Tips Memilih Produk Susu Ibu Hamil
Kehamilan

Tips Memilih Produk Susu Ibu Hamil

Juli 9th 2022

Susu ibu hamil sebaiknya dapat membantu mencukupi kebutuhan nutrisi yang meningkat saat kehamilan. Ketahui bagaimana cara memilih susu ibu hamil yang terbaik bagi kesehatan selama kehamilan.

Mengonsumsi susu ibu hamil selama tiga bulan saat menjalani program hamil bermanfaat membantu mencukupi kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan untuk persiapan kehamilan. Apalagi saat sedang hamil, Anda akan membutuhkan sekitar 300 kalori tambahan setiap hari yang tak hanya dibutuhkan oleh tubuh Anda, namun juga oleh janin.

Kebutuhan cairan pada saat hamil juga meningkat. Anda disarankan untuk mencukupi kebutuhan cairan tubuh melalui air putih, buah-buahan yang kaya kandungan air, sup, makanan berkuah dan juga susu. Dalam memilih susu saat sedang hamil, tentu Anda tidak bisa sembarangan. Susu yang baik dikonsumsi selama kehamilan adalah susu ibu hamil, yang umumnya telah dilengkapi dengan formula nutrisi tambahan seperti asam folat, kalsium, vitamin D, dan juga zinc yang akan berperan sangat penting bagi kesehatan sepanjang kehamilan dan janin di dalam rahim.

Mengapa memilih susu ibu hamil bukan susu lainnya saja?

ilustrasi memilih susu ibu hamil
Sumber gambar

Sebenarnya tidak hanya susu ibu hamil saja yang telah difortifikasi dengan berbagai nutrisi yang dibutuhkan untuk kehamilan, susu lain mungkin juga telah ditambahkan berbagai vitamin dan nutrisi. Tetapi para ahli tetap merekomendasikan susu ibu hamil untuk dikonsumsi selama kehamilan. Mengapa demikian?

Susu ibu hamil memiliki formula dan komposisi yang berbeda yang telah disesuaikan dengan kebutuhan nutrisi ibu hamil dan menyusui. Kebutuhan nutrisi wanita saat tidak hamil dengan saat hamil atau saat menyusui tentu tidak sama. Jumlah kebutuhan nutrisi akan meningkat selama hamil karena bukan hanya Anda saja yang menyerap nutrisi, namun juga janin di dalam rahim Anda. Nutrisi yang dikirimkan plasenta pada janin dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perkembangan organ dalam dan luar janin. Salah satunya nutrisi yang ada di dalam susu ibu hamil adalah asam folat, yang merupakan nutrisi krusial yang dibutuhkan dalam pertumbuhan dan perkembangan janin.

Selain itu, di semester pertama, tanda-tanda kehamilan seperti morning sickness juga memberikan kesulitan tersendiri bagi ibu hamil. Sebagian ibu bahkan mengeluarkan kembali isi perutnya yang berisiko menyebabkan ibu kekurangan nutrisi. Susu ibu hamil telah dilengkapi dengan bahan yang membantu meredakan mual sehingga dapat menggantikan nutrisi yang telah terbuang sekaligus meredakan mual yang dirasakan. Ibu pun jadi dapat kembali menikmati makanan yang dibutuhkan sebagai sumber utama nutrisi tubuh.

Manfaat mengonsumsi susu ibu hamil bagi kehamilan dan janin

ilustrasi susu
Sumber gambar

Meskipun ada beragam pendapat tentang konsumsi susu ibu hamil, baik yang pro maupun kontra terhadap susu ibu hamil, tetapi sulit untuk ditampik bahwa susu ibu hamil membantu mencukupi nutrisi sepanjang kehamilan. Nah, berikut adalah beberapa manfaat yang bisa Anda peroleh ketika mengonsumsi susu ibu hamil.

  1. Susu kaya kandungan gizi seperti kalsium dan vitamin D yang dibutuhkan selama kehamilan. Mendapatkan cukup vitamin D dapat menurunkan risiko bayi terkena alergi di masa depan. Selain itu, mencukupi sekitar 1.000-1.300mg kalsium setiap hari juga membantu memaksimalkan kesehatan janin yang sedang berkembang, mendukung sistem muskuloskeletal, saraf, dan peredaran darah. Wanita hamil yang tidak mengonsumsi kalsium dalam jumlah cukup juga berisiko terkena osteoporosis di kemudian hari.
  2. Minum susu selama kehamilan membantu meningkatkan pertumbuhan janin dan membantu memaksimalkan bayi tumbuh tinggi ketika sudah lahir. Minum susu saat sedang hamil juga membantu menurunkan risiko diabetes tipe 2 pada janin di kemudian hari.
  3. Selama kehamilan, kebutuhan protein untuk mendukung pertumbuhan sel-sel tubuh janin akan meningkat. Protein juga dibutuhkan untuk membantu memperkuat rahim, menjaga suplai darah, serta menutrisi janin. Kekurangan protein selama kehamilan meningkatkan risiko berat badan lahir rendah.
  4. Susu juga diperkaya asam amino dan asam lemak yang dibutuhkan dalam perkembangan sistem saraf bayi. Susu diperkaya kalsiu, zat besi, vitamin A, vitamin B, dan vitamin D yang berguna bagi pertumbuhan janin di dalam rahim.
  5. Susu adalah antacid yang baik yang dapat membantu meredakan mual dan heartburn yang menjadi gejala kehamilan.
  6. Kandungan yodium di dalam susu ibu hamil juga dapat meningkatkan perkembangan otak dan IQ janin.
  7. Mengonsumsi susu ibu hamil selama kehamilan juga dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit multiple sclerosis, osteoporosis, dan lain sebagainya.

Tips memilih susu ibu hamil

ilustrasi tips memilih susu ibu hamil
Sumber gambar

Dengan adanya beragam manfaat yang bisa diperoleh dari susu ibu hamil, tentunya Anda juga ingin tahu bagaimana sih memilih susu ibu hamil yang baik bagi kehamilan Anda. Panduan memilih susu ibu hamil berikut bisa membantu Anda memilih susu ibu hamil yang terbaik.

Hindari mengonsumsi susu yang tidak dipasteurisasi

Susu yang tidak dipasteurisasi berisiko mengandung bakteri listeria yang bisa membahayakan janin dan meningkatkan risiko keguguran. Dalam proses pasteurisasi, susu akan dipanaskan di suhu tertentu sehingga mikroba di dalamnya akan mati, sehingga jenis susu ini lebih aman untuk ibu hamil.

Perhatikan kandungan gizi yang tertera di kemasan

Saat membeli susu ibu hamil, pastikan untuk membaca label di balik kemasan yang mencantumkan nutrisi apa saja yang terkandung di dalam susu tersebut. Sebagian besar susu ibu hamil sudah dilengkapi dengan protein, kalium, fosfor, kalsium, AHA dan DHA, asam folat bahkan vitamin B6. Semakin lengkap kandungan gizi yang tertera di dalam kemasan, maka semakin bagus pula susu tersebut untuk Anda konsumsi.

Selain itu, jumlah nutrisi yang tercantum juga sudah disesuaikan dengan kebutuhan ibu hamil, sehingga sebaiknya ikuti aturan konsumsinya.

Pilih susu sesuai kondisi tubuh

Apabila Anda memiliki intoleransi laktosa, Anda bisa memilih susu ibu hamil yang terbuat dari kedelai atau bahkan susu almond. Memiliki riwayat intoleransi laktosa dan memaksakan diri mengonsumsi susu sapi dapat menyebabkan ketidaknyamanan bagi Anda seperti misalnya perut begah atau diare. Untuk mencegah hal ini, Anda bisa meminta rekomendasi dokter produk susu yang aman dikonsumsi selama kehamilan dengan riwayat intoleransi laktosa.

BACA JUGA: Program Hamil Perlu Tes Genetik? Ini Penjelasannya

Menjaga kondisi kesehatan kehamilan dan janin tidak melulu hanya dengan mengonsumsi susu ibu hamil. Sejak trimester pertama kehamilan, Anda juga bisa mendapatkan NIPT test untuk mengetahui apakah ada kelainan genetik pada janin. Tes tersebut membantu mendeteksi problem kelainan genetik lebih dini sehingga Anda bisa mencari solusi terbaik bagi Anda dan janin. Berminat untuk mendapatkan tes tersebut? hubungi dokter Anda dan rencanakan jadwal yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Sumber:

  1. https://www.babycenter.com/pregnancy/diet-and-fitness/should-i-drink-whole-milk-during-pregnancy_2520
  2. https://www.momjunction.com/articles/types-milk-can-consumed-pregnancy_0076537/
  3. https://parenting.firstcry.com/articles/drinking-milk-during-pregnancy-is-it-good-for-you/
  4. https://americanpregnancy.org/healthy-pregnancy/pregnancy-health-wellness/calcium-in-pregnancy/
  5. https://hellosehat.com/kehamilan/kandungan/prenatal/susu-ibu-hamil/
  6. https://www.hopkinsmedicine.org/health/wellness-and-prevention/nutrition-during-pregnancy

Temukan pengalaman baru cek kesehatan dengan mengetahui masa depanmu!

DAFTAR KONSULTASI GRATIS

Connect with us on instagram

@tanyadna.id