Manfaat Air Tahu untuk Ibu Hamil yang Jarang Diketahui
Kehamilan

Manfaat Air Tahu untuk Ibu Hamil yang Jarang Diketahui

September 8th 2022

Manfaat air tahu untuk ibu hamil ternyata cukup banyak. Sayangnya, hal ini tidak banyak diketahui orang. Banyak orang mengonsumsi tahu dalam kehidupan sehari-hari, namun tak banyak yang menyadari bahwa air tahu memiliki kandungan nutrisi dan manfaat yang tak kalah besar.

Tahu telah diketahui memiliki kandungan protein yang cukup tinggi. Oleh karena itu, tahu menjadi salah satu pilihan favorit di masyarakat sebagai protein nabati. Kedelai sebagai bahan baku tahu mengandung isoflavon yang dapat berfungsi sebagai antioksidan.

Sebuah penelitian lama di Inggris memang pernah menyebutkan bahwa konsumsi kedelai meningkatkan risiko bayi laki-laki terlahir dengan hipospadia. Hipospadia merupakan kelainan letak lubang uretra yang tidak tepat di ujung penis. Akan tetapi, penelitian tersebut memiliki jumlah sampel yang kurang memadai untuk mengambil kesimpulan.

Sebaliknya, sebuah penelitian terbaru di Jepang menunjukkan bahwa konsumsi kedelai dapat mencegah balita dari perilaku hiperaktif dan gangguan sosialisasi. Konsumsi kedelai yang dimaksud pada penelitian ini tak hanya susu kedelai, melainkan bisa juga berbagai olahan kedelai seperti tahu dan air tahu. Nah, penasaran terhadap manfaat air tahu untuk ibu hamil yang lainnya? Berikut manfaat air tahu untuk ibu hamil yang jarang diketahui.

Manfaat air tahu untuk ibu hamil dalam meningkatkan mood

ilustrasi manfaat tahu bagi ibu hamil
Sumber gambar

Ternyata salah satu manfaat air tahu untuk ibu hamil adalah mencegah depresi. Kandungan kedelai yang masih tersisa dapat menjaga mood ibu hamil sepanjang hari. Kandungan nutrisi dalam olahan kedelai diyakini lebih berguna dalam hal ini daripada mengonsumsi susu kedelai.

Menjaga perasaan selama kehamilan merupakan hal yang sangat penting karena dapat memengaruhi perkembangan otak janin. Perasaan bahagia dan semangat dapat membawa energi positif tak hanya bagi janin, tapi juga lingkungan sekitar ibu hamil.

Manfaat air tahu untuk ibu hamil sebagai sumber protein nabati

ilustrasi tahu dan kedelai
Sumber gambar

Ibu hamil membutuhkan tambahan 71 gram protein per hari. Protein tersebut dapat berasal dari hewan maupun tumbuhan (protein nabati). Memang protein hewani lebih dianjurkan selama kehamilan, namun bukan berarti Anda tidak membutuhkan protein nabati sama sekali.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, kedelai mengandung protein yang cukup tinggi. Nilai protein pada kedelai diyakini hampir mendekati kandungan protein dalam susu sapi. Salah satu manfaat air tahu untuk ibu hamil adalah sebagai sumber protein nabati yang cukup tinggi.

Kekurangan protein dapat berdampak buruk selama kehamilan. Selain mengakibatkan kurang gizi, hal ini juga berpengaruh terhadap perkembangan otak janin. Jika ingin mengetahui apakah terjadi kelainan pada janin, Anda dapat melakukan beberapa pemeriksaan mulai dari lab darah, USG, NIPT Test, dan sebagainya.

Manfaat air tahu untuk ibu hamil dalam mengontrol gula darah

Salah satu manfaat air tahu untuk ibu hamil yang tak kalah penting adalah perannya dalam mengontrol kadar gula darah. Gula darah yang tinggi selama kehamilan sangat berbahaya bagi ibu maupun janin dalam kandungan. Kadar gula darah yang tinggi dapat mengakibatkan terjadinya diabetes gestasional (diabetes dalam kehamilan).

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa isoflavon dalam kedelai mampu menurunkan kadar gula darah. Hal ini tentu sangat berguna terutama bagi ibu hamil yang telah menderita diabetes mellitus sejak sebelum kehamilan. Tak hanya itu, konsumsi kedelai selama kehamilan dapat mencegah berat badan lahir bayi yang terlalu besar sehingga menyulitkan ibu selama persalinan.

Manfaat air tahu untuk ibu hamil dalam mencegah anemia

ilustrasi tahu
Sumber gambar

Manfaat air tahu untuk ibu hamil dalam mencegah anemia memang belum teruji secara luas. Akan tetapi, ada sebuah penelitian yang mengatakan bahwa konsumsi tahu dapat menurunkan kejadian anemia, baik pada perempuan maupun laki-laki. Hal ini juga berpengaruh pada ibu hamil dan janin dalam kandungan.

Anemia merupakan kondisi yang harus diatasi selama kehamilan. Anemia dalam kehamilan memiliki dampak buruk berupa BBLR (Berat Bayi Lahir Rendah <2500 gram), eklampsia, perdarahan, dan kurang gizi. Oleh karena itu, sangat penting bagi ibu hamil untuk mengonsumsi makanan yang kaya akan zat besi dan dapat mencegah anemia.

Itulah beberapa manfaat air tahu untuk ibu hamil yang jarang diketahui orang. Ternyata, konsumsi kedelai dan olahannya sangat baik bagi ibu hamil. Akan tetapi, segala sesuatu yang dikonsumsi berlebihan pasti juga akan membawa dampak buruk.

Lalu berapa batas jumlah konsumsi tahu bagi ibu hamil? Jumlah konsumsi tahu yang direkomendasikan bagi ibu hamil adalah ½ cangkir, atau sebanyak 64 gram tahu. Sebaiknya ibu hamil tak mengonsumsi tahu secara berlebihan karena kandungan isoflavon yang terlalu tinggi dalam kehamilan dapat menghambat penyerapan iodium dan kalsium, yang juga merupakan nutrisi penting selama masa kehamilan.

BACA JUGA: NIPT Test, Metode untuk Cek Kondisi Janin Sejak Dini

Manfaat air tahu untuk ibu hamil memang cukup banyak, namun tetap konsumsilah air tahu dalam jumlah secukupnya. Apabila Anda memiliki alergi terhadap kedelai, jangan paksakan untuk mengonsumsi air tahu. Konsultasikan terlebih dahulu segala tindakan kepada dokter yang merawat Anda untuk memperoleh masa kehamilan yang aman dan menyehatkan.

Sumber:

  1. https://www.healthline.com/health/pregnancy/soy-pregnancy#benefits
  2. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/33792472/
  3. https://bmcpregnancychildbirth.biomedcentral.com/articles/10.1186/s12884-021-04175-9

Temukan pengalaman baru cek kesehatan dengan mengetahui masa depanmu!

DAFTAR KONSULTASI GRATIS

Connect with us on instagram

@tanyadna.id