Alasan Kenapa Ngidam Bisa terjadi dan Cara Mengatasinya
Kehamilan

Alasan Kenapa Ngidam Bisa terjadi dan Cara Mengatasinya

Agustus 11th 2022

Pernahkah Anda tiba-tiba sangat ingin makan sesuatu yang spesifik? Bahkan makanan yang sebelumnya tidak pernah Anda sukai? Jika ya, coba pastikan apakah Anda sedang hamil atau tidak. Bisa jadi itu adalah tanda dari ngidam.

Ngidam adalah keinginan yang mendesak untuk mengonsumsi makanan tertentu. Keinginan tersebut pada umumnya muncul di awal kehamilan, bahkan bisa sebelum 5 minggu kehamilan. Ngidam bisa berlangsung lama maupun sebentar, namun umumnya kondisi tersebut berakhir sebelum masa-masa mendekati persalinan.

Sebenarnya, ngidam tidak hanya terjadi pada ibu hamil, melainkan pada semua orang. Akan tetapi, istilah tersebut memang banyak digunakan dalam konteks kehamilan. Ngidam adalah kondisi yang sangat menyebalkan bagi sebagian orang. Tak heran bila banyak ibu hamil yang berharap untuk tidak mengalami atau mencari cara untuk mengatasinya.

Sebelum kita membahas mengenai cara mengatasi ngidam, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu alasan di balik munculnya fenomena ngidam tersebut. Penasaran? Simak uraian berikut.

Ngidam adalah fenomena medis

ilustrasi ngidam adalah hal medis
Sumber gambar

Tahukah Anda bahwa ngidam adalah sebuah fenomena yang bisa dijelaskan secara medis? Zaman dahulu, tidak banyak yang mengetahui hal tersebut. Banyak orang menyangka bahwa ngidam adalah kebiasaan yang mengada-ada dan tanpa dasar. Hal itu membuat para ibu hamil yang mengalaminya mendapat sebutan manja.

Seiring berkembangnya ilmu pengetahuan, beberapa penelitian mampu menjelaskan penyebab terjadinya ngidam. Ada dua teori yang berkembang dan paling dipercaya oleh para peneliti, yaitu teori yang berkaitan dengan hormon dan kebutuhan nutrisi.

Beberapa penelitian menyebutkan bahwa ngidam adalah reaksi alamiah tubuh terhadap perubahan hormon. Seperti yang telah diketahui secara umum, ibu hamil banyak mengalami perubahan hormon, baik naik maupun turun secara drastis. Itulah yang menyebabkan terjadinya mood swing (perubahan suasana hati mendadak) maupun hasrat mengonsumsi makanan tertentu.

Sedangkan, teori kedua berkembang lebih populer di masyarakat, yaitu terkait kebutuhan nutrisi ibu hamil. Selama hamil, seorang perempuan membutuhkan tambahan kalori dan beberapa nutrisi untuk mendukung perkembangan janin dan menjaga stamina ibu. Terkadang, hal tersebut belum tercukupi dalam makanan yang Anda makan sehari-hari.

Tubuh yang kekurangan zat tertentu akan mengirim sinyal ke otak. Otak pun mengartikan sinyal itu sebagai makanan yang spesifik mengandung zat tersebut. Jadilah Anda mulai menginginkan makanan tertentu, bahkan yang tidak Anda suka sebelumnya.

Jika suatu ketika Anda ngidam roti manis, mungkin tubuh sedang kekurangan asupan karbohidrat. Jika Anda tiba-tiba ingin makan pizza, mungkin tubuh sedang membutuhkan tambahan asupan protein dan natrium. Begitulah otak mengubah sinyal berupa zat gizi menjadi makanan yang Anda kenal. Itulah mengapa Anda tidak akan ngidam makanan yang tidak dikenal maupun belum pernah Anda dengar namanya.

Ngidam adalah hal yang harus bisa dikontrol

ilustrasi mengontrol ngidam dengan melakukan hal lain
Sumber gambar

Meskipun bisa merupakan tanda kurangnya nutrisi tertentu, namun ngidam tidak selalu harus dituruti. Apalagi bila Anda ingin memakan hal yang tidak umum, seperti kertas, pasir, dan sebagainya. Hasrat memakan benda seperti itu dinamakan pika dan merupakan tanda bahwa tubuh sedang kekurangan zat besi. Jadi, daripada Anda menuruti keinginan aneh tersebut, lebih baik mengonsumsi makanan yang kaya akan zat besi.

Tidak hanya pika, keinginan berlebihan akan makanan tertentu bisa berbahaya bagi tubuh. Misalkan konsumsi makanan manis berlebihan yang bisa memicu diabetes gestasional (diabetes dalam kehamilan). Tahukah Anda bahwa ngidam adalah hal yang sangat mungkin untuk dikompromi, bahkan dikontrol? Berikut beberapa cara untuk mengatasi ngidam yang bisa Anda praktikkan:

Makan makanan yang mengandung zat gizi cukup dan seimbang

Konsumsilah karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral sesuai kebutuhan ibu hamil. Hal tersebut membuat tubuh tidak akan kekurangan nutrisi sehingga mencegah terjadinya ngidam.

Makan secara teratur dan tepat waktu

Makan teratur dan tepat waktu mencegah tubuh kekurangan gula. Sebelum pasokan gula dalam tubuh habis, Anda harus menambahnya lagi. Hal ini akan mencegah timbulnya ngidam akan makanan manis.

Olahraga setiap hari

ilustrasi ibu hamil berolahraga
Sumber gambar

Lakukan olahraga ringan secara rutin. Olahraga untuk ibu hamil seperti senam, renang, atau jalan kaki 30 menit setiap hari. Aktivitas fisik seperti ini bisa membuat pikiran lebih positif dan mampu menahan nafsu makan dengan lebih baik.

Cari substitusi terhadap makanan yang Anda inginkan

Tidak semua ngidam itu baik. Jika Anda mulai ngidam makanan yang kurang sehat, seperti makanan yang terlalu berlemak atau manis, carilah makanan serupa dalam versi lebih sehat. Misalkan mengganti hamburger dengan sandwich isi daging yang bebas lemak. Anda juga bisa mengonsumsi makanan yang sama, namun dengan porsi atau ukuran yang lebih kecil.

Normalnya, ngidam adalah hal yang tidak terlalu mengganggu. Akan tetapi, bila kondisi tersebut dirasakan mulai mengganggu kenyamanan dan menimbulkan gejala lain pada tubuh, pergilah ke dokter kandungan. Dokter mungkin akan melakukan anamnesis dan beberapa pemeriksaan seperti USG dan NIPT Test bila memang menemukan hal lain yang kurang wajar dalam kehamilan.

BACA JUGA: NIPT Test, Metode untuk Cek Kondisi Janin Sejak Dini

Itulah sekilas penjelasan mengenai ngidam. Ngidam adalah kondisi yang bisa dialami sejak trimester pertama kehamilan, namun akan berhenti dengan sendirinya pada trimester ketiga kehamilan. Anda tidak perlu terlalu khawatir karena sebenarnya ngidam adalah hal wajar yang sifatnya ringan. Cukup aplikasikan cara-cara di atas sehingga Anda bisa mengatasi ngidam dengan baik dan menjalani kehamilan dengan nyaman.

Sumber:

  1. https://www.webmd.com/baby/features/pregnancy-food-cravings
  2. https://www.webmd.com/baby/features/coping-with-pregnancy-food-cravings

Temukan pengalaman baru cek kesehatan dengan mengetahui masa depanmu!

DAFTAR KONSULTASI GRATIS

Connect with us on instagram

@tanyadna.id