Rekomendasi Produk Susu Ibu Hamil Trimester 1
Kehamilan

Rekomendasi Produk Susu Ibu Hamil Trimester 1

Oktober 31st 2022

Susu ibu hamil trimester 1 merupakan minuman yang sangat penting untuk dikonsumsi setiap ibu hamil. Seperti yang Anda ketahui, ibu hamil memiliki kebutuhan nutrisi yang berbeda dari perempuan pada umumnya. Kebutuhan nutrisi tersebut tak selalu berarti konsumsi makan dan minum dalam jumlah lebih besar, namun harus tepat dalam porsi dan variasinya.

Menyiapkan menu harian yang secara tepat dapat memenuhi nutrisi harian ibu hamil merupakan hal yang sulit dipraktikkan. Banyaknya produk susu ibu hamil trimester 1 memberi angin segar bagi para ibu hamil dalam mencukupi kebutuhan nutrisi harian. Lalu seperti apa susu ibu hamil trimester 1 yang baik untuk dikonsumsi? Berikut adalah manfaat dan rekomendasi susu ibu hamil trimester 1.

Manfaat susu ibu hamil trimester 1

ilustrasi manfaat susu ibu hamil trimester 1
Sumber gambar

Nutrisi yang cukup dan seimbang adalah kunci utama dalam menjaga kesehatan selama hamil. Ibu hamil dengan janin tunggal membutuhkan tambahan 340 kkal per hari, janin ganda 600 kkal per hari, sedangkan janin triplet sebanyak 900 kkal per hari. Sebenarnya, bisa saja tidak susah dalam memenuhi kebutuhan kalori harian hanya dengan menambah porsi makan.

Akan tetapi, masalah lain adalah pada kandungan zat yang dibutuhkan oleh ibu hamil. Ibu hamil trimester 1 membutuhkan banyak protein, zat besi, asam folat, dan vitamin untuk perkembangan janin dalam kandungan. Nah, mencukupi zat-zat gizi tersebut dalam menu makanan harian lah yang sulit untuk diterapkan di rumah.

Susu ibu hamil trimester 1 biasanya telah difortifikasi dengan berbagai zat gizi yang dibutuhkan oleh ibu hamil dan janin. Hal ini membuat konsumsi susu ibu hamil trimester 1 menjadi cara praktis untuk memenuhi kebutuhan nutrisi selama hamil tanpa harus pikir panjang. Komposisi dan jumlah zat gizi dalam susu biasanya telah disesuaikan sehingga tidak berlebihan, namun juga tidak kurang.

Akan tetapi, Anda tetap tidak boleh hanya mengandalkan susu sepenuhnya. Makanan harian tetap harus ada karena tidak semua zat gizi ada dalam susu. Nah, bila Anda ingin memperoleh bantuan dalam mengetahui kebutuhan nutrisi tubuh, cobalah melakukan tes nutrigenomik. Tes nutrigenomik merupakan cara cepat untuk mengetahui jenis makanan yang tepat bagi tubuh selama hamil.

Rekomendasi susu ibu hamil trimester 1

ilustrasi rekomendasi susu ibu hamil trimester 1
Sumber gambar

Selama kehamilan, susu yang direkomendasikan untuk dikonsumsi merupakan susu sapi karena mengandung lebih banyak protein. Akan tetapi, bukan berarti Anda dilarang mengonsumsi susu kedelai, gandum, dan sebagainya. Pada dasarnya pilihan susu ibu hamil trimester 1 bebas, asal Anda tidak alergi terhadap salah satu komposisi di dalamnya.

Pastikan ketika memilih susu ibu hamil trimester 1, produk tersebut telah padat oleh zat gizi. Beberapa zat gizi yang penting berada dalam susu ibu hamil trimester 1 adalah protein, asam folat, kalsium, zat besi, serat, vitamin, dan mineral. Apabila sering merasa mual, kandungan vitamin B6 mampu meredakan morning sickness pada ibu hamil. Berikut beberapa rekomendasi susu ibu hamil trimester 1 yang dapat Anda coba.

Prenagen Mommy

Anda mungkin sudah sering mendengar produk ini. Menjadi pelopor dalam susu ibu hamil, Prenagen Mommy memiliki komposisi yang lengkap. Susu ini kaya akan asam folat, protein, vitamin D, zat besi, inulin, fosfor, omega 3, dan omega 6. Susu ini baik untuk mencegah anemia dalam kehamilan serta membantu tumbuh kembang janin dalam kandungan.

Lactamil Pregnasis

Lactamil pregnasis memiliki kandungan rendah lemak yang sangat cocok bagi ibu hamil. Kandungan asam folat, omega 3, dan omega 6 yang tinggi mampu mencegah janin dari kelainan sistem saraf. Selain itu, susu ini memiliki kadar inulin tinggi yang menjadi nilai tambah dalam bersaing dengan produk susu ibu hamil lainnya.

Anmum Materna

Susu ini kaya akan kandungan GA, DHA, dan asam folat yang baik untuk mengoptimalkan perkembangan otak janin. Selain itu, susu ini juga kaya akan serat yang baik dalam melancarkan pencernaan. Anda tentu tahu bahwa ibu hamil sering mengalami konstipasi, bukan? Anmum Materna dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau sehingga bisa dikonsumsi dalam jangka waktu lama.

Enfamama A+

Enfamama A+ merupakan susu yang diformulasikan khusus bagi ibu hamil dan janin dalam kandungan. Susu ini kaya akan kandungan mineral yang baik bagi perkembangan janin dan kesehatan ibu. Selain itu, bila Anda mencari susu ibu hamil trimester 1 dengan rasa yang enak, maka produk ini merupakan pilihan yang tepat.

Friso Gold Mum

Satu lagi susu ibu hamil trimester 1 dengan kandungan nutrisi yang cukup lengkap adalah Friso Gold Mum. Friso Gold Mum juga dikenal sebagai susu rendah sukrosa sehingga aman bila Anda memiliki kadar gula darah yang agak tinggi atau riwayat diabetes dalam keluarga. Ia juga mengandung prebiotik untuk membantu melancarkan pencernaan selama hamil.

Itulah beberapa rekomendasi susu ibu hamil trimester 1 yang bisa Anda coba konsumsi setiap hari. Selain nutrisi, kontrol rutin ke dokter juga diperlukan untuk memantau kondisi janin. Anda juga dapat melakukan tes NIPT untuk mendeteksi adanya kelainan kromosom pada janin sejak dini.

BACA JUGA: NIPT Test, Metode untuk Cek Kondisi Janin Sejak Dini

Konsumsi susu ibu hamil trimester 1 merupakan rutinitas yang tak bisa lepas dalam keseharian ibu hamil. Apabila Anda merasa kurang atau ingin lebih baik dalam memenuhi nutrisi harian, konsumsi susu ibu hamil tentu menjadi pilihan yang tepat. Akan tetapi, ingatlah bahwa susu bukanlah sumber nutrisi utama dan Anda tetap membutuhkan asupan yang lain untuk menjaga kandungan tetap sehat.

Sumber:

  1. https://www.acog.org/womens-health/faqs/nutrition-during-pregnancy
  2. https://www.dairy.com.au/health/recommended-dairy-intake/during-pregnancy
  3. https://www.sehatq.com/review/rekomendasi-susu-ibu-hamil-yang-bagus-dan-kaya-nutrisi

Temukan pengalaman baru cek kesehatan dengan mengetahui masa depanmu!

DAFTAR KONSULTASI GRATIS

Connect with us on instagram

@tanyadna.id