Penyebab Terjadinya Perut Kram Saat Hamil
Kehamilan

Penyebab Terjadinya Perut Kram Saat Hamil

November 13th 2022

Pernahkah Anda mengalami perut kram saat hamil? Perut kram saat hamil yang sangat sering bahkan hampir selalu dialami oleh ibu hamil. Ibarat kehamilan terasa tidak lengkap apabila tidak mengalami perut kram saat hamil.

Namun jangan terlalu cepat meremehkan keluhan tersebut. Meskipun sering terjadi, namun perut kram saat hamil tidak selalu merupakan hal yang normal. Anda sebaiknya tahu apa penyebab perut kram saat hamil, tanda bahaya apa yang harus diwaspadai, serta bagaimana cara mengatasinya agar tidak mengganggu aktivitas harian Anda.

Penyebab perut kram saat hamil

ilustrasi penyebab perut kram saat hamil
Sumber gambar

Perut kram saat hamil wajar terjadi pada trimester pertama kehamilan, terutama saat usia kehamilan kurang dari 6 minggu. Apabila Anda mengalaminya pada usia kehamilan tersebut dan dengan intensitas yang ringan, maka keluhan tersebut tergolong normal. Anda tidak perlu khawatir maupun panik.

Perut kram saat hamil muda dapat terjadi akibat dari implantasi janin ke dinding rahim. Bagaimana prosesnya? Jadi, janin hasil pembuahan tidak langsung berada di dalam rahim, melainkan berjalan dari saluran tuba menuju dinding rahim.

Setelah tiba di dinding rahim, janin akan ditanam (implantasi) di sana. Proses penanaman tersebut akan melukai sel sekitar dinding rahim sehingga seringkali terjadi perdarahan dalam jumlah yang sangat sedikit. Munculnya perdarahan ringan pada awal kehamilan ini disebut sebagai spotting. Sedangkan, proses implantasi itu sendiri akan menimbulkan sedikit goncangan pada rahim sehingga timbul keluhan perut kram saat hamil.

Tanda perut kram saat hamil yang tidak normal

ilustrasi tanda perut kram saat hamil
Sumber gambar

Perut kram saat hamil muda sebagian besar merupakan hal yang normal. Akan tetapi, Anda tidak bisa menyamakan semua kondisi kram perut pada ibu hamil. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dan merupakan tanda yang harus diwaspadai. Berikut adalah beberapa tanda perut kram saat hamil yang tidak normal.

Nyeri berlebihan

Perut kram saat hamil yang normal tidak sampai terasa nyeri. Jika Anda merasa nyeri yang tidak wajar atau hingga mengganggu aktivitas sehari-hari, keluhan tersebut tidak lagi normal. Hal tersebut menandakan adanya kontraksi rahim tak semestinya. Sebaiknya Anda segera berkonsultasi dengan dokter.

Perdarahan

Perut kram saat hamil muda memang seringkali disertai dengan munculnya flek berwarna coklat. Akan tetapi, itu bukan berarti perdarahan dalam jumlah besar. Apabila Anda mengalami perdarahan yang mengalir atau cukup banyak, itu merupakan salah satu tanda bahaya yang harus segera ditangani.

Kondisi umum lemah

Cara mudah yang dapat membantu menentukan apakah suatu keluhan tergolong normal atau tidak dapat dilihat dari kondisi umum yang bersangkutan. Apakah ibu hamil tampak lemas, pucat, dan kurang nafsu makan? Melemahnya kondisi umum tersebut merupakan pengingat bahwa telah terjadi sesuatu yang buruk di dalam tubuh. Jangan abaikan tanda tersebut, konsultasilah dengan dokter untuk mencari penyebabnya.

Tidak terjadi pada awal kehamilan

Kram perut normal terjadi pada awal kehamilan, yaitu trimester pertama. Apabila terjadi pada trimester dua atau tiga dan dengan intensitas sedang hingga berat, hal itu tidaklah normal. Ada banyak kemungkinan yang bisa terjadi, seperti masalah pada janin maupun plasenta.

Apabila demikian, sebaiknya Anda segera dokter untuk melakukan pemeriksaan USG. Pemeriksaan USG akan mendeteksi kelainan perkembangan janin dalam kandungan maupun plasenta. Selain itu, Anda juga dapat sekaligus meminta rekomendasi dokter untuk melakukan tes NIPT sebagai upaya deteksi dini kelainan kromosom pada janin.

Cara mengatasi perut kram saat hamil

ilustrasi cara mengatasi perut kram
Sumber gambar

Nah, setelah mengetahui penyebab dan macam-macam tanda bahaya dari perut kram saat hamil, sebaiknya Anda juga tahu bagaimana cara mengatasi keluhan tersebut. Karena tidak dapat dipungkiri bahwa meskipun ringan, namun keluhan tersebut akan tetap membuat Anda tidak nyaman. Beberapa ibu hamil bahkan mengaku mengalami hambatan dalam beraktivitas. Berikut adalah beberapa cara untuk meringankan keluhan perut kram saat hamil muda.

Istirahat

Ketika kram terjadi, segeralah beristirahat. Cobalah untuk berbaring, namun jika tidak memungkinkan, cukup dengan duduk. Posisi berbaring dapat membuat otot perut dan panggul relaksasi sehingga meredakan kram yang terjadi.

Kompres hangat

Cobalah untuk mengompres bagian bawah perut dengan air hangat. Sensasi hangat akan menenangkan otot daerah perut dan panggul. Lakukan sambil berbaring untuk memperoleh hasil yang optimal.

Minum air hangat

Sama seperti kompres hangat, minum air hangat juga dapat memberikan efek tenang ke tubuh, melalui jalur dalam. Anda bisa membuat variasi minuman hangat, seperti teh hangat, perasan buah hangat, susu hangat, dan sebagainya. Pastikan itu merupakan minuman yang Anda suka dan tidak berbahaya bagi kandungan.

Makan bergizi

Mengaplikasikan pola makan yang sehat sudah pasti harus diterapkan dalam situasi apa pun. Kram perut pun kadang bisa disebabkan oleh kurangnya zat gizi tertentu, seperti zat besi. Tercukupinya kebutuhan nutrisi tubuh dapat membantu mencegah terjadinya kram perut. Anda dapat melakukan tes nutrigenomik untuk mengetahui kebutuhan nutrisi tubuh sehingga dapat mengatur menu makan dengan tepat.

BACA JUGA: NIPT Test, Metode untuk Cek Kondisi Janin Sejak Dini

Itulah seputar penyebab, tanda bahaya, dan cara mengatasi perut kram saat hamil. Tidak perlu khawatir maupun panik apabila mengalaminya. Berkonsultasilah kepada dokter jika masih ada hal yang mengganggu pikiran. Selamat beraktivitas.

Sumber:

  1. https://www.nhs.uk/pregnancy/related-conditions/common-symptoms/stomach-pain/#:~:text=Stomach%20(abdominal)%20pains%20or%20cramps,a%20poo%20or%20pass%20wind
  2. https://www.verywellfamily.com/pregnancy-cramps-2371267

Temukan pengalaman baru cek kesehatan dengan mengetahui masa depanmu!

DAFTAR KONSULTASI GRATIS

Connect with us on instagram

@tanyadna.id