Berbagai Jenis Makanan yang Baik untuk Ibu Hamil
Kehamilan

Berbagai Jenis Makanan yang Baik untuk Ibu Hamil

November 23rd 2022

Konsumsi makanan yang baik untuk ibu hamil sangat diperlukan untuk membantu mengoptimalkan perkembangan janin dalam kandungan. Pada saat hamil, tubuh memiliki kebutuhan nutrisi yang sedikit berbeda daripada kebanyakan orang. Itulah mengapa setiap ibu hamil harus memberikan perhatian ekstra pada makanan yang dikonsumsi sehari-hari.

Sebagian orang mengeluh kesulitan dalam menyesuaikan menu makanan sehari-hari dengan jenis dan jumlah zat gizi yang sesuai. Tapi kini Anda tak perlu khawatir, tes nutrigenomik dapat dilakukan untuk memberikan informasi zat gizi hingga jenis makanan yang tepat bagi tubuh. Mengatur menu makan sehari-hari pun menjadi lebih mudah dan menyenangkan.

Ada beberapa jenis makanan yang baik untuk ibu hamil maupun yang harus dihindari. Apa saja itu? Simak penjelasan dalam artikel berikut ini.

Makanan yang baik untuk ibu hamil

ilustrasi jenis makanan yang baik untuk ibu hamil
Sumber gambar

Sejatinya hampir seluruh makanan adalah makanan yang baik untuk ibu hamil. Makanan yang baik untuk ibu hamil tidak jauh berbeda dengan makanan yang baik bagi kebanyakan orang. Akan tetapi, memang ada beberapa jenis makanan yang perlu Anda tambahkan jumlahnya dalam diet sehari-hari. Berikut adalah jenis makanan yang baik untuk ibu hamil yang sebaiknya dikonsumsi setiap hari.

Sayuran

Sayuran merupakan makanan yang baik untuk ibu hamil dan harus ada dalam menu setiap hari. Porsi sayuran yang dianjurkan adalah setengah dari piring makan. Apabila tak bisa mengonsumsi sayur, Anda dapat mengolahnya menjadi jus, salad, atau menggantinya dengan buah.

Sayur kaya akan serat sehingga dapat membantu mengatasi konstipasi yang umum dialami ibu hamil. Sayur juga mengandung beragam vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh. Konsumsilah sayur setiap hari secara bervariasi agar tidak mudah bosan.

Buah-buahan

Sama seperti sayur, buah juga merupakan makanan yang baik untuk ibu hamil dan harus ada dalam diet sehari-hari. Buah juga mengandung banyak serat, vitamin, dan mineral yang memiliki berbagai manfaat bagi tubuh. Buah-buahan seperti pisang dan pepaya sangat baik dalam melancarkan pencernaan. Sedangkan, jeruk, apel baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan menangkal radikal bebas.

Anda mungkin pernah mendengar beberapa jenis buah yang tidak boleh dikonsumsi selama hamil. Faktanya, hampir seluruh buah aman dikonsumsi selama dalam keadaan matang, dicuci bersih, dan dikupas terlebih dahulu. Jadi, mulai sekarang Anda tak perlu ragu untuk mengonsumsi buah apa pun.

Susu

ilustrasi susu
Sumber gambar

Susu dan produk olahan susu seperti keju, yoghurt, roti, dan sebagainya, juga baik dikonsumsi selama hamil. Perlu diketahui bahwa produk susu yang telah dikemas, dipasteurisasi, dan difortifikasi lebih direkomendasikan daripada susu murni. Tidak ada larangan untuk mengonsumsi susu jenis apa pun, baik susu sapi, kambing, kedelai, gandum, dan sebagainya.

Jenis susu sebenarnya menyesuaikan dengan kebutuhan tiap individu. Apabila Anda sedang membutuhkan banyak asupan protein dan lemak, maka susu sapi adalah yang terbaik. Jika membutuhkan lebih banyak kadar vitamin E, bisa jadi susu almond lebih cocok bagi Anda. Selalu perhatikan informasi nilai gizi sebelum membeli susu selama masa kehamilan.

Biji-bijian

Biji-bijian terkenal akan kandungan asam folat, vitamin, dan kalsium di dalamnya. Tidak banyak mencari sumber makanan alami yang mengandung asam folat. Biji-bijian adalah sumber asam folat yang sebaiknya rutin Anda konsumsi selain suplementasi asam folat itu sendiri.

Anda dapat mengolah biji-bijian menjadi berbagai menu yang menarik. Anda dapat mengonsumsi kacang hijau dengan susu, oat sebagai campuran selai dan roti, salad, dan sebagainya. Konsumsi biji-bijian secara rutin juga diketahui dapat menurunkan risiko penyakit jantung.

Protein

Protein merupakan makanan yang baik untuk ibu hamil karena berperan besar dalam perkembangan organ janin. Protein juga memiliki fungsi regenerasi sel sehingga akan mempercepat pemulihan pada ibu hamil yang sedang sakit. Porsi protein dalam piring makan adalah sama dengan porsi nasi, yaitu seperempat piring. Protein banyak ditemui pada ikan, telur, daging, dan susu sapi.

Makanan yang harus dihindari ibu hamil

ilustrasi makanan mentah
Sumber gambar

Selain makanan yang baik untuk ibu hamil, ada pula makanan yang harus dihindari ibu hamil. Memang jenisnya tidak banyak, namun Anda tidak boleh melewatkannya karena cukup berbahaya bagi kesehatan. Berikut adalah makanan yang harus dihindari selama hamil.

Susu yang tidak terpasteurisasi

Selalu pastikan untuk membeli susu yang telah dipasteurisasi. Susu yang tidak melalui proses pasteurisasi dikhawatirkan masih mengandung bakteri dan mikroorganisme lain. Itulah mengapa konsumsi susu murni, apalagi langsung dari peternakan, tidak dianjurkan selama hamil.

Makanan setengah matang

Selalu masak berbagai jenis daging hingga benar-benar matang. Ikan, daging, maupun telur yang mentah atau setengah matang dikhawatirkan masih mengandung bakteri dan cacing di dalamnya. Konsumsi makanan setengah matang juga akan memberatkan kinerja usus.

Makanan yang tidak dicuci

Pastikan untuk mencuci sayur, buah, dan daging hingga bersih di bawah air mengalir. Hal ini untuk membilas sisa pestisida maupun bakteri yang menempel pada permukaan bahan makanan. Higienitas adalah hal yang mutlak diperhatikan selama kehamilan.

Selain memperhatikan nutrisi untuk tubuh, konsultasi secara rutin dengan dokter juga tidak boleh dilewatkan. Ibu hamil minimal harus melakukan pemeriksaan USG sebanyak 4 kali selama hamil, semakin sering akan lebih baik. Pemeriksaan tambahan seperti tes NIPT pun akan lebih baik jika dilakukan juga. Tes NIPT dapat mendeteksi kelainan genetik pada janin sejak usia kehamilan 10 minggu.

BACA JUGA: NIPT Test, Metode untuk Cek Kondisi Janin Sejak Dini

Itulah sekilas mengenai makanan yang baik untuk ibu hamil dan yang harus dihindari. Kunci utama dari makanan yang baik untuk ibu hamil adalah cara pengolahan. Selama diolah dengan aman dan hati-hati, tidak perlu khawatir mengonsumsi makanan apa pun selama hamil, tentunya selama tidak ada kontraindikasi tertentu pada tubuh Anda.

Sumber:

  1. https://www.hopkinsmedicine.org/health/wellness-and-prevention/nutrition-during-pregnancy#:~:text=Ideal%20Foods%20to%20Eat%20During%20Pregnancy&text=Vegetables%3A%20carrots%2C%20sweet%20potatoes%2C,or%20pink%20grapefruit%20(for%20potassium)
  2. https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/pregnancy-week-by-week/in-depth/pregnancy-nutrition/art-20045082

Temukan pengalaman baru cek kesehatan dengan mengetahui masa depanmu!

DAFTAR KONSULTASI GRATIS

Connect with us on instagram

@tanyadna.id