Pengertian USG dan Kapan Waktu Terbaik Melakukannya
Kehamilan

Pengertian USG dan Kapan Waktu Terbaik Melakukannya

Juni 1st 2022

USG adalah tes yang dilakukan untuk menunjukkan struktur di dalam tubuh dengan menggunakan gelombang suara berintensitas tinggi. USG ini biasanya digunakan untuk pemeriksaan kehamilan.

Setelah menjalani program hamil dan menunjukkan tanda-tanda kehamilan, langkah pertama adalah mengonfirmasi kehamilan dengan alat tes kehamilan. Apabila hasil tes kehamilan juga menunjukkan dua garis atau positif maka Anda bisa melanjutkan pemeriksaan dengan tes USG untuk mengonfirmasi dan memantau kondisi janin.

Di trimester pertama kehamilan, selain tes USG, Anda juga disarankan menjalani NIPT test yang bermanfaat untuk mengetahui apabila ada kelainan kromosom pada janin, NIPT test juga dapat membantu Anda mengetahui jenis kelamin janin sejak dini.

Apa itu tes USG?

ilustrasi pengertian USG
Sumber gambar

USG atau disebut juga ultrasonografi adalah tes pencitraan non-invasif di mana gambar dihasilkan oleh gelombang suara frekuensi tinggi. Gambar yang dihasilkan merupakan video real-time dari organ dalam atau jaringan lunak lain seperti pembuluh darah. Pemeriksaan USG memungkinkan dokter untuk melihat jaringan lunak di dalam tubuh tanpa harus membuat sayatan dan umumnya aman dilakukan karena tidak menggunakan radiasi. Inilah mengapa pemeriksaan janin di dalam rahim umumnya menggunakan tes USG.

Tes USG memanfaatkan gelombang suara untuk menghasilkan gambar struktur di dalam tubuh Anda, termasuk kondisi janin. Gelombang suara frekuensi tinggi akan dikirim melalui perut oleh alat yang disebut transduser. Gelombang suara kemudian direkam dan diubah menjadi video atau gambar fotografi bayi. Gambar ini dapat memberikan informasi yang berharga untuk memantau tumbuh kembang janin di dalam rahim, termasuk berapa panjang tubuhnya, berapa ukuran tulang pahanya, gambar kantung ketuban, plasenta, ovarium dan lain sebagainya.

Bagaimana cara kerja tes USG?

Tes ini tidak memakan waktu yang lama, karena Anda bisa mendapatkannya ketika menjalani pemeriksaan rutin sesuai jadwal yang telah ditentukan dokter selama kehamilan. Tes dilakukan dengan menggunakan alat yang disebut transducer dan probe.

Probe mengubah arus listrik menjadi gelombang suara frekuensi tinggi dan mengirimkan gelombang ke jaringan tubuh Anda. Anda mungkin tidak dapat mendengarkan gelombang suara tersebut, namun gelombang suara akan memantul dari struktur di dalam tubuh dan kembali ke probe yang mengubah gelombang menjadi sinyal listrik. Dengan bantuan komputer, sinyal listrik diubah menjadi gambar atau video real-time yang ditampilkan di layar komputer terdekat.

Jenis-jenis USG untuk kehamilan

ilustrasi jenis USG
Sumber gambar

Ada dua jenis USG yang biasanya digunakan dokter untuk pemeriksaan pada wanita, termasuk pemeriksaan kehamilan, antara lain:

USG transvaginal

USG transvaginal dilakukan dengan memasukan probe ke dalam saluran vagina. Metode ini menghasilkan kualitas gambar yang sangat baik karena pemeriksaan langsung menuju pada area bagian dalam tubuh. USG transvaginal jarang digunakan untuk pemeriksaan kehamilan, sekalipun dibutuhkan mungkin hanya akan digunakan di usia awal kehamilan saat dokter mendeteksi adanya masalah tertentu.

USG Transabdominal

USG umumnya diberikan pada semua wanita hamil pada usia kehamilan 20 minggu, namun pemeriksaan ini juga biasanya didapatkan di awal kehamilan terutama apabila Anda dan pasangan ingin mengonfirmasi kehamilan dan mendengarkan detak jantung janin.

Selama USG dilakukan, dokter akan mengevaluasi plasenta janin, tumbuh kembang janin, detak jantung bayi, gerakan tubuh janin, lengan dan kakinya.

Untuk mengetahui jenis kelamin bayi, Anda harus menunggu hingga kehamilan berusia 20 minggu. Walaupun memungkinkan untuk digunakan mengecek jenis kelamin bayi, namun kesalahan mungkin saja terjadi terutama bila posisi bayi meringkuk dan menyembunyikan alat kelaminnya.

Pada pemeriksaan USG transabdominal, pertama-tama perut Anda akan diolesi dengan gel tipis yang terasa sedikit dingin saat menyentuh kulit. Gel tersebut akan membantu gelombang USG ditransmisikan dari transduser melalui gel dan masuk ke tubuh.

ilustrasi hasil USG
Sumber gambar

USG 3D

Jenis USG ini dapat dilakukan baik secara transvaginal maupun transabdominal. USG 3D memberikan gambar bayi yang lebih detail yang dapat membantu mendeteksi kondisi seperti cacat tabung saraf atau adanya kelainan wajah.

Ekokardiografi janin

Jenis USG ini biasanya digunakan apabila dokter mencurigai adanya kelainan pada jantung bayi. USG ini dapat melihat gambar detail jantung dan struktur jantung bayi.

USG Doppler

USG Doppler digunakan untuk mengamati pergerakan di dalam pembuluh darah yang dapat memberikan informasi tentang aliran darah bayi serta aliran darah di rahim dan plasenta.

Manfaat USG kehamilan

ilustrasi manfaat USG
Sumber gambar

USG kehamilan memiliki banyak manfaat pemeriksaan bayi, antara lain:

  • Memverifikasi kehamilan
  • Memastikan berapa usia kehamilan saat ini
  • Mengetahui ada berapa jumlah janin di dalam rahim
  • Mengetahui tanggal perkiraan kelahiran janin dan usia janin
  • Memeriksa adanya kelainan pada leher rahim dan rahim
  • Memeriksa adanya kelainan pada janin
  • Memeriksa kondisi kesehatan janin di dalam rahim
  • Memeriksa lokasi plasenta
  • Mengetahui jumlah air ketuban yang ada di dalam rahim
  • Mengetahui posisi bayi terutama saat kelahiran semakin dekat
  • Memperkirakan berat badan bayi
  • Menyelidiki adanya komplikasi kehamilan seperti misalnya pendarahan abnormal

Tidak ada waktu tertentu yang dinyatakan terbaik untuk melakukan USG. Walaupun sebenarnya USG direkomendasikan untuk dilakukan pada usia kehamilan 18-22 minggu, namun pemeriksaan USG dapat dilakukan di usia kehamilan berapapun terutama bila Anda ingin memverifikasi kehamilan, atau mengetahui perkembangan janin setiap bulannya.

BACA JUGA: Mengenal NIPT Test, Metode untuk Mengetahui Kondisi Janin Sejak Dini

Setelah hasil USG ada di tangan, jangan ragu untuk menanyakan hal apapun terkait dengan pertumbuhan dan perkembangan janin. Terutama bila ada kelainan yang terdeteksi pada USG, Anda bisa menanyakan sebanyak mungkin pertanyaan sesuai kebutuhan. Jika penjelasan dokter Anda kurang atau dirasa mungkin salah, pertimbangkan untuk mendapat second opinion atau pendapat kedua dari dokter lain.

Sumber:

  1. https://www.mayoclinic.org/tests-procedures/ultrasound/about/pac-20395177
  2. https://my.clevelandclinic.org/health/diagnostics/4995-ultrasound
  3. https://my.clevelandclinic.org/health/diagnostics/9704-pregnancy-prenatal-ultrasonography
  4. https://www.verywellfamily.com/the-types-and-timing-of-ultrasounds-during-pregnancy-5069852

Temukan pengalaman baru cek kesehatan dengan mengetahui masa depanmu!

DAFTAR KONSULTASI GRATIS

Connect with us on instagram

@tanyadna.id