yang menutup pembukaan serviks

ilustrasi pembalut untuk lendir
Sumber gambar

Saat Anda hamil, akan ada banyak lendir tebal yang berkumpul dan menutup pembukaan serviks. Lendir ini bermanfaat untuk menghentikan bakteri masuk ke dalam rahim.

Tanda 24 jam sebelum melahirkan biasanya juga ditunjukkan dengan mengendur dan jatuhnya kumpulan lendir yang terkadang bisa Anda temukan saat buang air kecil. Lendir ini mungkin akan Anda temukan pada pakaian dalam atau saat menyeka setelah buang air kecil.

Warna lendir bisa sangat bervariasi, mulai dari bening hingga merah muda dan terkadang mengandung sedikit bercak darah. Jadi jangan terlalu khawatir dan bersiap saja ya, apabila Anda menemukan lendir ini maka waktu persalinan sudah dekat.

Bukan sakit punggung biasa, sakit punggung ini adalah tanda 24 jam sebelum melahirkan

Sakit punggung memang normal terjadi selama kehamilan karena persendian secara alami mengendur sebagai persiapan melahirkan. Namun mendekati masa persalinan, nyeri punggung ini akan terasa berbeda dan mungkin sedikit lebih tidak nyaman.

Mendekati 24-48 jam sebelum melahirkan rasa sakitnya akan memburuk di punggung bagian bawah dan dapat menyebar ke area panggul. Seringkali mengubah posisi mungkin akan sedikit membantu memberikan kenyamanan, namun bertahan ya karena rasa sakitnya akan ada sampai setelah melahirkan.

Ogah ke mana-mana, tanda 24 jam sebelum melahirkan

ilustrasi ibu hamil di kamar bayi
Sumber gambar

Naluri untuk menolak bepergian dan lebih nyaman berada di dalam rumah akan semakin meningkat di trimester ketiga. Namun bukannya bermalas-malasan dan menghabiskan waktu berbaring, 24-48 jam sebelum persalinan Anda cenderung mudah panik serta penuh energi, sehingga tidak ada salahnya memanfaatkan momen ini untuk menyiapkan segala sesuatu di rumah.

Anda mungkin sudah bisa mulai membersihkan kamar, mengatur dan menyiapkan kamar bayi sehingga saat Anda pulang ke rumah dengan bayi Anda nantinya, semua sudah dalam keadaan siap.

Melonggarnya sendi sebagai sinyal persiapan melahirkan

Beberapa hari sebelum persalinan tiba Anda mungkin akan merasakan persendian terasa lebih longgar dan lebih rileks, terutama persendian di panggul dan punggung bagian bawah. Akibat rileksnya persendian di bagian tersebut, Anda dapat mengalami efek samping tak terduga seperti diare.

Melonggarnya sendi di akhir usia kehamilan merupakan sinyal tubuh untuk melepaskan lebih banyak hormon relaksin sebagai persiapan persalinan.

Pecahnya air ketuban, 24 jam sebelum melahirkan

Salah satu tanda jelas yang menunjukkan awal persalinan adalah pecahnya air ketuban atau bahkan kantung ketuban.

Kantung ketuban berisi cairan yang melindungi bayi saat ia tumbuh dan berkembang di dalam rahim. Ketika kantung ini pecah, maka tibalah waktu melahirkan baik secara alami atau buatan oleh dokter Anda. Pecahnya kantung ketuban secara alami bisa disebabkan oleh tekanan kepala bayi yang berusaha mencari jalan lahir.

Tidak seperti di drama televisi, ya, pecahnya air ketuban tidak selalu seperti semburan air melainkan mungkin hanya tetesan air atau perasaan basah di pakaian dalam.

Kontraksi Braxton Hicks, tanda persalinan sudah dekat

ilustrasi Kontraksi Braxton Hicks
Sumber gambar

Kontraksi Braxton Hicks atau nyeri persalinan palsu sebenarnya dapat dimulai berminggu-minggu sebelum hari persalinan tiba. Kontraksi ini dapat terjadi akibat otot rahim yang menyiapkan diri untuk persalinan. Kontraksi ini mungkin terasa tidak nyaman, namun lebih ringan dibandingkan kontraksi persalinan yang sebenarnya.

Kontraksi persalinan bisa berlangsung lebih lama, lebih kuat, dan memiliki intensitas lebih sering. 24-48 jam sebelum melahirkan, kontraksi akan terjadi setiap 4-5 menit sehingga Anda sudah harus berada di rumah sakit dan bersiap untuk melihat buah hati Anda.

Ini dia saatnya pembukaan serviks dan persalinan!

Tanda 24 jam sebelum melahirkan yang paling akhir adalah dilatasi serviks, di mana dokter akan melihat seberapa lebar serviks Anda telah membuka. Dilatasi ini akan membantu bayi dapat melewati jalan lahir setelah melebar setidaknya 10 cm pada persalinan pervaginam.

BACA JUGA: Mengenal NIPT Test, Metode untuk Mengetahui Kondisi Janin Sejak Dini

Akan ada banyak emosi yang terlibat di usia kehamilan trimester ketiga ini. Semakin dekat hari persalinan, rasa gugup, khawatir, bersemangat, bercampur aduk menjadi satu. Tetap usahakan agar Anda rileks dan tidak stres ya, agar persalinan dapat berjalan lancar dan Anda bisa fokus memperhatikan tanda-tanda persalinan yang dialami.

Sumber:

  1. https://my.clevelandclinic.org/health/articles/9676-labor-delivery
  2. https://www.nhs.uk/pregnancy/labour-and-birth/signs-of-labour/signs-that-labour-has-begun/
  3. https://americanpregnancy.org/healthy-pregnancy/labor-and-birth/signs-of-labor/

Temukan pengalaman baru cek kesehatan dengan mengetahui masa depanmu!

DAFTAR KONSULTASI GRATIS

Connect with us on instagram

@tanyadna.id