Manfaat Pepaya Matang untuk Ibu Hamil, Apa Saja?
Kesehatan

Manfaat Pepaya Matang untuk Ibu Hamil, Apa Saja?

Agustus 30th 2022

Pepaya selama ini dikenal luas sebagai buah yang mampu melancarkan pencernaan. Banyak orang mengonsumsi pepaya tak hanya karena rasa manis dan menyegarkan, namun juga karena ingin memperlancar proses BAB (Buang Air Besar). Apakah Anda termasuk orang yang gemar mengonsumsi pepaya sehari-hari?

Pepaya memang memiliki segudang manfaat, layaknya buah-buahan lain. Lalu bagaimana dengan konsumsi pepaya selama kehamilan? Apa saja manfaat pepaya matang untuk ibu hamil? Lalu tahukah Anda bahwa tak sembarang pepaya dapat dikonsumsi selama kehamilan? Berikut akan dijelaskan mengenai baik dan tidaknya konsumsi pepaya matang untuk ibu hamil.

Manfaat pepaya matang untuk ibu hamil

ilustrasi manfaat pepaya buat ibu hamil
Sumber gambar

Jika mendengar tentang pepaya matang, tentu yang ada dalam pikiran Anda adalah segudang manfaat. Ya, pepaya matang memang memiliki banyak kandungan nutrisi yang menyehatkan, terutama bagi ibu hamil. Berikut adalah berbagai manfaat konsumsi pepaya matang untuk ibu hamil.

Membantu kontrol pernapasan

Pepaya matang dapat membantu kontrol pernapasan selama masa kehamilan. Hal ini tentu sangat membantu, terutama apabila Anda mengidap penyakit pernapasan sebelumnya, seperti asma bronkiale.

Memperlancar pencernaan

Pepaya matang mampu memperlancar pencernaan. Pepaya mengandung kadar serat yang cukup tinggi. Seperti yang telah diketahui, serat berfungsi untuk membungkus atau menambah volume zat makanan, membuat konsistensi makanan menjadi padat lunak, sehingga memudahkan makanan melalui rangkaian saluran cerna. Hal itulah yang membuat proses BAB menjadi rutin, lancar, dan Anda tidak perlu mengejan terlalu keras saat BAB.

Menjaga tubuh tetap terhidrasi

Pepaya mengandung kadar air yang cukup banyak. Ketika membelah pepaya, Anda tentu menemukan tekstur yang agak berair. Kandungan air itulah yang menjaga tubuh tetap terhidrasi sepanjang hari. Cairan berperan sangat penting bagi tubuh, seperti untuk memasok oksigen ke berbagai organ vital tubuh.

Menangkal radikal bebas

Pepaya kaya akan kandungan antioksidan. Antioksidan merupakan zat yang berfungsi menangkal radikal bebas dari luar. Dunia luar selalu penuh oleh radikal bebas, baik dari sinar matahari, debu, makanan tidak sehat, stres, dan sebagainya. Penumpukan radikal bebas di dalam tubuh dapat mengakibatkan berbagai penyakit berbahaya. Oleh karena itu, penting mengonsumsi pepaya matang untuk ibu hamil.

Meningkatkan daya tahan tubuh

ilustrasi tubuh sehat
Sumber gambar

Seperti buah pada umumnya, terutama buah yang berwarna merah oranye, pepaya juga mengandung vitamin C. Vitamin C merupakan perisai awal yang membantu Anda terhindar dari berbagai infeksi. Konsumsi pepaya matang untuk ibu hamil penting untuk meningkatkan daya tahan tubuh sehingga Anda dan janin terhindar dari berbagai penyakit infeksi, terutama di era pandemi seperti saat ini.

Mengatasi morning sickness

Mual muntah di pagi hari (morning sickness) merupakan rutinitas yang sangat mengganggu pada trimester pertama kehamilan. Ternyata, konsumsi pepaya matang untuk ibu hamil bisa menurunkan kejadian morning sickness. Tak hanya itu, konsumsi pepaya matang untuk ibu hamil juga dapat meningkatkan suasana hati menjadi lebih bahagia dan semangat. Suasana hati yang senang tentu akan berdampak pada perkembangan janin yang optimal.

Membantu perkembangan otak janin

Tahukah Anda bahwa pepaya juga mengandung asam folat? Ya, asam folat adalah nutrisi yang berperan penting bagi perkembangan otak janin. Konsumsi pepaya matang untuk ibu hamil sejak dini mampu membantu mencukupi kebutuhan harian asam folat selama kehamilan.

Itulah berbagai manfaat pepaya matang untuk ibu hamil. Akan tetapi, jangan sembarangan dulu mengonsumsi pepaya selama kehamilan. Berikut akan dijelaskan lebih lanjut pepaya yang bagaimana yang harus Anda hindari selama kehamilan.

Hindari pepaya matang untuk ibu hamil dalam kondisi tertentu

ilustrasi pepaya
Sumber gambar

Pepaya matang memang baik, namun tidak sepenuhnya baik. Pepaya matang untuk ibu hamil yang direkomendasikan adalah pepaya dalam kondisi kulit terkupas sepenuhnya. Hindari makan pepaya dengan kulit yang tidak sepenuhnya terkupas.

Kulit pepaya mengandung latex dan papain, dua hal yang harus dihindari ibu hamil. Latex dikenal mampu menginduksi terjadinya kontraksi sehingga dapat menyebabkan persalinan preterm (sebelum waktunya). Sedangkan, papain memiliki efek serupa prostaglandin dalam tubuh, yaitu melunakkan serviks, menginduksi kontraksi, dan melemahkan organ vital penyokong janin.

Dua zat tersebut sama-sama membahayakan bagi keberlangsungan hidup janin dalam kandungan. Oleh karena itu, hindarilah konsumsi kulit pepaya, terutama pada trimester pertama kehamilan. Sebagian orang memilih menghindari pepaya sama sekali, namun sebenarnya tidak masalah jika hanya memakan buah tanpa kulitnya. Hal itu karena zat latex dan papain tidak sampai ditemukan dalam daging buah pepaya.

Konsumsi pepaya matang untuk ibu hamil memiliki banyak manfaat apabila tidak dikonsumsi bersama kulitnya. Buah tersebut justru sangat membantu dalam menjaga nutrisi yang baik selama kehamilan. Tentunya tak hanya nutrisi, Anda juga harus rutin memberikan stimulus seperti suara, musik, dan sebagainya.

BACA JUGA: NIPT Test, Metode untuk Cek Kondisi Janin Sejak Dini

Jangan lupa untuk selalu melakukan pemeriksaan USG di dokter. Beberapa pemeriksaan lain juga dapat Anda lakukan meskipun tidak wajib, seperti NIPT Test. Dengan menjaga nutrisi, memberi stimulus, dan melakukan pemeriksaan berkala, Anda telah melakukan peran yang benar dalam menjaga kehamilan.

Sumber:

  1. https://bebodywise.com/blog/papaya-in-pregnancy/
  2. https://www.healthline.com/health/papaya-in-pregnancy#latex-in-unripe-papaya

Temukan pengalaman baru cek kesehatan dengan mengetahui masa depanmu!

DAFTAR KONSULTASI GRATIS

Connect with us on instagram

@tanyadna.id