10 Makanan yang Baik untuk Ibu Hamil Trimester Pertama
Kehamilan

10 Makanan yang Baik untuk Ibu Hamil Trimester Pertama

Agustus 28th 2022

Makanan yang baik untuk ibu hamil trimester pertama adalah makanan yang sebaiknya kaya nutrisi penting. Kecukupan nutrisi dibutuhkan untuk kesehatan ibu hamil dan juga pertumbuhan dan perkembangan janin selama di dalam rahim.

Trimester pertama kehamilan adalah tiga bulan pertama kehamilan, yang merupakan fase terpenting bagi keberhasilan kehamilan. Di fase ini, Anda masih berisiko mengalami keguguran dan komplikasi kehamilan yang membahayakan janin dan ibu hamil, sehingga Anda perlu ekstra berhati-hati.

Kecukupan nutrisi juga sangat penting dipenuhi, untuk memaksimalkan pertumbuhan serta perkembangan organ-organ penting janin dan juga menurunkan risiko kelainan pada janin. Ketika Anda tidak menerapkan pola hidup sehat dan mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang, sel-sel janin berisiko tidak berkembang atau mengalami kerusakan, yang meningkatkan risiko cacat bawaan lahir dan juga keguguran. NIPT test dapat membantu mendeteksi kelainan pada janin sejak dini, dimulai dari usia 10 minggu kehamilan. Anda juga bisa mendapatkan pemeriksaan lain untuk mendeteksi kelainan yang tidak dapat dideteksi oleh NIPT test.

Inilah daftar makanan yang baik untuk ibu hamil trimester pertama

ilustrasi rekomendasi makanan yang baik untuk ibu hamil trimester pertama
Sumber gambar

Ketika berbicara tentang kehamilan trimester pertama, maka kebutuhan nutrisi yang perlu dicukupi oleh ibu hamil adalah sebagai berikut:

  • Protein.
  • Vitamin dan mineral.
  • Lemak sehat.
  • Karbohidrat kompleks.
  • Cairan dan juga serat.

Berikut adalah daftar makanan yang bisa Anda konsumsi sejak mengikuti program hamil hingga trimester pertama kehamilan.

Minum dan makan aneka produk susu

Tidak hanya susu kehamilan saja kok yang boleh Anda konsumsi, semua produk susu sebenarnya boleh dan baik dikonsumsi oleh ibu hamil. Yang terpenting, pilih jenis produk susu yang sudah dipasteurisasi atau memang dibuat khusus untuk ibu hamil.

Susu hamil dan produk susu dapat membantu memenuhi kebutuhan protein dan kalsium yang dibutuhkan selama kehamilan. Beberapa jenis produk susu juga mengandung bakteri probiotik yang mendukung kesehatan pencernaan.

Polong-polongan

Kelompok makanan polong-polongan, termasuk lentil, kacang polong, buncis, kedelai, dan kacang tanah adalah sumber serat, protein, zat besi, folat dan kalsium nabati yang dibutuhkan selama kehamilan.

Folat adalah salah satu bentuk vitamin B0 yang sangat penting dan direkomendasikan dikonsumsi tiga bulan sebelum merencanakan kehamilan. Anda membutuhkan setidaknya 600 mcg folat setiap hari untuk menurunkan risiko cacat tabung saraf pada janin.

Ikan Salmon dan ikan yang rendah kandungan merkuri lainnya

Salah satu makanan yang baik untuk ibu hamil trimester satu adalah ikan salmon dan semua jenis ikan atau sari laut yang rendah kandungan merkurinya. Salmon kaya akan asam lemak omega-3 yang dibutuhkan untuk perkembangan otak dan mata janin. Asam lemak omega-3 juga dapat meningkatkan panjang tubuh janin selama kehamilan. Salmon juga mengandung vitamin D yang dibutuhkan ibu hamil untuk meningkatkan kesehatan tulang dan juga menjaga kekebalan tubuh.

Contoh ikan atau sari laut lain yang juga baik selama kehamilan seperti misalnya udang, ikan teri, ikan mujair, ikan lele, ikan tongkol, ikan sarden dan lain sebagainya.

Agar ibu hamil tetap aman dalam mengonsumsi ikan, Anda bisa mencoba beberapa tips berikut:

  • Pilih dan beli ikan dalam keadaan utuh sehingga Anda bisa memilih ikan dengan mata yang jernih dan tekstur tubuh yang tidak lunak.
  • Hindari jenis ikan tinggi kandungan merkuri seperti ikan king makerel, ikan todak, ikan marlin, ikan hiu, bigeye tuna.
  • Simpan ikan dalam lemari pendingin segera setelah dibeli atau segera masak.
  • Cuci ikan hingga bersih sebelum diolah dan gunakan talenan yang berbeda dengan yang digunakan untuk makanan matang atau sayuran.
  • Pastikan ikan telah dimasak matang sempurna untuk menurunkan risiko paparan bakteri atau virus yang bisa membahayakan ibu hamil dan janin.

Telur baik untuk ibu hamil trimester pertama

ilustrasi telur
Sumber gambar

Selain ikan, telur juga mengandung omega-3 dan juga rendah kandungan kalorinya. Telur juga merupakan sumber kolin yang baik, sebuah nutrisi vital yang dibutuhkan selama kehamilan untuk perkembangan otak janin dan mencegah kelainan pada otak dan juga sumsum tulang.

Brokoli dan sayuran berwarna hijau gelap lainnya

Tidak heran bila brokoli disebut sebagai sayur yang direkomendasikan selama masa kehamilan. Brokoli dan sayuran berwarna hijau gelap lain kaya kandungan serat, vitamin C, vitamin K, vitamin A, kalsium, zat besi, folat, dan kalium. Mencukupi asupan sayuran selama kehamilan trimester pertama berarti menurunkan risiko berat badan lahir rendah yang mengancam janin ketika Anda kekurangan nutrisi.

Daging rendah lemak dan sumber protein lainnya

Daging rendah lemak adalah sumber protein yang tinggi, yang juga diperkaya dengan zat besi, kolin, dan vitamin B. Zat besi sendiri dibutuhkan oleh ibu hamil untuk membantu produksi sel darah merah, yang asupannya meningkat selama kehamilan. Bila kebutuhan akan zat besi tidak tercukupi, maka ibu hamil berisiko mengalami anemia, meningkatkan risiko berat badan lahir rendah dan juga aneka komplikasi lainnya.

Anda bisa menemukan sumber protein rendah lemak ini dengan memilih daging merah yang tidak banyak terlihat serat putihnya, atau mengonsumsi unggas bagian dada.

Gandum utuh

Ada kalanya Anda tidak ingin mengonsumsi nasi ketika hamil, tidak apa-apa. Anda bisa mengganti asupan karbohidrat dengan produk gandum utuh seperti misalnya roti gandum yang diperkaya serat, vitamin dan komponen nabati bermanfaat lainnya. Beberapa jenis produk gandum utuh juga mengandung sejumlah protein tinggi, vitamin B, serat dan juga magnesium yang dibutuhkan selama kehamilan.

Alpukat si buah penuh manfaat

ilustrasi alpukat
Sumber gambar

Alpukat adalah buah super yang penuh gizi dan kaya kandungan asam lemak tak jenuh tunggal. Alpukat juga tinggi serat, folat, vitamin K, kalium, tembaga, vitamin E dan vitamin C. Karena kandungan lemak sehat, folat dan kaliumnya yang tinggi, alpukat bisa menjadi pilihan yang tepat selama kehamilan.

Lemak sehatnya akan membantu membangun kulit, otak, dan jaringan tubuh janin, sedangkan folat membantu mencegah cacat tabung saraf, yaitu kelainan perkembangan otak dan tulang belakang.

Sama halnya dengan pisang, alpukat juga tinggi kandungan kaliumnya yang membantu meredakan kram kaki selama kehamilan. Bahkan faktanya, alpukat mengandung lebih banyak kalium dibandingkan pisang.

Buah kering cocok untuk camilan trimester pertama

Memang tidak mudah mencari ide camilan yang cocok dan bergizi selama kehamilan. Namun, Anda bisa memilih buah kering yang tinggi kalori, serat, dan juga vitamin serta mineral di dalamnya. Kandungan nutrisi pada buah kering sama seperti buah segar, bedanya mungkin tidak banyak kandungan air di dalam buah kering.

Minyak ikan sebagai sumber asam lemak omega-3

Minyak ikan juga direkomendasikan di trimester kehamilan, terutama minyak ikan kod. Kandungan asam lemak omega-3 seperti EPA dan DHA sangat penting untuk membantu perkembangan otak dan mata janin. Ikuti saran dan dosis konsumsi minyak ikan sesuai dengan label kemasan dan hindari mengonsumsi berlebihan. Minyak ikan mungkin juga diperkaya vitamin A yang bisa berbahaya bagi janin bila dikonsumsi berlebihan.

BACA JUGA: NIPT Test, Metode untuk Cek Kondisi Janin Sejak Dini

Janin di dalam perut Anda sedang tumbuh dan menunggu asupan nutrisi dari makanan Anda, untuk itu berikan banyak pilihan makanan lezat namun tetap bergizi. Bila perlu, dapatkan rekomendasi pola diet sehat dan suplemen dari dokter untuk memenuhi kebutuhan nutrisi selama trimester pertama kehamilan Anda.

Sumber:

  1. https://www.healthline.com/nutrition/13-foods-to-eat-when-pregnant#takeaway
  2. https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/pregnancy-week-by-week/in-depth/pregnancy-nutrition/art-20045082
  3. https://www.eatingwell.com/article/290540/what-to-eat-when-youre-pregnant-first-trimester/
  4. https://www.alodokter.com/6-pilihan-jenis-ikan-untuk-ibu-hamil-yang-direkomendasikan

Temukan pengalaman baru cek kesehatan dengan mengetahui masa depanmu!

DAFTAR KONSULTASI GRATIS

Connect with us on instagram

@tanyadna.id