Hal Kecil yang Bisa jadi Penyebab Keguguran
Kehamilan

Hal Kecil yang Bisa jadi Penyebab Keguguran

Juli 15th 2022

Penyebab keguguran tidak hanya disebabkan oleh kelainan kromosom atau kondisi kesehatan ibu hamil saja saja. Hal-hal kecil seperti kebiasaan hidup tidak sehat juga dapat menyebabkan keguguran.

Tidak semua program hamil berakhir dengan kisah yang indah. Beberapa wanita yang merencanakan kehamilan melalui program hamil harus merelakan kehamilannya karena mengalami keguguran. Keguguran atau disebut aborsi spontan adalah berakhirnya kehamilan secara mendadak dan tak terduga. Keguguran biasanya dialami di usia kehamilan sebelum 20 minggu. Bila tidak ada pergerakan janin atau berlanjutnya tanda-tanda kehamilan di atas usia kehamilan 20 minggu, maka berakhirnya kehamilan disebut dengan stillbirth yang berarti lahir mati.

Keguguran biasanya ditandai dengan pendarahan baik ringan hingga berat, kram perut yang terasa lebih parah dari menstruasi, nyeri di perut, nyeri punggung ringan hingga parah. Tanda-tanda tersebut tidak bisa diabaikan dan sebaiknya tidak ditangani sendiri di rumah, terutama bila Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu. Keguguran berisiko menyebabkan pendarahan dan infeksi yang bisa mengancam jiwa.

Hal-hal umum yang menjadi penyebab keguguran

ilustrasi seorang wanita sedang mengalami sakit perut
Sumber gambar

Jika seorang ibu hamil mengalami keguguran, maka ada sesuatu yang tidak beres dengan kehamilannya. Penyebab berakhirnya kehamilan ini sangatlah beragam, dokter membutuhkan informasi riwayat kesehatan dan risiko kesehatan ibu hamil serta pemeriksaan fisik untuk mengetahui penyebab keguguran.

Kelainan kromosom, penyebab utama keguguran di hamil muda

Ketika keguguran terjadi di awal usia kehamilan (di trimester pertama), misalnya di usia kehamilan 12 minggu, maka penyebab paling utama keguguran adalah kelainan kromosom pada janin.

Kromosom mengandung gen yang menentukan sifat unik janin, seperti warna rambut, bentuk mata, bentuk hidung, garis senyum, dan lain sebagainya. Apabila jumlah kromosom ada yang salah atau rusak, maka janin tidak dapat tumbuh secara normal.

Beberapa penyebab keguguran terkait kelainan kromosom, antara lain:

  • Kematian janin intrauterin – keguguran disebabkan oleh berhentinya pembentukan dan perkembangan embrio sebelum ada tanda-tanda keguguran
  • Blighted ovum (kehamilan kosong) – kehamilan kosong terjadi apabila sel telur yang telah dibuahi berimplantasi di dalam rahim namun tidak berkembang menjadi embrio. Blighted ovum disebabkan oleh masalah kromosom, di mana sperma atau sel telur memiliki kualitas yang buruk, sehingga pembelahan sel tidak normal. Secara alami tubuh dapat mengenali hal ini dan akan menghentikan kehamilan.
  • Hamil anggur – hamil anggur terjadi akibat kedua set kromosom berasal dari ayah, dan tidak ada kromosom yang berasal dari ibu. Kondisi ini menyebabkan plasenta tidak tumbuh secara normal sehingga janin menjadi tidak berkembang.
  • Hamil anggur parsial – sama seperti hamil anggur, namun hamil anggur parsial terjadi ketika ayah menyediakan dua set kromosom, dan di dalam sel terdapat kromosom dari ibu. Hal ini juga menyebabkan kelainan plasenta dan pertumbuhan janin yang abnormal sehingga kehamilan pun terhenti.

Beberapa kelainan kromosom seperti trisomi 13, 18, down syndrome, sindrom turner dan masalah kromosom lainnya juga dapat menyebabkan keguguran. Namun Anda bisa mengetahui hal ini sejak dini dengan mendapatkan NIPT test di trimester pertama kehamilan. Karena kelainan kromosom lebih sering dialami oleh mereka yang hamil setelah usia 35 tahun, maka tidak ada salahnya untuk mendapatkan NIPT test demi kesehatan kehamilan Anda.

Kondisi kesehatan ibu penyebab keguguran yang perlu diwaspadai

ilustrasi diabetes
Sumber gambar

Penyebab keguguran lain yang sebaiknya diwaspadai adalah kondisi kesehatan ibu. Sejak mengetahui hasil test pack yang menunjukkan positif hamil, sebaiknya Anda segera memeriksakan diri ke dokter kandungan. Pemeriksaan ini tidak hanya bermanfaat untuk mengonfirmasi kehamilan, namun juga untuk mengetahui risiko kesehatan yang bisa membahayakan kehamilan dan juga janin.

Beberapa kondisi kesehatan yang dapat membahayakan kehamilan antara lain:

  • Infeksi – seperti toksoplasmosis, rubella, cytomegalovirus
  • Penyakit kronis – seperti diabetes tipe 1 atau tipe 2, tekanan darah tinggi
  • Gangguan autoimun – seperti penyakit tiroid, lupus
  • Penyakit gestasional – seperti diabetes gestasional, preeklamsia
  • Adanya masalah dengan rahim dan leher rahim – seperti bentuk rahim yang tidak normal, serviks membuka terlalu dini
  • Infeksi menular seksual – seperti HIV, gonorrhea, sifilis, klamidia
  • Adanya penyumbatan darah yang menyumbat pembuluh darah yang membawa oksigen dan nutrisi ke plasenta

Beberapa infeksi di atas bisa diobati sejak dini bila Anda melakukan pemeriksaan kesehatan seperti tes darah, sehingga kehamilan bisa tetap berjalan dan janin tetap berkembang. Untuk itu, jangan ragu mendapatkan pemantauan kehamilan walau Anda merasa baik-baik saja.

Gaya hidup tidak sehat penyebab keguguran

Gaya hidup tidak sehat dari ibu hamil dapat meningkatkan risiko keguguran dan juga mengganggu tumbuh kembang janin di dalam kandungan, misalnya seperti:

  • Ibu menjadi perokok aktif atau perokok pasif
  • Kebiasaan mengonsumsi minuman beralkohol
  • Menggunakan obat-obatan terlarang seperti narkotika, ganja
  • Kebiasaan mengonsumsi minuman berkafein dalam jumlah yang banyak
  • Paparan bahan kimia di lingkungan penyebab keguguran

Salah satu penyebab keguguran yang sepertinya remeh adalah paparan bahan kimia dari lingkungan, seperti misalnya:

  • Asap rokok dari orang lain
  • Makan makanan yang mengandung merkuri atau tinggal di area yang terpapar merkuri
  • Menghirup bahan kimia yang berbahaya bagi ibu hamil seperti cat, thinner, pembersih rumah tangga, insektisida
  • Terpapar arsenik

Pengobatan tertentu penyebab keguguran

Sebagian obat yang bertujuan mengobati keluhan penyakit dapat menyebabkan atau meningkatkan risiko keguguran, misalnya seperti:

  • Misoprostol – obat yang digunakan untuk mengatasi rheumatoid arthritis dan radang usus
  • Methotrexate – obat untuk rheumatoid arthritis (radang sendi)
  • Retinoid – obat untuk mengatasi kondisi kulit seperti eksim atau jerawat
  • NSAID – golongan obat pereda nyeri dan anti radang

Pastikan Anda tidak sembarangan mengonsumsi obat ketika sedang hamil. Bila Anda mengalami keluhan penyakit tertentu, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter mengenai kondisi, jenis obat dan dosis yang boleh Anda minum. Dan jangan lupa selalu infokan bahwa Anda sedang dalam kondisi hamil sehingga dokter bisa memberikan resep obat yang aman dikonsumsi ibu hamil dan tidak membahayakan janin di dalam kandungan.

Keracunan makanan penyebab keguguran

ilustrasi makanan belum matang
Sumber gambar

Kebiasaan makan makanan mentah atau setengah matang, kurang terjaga kehigienisannya dapat menyebabkan keguguran. Ketika makanan yang Anda konsumsi terpapar listeria, salmonella, toxoplasmosis, risiko keguguran akan meningkat dan bahkan dapat menginfeksi janin di dalam rahim. Apabila kehamilan dapat diselamatkan, janin berisiko mengalami cacat lahir.

BACA JUGA: NIPT Test, Metode untuk Mengetahui Kondisi Janin Sejak Dini

Saat kehamilan berakhir, satu-satunya hal yang perlu dilakukan adalah mengangkat janin dari dalam kandungan dan membersihkan sisa-sisa jaringan di dalam rahim hingga bersih. Prosedur ini hanya bisa dilakukan di rumah sakit atau klinik agar tetap aman dan menekan risiko perdarahan serta infeksi. Setelah menjalani prosedur kuret, Anda akan kembali mendapatkan periode menstruasi normal dalam waktu 4-6 minggu. Dan apabila Anda ingin kembali hamil lagi, sebaiknya diskusikan dengan dokter kandungan Anda, kapan waktu yang aman untuk bisa merencanakan kehamilan.

Sumber:

  1. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/pregnancy-loss-miscarriage/symptoms-causes/syc-20354298
  2. https://my.clevelandclinic.org/health/diseases/9688-miscarriage
  3. https://www.webmd.com/baby/4-common-causes-miscarriage#1
  4. https://flo.health/pregnancy/pregnancy-health/pregnancy-loss/miscarriage-causes-risks

Temukan pengalaman baru cek kesehatan dengan mengetahui masa depanmu!

DAFTAR KONSULTASI GRATIS

Connect with us on instagram

@tanyadna.id