22 Nama Bayi Perempuan Islami dan Cara Memilihnya
Bayi

22 Nama Bayi Perempuan Islami dan Cara Memilihnya

September 1st 2022

Zaman sekarang, memilih nama jangan hanya karena ingin viral atau sekedar beda dari yang lain. Sama halnya seperti merencanakan untuk memiliki anak, perlu memikirkan dengan matang.

Dalam menjalankan program kehamilan saja, kita perlu melakukan NIPT test, memikirkan alokasi keuangan, kontrol ke dokter dan masih banyak lagi. Karenanya, memilih nama juga jangan sembarangan.

Memilih nama bayi perempuan Islami bagi orang tua, ibarat sekaligus memberikan doa untuk jalan hidup si buah hati ke depannya. Hal ini tentunya tidak berlebihan, sebab anak adalah anugerah dan titipan Allah SWT kepada setiap ayah dan ibunya.

Dalam istilah Islam yang menggunakan bahasa Arab, banyak terdapat kata indah yang bisa menjadi inspirasi nama. Sama halnya dengan berbagai nama modern, nama Jawa, nama-nama tradisional lainnya, memiliki makna yang tujuannya mendoakan seorang anak untuk bisa tumbuh menjadi harapan dan insan yang baik.

Bila masih bingung memilih nama yang bagus untuk buah hati, jangan khawatir. Pada artikel ini kita akan membahas tentang beberapa rekomendasi nama sesuai abjad yang bisa menjadi inspirasi.

Cara memilih nama bayi perempuan Islami

ilustrasi nama bayi cewek islami
Sumber gambar

Nama adalah doa, sebaiknya memberikan kebaikan meski kita ingin kreatif sebagai orang tua. Bahkan dalam memilih nama untuk tempat usaha, produk makanan, nama binatang peliharaan, juga sebaiknya menggunakan kata-kata yang bagus menurut anjuran agama.

Berikut ini adalah beberapa arahan dalam memilih nama bayi:

  • Menggunakan nama dengan istilah atau sifat yang baik. Misalnya Nur yang artinya cahaya untuk menerangi, Ilma yang merujuk pada ilmu dan belajar, Rahman yang artinya kasih sayang.
  • Menghindari nama dengan istilah atau sifat yang buruk. Misalnya Setan, Saiton, nama-nama yang merujuk pada benda atau hal yang tidak memiliki makna.
  • Hindari nama terlalu panjang atau penulisannya rumit, sebab nantinya akan menyulitkan dalam hal administrasi penting.
  • Hindari nama yang terlalu berat maknanya, karena bisa jadi berpengaruh pada kesehatan atau kelangsungan hidup anak.
  • Bisa mengaitkan nama dengan momen kelahiran, misalnya di siang atau malam hari, pada bulan atau hari apa, anak ke berapa dan sebagainya.
  • Bila bingung ingin nama yang mana, buat daftarnya secara tertulis. Sehingga bisa menjadi pertimbangan selagi menunggu kelahiran si buah hati.

Nama untuk anak yang pandai

Ada beberapa nama indah yang merujuk pada keilmuan, kecerdasan dan kepandaian.. Tentunya dengan harapan sang anak akan memiliki budi pekerti dan jiwa sebaik nama mereka. Berikut ini di antaranya:

Aisha Yashyarah: Aisha adalah ungkapan karakter yang periang dan bersemangat, sedangkan Yashyarah merujuk pada batu mulia atau pikiran yang cerdas. Harapannya adalah agar anak tumbuh dengan selalu bersemangat, serta memiliki kecerdasan lahir dan batin.

Habibah Ma’rifatunnisa: Nama ini merupakan gambaran akan wanita yang luas ilmu pengetahuannya, sehingga memiliki wibawa dan martabat karena kepandaiannya itu.

Nama bayi perempuan Islami untuk keanggunan

ilustrasi bayi perempuan
Sumber gambar

Aludra Rumaisha: Sebuah nama cantik yang merujuk pada sifat solehah dan kesucian. Selain itu, nama ini juga mengandung makna kerukunan dan perdamaian.

Amalia Husna: Mengandung arti sebagai orang yang selalu berinisiatif dan mendahulukan diri untuk berbuat amal serta kebaikan.

Haifa Kamaliyyah: Mengandung arti sebagai seorang wanita yang memiliki keindahan jasmani. Dengan demikian sang anak nantinya akan tumbuh menjadi perempuan yang sehat dan anggun dalam gerak-gerik dan perilakunya.

Karimah el Khuluk: Merupakan nama yang merujuk kepada sifat seseorang yang berakhlak mulia.

Syafiqa Fayda Malaika: Bermakna memiliki sifat penuh kasih dan suka menolong seperti Malaikat. Dengan nama ini berharap anak nantinya tumbuh menjadi manusia yang berguna bagi sesamanya.

Mengandung sifat solehah dan ahli dalam agama

Abidah Daniya: Memiliki makna sebagai seorang yang nantinya ahli ibadah, sehingga bisa dekat dengan Allah. Orang tua adalah wakil Allah SWT di dunia, sehingga nama ini juga mengandung harapan agar anak bisa berbakti kepada ayah bunda, sekaligus menjadi dekat kepada Tuhannya.

Afiza Ghaniya: Bila ingin bercita-cita bahwa sang anak bisa menjadi penghafal Quran, tak ada salahnya menyematkan nama ini. Sebab nama ini memiliki arti anak cantik yang mengerti Al Qur’an. Seperti kita ketahui bahwa mereka yang hafal Al Quran, nantinya akan memberikan mahkota bagi kedua orang tuanya di akhirat.

Maryam Lathifah: Maryam adalah nama ibu Nabi Isa AS. Sedangkan Lathifah adalah nama yang artinya kelembutan dan kehalusan. Nama ini menggambarkan sosok yang nantinya memiliki perilaku halus dan memiliki karakter seperti Maryam yang tak kenal lelah dalam mempelajari dan mendekatkan diri pada agama. Seperti mendirikan salat dan menjalani puasa, serta memahami kitab suci.

Marwa Aleeya Shiddqiyah: Perempuan yang memiliki keteguhan dalam memegang prinsip kebenaran dan selalu taat menjalankan ibadah.

Nama bayi perempuan Islami bermakna kekuatan

ilustrasi bayi cantik
Sumber gambar

Daisha Zian Syafrina: Nama ini artinya perempuan yang akan menjalani hidup dengan penuh ketangguhan dan kesabaran.

Raisha Adeeva: Menggambarkan sosok pemimpin yang kuat, tapi juga memiliki sifat lemah lembut. Sebab seorang wanita pun nantinya bisa menjadi pemimpin dalam hal yang besar maupun kecil.

Nur Falah Rihab: Nama yang memiliki makna berupa cahaya keberhasilan atau kemenangan yang besar. Doanya agar sang anak menjadi seorang yang berhasil dan bisa memenangkan hal-hal baik di dalam hidupnya. Atau bisa menjadi penerang keberhasilan bagi sesamanya.

Nadhira Kanza Aulia: Memiliki arti seorang wanita berjiwa pemimpin sehingga mendapat respek banyak orang dan memperoleh kebahagiaan.

Zayna Argani Namiera: Perempuan yang cantik dan memiliki keberanian mengarungi bahaya dengan segenap dirinya. Mengandung doa agar anak memiliki ketangguhan menghadapi kehidupan dan selamat meski aral merintang.

Nama unik Islami

Aniq Laibah Cahaya: Nama ini menggambarkan karakter yang mungil, menggemaskan, lucu dan menjadi cahaya bagi kehidupannya sendiri maupun orang-orang di sekitarnya.

Khalisha Musfirah Asyifa: Nama yang memiliki arti perempuan dengan hati yang murni dan selalu gembira. Tak hanya itu, nama ini bermakna menjadi sumber kegembiraan bagi banyak orang.

Tasmirah Hafiza: Artinya permata berharga atau permata yang dilindungi. Nama yang cantik sebab perempuan memiliki kehormatan dan kedudukan tersendiri dalam Islam. Sebagaimana seindah-indahnya perhiasan dunia adalah wanita yang sholeh.

Mengandung doa akan kemapanan

Annisa Azkiya Khaila: Nama yang artinya perempuan bersifat shalihah yang memiliki mahkota. Mahkota melambangkan kejayaan, martabat dan kehormatan.

Sanari Nabiha Banafsha: Artinya adalah perempuan berjiwa shalihah dengan kecerdasan dan sifat dermawan. Sebab manusia yang kaya bukanlah yang banyak harta, tapi yang memiliki sifat beramal dan berbagi dengan sesama yang membutuhkan.

Aqeela Karunia Nimah: Artinya wanita bangsawan pemberian Tuhan yang mendapatkan berkah. Merujuk pada wanita yang memiliki martabat dan kehormatan dari Tuhan dan hidupnya barokah.

BACA JUGA: NIPT Test, Metode untuk Cek Kondisi Janin Sejak Dini

Itulah deretan nama berdasarkan kategori yang bisa menjadi inspirasi ayah bunda. Dengan demikian bisa membawa kebaikan sepanjang hayat si buah hati.

Temukan pengalaman baru cek kesehatan dengan mengetahui masa depanmu!

DAFTAR KONSULTASI GRATIS

Connect with us on instagram

@tanyadna.id