NIPT Test, Metode untuk Mengetahui Kondisi Janin Sejak Dini
Kesehatan

NIPT Test, Metode untuk Mengetahui Kondisi Janin Sejak Dini

April 27th 2022

NIPT test dianjurkan untuk dilakukan sebagai awal ketika memulai program memiliki anak. Lalu apa saja keuntungan melakukan tes NIPT ini? Simak ulasan berikut.

Kemajuan teknologi saat ini tak hanya terwakili oleh smartphone semata. Di dunia kedokteran perkembangan ilmu pengetahuan juga sangat terasa. Bukan hanya lewat kemampuan para tenaga medis, namun juga peralatan yang semakin canggih dan mempersempit risiko dari penyakit.

Salah satu yang harus Anda tahu mengenai kemajuan zaman di dunia medis adalah NIPT, yang merupakan singkatan dari Non Invasive Prenatal Test. Lewat teknologi ini seorang ibu dan ayah yang sedang menunggu buah hati bisa mengetahui jenis kelamin sang bayi, bahkan ketika usia kandungannya masih menginjak beberapa minggu.

Apa itu NIPT test dan perlukah seorang ibu melakukannya?

NIPT test dan manfaatnya bagi kesehatan anak di dalam kandungan ibu

Ilustrasi program kehamilan
Sumber gambar

Peristiwa kehamilan tentu menjadi sebuah momen yang sangat dinanti, terlebih bagi sebuah keluarga yang sudah lama menanti datangnya seorang momongan. Mulai sejak positif hamil, kebahagiaan akan terlihat dari bagaimana ibu dan ayah mempersiapkan kehadiran si kecil. Mulai dari senyuman yang seperti tak pernah hilang dari bibir hingga hal-hal terkecil, seperti berkhayal tentang nama dan cita-cita buah hati.

Namun tak bisa dipungkiri, rasa khawatir bisa saja muncul dan mengganggu pikiran. Bagaimana dengan kondisi si kecil di dalam kandungan? Apakah sehat atau justru ada kemungkinan lain yang mengganggu kesehatan anak di dalam perut ibunda.

Ketakutan atau kekhawatiran akan hal-hal tersebut tentu menghantui para calon orang tua. Terlebih lagi kalau faktanya ada garis keluarga yang memiliki kelainan genetik, salah satunya adalah down syndrome.

Inilah mengapa NIPT test ada. Dengan bantuan teknologi kesehatan ini ayah dan ibu bisa mengetahui lebih detail mengenai kesehatan anak dalam kandungan. Apalagi pemeriksaan lewat NIPT test tergolong aman dan minim risiko bagi ibu dan janin.

NIPT test memiliki metode yang aman dan non-invasif. Dalam pemeriksaannya, petugas kesehatan akan mengambil sedikit sampel darah ibu, tanpa sedikit pun menyentuh atau mengganggu janin di dalam perut ibu. NIPT test sendiri merupakan pemeriksaan materi genetik yang berasal dari plasenta janin dalam kandungan yang bercampur di dalam peredaran darah ibu.

ilustrasi lab nipt test
Sumber gambar

Secara normal di dalam setiap sel tubuh manusia terdapat 23 pasang kromosom, yang merupakan pembawa sifat manusia. Masing-masing terdiri dari 22 pasang kromosom yang sama dan dimiliki oleh semua orang, yaitu autosom. Sementara satu pasang lagi adalah kromosom seks yang merupakan penentu dari sifat perempuan (kromosom XX) atau laki-laki (kromosom XY).

Selanjutnya terdapat pula Deoxyribose Nucleic Acid, atau DNA, yang merupakan zat penyusun kromosom. DNA menjadi materi genetik yang kemudian akan mendapatkan pemeriksaan. Zat kimia utama yang menyusun kromosom adalah Deoxyribose Nucleic Acid (DNA). DNA kromosom inilah yang menjadi materi genetik yang nantinya akan mendapatkan pemeriksaan.

Ada asumsi bahwa ada sedikit DNA yang berasal dari janin dan plasenta di dalam kandungan di masa kehamilan yang bercampur dalam peredaran darah ibu. Yang menarik, jumlah bagian DNA janin dalam darah ibu tersebut bisa mencapai antara lima sampai 15 persen dari keseluruhan DNA di dalam darah ibu. Bagian tersebut memiliki nama fetal fraction DNA, atau DNA fraksi janin. Dengan menggunakan metode NIPT test, DNA ini kemudian akan mendapatkan pemeriksaan untuk memudahkan perkiraan terhadap kondisi kromosom janin.

NIPT test, seperti apa penggunaannya?

Ilustrasi NIPT
Sumber gambar

Dalam pertumbuhannya NIPT Test paling sering dipakai untuk pengujian terhadap beberapa hal. Apa saja?

  • Pengujian terhadap normal tidaknya kromosom autosom.
  • Menentukan jenis kelamin bayi dengan pemeriksaan kromosom seks XX atau XY.
  • Kemungkinan terhadap adanya kelainan pada kromosom sehingga bisa menimbulkan kelainan genetik pada janin.
  • Kemungkinan adanya kelebihan terhadap kromosom autosom yang menjadi tiga salinan. Situasi ini lazim disebut sebagai trisomi yang bisa menimbulkan Down Syndrome (kromosom 21).
  • Pemeriksaan terhadap kromosom nomor 13 yang bisa menimbulkan sindrom Patau.
  • Pemeriksaan terhadap kromosom nomor 18 yang bisa menimbulkan sindrom Edward.

Sebagai catatan, NIPT test merupakan metode yang sangat tepat dalam menemukan adanya Down Syndrome dengan tingkat akurasi mencapai 99%. Sementara pemeriksaan terhadap trisomi 18 mencapai 97% dan trisomi 13 tingkat akurasinya hingga 87%.

Selain itu bila terjadi situasi di mana kromosom DNA tidak terbentuk secara lengkap, atau disebut deletion syndrome, janin berisiko mengalami kelainan-kelainan. Mulai dari Tri du Chat Syndrome, Prader Willi Syndrome, dan beberapa jenis kelainan lainnya.

Kapan waktu yang tepat untuk melakukan NIPT test?

Anda dan pasangan tertarik untuk melakukan NIPT test? Ketahui bahwa pengujian ini sudah bisa dilakukan sejak usia kehamilan memasuki minggu ke-10. Meski tidak bersifat wajib, manfaat besar dari NIPT test ini akan memberi lebih banyak solusi dan pandangan tentang bagaimana harus bersikap terhadap kondisi kehamilan.

Yang patut menjadi catatan adalah beberapa kondisi yang bisa mengganggu tingkat akurasi NIPT test. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Indeks Massa Tubuh atau BMI sebesar 30 atau lebih (adanya obesitas).
  • Bayi dalam kandungan merupakan hasil dari sel telur donor.
  • Konsumsi obat pengencer darah tertentu.
  • Kehamilan kembar.
  • Kandungan bayi merupakan hasil dari sumbangan sperma dan sel telur.
  • Usia kehamilan kurang dari 10 minggu.

Sementara ibu-ibu yang disarankan untuk mengikuti NIPT test adalah sebagai berikut:

  • Hamil di usia 35 tahun ke atas.
  • Adanya kelainan hasil pada USG.
  • Orang tua dengan kelainan pada kromosom lainnya, terutama translokasi robertsonian.
  • Memiliki riwayat bayi dengan kelainan trisomi.

Seberapa lama menunggu hasil tes NIPT?

Saat ini NIPT test tersedia di rumah sakit tertentu. Jadi langkah awal untuk mendapatkan pemeriksaan ini adalah dengan menanyakan ketersediaannya terlebih dahulu. Sebelum melakukan tes NIPT ini ada baiknya Anda dan pasangan melakukan konseling genetik terlebih dahulu untuk mengetahui lebih detail tentang ‘dunia’ kromosom dan berbagai kelainannya.

Setelah NIPT test dilakukan, hasil pemeriksaan bisa Anda dapatkan dalam waktu kurang lebih dua minggu setelah pengujian. Bila hasilnya mengatakan “negatif”, “normal”, atau “risiko rendah”, maka kemungkinan bayi tidak terpengaruh dengan kelainan kromosom. Namun bila sebaliknya, yaitu kalau hasilnya “positif”, “abnormal”, atau “risiko tinggi,” maka bayi kemungkinan memiliki kelainan kromosom.

Test NIPTsiapkan orang tua secara total dalam menghadapi kehadiran si buah hati

Ilustrasi program keluarga
Sumber gambar

NIPT test merupakan sebuah solusi bagi para calon orang tua untuk mengetahui apa dan bagaimana mempersiapkan masa depan si buah hati. Bila hasil NIPT test menunjukkan bahwa ada kemungkinan janin mengarah ke Down Syndrome, setidaknya orang tua akan lebih siap secara mental ketika si buah hati hadir di dunia.

Kelahiran manusia, secara tanggung jawab, merupakan hal yang tidak bisa dicegah oleh manusia. Bila nantinya hasil menunjukkan positif, calon orang tua bisa melakukan berbagai persiapan. Mulai dengan motivasi diri sendiri hingga melakukan konsultasi kepada para ahli.

BACA JUGA: Alasan Pentingnya Melakukan Tes Genetik Sebelum Program Hamil

Dengan NIPT test, temukan rahasia terbesar dalam kehidupan manusia. Persiapkan diri juga untuk menjadi orang tua terbaik bersama dengan hadirnya seorang anak di tengah-tengah keluarga Anda.

Sumber:

  1. https://www.liputan6.com/health/read/4514396/mengenal-nipt-skrining-kelainan-kromosom-pada-ibu-hamil
  2. https://www.momsindonesia.com/article/kesehatan/mengenal-nipt-teknologi-deteksi-dini-kelainan-pada-janin
  3. https://www.sehatq.com/artikel/perlukah-ibu-hamil-melakukan-tes-nipt-untuk-mengetahui-kelainan-kromosom-janin

Temukan pengalaman baru cek kesehatan dengan mengetahui masa depanmu!

DAFTAR KONSULTASI GRATIS

Connect with us on instagram

@tanyadna.id