Begini Perkembangan Janin di Usia 9 Bulan
Kesehatan

Begini Perkembangan Janin di Usia 9 Bulan

Oktober 4th 2022

Setelah mengandung 9 bulan lamanya, kini waktunya Anda berjumpa dengan sang buah hati. Rasa tidak sabar kadang membuat para ibu hamil bertanya-tanya 9 bulan berapa minggu kehamilan. Apakah Anda kini sudah berada di akhir usia kehamilan tersebut?

Ada banyak hal terjadi pada usia kehamilan 9 bulan. Begitu banyak persiapan yang harus dilakukan dengan teliti. Beberapa perubahan yang terjadi pada tubuh mungkin membuat Anda merasa tidak nyaman dan cemas.

Apa saja hal yang terjadi pada usia kehamilan 9 bulan? Berikut adalah perkembangan janin dari waktu ke waktu pada masa akhir kehamilan.

Perkembangan janin 9 bulan berapa minggu kehamilan

ilustrasi perkembangan janin 9 bulan
Sumber gambar

Sebagian orang akrab menyebut usia kehamilan dengan hitungan bulan, namun sebagian lagi terbiasa dengan hitungan minggu. Kehamilan adalah periode seorang ibu mengandung janin selama 9 bulan 10 hari. Lalu 9 bulan berapa minggu kehamilan?

Secara mudah, tiap trimester kehamilan terdiri atas 13 minggu. Trimester pertama adalah ketika usia kehamilan 1-13 minggu, trimester kedua pada usia 14-26 minggu, dan trimester ketiga pada usia 27-39 minggu. Keadaan aterm, yaitu ketika bayi siap dilahirkan, dimulai pada usia 37 minggu. Jadi, jawaban dari 9 bulan berapa minggu kehamilan adalah sekitar 37-40 minggu.

Pada masa akhir kehamilan (37-40 minggu) itulah waktu terbaik untuk melahirkan. Lalu bagaimana perkembangan janin pada usia kehamilan tersebut?

Usia kehamilan 37 minggu

Janin Anda saat ini seberat 3-4 kg. Sistem pencernaan telah terbentuk dengan baik dan berisi mekonium. Mekonium adalah kotoran yang kelak akan dikeluarkan dari tubuh bayi pertama kali setelah dilahirkan ke dunia.

Pada usia kehamilan 37 minggu, janin mulai turun dan memasuki pintu atas panggul. Akan tetapi bila ini bukan kehamilan pertama Anda, janin mungkin belum turun. Letak janin tersebut dapat diketahui dari pemeriksaan leopold maupun USG kandungan. Saat ini Anda akan merasakan tekanan yang lebih besar di area bawah perut.

Usia kehamilan 38 minggu

Saat ini sistem pernapasan janin telah terbentuk dengan sempurna. Alveoli telah siap untuk mengembang ketika dilahirkan. Organ dalam lain juga telah terbentuk dengan baik.

Pada usia kehamilan 38 minggu, Anda akan jarang merasakan gerakan janin. Ukuran janin yang semakin besar membuat pergerakan di dalam rahim menjadi semakin terbatas. Anda juga Mungkin merasakan urgensi buang air kecil yang semakin tinggi karena penekanan rahim terhadap kandung kemih.

Usia kehamilan 39 minggu

Pada usia kehamilan 39 minggu, kepala janin akan semakin turun. Perkembangan ini juga akan tampak dari luar, yaitu penonjolan perut yang semakin bergeser ke bawah. Turunnya janin akan membuat Anda bisa bernapas lebih lega karena perut tak lagi mendesak rongga dada.

Kontraksi mulai muncul menjelang persalinan. Awalnya, kontraksi berlangsung sebentar, jarang, dan dengan intensitas lemah. Kontraksi seperti itu biasa disebut sebagai kontraksi palsu (Braxton Hicks), yang bukan merupakan tanda persalinan.

Usia kehamilan 40 minggu

Pada usia kehamilan 40 minggu, janin telah benar-benar siap untuk dilahirkan. Peningkatan berat badan janin pada akhir kehamilan ini bisa terjadi dengan pesat. Rambut dan kulit halus (lanugo) yang menyelubungi janin akan mengelupas seluruhnya, meski beberapa bayi kemungkinan dilahirkan dengan sedikit lanugo yang masih tersisa di tubuhnya.

Pada saat ini, Anda mungkin telah merasakan kontraksi yang lebih hebat. Kontraksi yang adekuat untuk persalinan berlangsung setiap 3 menit dengan durasi sekitar 40 detik. Tak hanya kontraksi, serviks juga akan mengalami dilatasi (membuka lebar) dan efikasi (penipisan) sebelum terjadi pembukaan lengkap.

Persiapan menjelang persalinan

ilustrasi persiapan menjelang kehamilan
Sumber gambar

Setelah mengetahui 9 bulan berapa minggu kehamilan, saatnya Anda menghitung usia kehamilan Anda. Apakah sudah waktunya untuk melakukan persiapan? Jika ya, berikut adalah hal-hal yang dapat Anda lakukan menjelang persalinan.

Kurangi aktivitas berat

Pada masa menjelang persalinan, tubuh akan terasa lebih mudah lelah. Perbanyak istirahat dan tidur dengan cukup. Kurangi aktivitas berat seperti pekerjaan rumah tangga yang membutuhkan banyak tenaga. Akan tetapi, ada kalanya Anda tetap dianjurkan berolahraga. Lakukan olahraga ringan seperti senam dan jalan kaki.

Makan bergizi seimbang

Tidak hanya di awal kehamilan, gizi tetap harus diperhatikan hingga persalinan. Konsumsi makanan tinggi serat dan protein baik untuk kehamilan. pada akhir kehamilan, kurangi konsumsi gula dan lemak. Anda dapat melakukan tes nutrigenomik untuk mengelola menu harian sesuai nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

Ikuti kelas perawatan bayi

Anda dapat mengikuti beberapa kursus atau mempelajarinya sendiri di rumah. Mulailah mempelajari hal sederhana seperti cara menggendong, menyelimuti, dan memandikan bayi. Jangan lupa untuk mempelajari teknik menyusui yang benar. Berbagai ilmu terkait laktasi akan semakin berguna ketika bayi telah lahir.

Persiapkan lokasi dan tenaga yang membantu persalinan

ilustrasi tenaga bantu untuk proses kehamilan
Sumber gambar

Pilih untuk melahirkan di rumah sakit, klinik, atau puskesmas. Cari tahu lokasi yang dekat, nyaman, dan bisa Anda percaya. Tentukan apakah Anda ingin persalinan dibantu oleh dokter kandungan atau bidan. Satu hal yang kadang dilupakan adalah memilih dokter anak yang akan merawat bayi Anda kelak. Jangan lupa untuk menyiapkan biaya dan asuransi bagi Anda dan bayi.

Siapkan tas khusus persalinan

Ketika memasuki awal trimester ketiga, mulailah menyiapkan kebutuhan persalinan. Sediakan satu tas khusus berisi perlengkapan ibu dan bayi baru lahir. Perlengkapan tersebut dapat berupa baju, selimut, popok, botol susu, pembalut, dan sebagainya.

BACA JUGA: NIPT Test, Metode untuk Cek Kondisi Janin Sejak Dini

Itulah seputar perkembangan janin 9 bulan berapa minggu kehamilan. Menjelang persalinan, lakukanlah pemeriksaan USG dengan lebih sering. Apabila belum sempat melakukan tes NIPT di awal kehamilan, Anda juga bisa melakukan tes NIPT ada trimester ketiga. Semoga artikel ini berguna dalam menambah wawasan dan mempersiapkan persalinan dengan lebih matang.

Sumber:

  1. https://www.healthline.com/health/pregnancy/9-months-pregnant#checklist
  2. https://www.nhs.uk/pregnancy/week-by-week/28-to-40-plus/37-weeks/#:~:text=At%2037%20weeks%2C%20your%20pregnancy,in%20the%20next%20few%20weeks.
  3. https://www.nhs.uk/pregnancy/week-by-week/28-to-40-plus/38-weeks/
  4. https://www.nhs.uk/pregnancy/week-by-week/28-to-40-plus/39-weeks/
  5. https://www.nhs.uk/pregnancy/week-by-week/28-to-40-plus/40-weeks/

Temukan pengalaman baru cek kesehatan dengan mengetahui masa depanmu!

DAFTAR KONSULTASI GRATIS

Connect with us on instagram

@tanyadna.id