5 Rekomendasi Obat Penambah Darah untuk Ibu Hamil
Kehamilan

5 Rekomendasi Obat Penambah Darah untuk Ibu Hamil

November 7th 2022

Obat penambah darah untuk ibu hamil merupakan salah satu suplemen wajib yang dikonsumsi selama masa kehamilan. Pemeriksaan hemoglobin biasanya dilakukan pada perawatan antenatal yang pertama, begitu pula dengan pemberian obat penambah darah untuk ibu hamil. Hal itu menunjukkan betapa penting angka kecukupan zat besi selama hamil.

Anemia atau kurang darah selama hamil memang hal yang wajar dan hampir selalu dialami semua ibu hamil. Akan tetapi, anemia selama masa kehamilan tidak boleh dibiarkan berlarut-larut. Berikut akan dijelaskan mengenai bahaya anemia dan rekomendasi obat penambah darah untuk ibu hamil.

Bahaya anemia dalam kehamilan

ilustrasi obat penambah darah
Sumber gambar

Anemia adalah kondisi kurangnya sel darah merah sehingga tidak mampu mengangkut cukup oksigen ke dalam jaringan. Penyebab anemia sendiri ada banyak, namun anemia karena defisiensi zat besi merupakan yang paling umum dalam kehamilan. Ketika hamil, risiko tubuh untuk mengalami anemia semakin besar.

Volume darah meningkat pesat selama kehamilan untuk memenuhi kebutuhan ibu dan janin. Apabila tidak ada cukup zat besi sebagai bahan baku pembuatan sel darah merah, maka yang terjadi adalah tubuh akan kekurangan darah. Itulah mengapa ibu hamil sering mengalami anemia.

Anemia dalam kehamilan tidak boleh terus-menerus dibiarkan karena akan berakibat buruk pada kehamilan. Berikut adalah beberapa bahaya anemia dalam kehamilan yang tidak boleh Anda remehkan.

  1. Meningkatkan risiko bayi lahir prematur
  2. Meningkatkan risiko bayi dengan berat badan lahir rendah
  3. Perkembangan janin terhambat
  4. Meningkatkan risiko terjadinya depresi pasca persalinan pada ibu
  5. Meningkatkan risiko kematian bayi pada saat lahir
  6. Meningkatkan risiko kematian ibu hamil akibat perdarahan pasca persalinan

Masih ada banyak kemungkinan, namun itulah hal yang paling sering terjadi bila ibu hamil mengalami anemia secara berlarut-larut. Oleh karena itu, penting melakukan monitor terhadap kadar hemoglobin ibu hamil pada saat perawatan antenatal dengan dokter kandungan. Selain perawatan rutin, Anda juga dapat melakukan tes NIPT untuk mengetahui adanya kelainan kromosom pada janin sejak dalam kandungan.

Kapan perlu obat penambah darah untuk ibu hamil?

ilustrasi ibu hamil minum obat
Sumber gambar

Obat penambah darah untuk ibu hamil umumnya akan diberikan kepada setiap ibu hamil yang melakukan perawatan antenatal. Akan tetapi, dosis dan durasi pemberian bisa saja berbeda pada setiap ibu hamil. Tentu saja dokter memiliki pertimbangan sendiri akan kebutuhan ibu hamil tersebut.

Kadar hemoglobin normal seorang perempuan ada di rentang 12-16 g/dL. Akan tetapi, nilai normal untuk ibu hamil sedikit lebih rendah, yaitu mulai dari 11 g/dL. Pada saat kunjungan pertama, umumnya obat penambah darah untuk ibu hamil diberikan secara rata selama 30 hari dengan dosis yang sama.

Selanjutnya, tidak semua ibu hamil akan memperoleh obat penambah darah lanjutan. Apabila kadar hemoglobin di bawah normal atau terdapat gejala anemia, dokter akan meresepkan obat penambah darah untuk ibu hamil. Gejala anemia yang terjadi bisa berupa lemas, lelah, pusing, pandangan kabur, kurang fokus, dada berdebar, sesak napas, dan banyak lagi. Anda harus lebih waspada akan gejala tersebut dan segeralah berkonsultasi dengan dokter bila mengalaminya.

Rekomendasi obat penambah darah untuk ibu hamil

ilustrasi obat tambah darah
Sumber gambar

Ada kalanya Anda ingin membeli obat penambah darah sendiri secara bebas. Berikut adalah beberapa rekomendasi obat penambah darah untuk ibu hamil yang dapat ditemukan di apotek terdekat.

Tonikum Bayer

Tonikum bayer memiliki rasa yang enak seperti buah sehingga dapat sekaligus mengurangi gejala morning sickness. Tidak hanya zat besi, produk ini juga dilengkapi dengan multivitamin seperti vitamin B kompleks dan vitamin C. Vitamin C baik dikonsumsi bersamaan dengan zat besi untuk meningkatkan penyerapan zat besi dalam tubuh.

Sangobion Vita Tonik

Sangobion Vita Tonik adalah suplementasi besi yang diformulasikan khusus ibu hamil. Sangobion juga dilengkapi vitamin dan mineral untuk mempercepat proses peningkatan zat besi. Akan tetapi, kekurangan produk ini adalah ia tidak mengandung vitamin C dan memiliki kadar gula yang cukup banyak.

Hemobion

Ingin obat penambah darah untuk ibu hamil yang dapat menaikkan hemoglobin secara cepat? Konsumsilah hemobion sesuai dosis anjuran sekali sehari. Hemobion hadir dengan sediaan kapsul dan memiliki kadar zat besi yang tinggi. Selain itu, ia diperkaya dengan asam folat yang memang sangat dibutuhkan selama kehamilan.

Ferofort

Sama seperti hemobion, ferofort hadir dalam sediaan kaplet. Ferofort tidak menimbulkan banyak banyak efek samping yang mengganggu, seperti mual, sembelit, maupun diare. Produk ini juga diperkaya dengan vitamin B, C, zink, dan asam amino yang baik bagi perkembangan janin.

Sakatonik Liver

Sakatonik Liver hadir dalam sediaan sirup dengan rasa buah yang manis di lidah. Rasa yang enak dan tidak meninggalkan sensasi logam di mulut akan membuat ibu hamil nyaman mengonsumsinya. Sama seperti obat penambah darah untuk ibu hamil pada umumnya, Sakatonik Liver juga dilengkapi berbagai vitamin dan mineral yang sangat baik bagi ibu hamil.

Nah, itulah rekomendasi obat penambah darah untuk ibu hamil yang dapat Anda beli secara bebas di pasaran. Selain konsumsi suplemen, Anda bisa menambah asupan gizi melalui makanan, seperti daging, ikan, dan hati. Apabila ingin mengetahui nutrisi yang tepat bagi tubuh Anda selama hamil, cobalah melakukan tes nutrigenomik.

BACA JUGA: NIPT Test, Metode untuk Cek Kondisi Janin Sejak Dini

Nutrisi selama kehamilan adalah hal utama yang harus dibenahi ketika mengalami anemia. Akan tetapi, ada kalanya Anda membutuhkan bantuan obat penambah darah untuk ibu hamil. Meskipun dapat diperoleh secara bebas, usahakan untuk tetap berkonsultasi dengan dokter kandungan terkait suplemen zat besi yang hendak Anda konsumsi selama hamil.

Sumber:

  1. https://my.clevelandclinic.org/health/diseases/23112-anemia-during-pregnancy#:~:text=You%20may%20have%20anemia%20during,you%20on%20the%20right%20path
  2. https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/pregnancy-week-by-week/in-depth/anemia-during-pregnancy/art-20114455#:~:text=Severe%20iron%20deficiency%20anemia%20during,weight%20baby%20and%20postpartum%20depression
  3. https://www.sehatq.com/review/suplemen-zat-besi-untuk-ibu-hamil

Temukan pengalaman baru cek kesehatan dengan mengetahui masa depanmu!

DAFTAR KONSULTASI GRATIS

Connect with us on instagram

@tanyadna.id