Mengenal Diet Gen, Metode Turunkan Berat Badan yang Cocok Bagi Semua Orang
Kesehatan

Mengenal Diet Gen, Metode Turunkan Berat Badan yang Cocok Bagi Semua Orang

Mei 12th 2022

Anda sering gonta ganti jenis diet dan belum mendapatkan hasil yang memuaskan? Mungkin sekarang saatnya untuk mencoba diet gen.

Coba Anda ingat-ingat kembali, berapa banyak program diet yang pernah Anda lakukan? Diet ketogenik misalnya, yang memfokuskan diri pada pengurangan asupan karbohidrat dan meningkatkan asupan lemak dengan harapan memungkinkan tubuh untuk membakar lemak sebagai bahan bakar, bukan karbohidrat; atau diet vegetarian yang membuat Anda menghapus semua menu protein hewani dari daftar belanjaan dan hanya makan semua yang bersifat nabati saja.

Di antara sekian banyak diet yang populer ternyata hasilnya tidak terlalu memuaskan bagi Anda, dan justru berat badan stuck tak kunjung berkurang. Tenang dulu, jangan berputus asa. Bagaimana bila ada program diet yang dapat membantu menurunkan berat badan secara efektif dan cocok bagi semua orang? Perkenalkan diet gen atau diet DNA!

Diet gen atau disebut juga diet DNA menggunakan analisis metabolisme untuk membantu menurunkan berat badan. Seperti apa sih diet yang diklaim cocok bagi semua orang ini, yuk simak!

Apa itu DNA dan gen?

ilustrasi DNA
Sumber gambar

Sebelum jauh membahas soal diet gen atau diet DNA, maka terlebih dahulu Anda harus memahami apa itu DNA. DNA atau asam deoksiribonukleat adalah molekul yang terdiri dari dua rantai yang membungkus satu sama lain untuk menciptakan struktur genetik manusia. DNA bertanggung jawab untuk menyediakan informasi yang dibutuhkan untuk membuat struktur dan fungsi organisme hidup, seperti manusia, tumbuhan dan organisme lainnya termasuk virus.

Hampir setiap sel di dalam tubuh seseorang memiliki DNA yang sama. Sebagian besar DNA terletak di inti sel, tetapi sejumlah kecil lainnya juga dapat ditemukan di mitokondria. Mitokondria adalah struktur di dalam sel yang mengubah energi dari makanan menjadi bentuk yang dapat digunakan sel.

Sedangkan gen adalah unit fisik dan fungsional dasar hereditas yang terdiri dari DNA. Di dalam tubuh manusia, ukuran gen bervariasi. Sebuah proyek yang disebut Human Genome Project, yang dilakukan sekitar tahun 1990-an berhasil menentukan urutan genom manusia dan mengidentifikasi gen yang dikandungnya, dari penelitian tersebut juga diperkirakan bahwa manusia memiliki sekitar 20-25 ribu gen. Berawal dari proyek ini pula nutrigenomik dikembangkan, yang menggunakan pengujian genetik untuk menentukan interaksi antara gen, nutrisi dan kesehatan.

Sekilas tentang nutrigenomik

ilustrasi penelitian nutrigenomik
Sumber gambar

Nutrigenomik adalah bidang baru yang sedang populer, yang memanfaatkan pengujian genetik dan mengamati interaksi antara gen, nutrisi dan kesehatan. Dalam perkembangannya, nutrigenomik menghasilkan informasi yang dapat digunakan untuk membantu menentukan diet ideal untuk setiap individu berdasarkan gen di dalam tubuhnya.

Dengan melihat susunan genetik Anda, memungkinkan praktisi kesehatan untuk memilihkan pola makan tertentu yang dapat bekerja baik pada tubuh Anda. Mereka juga bisa mengetahui program diet mana yang tidak sesuai dengan kondisi tubuh Anda dan tidak akan memberikan hasil yang efektif.

Setelah menjalani tes nutrigenomik, Anda juga dapat memilih sumber makronutrien atau mikronutrien yang sesuai dengan kebutuhan tubuh, bahkan juga bisa mengoptimalkan penggunaan asam lemak omega-3 di dalam tubuh.

Tak tentang kesuksesan menurunkan berat badan, nutrigenomik juga ke depannya akan sangat bermanfaat bagi pasien diabetes, kanker, atau penyakit kronis dan autoimun yang membutuhkan diet khusus sesuai kebutuhan tubuh.

Bagaimana cara kerja diet gen?

ilustrasi cara kerja diet gen
Sumber gambar

Diet gen sebagai bagian dari bidang nutrigenetika mempelajari hubungan antara nutrisi dan genetika. Secara khusus, bidang ini juga berkaitan dengan bagaimana penyakit dapat dicegah atau diturunkan risikonya terkait dengan nutrisi dan dipengaruhi oleh gen.

Diet gen diawali dengan pengambilan sampel air liur yang kemudian dikirimkan ke laboratorium. Hal ini memungkinkan para ahli menganalisa dan mempelajari metabolisme gen Anda dan interaksinya satu sama lain. Tujuannya untuk menarik kesimpulan tentang kecenderungan genetik Anda dan menentukan berapa banyak energi yang diperoleh tubuh dari lemak, protein, dan karbohidrat.

Dari hasil analisis akan ditemukan informasi dasar yang mengkategorikan pola makan menjadi 4 tipe, di antaranya:

  • Meta-type alpha (α), menunjukkan bahwa Anda memetabolisme makanan kaya protein dengan baik, sehingga Anda harus mengurangi proporsi makanan kaya karbohidrat dan lemak.
  • Meta-type beta (β), menunjukkan bahwa Anda memetabolisme lemak serta protein dengan baik, sehingga Anda harus mengikuti pola diet rendah karbohidrat.
  • Meta-type Gamma (γ), menunjukkan bahwa Anda memetabolisme karbohidrat dengan sangat baik, sehingga Anda harus mengurangi proporsi makanan kaya protein dan lemak.
  • Meta-type delta (δ), menunjukkan bahwa Anda memetabolisme karbohidrat dan lemak sama baiknya, sehingga Anda harus mengurangi proporsi makanan kaya protein.

Selain menentukan tipe dan pola makan, untuk mendapatkan hasil terbaik meta-type juga dapat merekomendasikan jenis olahraga yang sesuai dengan tubuh Anda. Setiap meta-type akan mengalokasikan bentuk latihan yang terkait dengan daya tahan atau kecepatan, yang mengarah pada konsumsi kalori setinggi mungkin, sehingga dapat memberikan hasil semaksimal mungkin.

BACA JUGA: Tentang Nutrigenomik, Ketika Nutrisi dan Genetik Saling Bersinggungan

Diet gen tampaknya memang metode yang efektif untuk membantu menurunkan berat badan dan cocok untuk semua orang, namun pada akhirnya semua kembali pada individu masing-masing untuk menentukan keberhasilan atau kegagalannya. Bagaimana, apakah Anda berminat mencoba diet gen? Sebaiknya bicarakan terlebih dahulu dengan dokter Anda apabila memang Anda tertarik beralih pada pola diet gen ini, terutama bila Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu.

Sumber:

  1. https://www.css.ch/en/private-customers/my-health/nutrition/losing-weight-the-healthy-way/gene-diet.html
  2. https://www.medicalnewstoday.com/articles/5847
  3. https://medlineplus.gov/genetics/understanding/basics/gene/
  4. https://www.healthline.com/health/food-nutrition/nutrigenomics-might-be-the-future-of-how-you-eat
  5. https://www.nutritionsociety.org/blog/nutrigenomics-basics

Temukan pengalaman baru cek kesehatan dengan mengetahui masa depanmu!

DAFTAR KONSULTASI GRATIS

Connect with us on instagram

@tanyadna.id