Perjalanan Proses Kehamilan dari Awal Hingga Akhir
Kehamilan

Perjalanan Proses Kehamilan dari Awal Hingga Akhir

Juni 17th 2022

Proses kehamilan dimulai dari bertemunya sel telur dan sperma, yang kemudian diikuti dengan pembuahan. Sel telur yang telah dibuahi kemudian menempel di dinding rahim, tumbuh dan berkembang hingga menjadi janin selama 38-40 minggu.

Untuk mengikuti program hamil, terlebih dahulu Anda harus mencatat periode menstruasi Anda dari bulan ke bulan. Informasi ini penting untuk mengetahui kapan ovulasi rata-rata bulanan terjadi, dan kapan waktu terbaik untuk berhubungan intim agar terjadi kehamilan.

Setiap bulan, tubuh Anda mengalami siklus reproduksi yang dapat berakhir dalam dua cara. Cara pertama adalah menstruasi, yang terjadi ketika sel telur tidak dibuahi oleh sperma, dan lapisan rahim yang menebal akan luruh (yang disebut darah menstruasi). Cara kedua adalah dengan adanya kehamilan, yang terjadi ketika sel telur dibuahi oleh sperma, kemudian menempel ke dinding rahim dan tumbuh berkembang di sana.

Siklus reproduksi sebelum proses kehamilan dimulai

ilustrasi proses reproduksi
Sumber gambar

Dalam siklus reproduksi yang berakhir dengan kehamilan, ada beberapa hal yang terjadi:

  • Sekelompok telur yang disebut oosit akan bersiap-siap meninggalkan ovarium untuk ovulasi (pelepasan sel telur)
  • Telur kemudian berkembang dalam kantung kecil berisi cairan yang disebut folikel. Folikel ini berfungsi sebagai wadah kecil untuk setiap telur yang belum matang
  • Dari kelompok telur, salah satunya akan menjadi dewasa dan melanjutkan siklus
  • Folikel ini kemudian menekan semua folikel lain dalam kelompok sehingga berhenti tumbuh dan hanya satu saja yang akan terus bertahan
  • Folikel yang bertahan disebut folikel dewasa ini akan terbuka dan melepaskan sel telur dari ovarium, di sinilah ovulasi terjadi

Pembuahan yang terjadi sebagai proses kehamilan awal

Folikel yang terbuka dan melepaskan sel telur akan berkembang menjadi struktur yang disebut korpus luteum, yang melepaskan hormon progesteron dan estrogen. Progesteron membantu mempersiapkan endometrium (lapisan rahim) yang akan menjadi tempat di mana sel telur yang dibuahi menempel dan berkembang

Pada saat pembuahan terjadi, susunan genetik bayi sudah lengkap termasuk jenis kelaminnya. Jenis kelamin bayi akan bergantung pada sperma yang membuahi sel telur saat pembuahan. Setiap sperma dapat berupa X atau Y, yang jika sel telur dibuahi oleh sperma kombinasi dari X dan Y maka jenis kelamin bayi adalah laki-laki, sedangkan jika sel telur dibuahi oleh sperma kombinasi dari X dan X maka jenis kelamin bayi adalah perempuan.

24 jam setelah pembuahan terjadi, sel telur mulai membelah dengan cepat menjadi banyak sel. Mereka akan berada di tuba falopi selama tiga hari, kemudian setelah dibuahi akan terus membelah dan perlahan turun melalui tuba falopi menuju rahim. Sesampainya di rahim, mereka akan menempel pada endometrium (dinding rahim), di mana proses ini disebut implantasi.

Proses kehamilan trimester pertama

ilustrasi kehamilan trimester pertama
Sumber gambar

Trimester pertama kehamilan terjadi di usia 1 minggu hingga 13 minggu kehamilan. Di usia kehamilan ini, gejala-gejala kehamilan seperti perubahan payudara, mual yang tidak disertai muntah, keinginan buang air kecil terus menerus, kelelahan, perubahan suasana hati, perut terasa kembung, adanya bercak darah, sembelit, ngidam, dan haid yang tidak datang akan Anda alami. Mari kita lihat perubahan apa saja yang Anda alami dari minggu ke minggu di trimester kehamilan pertama ini.

Hamil 1 minggu

Minggu pertama ini sebenarnya adalah minggu di mana seharusnya periode menstruasi Anda hadir. Minggu ini dihitung sebagai perkiraan persalinan karena kehamilan biasanya berlangsung selama 40 minggu, meskipun sebenarnya pembuahan belum terjadi.

Hamil 2 minggu

Minggu kedua kehamilan adalah minggu yang mengubah hidup Anda, karena sel telur telah bertemu sperma dan pembuahan terjadi.

Hamil 3 minggu

Minggu ketiga, bayi Anda masih berbentuk bola kecil yang disebut blastokista, yang terdiri dari beberapa ratus sel yang berkembang dengan sangat cepat.

Hamil 4 minggu

Minggu keempat, jauh di dalam rahim bayi Anda yang masih berupa embrio dan terdiri dari dua lapisan serta plasenta primitif sedang berkembang.

Hamil 5 minggu

Di dalam rahim Anda, embrio kecil ini tumbuh sangat pesat sehingga Anda mungkin semakin merasakan ketidaknyamanan seperti payudara yang sakit dan kelelahan.

Hamil 6 minggu

Hidung, mulut dan telinga bayi sudah mulai terbentuk, dan Anda mungkin mengalami morning sickness serta bercak yang bisa Anda amati di celana. Perkembangan janin semakin cepat, tak heran bila perkembangan ini mempengaruhi tubuh Anda, termasuk rasa mual yang mengganggu itu.

Hamil 7 minggu

Bayi yang masih berupa embrio dengan ekor kecil sedang membentuk tangan dan kaki, dan pada saat ini rahim Anda akan menjadi dua kali lipat ukurannya. Celana Anda mungkin sedikit terasa sesak namun perut Anda belum terlihat buncit. Di usia ini, jantungnya telah berdetak dan plasenta membawa oksigen serta nutrisi dari aliran darah Anda.

Hamil 8 minggu

Bayi akan terus bergerak walaupun Anda belum bisa merasakannya. Di saat ini Anda sudah bisa melakukan tes kehamilan yang akan menunjukkan hasil positif.

Hamil 9 minggu

Ukuran bayi sudah hampir 2,5 cm saat ini. Dan Anda mulai bisa melihat bentuk manusia kecilnya karena mata, mulut dan lidahnya telah terbentuk.

Hamil 10 minggu

Organ dan struktur bayi sudah siap sepenuhnya dan akan tumbuh semakin menyerupai manusia kecil. Di usia kehamilan ini, Anda sudah bisa menjalani NIPT test untuk mengetahui jenis kelamin bayi serta mendeteksi adanya kelainan genetik pada bayi.

Hamil 11 minggu

Tangan bayi akan segera membuka dan mengepal, Anda juga bisa melihat kuncup gigi kecil muncul di bawah gusi.

Hamil 12 minggu

Jari-jari kaki mungil bayi mulai bisa digerakkan dan melengkung, sedangkan perkembangan otaknya sangat pesat. Di usia ini, ginjalnya juga sudah mulai memproduksi urin.

Hamil 13 minggu

Selamat ya, Anda telah melewati trimester pertama di mana pertumbuhan bayi sudah hampir 8 cm. Saat ini bayi Anda juga sudah memiliki sidik jari, lho.

Proses kehamilan trimester kedua

ilustrasi kehamilan trimester kedua
Sumber gambar

Usia kehamilan 14-27 minggu disebut sebagai trimester kedua, di mana fluktuasi hormon mulai terkendali sehingga Anda tidak lagi terganggu oleh mual dan sudah mulai bisa menikmati makanan. Andapun mulai menunjukkan gairah akan makanan tertentu dan mengidam makanan.

Hamil 14 minggu

Kelopak mata bayi telah terbentuk dan menyatu di atas mata yang sedang berkembang penuh. Bayi saat ini bisa menangis tanpa suara karena pita suara belum terbentuk. Ia juga sudah mulai mengisap ibu jarinya.

Hamil 15 minggu

Bayi sudah bisa merasakan cahaya dan indera perasanya mulai terbentuk. Di usia kehamilan ini Anda mungkin mengalami hidung tersumbat sebagai efek kehamilan.

Hamil 16 minggu

Wah menakjubkan sekali, saat ini bayi Anda sudah tumbuh sepanjang 14 cm. Bulu mata dan alisnya telah muncul dan lidahnya memiliki indera perasa.

Hamil 17 minggu

Kerangka bayi telah berubah dari tulang rawan yang lunak menjadi tulang yang keras. Tali pusar pun tumbuh lebih kuat dan lebih tebal.

Hamil 18 minggu

Pada usia kehamilan 18 minggu, alat kelamin bayi cukup berkembang dan sudah bisa dilihat dengan USG. Peningkatan nafsu makan akan semakin terasa normal dan pertambahan berat badan Anda akan semakin terlihat.

Hamil 19 minggu

Bayi Anda sudah bisa mendengar, sehingga di usia kehamilan ini Anda sudah boleh memutarkan musik untuknya.

Hamil 20 minggu

Bayi Anda sudah berukuran 21 cm panjangnya. Bayi sudah bisa menelan dan memproduksi mekonium.

Hamil 21 minggu

Anda sudah bisa mulai merasakan pergerakan bayi, bila biasanya kepakan tangannya tidak terlalu dirasakan kini ia sudah bisa menunjukkan eksistensinya dengan tendangan penuh.

Hamil 22 minggu

Saat ini bayi sudah terlihat seperti miniatur manusia di mana perut Anda juga akan semakin terlihat buncit.

Hamil 23 minggu

Saat Anda bergerak, saat itu juga bayi akan merasakan pergerakan Anda. Sebaiknya Anda berhati-hati karena semakin lama Anda berdiri dan bergerak kaki Anda akan membengkak.

Hamil 24 minggu

Janin Anda telah tumbuh sepanjang 33 cm. Kelopak mata yang sebelumnya menyatu telah terpisah menjadi kelopak atas dan bawah yang memungkinkan bayi membuka dan menutup matanya. Kulitnya akan ditumbuhi rambut halus yang disebut lanugo yang dilindungi lapisan sekresi lilin untuk menjaganya tetap hangat.

Hamil 25 minggu

Kulit bayi akan terlihat lebih lembut dan berisi karena adanya sedikit tambahan lemak pada tubuhnya.

Hamil 26 minggu

Di dalam kantung ketuban, bayi akan belajar bernapas dan menghirup sedikit cairan ketuban. Jangan khawatir karena ini merupakan praktik yang baik untuk melatih refleks pernapasannya.

Hamil 27 minggu

Anda mungkin merasakan sesuatu yang geli di perut, yang terjadi ketika bayi Anda cegukan.

Proses kehamilan trimester ketiga

ilustrasi kehamilan trimester ketiga
Sumber gambar

Selamat ya, Anda telah berhasil sampai ke trimester terakhir kehamilan, yang dialami di usia kehamilan 28 minggu hingga 40 minggu. Di usia kehamilan ini tidak akan banyak perubahan pada bayi selain penambahan berat badan dan juga penyempurnaan organ-organ tubuhnya.

Hamil 28 minggu

Pada saat ini bayi sudah seberat kira-kira 1 kilogram dan tumbuh sepanjang 37 cm. Ukuran kepala dan tubuhnya akan semakin terlihat proporsional.

Hamil 32 minggu

Pada usia ini bayi menghabiskan lebih banyak waktu untuk tidur. Pergerakannya mulai teratur dan tendangannya terasa sangat kuat. Posisi kepalanya pun mulai berubah ke bawah mendekati jalan lahir untuk mempersiapkan diri untuk dilahirkan.

Hamil 36 minggu

Bayi telah tumbuh sepanjang 46 cm dan telah berada di jalan lahir. Terhitung dari usia kehamilan 36 minggu ini, bayi telah siap dilahirkan dan memiliki peluang tinggi untuk bertahan hidup. Perkembangan paru-parunya akan semakin pesat selama beberapa minggu ke depan.

Hamil 40 minggu

Bayi tumbuh sepanjang 51 cm dan siap dilahirkan. Saatnya mengucapkan hallo kepadanya dan memberikan ASI sesegera mungkin.

BACA JUGA: NIPT Test, Metode untuk Mengetahui Kondisi Janin Sejak Dini

Itulah tadi perjalanan proses kehamilan dari awal hingga akhir. Perencanaan persalinan sudah bisa mulai Anda bicarakan di akhir trimester ketiga, terutama bila Anda memiliki kondisi tertentu yang menyebabkan harus menjalani persalinan caesar. Ikuti setiap arahan dan jadwal yang telah ditentukan oleh dokter untuk memantau pertumbuhan dan perkembangan janin Anda, ya.

Sumber:

  1. https://www.betterhealth.vic.gov.au/health/healthyliving/pregnancy-week-by-week#conception
  2. https://www.verywellfamily.com/pregnancy-your-week-by-week-guide-4159265
  3. https://www.healthline.com/health/pregnancy#symptoms
  4. https://my.clevelandclinic.org/health/articles/7247-fetal-development-stages-of-growth
  5. https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/getting-pregnant/in-depth/symptoms-of-pregnancy/art-20043853

Temukan pengalaman baru cek kesehatan dengan mengetahui masa depanmu!

DAFTAR KONSULTASI GRATIS

Connect with us on instagram

@tanyadna.id