7 Mitos Mimpi Hamil yang Banyak Dipercaya
Kehamilan

7 Mitos Mimpi Hamil yang Banyak Dipercaya

Oktober 19th 2022

Mimpi hamil seringkali dialami wanita, baik yang sudah menikah maupun belum menikah. Terkadang mimpi ini tampak seperti nyata, dan bahkan Anda mungkin merasakan perut yang membesar serta pergerakan bayi di dalam perut. Sehingga saat Anda bangun Anda menjadi bertanya-tanya, apa kira-kira arti mimpi hamil ya?

Mimpi seringkali disebut sebagai bunga tidur. Namun bagi sebagian orang, mimpi lebih seperti pesan misterius yang dipercaya membawa pesan atau peringatan bagi seseorang.

Di dalam dunia medis, mimpi diartikan sebagai gambaran mental atau aktivitas yang terjadi saat Anda sedang tidur. Anda dapat bermimpi pada setiap tahapan tidur, tetapi biasanya mimpi yang paling jelas Anda ingat terjadi ketika berada dalam fase tidur REM (tidur dengan gerakan mata cepat). Pada periode ini, otak menjadi sangat aktif, mata bergerak cepat di belakang mata tertutup dan Anda akan kehilangan otot sementara.

Mimpi mungkin mewakili fungsi kognitif yang penting. Aktivitas otak yang terjadi saat sedang bermimpi mirip dengan aktivitas otak yang memproses memori yang dialami saat dalam kondisi terjaga. Demikian juga saat Anda sedang mengalami banyak stres dan kecemasan, Anda jadi cenderung lebih banyak bermimpi, salah satunya adalah mimpi hamil.

Arti mimpi hamil saat sedang hamil

ilustrasi wanita bermimpi hamil
Sumber gambar

Mimpi hamil saat sedang hamil terkadang menimbulkan kecemasan tersendiri atas kehamilan. Apalagi jika mimpi itu adalah mimpi buruk dan terkesan sangat realistis. Para peneliti percaya bahwa mimpi mungkin merupakan cara bagi alam bawah sadar untuk mengatasi masalah yang sedang ada di pikiran. Oleh karena itu, adalah hal yang wajar bahwa banyak ibu hamil memimpikan tentang kehamilannya atau bermimpi bertemu dengan bayi yang ada di kandungannya.

Di lain waktu mungkin mimpi hamil berubah menjadi menakutkan, misalnya saja tentang persalinan yang gagal atau sesuatu yang buruk yang terjadi pada kehamilan. Sebenarnya Anda tak perlu khawatir akan hal ini, karena mimpi kehamilan entah itu mimpi menyenangkan atau mimpi buruk sebagian dipengaruhi oleh hormon. Perubahan hormon tidak hanya mempengaruhi pola tidur namun juga menyebabkan naik turunnya emosi baik di siang maupun malam hari. Dikatakan oleh para ilmuwan bahwa peningkatan mimpi yang terasa jelas seperti nyata mungkin terkait dengan tingkat progesteron yang lebih tinggi yang muncul pada akhir kehamilan.

Dalam kebanyakan kasus, mimpi hamil saat sedang hamil adalah hal normal dan sehat untuk memproses emosi. Namun beberapa penelitian juga menemukan bahwa ibu yang memiliki mimpi buruk terkait kehamilan saat sedang hamil menunjukkan tingkat gejala depresi yang lebih tinggi. Memeriksakan diri ke dokter dan mendiskusikan kekhawatiran terkait mimpi serta meningkatkan kualitas tidur akan membantu mengurangi gangguan tidur Anda. Dan apabila Anda masih merasa khawatir dengan kondisi kesehatan janin di dalam kandungan, Anda mungkin bisa melakukan berbagai pemeriksaan terhadap janin seperti pemeriksaan USG dan juga tes NIPT.

Mimpi hamil saat sedang hamil juga mungkin terkait dengan perasaan dan emosi yang muncul selama kehamilan. Emosi ini kerap dipengaruhi oleh antusiasme dan persiapan menyambut bayi baru atau rasa kecemasan tentang persalinan dan perubahan bentuk tubuh selama kehamilan. Tidak sedikit ibu hamil yang mencemaskan akan perubahan fisik yang dialami. Kecemasan ini seringkali dipicu oleh ketakutan akan perubahan sikap pasangan bila bentuk tubuhnya tidak dapat kembali lagi seperti sebelum menikah.

Namun hal tersebut seharusnya tidak lagi menjadi kekhawatiran bagi ibu hamil, karena saat ini sudah ada tes nutrigenomik yang akan membantu memaksimalkan pola diet terkait DNA. Hasil diet dikatakan akan jauh lebih memuaskan dan tepat sesuai dengan hasil tes. Selain itu, tes ini tak hanya membantu menurunkan berat badan, namun juga membantu mengukur seberapa besar protein, lemak, karbohidrat yang Anda butuhkan sesuai dengan kondisi tubuh Anda bukan orang lain.

Mitos mimpi hamil yang paling sering dialami berikut artinya

ilustrasi arti mimpi hamil
Sumber gambar

Mimpi bisa memberikan informasi menarik dari alam bawah sadar yang mungkin terkait dengan kecemasan atau hal-hal yang terjadi sehari-hari. Ada beberapa jenis mimpi yang paling sering dialami, yuk simak mimpi hamil apa saja dan bagaimana artinya.

Mimpi hamil padahal tidak sedang hamil, apa artinya?

Menurut ahli terapi dan mimpi Leslie Ellis, Ph.D. mimpi terkadang bersifat metaforis dan simbolis, jadi bisa saja Anda mimpi sedang hamil padahal tidak benar-benar hamil. Mimpi ini bisa terasa sangat nyata, bahkan mungkin Anda merasakan bagaimana gerakan janin di dalam kandungan, bagaimana ukuran perut yang membesar.

Mimpi hamil konon seringkali dianggap berhubungan dengan proses kreativitas di dalam hidup Anda. Misalnya ketika Anda sedang larut dalam kesibukan pekerjaan atau sedang terfokus pada suatu pekerjaan. Dengan kata lain, mimpi hamil mungkin mencerminkan bahwa Anda sedang tumbuh dan berkembang di dalam hidup. Dan apabila di dalam mimpi Anda juga merasa ingin buang air kecil. maka artinya Anda akan memulai sesuatu hal yang baru.

Mimpi melahirkan, apa artinya?

Mimpi melahirkan sejauh ini seringkali dikaitkan dengan sesuatu yang sedang Anda kerjakan yang telah membuahkan hasil. Mimpi hamil kemudian melahirkan bisa berarti bahwa usaha Anda yang selama ini Anda lakukan akan membuahkan hasil yang memuaskan. Walaupun di dalam mimpi Anda mungkin tidak merasakan rasa sakitnya, namun ini tidak akan mempengaruhi hasil usaha Anda.

Mimpi orang yang Anda kenal sedang hamil

Mimpi orang yang Anda kenal sedang hamil memiliki arti yang cukup baik. Masih terkait dengan usaha dan kreativitas, saat Anda memimpikan orang yang Anda kenal sedang hamil mungkin berarti bahwa orang tersebut membutuhkan bantuan Anda. Bukan suatu hal yang berarti negatif, namun bantuan Anda akan sangat berarti untuk menyelesaikan usaha yang sedang dikerjakan saat ini.

Mimpi orang asing sedang hamil

Mimpi melihat orang asing sedang hamil bisa diartikan sebagai perasaan tidak percaya diri atau tidak puas dengan diri sendiri. Anda mungkin saat ini sedang merasa kecewa terhadap pencapaian Anda, dan tidak merasa yakin untuk memulai usaha lain. Mimpi ini juga menyampaikan pesan bahwa alam bawah sadar Anda mengingatkan Anda untuk kembali berusaha dan bangkit dari rasa tidak percaya diri Anda.

Mimpi mengalami gejala kehamilan

Memimpikan gejala kehamilan misalnya seperti mual muntah atau gejala kehamilan lain artinya ada sesuatu yang saat ini sedang menghambat usaha Anda. Dan alam bawah sadar Anda berusaha mengingatkan agar Anda menghadapi dan menyingkirkan hambatan tersebut serta menyelesaikan usaha yang sedang dilakukan.

Mimpi mengetahui bahwa sedang hamil

ilustrasi ibu hamil sedang tidur
Sumber gambar

Di dalam dunia nyata, mengetahui bahwa Anda sedang hamil adalah sesuatu yang sangat menggembirakan. Demikian pula di dalam mimpi. Saat Anda bermimpi bahwa Anda mengetahui diri sedang hamil, maka ini berarti Anda akan bertemu sebuah hal baru di dalam hidup, memulai hidup baru, atau menemui hal yang menyenangkan.

Mimpi tidak bisa hamil

Tidak hanya di dunia nyata, mimpi tidak bisa hamil juga sesuatu yang dapat membuat Anda bersedih saat bangun tidur, bukan? Arti mimpi tidak bisa hamil seringkali dikaitkan dengan stres dan kecemasan yang sedang Anda rasakan saat ini. Stres dan kecemasan itu dipicu oleh pikiran bahwa Anda tidak bisa melakukan sesuatu yang ingin Anda lakukan, misalnya belum hamil, tugas yang belum diselesaikan, atau bertemu dengan hal yang tidak diinginkan yang menghambat kemajuan Anda.

Ada kalanya mimpi tidak perlu dianggap sebagai hal yang serius yang dapat membuat Anda semakin cemas dan khawatir. Namun, bila mimpi tersebut bermaksud untuk memperingatkan Anda maka tidak ada salahnya untuk memikirkan kembali tentang apa yang sedang Anda lakukan. Walaupun mimpi hamil yang Anda alami mungkin menyedihkan, sebaiknya tidak perlu larut dalam kesedihan dan jalani kehidupan nyata dengan sebaik mungkin.

BACA JUGA: NIPT Test, Metode untuk Cek Kondisi Janin Sejak Dini

Tetapi apabila mimpi hamil tersebut terus menerus menghantui bahkan membuat Anda mengalami gangguan tidur atau takut untuk tidur, tidak ada salahnya untuk mengunjungi dokter dan memeriksakan diri ke psikolog atau psikiater. Dengan demikian mungkin Anda bisa mendapatkan jawaban yang dapat membantu Anda memecahkan misteri tentang mimpi hamil yang selama ini Anda alami.

Sumber:

  1. https://www.mindbodygreen.com/articles/dreams-about-being-pregnant
  2. https://www.sleepfoundation.org/pregnancy/how-pregnancy-affects-dreams
  3. https://health.clevelandclinic.org/dreams-and-dreaming/
  4. https://health.clevelandclinic.org/how-does-nutrigenomics-work/

Temukan pengalaman baru cek kesehatan dengan mengetahui masa depanmu!

DAFTAR KONSULTASI GRATIS

Connect with us on instagram

@tanyadna.id