Sakit di Bawah Perut di Atas Kemaluan Apakah Tanda Pasti Hamil?
Kehamilan

Sakit di Bawah Perut di Atas Kemaluan Apakah Tanda Pasti Hamil?

Juli 27th 2022

Sakit di bawah perut di atas kemaluan apakah tanda hamil? Bisa jadi Anda memang sedang hamil, sebelum melakukan tes kehamilan, coba amati apakah ada tanda-tanda kehamilan lain yang berkembang atau tidak.

Tanda-tanda awal kehamilan bisa terlihat seperti tanda-tanda menstruasi atau kondisi penyakit umum lainnya. Inilah mengapa saat mengikuti program hamil, sangatlah penting untuk mencatat informasi periode menstruasi setiap bulannya.

Tidak semua wanita mengalami tanda awal kehamilan yang sama. Gejalanya mungkin bisa muncul segera setelah implantasi terjadi, atau justru muncul setelah haid terlambat datang. Gejala-gejala tersebut dikaitkan dengan peningkatan hormon-hormon di dalam tubuh seperti estrogen, progesteron dan hCG (hormon kehamilan). Agar lebih jelas lagi, yuk simak apa saja sih tanda-tanda kehamilan yang biasanya muncul di awal kehamilan.

Sakit di bawah perut di atas kemaluan apakah tanda hamil?

Dari minggu pertama sampai keempat kehamilan, pertumbuhan dan perkembangan janin masih berada di level pembelahan sel. Sel telur yang telah dibuahi akan membentuk blastokista yang kemudian akan berkembang menjadi organ-organ tubuh janin dan bagian-bagian tubuhnya.

Setelah pembuahan terjadi, blastokista akan berimplantasi di dinding rahim yang menghasilkan darah implantasi. Darah implantasi muncul seperti flek darah yang sering salah dianggap sebagai tanda menstruasi. Darah implantasi berwarna merah muda, merah atau kecoklatan dan sangat ringan, Anda tidak membutuhkan penggunaan pembalut pada pendarahan ringan ini.

Darah implantasi sering disertai dengan rasa sakit di bawah perut di atas kemaluan, yang bisa berlanjut sekitar 1-3 hari. Namun Anda tak perlu khawatir, karena kondisi ini tidak berbahaya dan tidak diperlukan pengobatan apapun.

Terlambat haid sebagai tanda awal kehamilan

ilustrasi terlambat haid
Sumber gambar

Tanda awal kehamilan lain adalah haid datang terlambat. Anda bisa mengetahuinya melalui catatan periode menstruasi yang Anda miliki. Terlambatnya haid ini disebabkan oleh pembuahan dan peningkatan kadar hCG yang sekaligus memerintahkan ovarium untuk berhenti melepaskan sel telur setiap bulannya.

Setidaknya 8 hari setelah terlambat haid, Anda bisa melakukan tes kehamilan dengan test pack untuk mengonfirmasi tanda kehamilan yang Anda rasakan.

Peningkatan suhu tubuh

Meningkatnya suhu basal tubuh berbeda dengan demam. Demam terjadi bila suhu tubuh meningkat di atas 37 derajat celcius dan terkadang disertai dengan nyeri otot dan tulang. Sedangkan pada kehamilan, peningkatan suhu tubuh mungkin hanya berkisar 0,5-1 derajat celcius yang bukan termasuk demam.

Meskipun demikian, Anda perlu banyak beristirahat dan juga mengonsumsi cukup air minum dalam kondisi ini agar tidak mengalami dehidrasi.

Kelelahan selama berkembangnya kehamilan

Bukan salah Anda bila Anda mudah merasa mengantuk di trimester pertama kehamilan. Kelelahan disebabkan oleh peningkatan drastis hormon progesteron yang menyebabkan Anda mudah mengantuk. Jadi, kapanpun Anda mengantuk di awal kehamilan cobalah untuk tidur sebentar. Atur suhu kamar tetap sejuk untuk membuat istirahat Anda semakin berkualitas.

Tanda awal kehamilan, peningkatan denyut jantung

Di usia kehamilan 8-10 minggu, jantung akan mulai memompa darah lebih cepat dan lebih keras. Oleh karena itu, palpitasi dan aritmia adalah hal yang umum terjadi selama kehamilan, yang dipengaruhi oleh hormon. Karena aliran darah meningkat hingga sekitar 30-5-% selama kehamilan, maka jantung akan kewalahan. Anda perlu mendiskusikannya dengan dokter apabila kondisi ini sampai mengganggu aktivitas Anda.

Perubahan pada payudara, salah satu tanda kehamilan di trimester pertama

ilustrasi perubahan payudara
Sumber gambar

Perubahan pada payudara umum terjadi di minggu ke-4 hingga ke-6 kehamilan, yang ditandai dengan pembengkakan serta lembeknya payudara akibat perubahan hormon di dalam tubuh. Anda akan merasakan nyeri pada payudara, khususnya puting yang mungkin akan membuat Anda tidak nyaman ketika menggunakan bra yang ketat, atau tidak sengaja bergesekan dengan guling atau alas tidur.

Pada minggu ke-11, hormon akan mempengaruhi perubahan warna areola menjadi lebih gelap dan besar yang mempersiapkan Anda untuk menyusui ketika bayi sudah dilahirkan.

Untuk mengurangi rasa nyeri dan tidak nyaman pada payudara, Anda mungkin bisa mengganti jenis bra yang lebih nyaman seperti maternity bra atau bra tanpa kawat. Penggunaan breast pad juga memungkinkan pengurangan gesekan antara puting dengan pakaian sehingga lebih nyaman.

Perubahan suasana hati wajar terjadi di awal kehamilan

Meningkatnya kadar estrogen dan progesteron selama kehamilan juga mempengaruhi suasana hati Anda, sehingga menyebabkan Anda mudah emosi. Anda bahkan bisa menangis terharu hanya karena melihat postingan video di sosial media atau ketika menonton film di televisi.

Seringkali buang air kecil atau inkontinensia di awal kehamilan

ilustrasi buang air kecil
Sumber gambar

Karena pada saat hamil aliran darah Anda meningkat dan dipompa lebih cepat, akibatnya ginjal akan memproses cairan tubuh lebih sering ketimbang biasanya. Kandung kemih Anda akan lebih sering penuh sehingga Anda merasa harus buang air kecil. Keinginan Anda untuk buang air kecil di malam hari mungkin lebih sering muncul, bahkan terkadang disertai dengan inkontinensia (merembesnya urin) pada kondisi tertentu seperti saat bersin, batuk, tertawa atau mengangkat barang yang agak berat.

Perut terasa kembung dan kesulitan buang air besar

Tanda kehamilan lain yang mungkin Anda rasakan adalah perut yang terasa kembung atau kesulitan buang air besar. Perubahan hormon di dalam tubuh hampir mempengaruhi segala hal, termasuk membuat sistem pencernaan Anda berjalan lebih lambat. Akibatnya Anda sering merasakan sembelit serta perut yang selalu terasa penuh.

Morning sickness tanda kehamilan yang tidak hanya muncul di pagi hari

Hanya karena memiliki nama morning sickness, bukan berarti mual yang Anda rasakan selama kehamilan ini muncul di pagi hari saja, ya. Mual dan muntah bisa muncul kapan saja, bahkan di malam hari, yang mulai terasa di minggu ke-4 hingga ke-6 dan akan memuncak sekitar minggu ke-9 kehamilan.

Sensitivitas terhadap aroma dan bau makanan

Di awal kehamilan, hormon juga mempengaruhi indera penciuman Anda, sehingga Anda mungkin lebih sensitif ketika mencium aroma makanan atau bau tertentu. Anda mungkin menyukai bau tersebut dan mungkin saja tidak karena dapat memicu rasa mual yang tidak menyenangkan.

BACA JUGA: NIPT Test, Metode untuk Mengetahui Kondisi Janin Sejak Dini

Bagaimana, apakah tanda-tanda awal kehamilan di atas sedang Anda rasakan saat ini? Anda bisa melakukan konfirmasi tanda-tanda tersebut dengan melakukan tes pack di rumah, setidaknya 7-8 hari setelah terlambat haid. Langkah selanjutnya adalah mendapatkan pemeriksaan USG serta NIPT test untuk memastikan kesehatan kehamilan serta janin di dalam perut Anda.

Sumber:

  1. https://www.webmd.com/baby/guide/pregnancy-am-i-pregnant
  2. https://www.healthline.com/health/pregnancy/early-symptoms-timeline#heartburn
  3. https://www.babycenter.com/getting-pregnant/how-to-get-pregnant/pregnancy-symptoms_1146468
  4. https://my.clevelandclinic.org/health/articles/9709-pregnancy-am-i-pregnant

Temukan pengalaman baru cek kesehatan dengan mengetahui masa depanmu!

DAFTAR KONSULTASI GRATIS

Connect with us on instagram

@tanyadna.id