6 Pantangan Hamil Muda yang Mungkin Belum Anda Ketahui
Kehamilan

6 Pantangan Hamil Muda yang Mungkin Belum Anda Ketahui

Juni 24th 2022

Pantangan hamil muda sebaiknya tidak dilanggar bila Anda ingin janin dan kehamilan tetap sehat. Melanggar pantangan dapat menyebabkan risiko keguguran, kelahiran prematur, berat badan lahir rendah hingga lahir mati (stillbirth).

Sebagai calon ibu baru yang berhasil mengonfirmasi kehamilan lewat tes kehamilan serta pemeriksaan USG setelah menjalani program hamil, Anda tentu perlu tahu lebih banyak info tentang kehamilan. Mana-mana saja yang boleh dimakan dan tidak, apa-apa saja yang boleh dilakukan dan tidak, dan pentingnya mendapatkan NIPT test untuk deteksi kelainan genetik pada janin yang bahkan bisa diketahui sejak trimester pertama kehamilan.

Kehamilan seharusnya diisi dengan hal-hal yang membahagiakan, walaupun di baliknya terdapat banyak pengorbanan ibu demi kehamilan yang sehat. Ini berarti Anda harus menggali lebih banyak informasi khususnya hal-hal yang menjadi pantangan hamil muda dan menahan segala keinginan untuk mengonsumsi makanan atau minuman tertentu, dan menahan diri melakukan sesuatu yang mungkin berbahaya bagi janin dan kehamilan. Dalam artikel kali ini ada beberapa pantangan hamil muda yang akan diulas singkat, yang mungkin belum pernah Anda dengar sebelumnya. Penasaran apa saja itu? Simak pembahasannya di sini, yuk!

Pantangan hamil muda yang jarang diketahui

ilustrasi diet
Sumber gambar

Diet saat hamil muda

Pantangan hamil muda pertama yang benar-benar harus dihindari adalah diet di usia trimester pertama kehamilan. Walaupun memiliki berat badan yang seimbang sangat penting untuk mencegah risiko diabetes gestasional, bukan berarti Anda boleh membatasi asupan makanan secara gila-gilaan dan bahkan sampai tidak makan.

Adalah wajar kok apabila saat hamil berat badan Anda naik, namun dengan memilih pola makan sehat, berat badan tidak akan naik berlebihan. Apa yang Anda makan sangat berpengaruh bagi kesehatan diri saat hamil dan juga pertumbuhan serta perkembangan janin di dalam perut. Bayangkan saja bila Anda terlalu membatasi makanan ini itu, dari mana janin bisa mencukupi nutrisi yang dibutuhkannya?

Terlalu membatasi makan di saat hamil muda bisa berdampak serius bagi kesehatan kehamilan dan juga janin akibat kekurangan nutrisi, misalnya seperti:

Kekurangan asam folat dapat meningkatkan risiko cacat tabung saraf yang kemudian dapat menyebabkan cacat lahir akibat adanya kecacatan pada tulang belakang, sumsum tulang, dan otak. Cacat tabung saraf bahkan dapat menyebabkan kematian pada janin.

Untuk mencegah hal tersebut, wanita yang merencanakan kehamilan dan sedang hamil muda trimester pertama sebaiknya mencukupi kebutuhan folat dengan mengonsumsi makanan kaya folat atau mengonsumsi suplemen harian asam folat yang diresepkan oleh dokter.

Berolahraga dan beraktivitas terlalu berat

ilustrasi berolahraga berat
Sumber gambar

Berolahraga dan tetap aktif saat sedang hamil bermanfaat untuk membantu menjaga berat badan agar tidak naik berlebih, meningkatkan kualitas tidur, membantu mengelola perubahan suasana hati. Namun apa jadinya bila saat hamil muda Anda berolahraga atau melakukan aktivitas berat seperti mengangkat benda dengan beban yang terlalu berat? Jawabannya adalah adanya risiko tinggi komplikasi pada kehamilan, misalnya seperti berkurangnya aliran darah pada plasenta yang menyebabkan janin tidak mendapatkan cukup asupan oksigen, cedera pada perut saat tidak sengaja terkena barang tertentu, cedera otot atau tulang, dehidrasi dan kehilangan banyak cairan ketuban, dan lain sebagainya.

Dokter atau bidan Anda mungkin akan tetap mengijinkan Anda menjalani olahraga atau aktivitas fisik yang tidak terlalu berat seperti jalan-jalan, bersepeda statis, yoga prenatal, atau berenang. Namun Anda harus tetap waspada dan segera berhenti bila ada tanda-tanda sebagai berikut:

Sesak napas

Seiring dengan bertumbuhnya janin di dalam perut, paru-paru akan semakin kesulitan mengambil napas penuh. Perubahan hormon juga mempengaruhi paru-paru dalam mengambil napas. Apabila Anda mengalami sesak napas di tengah berolahraga atau beraktivitas, maka segera hentikan aktivitas Anda dan beristirahat. Bila gejalanya tidak kunjung membaik maka segera hubungi dokter atau bidan Anda.

Kepanasan

Ibu hamil cenderung memiliki suhu tubuh yang tinggi dan mudah sekali kepanasan. Hal ini disebabkan oleh adanya perubahan hormon serta aliran darah yang mengalir lebih cepat daripada biasanya. Oleh karena itu, Anda sebaiknya tidak berolahraga di bawah terik sinar matahari terlalu lama, dan mencari tempat teduh untuk beraktivitas.

Ibu hamil yang mengalami kepanasan berisiko dehidrasi dan mempengaruhi pertumbuhan janin termasuk risiko cacat pada janin. Untuk itu, cukupi juga kebutuhan cairan tubuh ketika sedang berolahraga, dan usahakan untuk menghindari terlalu lama berada di bawah sinar matahari langsung.

Pusing

Pusing merupakan gejala yang umum dialami di trimester pertama kehamilan. Namun pusing tidak bisa disepelekan apabila terjadi saat Anda sedang berolahraga. Segera beristirahat hingga pusingnya mereda. Namun apabila pusing tak kunjung membaik maka sebaiknya periksakan diri ke dokter atau bidan.

Nyeri pinggang atau punggung

Munculnya nyeri pada pinggang dan punggung menunjukkan bahwa Anda telah berolahraga atau beraktivitas berlebihan. Ketika tanda ini muncul maka sebaiknya Anda segera menghentikan aktivitas dan beristirahat.

Segera hubungi dokter dan periksakan diri ke rumah sakit bila setelah berolahraga atau beraktivitas Anda mengalami kontraksi, pendarahan, rasa sakit tidak biasa pada perut, adanya rembesan cairan dari vagina, nyeri di dada, jantung berdebar-debar, atau dada terasa sangat sesak, yang menandakan kondisi darurat dan kebutuhan pemeriksaan medis segera.

Mengonsumsi nanas dan durian

ilustrasi buah nanas
Sumber gambar

Buah-buahan memang disarankan untuk dikonsumsi di sepanjang usia kehamilan. Buah-buahan dapat membantu Anda mencukupi kebutuhan nutrisi saat sedang hamil. Namun sebaiknya hindari buah nanas dan durian ketika hamil muda.

Nanas mengandung zat bromelain yang bersifat abortivum, artinya jika dikonsumsi berlebihan dapat menyebabkan kontraksi pada kandungan. Kontraksi pada usia kehamilan yang masih sangat muda berisiko menyebabkan keguguran.

Sedangkan durian memiliki rasa manis dan mengandung alkohol yang tentu saja tidak direkomendasikan terutama saat hamil muda. Mengonsumsi makanan yang terlalu manis meningkatkan risiko diabetes gestasional, sedangkan alkohol dapat menyebabkan kecacatan pada janin.

Makan makanan yang mentah atau setengah matang

Makan makanan mentah atau setengah matang harus dihindari saat hamil muda karena adanya risiko toksoplasmosis. Toksoplasmosis adalah infeksi bakteri yang sering ditemukan pada daging mentah, telur setengah matang, kotoran hewan piaraan, tanah tempat sayuran tumbuh.

Pada orang yang tidak hamil infeksi tokso tidak akan berbahaya, namun pada ibu hamil, toksoplasmosis meningkatkan risiko keguguran, lahir mati, kerusakan pada organ janin yang sedang berkembang, hingga kebutaan.

Merokok saat sedang hamil muda

Semua orang tentunya tahu bahaya merokok yang informasinya dengan mudah dapat dibaca di kemasan rokok. Namun tidak banyak yang tahu bahwa merokok saat hamil dapat menyebabkan kerusakan jaringan pada jain, terutama paru-paru dan otak janin. Merokok juga meningkatkan risiko keguguran, kelahiran prematur, berat badan lahir rendah, sindrom kematian bayi mendadak, dan risiko kondisi kesehatan lainnya.

Ibu hamil mengalami stres di trimester pertama

Pantangan hamil muda lain yang juga berbahaya bagi kehamilan adalah stres. Stres berisiko menyebabkan meningkatnya tekanan darah yang artinya juga meningkatkan risiko preeklamsia. Preeklamsia sendiri dapat menyebabkan bayi lahir prematur dan berat badan lahir rendah pada janin.

Ibu hamil muda yang terlalu stres bahkan juga berisiko mengalami keguguran atau kematian janin sebelum usia 20 minggu kehamilan.

BACA JUGA: NIPT Test, Metode untuk Mengetahui Kondisi Janin Sejak Dini

Setelah mengetahui semua pantangan hamil muda di atas tentunya informasi dan pengetahuan Anda bertambah. Yuk jaga kondisi kehamilan dan janin hingga persalinan nanti dengan mengubah gaya hidup sehat dan tetap berhati-hati dalam melakukan aktivitas sepanjang usia kehamilan. Selalu patuhi petunjuk yang diberikan dokter dan dapatkan pemeriksaan USG rutin untuk memantau perkembangan kehamilan dan janin Anda.

Sumber:

  1. https://www.womenshealth.gov/a-z-topics/folic-acid
  2. https://www.webmd.com/baby/exercise-no-nos-pregnant
  3. https://ada.com/foods-to-avoid-during-pregnancy
  4. https://www.cdc.gov/tobacco/basic_information/health_effects/pregnancy/index.htm
  5. https://www.betterhealth.vic.gov.au/health/healthyliving/pregnancy-and-diet
  6. https://www.marchofdimes.org/complications/stress-and-pregnancy.aspx

Temukan pengalaman baru cek kesehatan dengan mengetahui masa depanmu!

DAFTAR KONSULTASI GRATIS

Connect with us on instagram

@tanyadna.id