4 Manfaat Cincau Hijau untuk Ibu Hamil
Kehamilan

4 Manfaat Cincau Hijau untuk Ibu Hamil

September 10th 2022

Tahukah Anda bahwa manfaat cincau hijau untuk ibu hamil sangat banyak? Cincau hijau (Cyclea barbata) merupakan famili dari Menispermae, salah satu tumbuhan yang banyak ditemukan di Asia Tenggara. Bahkan di Indonesia, cincau hijau tumbuh secara liar hampir di berbagai tempat.

Tumbuhan ini memiliki daun lebat yang sering dimanfaatkan sebagai minuman. Air perasan daun cincau hijau diolah dengan cara didiamkan beberapa jam hingga mengental dan membentuk struktur seperti jeli. Jeli tersebut lalu dijadikan campuran dalam berbagai minuman, menghasilkan rasa yang enak dan menyegarkan.

Sebenarnya tak hanya daun, seluruh bagian dari tumbuhan cincau hijau dapat dimanfaatkan. Baik daun, akar, hingga bunga memiliki manfaat yang baik bagi tubuh manusia. Di Cina, akar cincau hijau sudah dikenal secara luas sebagai obat tradisional berbagai masalah pencernaan.

Di Indonesia pun, cincau hijau telah dikenal akan segudang manfaatnya. Lalu bagaimana dengan manfaat cincau hijau untuk ibu hamil? Apakah cincau hijau memberikan efek yang sama terhadap ibu hamil? Manfaat cincau hijau untuk ibu hamil kurang lebih sama dengan orang biasa, justru semakin banyak.

Ada mitos yang mengatakan bahwa konsumsi cincau hijau selama berdampak buruk pada kandungan. Hal itu salah besar mengingat manfaat cincau hijau untuk ibu hamil yang ternyata cukup banyak. Cincau hijau mengandung zat-zat yang berperan penting dalam perkembangan janin dan dapat membantu Anda dalam meningkatkan stamina selama hamil.

Ekstrak air cincau hijau diketahui mengandung 70% karbohidrat, 13% protein, dan 6% mineral. Mineral yang terkandung meliputi kalsium, fosfor, zink, dan magnesium. Sementara itu, fraksi polisakarida (sejenis karbohidrat) yang terkandung terdiri dari sebagian besar asam galakturonat dan sejumlah kecil glukosa.

Kayaknya kandungan serat, protein, dan mineral tersebut yang membuat cincau hijau menjadi makanan kaya nutrisi. Cincau hijau baik dikonsumsi oleh siapa saja, termasuk ibu hamil. Berikut beberapa manfaat cincau hijau untuk ibu hamil.

Manfaat cincau hijau untuk ibu hamil dalam mengontrol darah tinggi

ilustrasi tekanan darah ibu hamil
Sumber gambar

Manfaat cincau hijau untuk ibu hamil yang utama adalah membantu kontrol tekanan darah. Mineral yang terkandung dalam cincau hijau berperan dalam memperlebar pembuluh darah sehingga tekanan darah menurun. Cincau hijau juga mengandung zat antioksidan yang baik dalam menangkal radikal bebas sehingga tekanan darah tetap terkontrol.

Hal ini sangat penting sebab tekanan darah tinggi pada kehamilan dapat menyebabkan eklampsia. Eklampsia sendiri merupakan kejang dalam kehamilan yang mengancam nyawa. Kelainan tersebut dapat berakibat terjadinya perdarahan pasca persalinan, yang merupakan penyebab kematian terbesar saat persalinan.

Manfaat cincau hijau untuk ibu hamil dalam memperlancar pencernaan

Telah dikatakan sebelumnya bahwa cincau hijau memiliki kandungan serat yang tinggi. Serat merupakan zat yang memberikan volume pada sisa makanan yang melalui usus, membuat sisa makanan tersebut dapat melewati saluran pencernaan dengan lancar. Serat memperlancar BAB pada ibu hamil.

Ibu hamil pada trimester 2 dan 3 sering memiliki keluhan konstipasi. Hal tersebut menimbulkan rasa tidak nyaman selama berbulan-bulan. Kelancaran saluran pencernaan tentu merupakan hal yang penting selama kehamilan.

Manfaat cincau hijau untuk ibu hamil dalam menyalurkan nutrisi ke janin

ilustrasi manfaat cincau
Sumber gambar

Cicau hijau diketahui memiliki kandungan coclaurine, yaitu zat yang menginduksi pengeluaran hormon estrogen. Pada wanita yang tidak hamil, estrogen berguna dalam memperlancar haid dan meningkatkan kesuburan. Sedangkan pada ibu hamil, estrogen dapat membantu penyaluran nutrisi ke janin melalui plasenta.

Estrogen dapat merangsang pembentukan pembuluh darah selama hamil sehingga menambah suplai nutrisi dari ibu ke janin melalui plasenta. Hal tersebut secara tidak langsung membantu perkembangan janin dalam kandungan. Tak hanya itu, estrogen juga menutrisi kulit sehingga Anda bisa tetap glowing selama hamil. Menyenangkan, bukan?

Manfaat cincau hijau untuk ibu hamil dalam pertumbuhan tulang dan gigi

Satu lagi manfaat cincau hijau untuk ibu hamil yang tak boleh dilewatkan adalah perannya dalam pertumbuhan tulang dan gigi janin. Cincau hijau memiliki kandungan kalsium dan fosfor yang cukup tinggi. Kalsium dan fosfor adalah komponen penting pembentuk tulang.

Memiliki tulang kuat dan gigi yang indah adalah dambaan setiap ibu hamil untuk bayinya. Biasanya para ibu hamil mencukupi kebutuhan ini dengan konsumsi susu. Akan tetapi, kini Anda sudah tahu bukan bahwa cincau hijau dapat dijadikan alternatif lain bila tidak dapat mengonsumsi susu?

Perkembangan janin adalah hal yang sangat diperhatikan setiap ibu hamil. Berbagai makanan dikonsumsi untuk memberikan nutrisi yang optimal. Tak hanya itu, berbagai pemeriksaan juga dapat Anda lakukan, seperti pemeriksaan USG dan NIPT Test. Karena nutrisi yang baik saja tidak cukup, Anda juga harus mendeteksi kelainan pada janin sedini mungkin untuk dapat memberikan intervensi yang optimal.

BACA JUGA: NIPT Test, Metode untuk Cek Kondisi Janin Sejak Dini

Nah, itulah manfaat cincau hijau untuk ibu hamil yang harus Anda ketahui. Di balik harga yang murah, ternyata tersimpan manfaat yang begitu besar. Konsumsilah cincau hijau selama kehamilan dalam jumlah yang wajar untuk memberikan nutrisi yang optimal bagi janin.

Sumber:

  1. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/28577980/
  2. https://www.nparks.gov.sg/florafaunaweb/flora/5/5/5585
  3. https://oamjms.eu/index.php/mjms/article/view/4418
  4. https://ijamscr.com/ijamscr/article/view/737

Temukan pengalaman baru cek kesehatan dengan mengetahui masa depanmu!

DAFTAR KONSULTASI GRATIS

Connect with us on instagram

@tanyadna.id