9 Produk Susu untuk Ibu Hamil
Kehamilan

9 Produk Susu untuk Ibu Hamil

Juni 25th 2022

Susu untuk ibu hamil memberikan banyak manfaat untuk kesehatan. Selain menawarkan nutrisi yang dibutuhkan untuk perkembangan bayi, beberapa jenis produk susu juga dapat membantu meredakan mual selama kehamilan trimester pertama.

Pernyataan bahwa saat hamil Anda makan untuk dua orang sepertinya memang ada benarnya. Saat Anda hamil, makanan yang masuk ke dalam tubuh tidak hanya akan dirasakan efeknya oleh diri sendiri saja, namun juga oleh janin. Semua makanan dan minuman yang Anda makan pada akhirnya akan disalurkan pada janin melalui plasenta, sehingga Anda harus lebih cermat dalam memilih jenis makanan yang dikonsumsi.

Makanan dan minuman yang dikonsumsi selama hamil dan saat menjalani program hamil sebaiknya yang benar-benar mendukung pertumbuhan dan perkembangan janin serta kehamilan yang sehat, misalnya seperti buah-buahan yang sehat, protein rendah lemak, karbohidrat kompleks, biji-bijian, sayuran dan juga segelas susu.

Manfaat minum susu untuk ibu hamil

ilustrasi manfaat susu untuk ibu hamil
Sumber gambar

Kebutuhan kalsium pada ibu hamil meningkat selama kehamilan. Kalsium pada kehamilan tidak hanya membantu pertumbuhan dan perkembangan tulang janin, namun juga menjaga kesehatan ibu.

Sejumlah manfaat minum susu untuk ibu hamil terkait pertumbuhan dan perkembangan janin:

  • Protein dalam kandungan susu ibu hamil dapat membantu mendorong pertumbuhan janin, memperkuat rahim, meningkatkan suplai darah dan memenuhi kebutuhan nutrisi janin
  • Kalsium membantu mendukung perkembangan kerangka janin
  • Vitamin D dalam susu dapat mencegah berat badan lahir rendah pada janin

Selain itu, kalsium yang cukup melalui pola makan sehat dapat meredakan nyeri sendi yang mungkin mengganggu selama kehamilan. Nyeri sendi merupakan gejala kehamilan yang umum yang merupakan bagian dari persiapan persalinan. Kekurangan kalsium dapat menyebabkan nyeri semakin parah sehingga tambahan asupan kalsium dari susu mungkin dibutuhkan.

Produk susu kehamilan sendiri juga seringkali disertai tambahan manfaat seperti membantu meredakan mual. Bagi ibu hamil yang berisiko mengalami intoleransi laktosa juga dapat mempertimbangkan jenis susu selain susu sapi seperti susu kedelai atau almond milk yang difortifikasi.

Rekomendasi produk susu untuk ibu hamil

ilustrasi rekomendasi produk susu untuk ibu hamil
Sumber gambar

Susu untuk ibu hamil yang mana saja sih yang direkomendasikan untuk diminum selama usia kehamilan ini? Simak ya!

Susu untuk ibu hamil Prenagen Mommy Emesis

Prenagen Mommy Emesis adalah susu ibu hamil yang bisa diminum di awal kehamilan atau trimester pertama. Selain mengandung vitamin B6 dan protein, Prenagen Mommy Emesis telah teruji klinis dapat mengurangi rasa mual hingga 90%. Dengan demikian, nutrisi untuk ibu hamil dan janin bisa tetap tercukupi dengan baik.

Hadir dalam varian rasa Vanilla Delight dan Velvety Chocolate, Prenagen Mommy Emesis dilengkapi vitamin B6, asam folat, zat besi, kalsium, DHA dan Omega 3 serta tinggi protein.

Susu untuk ibu hamil Anmum Materna

Susu Anmum Materna diformulasikan khusus untuk ibu hamil demi mendukung kebutuhan nutrisi akan asam folat, omega 3, protein, lemak dan karbohidrat. Susu untuk ibu hamil ini bisa disajikan hangat maupun dingin dengan pilihan varian rasa cokelat, stroberi maupun vanilla.

Kandungan asam folat di dalamnya bermanfaat untuk pertumbuhan sel otak janin. Selain itu, untuk mendukung nutrisi bagi otak janin, Anmum Materna juga telah dilengkapi dengan Nuelipid yang dapat meningkatkan Gangliosida GA di otak janin.

Serat pangan dalam susu untuk ibu hamil Anmum Materna dapat membantu meningkatkan fungsi saluran pencernaan dan membantu meredakan sembelit sebagai gejala umum kehamilan.

Susu untuk ibu hamil Frisomum Gold

Frisomum Gold adalah susu untuk ibu hamil dan menyusui yang mengandung prebiotik dan probiotik, yang dapat membantu menjaga kesehatan pencernaan dan mengurangi sembelit sebagai gejala umum kehamilan sejak trimester pertama kehamilan.

Susu yang merupakan produk susu premium dari Frieslan Campina ini diproduksi dengan konsep grass to glass di Belanda. Menggunakan teknik single process atau satu kali pemanasan, Frisomum Gold dipastikan memiliki kualitas protein susu yang tetap terjaga karena proses pemanasan yang tidak berlebihan, sehingga mudah dicerna oleh tubuh.

Frisomum Gold merupakan susu ibu hamil yang bagus untuk perkembangan janin karena kandungan nutrisi lengkap dan seimbang seperti ALA, LA, Nukleotida, asam folat, kalsium dan zat besi yang dibutuhkan sebagai pemenuhan gizi selama hamil dan menyusui serta pemenuhan nutrisi bagi perkembangan janin.

Susu untuk ibu hamil Enfamama A+

Enfamama A+ merupakan susu yang diformulasikan khusus untuk ibu hamil dan menyusui, terutama bagi ibu yang menginginkan semua yang terbaik untuk bayinya. Susu ini dilengkapi dengan protein, karbohidrat, natrium, kalium, vitamin A, vitamin C, vitamin D, vitamin E, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B6, vitamin B12, asam folat, kalsium, zat besi, fosfor, asam linolenat (ALA), DHA, biotin, kolin, dan masih banyak lagi.

Dengan rasa coklat yang lezat dan tidak menyebabkan mual susu ini juga telah dilengkapi dengan sumber serat pangan (linulin), yang dapat membantu meredakan sembelit sebagai keluhan umum ibu hamil sepanjang usia kehamilan.

Susu untuk ibu hamil Soyamil

Tidak semua ibu bisa mengonsumsi susu sapi. Bagi mereka yang memiliki intoleransi laktosa tidak perlu khawatir, karena Anda bisa mencoba Soyamil yang cocok untuk diminum ibu hamil. Produk susu kedelai ini membantu memberikan nutrisi tambahan yang dibutuhkan selama kehamilan.

Susu yang terbuat dari sari kedelai ini juga diperkaya sari daun kelor, bidara, chia seed, minyak VCO, madu dan bahan herbal lain. Soyamil telah dilengkapi isoflavon, asam amino esensial dan berbagai vitamin dan mineral.

Susu untuk ibu hamil Lactamil Pregnasis

Susu untuk ibu hamil lain yang direkomendasikan adalah Lactamil Pregnansis yang disempurnakan dengan formula ACTIDuobio+ yang dikembangkan dengan riset berpengalaman lebih dari 40 tahun.

Susu ibu hamil dan menyusui ini mendukung kesehatan ibu dan janin dengan kandungan nutrisi sebagai berikut:

  • Inulin yang bermanfaat untuk mencukupi kebutuhan serat pangan harian dan mencegah sembelit yang sering dikeluhkan ibu hamil
  • Rendah lemak sehingga tidak membuat ibu khawatir akan penambahan berat badan yang terlalu banyak
  • Tinggi asam folat untuk mengurangi risiko cacat tabung saraf otak
  • Mengandung omega 6 yang membantu perkembangan otak janin
  • Tinggi kandungan zat besi untuk mencegah anemia dan kelahiran prematur
  • Tinggi kandungan vitamin D untuk penyerapan kalsium dan pertumbuhan janin

Susu ini hadir dengan banyak varian rasa seperti vanilla, cokelat dan stroberi dan harga yang cukup terjangkau.

ilustrasi susu ibu hamil
Sumber gambar

Susu untuk ibu hamil SGM Bunda

Salah satu rekomendasi susu untuk ibu hamil yang memiliki varian rasa stroberi dan coklat yang enak ini menawarkan kandungan nutrisi penting untuk kehamilan dan perkembangan janin. Kandungan asam folat, minyak ikan, zat besi, vitamin B6 dan vitamin D dapat membantu memaksimalkan pertumbuhan otak saraf janin. Kandungan zat besi yang tinggi dalam SGM Bunda dapat mencegah anemia yang berisiko mengganggu pembentukan otak dan kesehatan janin.

Susu untuk ibu hamil Vidoran Ibunda

Salah satu rekomendasi susu untuk ibu hamil yang bagus untuk perkembangan janin adalah Vidoran Ibunda. Jika selama ini Vidoran identik dengan suplemen untuk anak-anak, Vidoran Ibunda juga tidak diragukan kualitasnya. Susu kehamilan ini dilengkapi dengan Cod liver oil yang mengandung asam lemak esensial Omega 3 (DHA&EPA) dan juga vitamin A dan D alami. Nutrisi penting di dalamnya baik untuk pembentukan dan pertumbuhan jaringan otak dan retina mata pada janin, serta meningkatkan kekebalan tubuh ibu selama kehamilan.

Susu untuk ibu hamil Frisian Flag Mama Tahap 0 Suprima

Telah berpengalaman bertahun-tahun dalam produk susu, Frisian Flag menghadirkan Frisian Flag Mama yang direkomendasikan untuk ibu hamil dan menyusui dengan rasa coklat yang lezat.

Frisian Flag Mama diperkaya kandungan protein, karbohidrat, lemak, serat pangan inulin, zat besi, kalsium, asam folat serta 29 multivitamin dan mineral lain yang dibutuhkan oleh ibu dan janin.

Merupakan susu yang praktis karena bisa diseduh dengan air hangat dan air dingin, susu ini juga memiliki harga yang sangat terjangkau dengan manfaat yang berlimpah.

BACA JUGA: NIPT Test, Metode untuk Mengetahui Kondisi Janin Sejak Dini

Itulah tadi rekomendasi produk susu untuk ibu hamil yang bisa Anda pilih dan konsumsi selama usia kehamilan untuk menunjang kesehatan diri sendiri dan janin. Agar kesehatan janin lebih maksimal, bicarakan juga dengan dokter kandungan untuk mendapatkan NIPT test yang berguna mendeteksi adanya kelainan genetik pada janin sejak dini.

Sumber:

  1. https://www.sehatq.com/review/rekomendasi-susu-ibu-hamil-yang-bagus-dan-kaya-nutrisi
  2. https://www.babycenter.com/pregnancy/diet-and-fitness/should-i-drink-whole-milk-during-pregnancy_2520
  3. https://www.thehealthsite.com/pregnancy/is-it-really-necessary-to-drink-milk-during-pregnancy-d0416-387993/
  4. https://lottemart.co.id/smartalog/inspirasi/susu-ibu-hamil-untuk-perkembangan-janin

Temukan pengalaman baru cek kesehatan dengan mengetahui masa depanmu!

DAFTAR KONSULTASI GRATIS

Connect with us on instagram

@tanyadna.id