11 Larangan Ibu Hamil Terkait Makanan, Apa Saja?
Kehamilan

11 Larangan Ibu Hamil Terkait Makanan, Apa Saja?

Juni 23rd 2022

Larangan ibu hamil untuk makan makanan yang berisiko sebenarnya memberikan manfaat agar janin dan kehamilan tetap sehat. Bahkan beberapa jenis makanan yang tampaknya baik-baik saja ternyata harus dihindari sementara demi kehamilan.

Ketika Anda hamil Anda tidak lagi makan untuk diri sendiri saja, melainkan juga makan untuk pertumbuhan dan perkembangan janin. Makanan yang dulu tampak baik-baik saja dikonsumsi dan memiliki rasa yang lezat mungkin menyimpan bahaya tersendiri bagi janin dan kehamilan. Sejak pertama kali diketahui bahwa Anda hamil, Anda harus lebih berhati-hati dalam memilih makanan dan melakukan aktivitas sehari-hari.

Menjaga keseimbangan gizi dalam makanan sebenarnya bukan hanya dilakukan saat hamil saja, saat menjalani program hamil Anda juga sebaiknya memilih pola diet sehat demi kesuksesan program hamil. Keseimbangan gizi yang dipenuhi sesuai dengan kebutuhan ibu hamil pada akhirnya akan dibutuhkan untuk perkembangan dan pertumbuhan janin di dalam perut.

Ada beberapa makanan yang sebaiknya dihindari ibu hamil karena berisiko menyebabkan kondisi tertentu seperti keracunan atau mempengaruhi tumbuh kembang janin. Di bawah ini akan dibahas makanan dan minuman apa saja yang sebaiknya tidak dimakan bila Anda ingin kehamilan yang sehat.

Larangan ibu hamil makan daging mentah atau setengah matang

Baik daging mentah maupun setengah matang, entah itu daging sapi, kambing, kerbau, ikan atau unggas sebaiknya tidak dikonsumsi oleh ibu hamil. Risiko infeksi toksoplasmosis yang disebabkan oleh parasit dapat membahayakan janin. Parasit yang menyebabkan infeksi toksoplasmosis dapat ditemukan di dalam daging mentah, tanah, kotoran kucing, bekas pasir hewan piaraan, atau air yang tidak dimasak. Apabila Anda hamil dan terinfeksi parasit ini, maka dapat menyebabkan keguguran, kelahiran prematur maupun lahir mati.

Ibu hamil jangan makan telur mentah atau setengah matang

ilustrasi telor mentah
Sumber gambar

Telur setengah matang yang disajikan di atas nasi goreng hangat memang enak dan menggoda, atau minum STMJ di saat udara sedang dingin dan tubuh terasa pegal-pegal juga terdengar enak, namun kesemuanya bisa membahayakan kehamilan dan janin Anda. Pastikan untuk mengolah telur benar-benar matang sampai putih dan kuningnya padat untuk mencegah risiko keracunan salmonella.

Makanan yang mengandung telur mentah seperti mayonaise juga sebaiknya dihindari, atau apabila Anda ingin membuat saus mayonaise sendiri maka pertimbangkan menggunakan telur yang dipasteurisasi, jangan menggunakan telur yang kotor dan retak.

Makan jeroan hati berbahaya bagi ibu hamil

Jeroan seperti hati ayam atau hati sapi sebenarnya termasuk salah satu makanan yang kaya kandungan nutrisinya. Jeroan hati mengandung asam folat, zat besi, vitamin B, vitamin A dan juga tembaga. Makan seporsi jeroan hati saja sudah hampir memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral harian tubuh.

Sayangnya kelebihan dari makan jeroan hati justru bisa membahayakan kehamilan. Asupan vitamin A yang terlalu berlebihan dapat menyebabkan kecacatan lahir dan juga keracunan.

Ibu hamil hati-hati saat mengonsumsi ikan

Ikan adalah lauk hewani yang kaya kandungan protein dan asam lemak omega-3, sayangnya sebagian ikan berpotensi tercemar merkuri yang bisa mempengaruhi perkembangan saraf janin. Untuk itu, sebaiknya Anda memilih asupan ikan yang rendah paparan merkurinya seperti misalnya sardin, ikan teri, udang, tuna, atau salmon.

Larangan ibu hamil makan sushi terkait bahaya listeria

ilustrasi sushi
Sumber gambar

Makan sushi atau makanan laut dingin seperti tiram mentah, sashimi, makanan laut siap saji berisiko terkontaminasi bakteri listeria. Apabila ibu hamil, terutama di kehamilan trimester pertama terinfeksi bakteri listeria maka dapat menyebabkan keguguran, kelahiran prematur, bayi lahir dengan berat badan lahir rendah, hingga lahir mati.

Apabila Anda tetap ingin menikmati sushi ketika hamil, maka sebaiknya pilih jenis sushi yang dimasak sepenuhnya seperti unagi sushi, maki, atau California roll.

Semua daging asap juga berbahaya bagi ibu hamil

Terbayang kelezatan sei sapi, atau seafood asap? Tahan dulu keinginan Anda mengonsumsinya selama kehamilan ini. Daging asap dan makanan yang diasap berisiko terkontaminasi bakteri listeria yang berisiko menyebabkan keguguran, kelahiran prematur, bayi lahir dengan berat badan lahir rendah dan lahir mati. Untuk itu, pastikan saja memilih menu lauk yang sudah dimasak hingga matang betul.

Minuman yang tidak dipasteurisasi juga berbahaya bagi ibu hamil

Minuman yang tidak dipasteurisasi seperti susu segar, jus buah kemasan juga berisiko terkontaminasi listeria. Maka sebelum membeli minuman kemasan di supermarket, terlebih dahulu baca label dan pastikan bahwa minuman yang hendak Anda beli telah dipasteurisasi.

Larangan ibu hamil mengonsumsi jus buah segar di restoran

Jus buah segar terdengar segar dan menyejukkan bukan? Namun jus buah segar yang dijual di restoran, supermarket, atau juga tempat makan lain berisiko terkontaminasi salmonella dan E.coli, lho. Infeksi salmonella bahkan dapat mempengaruhi ibu hamil dan ditularkan melalui plasenta kepada janin, yang dapat menyebabkan sakit perut dan keracunan.

Makanan dan minuman berkafein sebaiknya dihindari saat sedang hamil

ilustrasi minuman berkafein
Sumber gambar

Meskipun sebagian besar penelitian menunjukkan bahwa ibu hamil boleh mengonsumsi minuman berkafein, namun faktanya asupan kafein mungkin terkait dengan risiko keguguran, kelahiran prematur, berat badan lahir rendah dan gejala kecanduan pada janin. Menghindari asupan kafein selama trimester pertama mengurangi kemungkinan keguguran.

Apabila Anda terbiasa minum kopi dan membutuhkan asupan kafein untuk tetap bisa semangat bekerja maka pastikan membatasi asupan kafein maksimal 200 mg per hari atau setara dengan secangkir kecil kopi.

Jangan lupa bahwa kafein memiliki efek diuretik yang sangat mungkin membuat Anda lebih sering buang air kecil dan menyebabkan kehilangan cairan tubuh. Kehilangan banyak cairan tubuh dapat menyebabkan kepanasan yang bisa berujung pingsan dan juga dehidrasi yang sangat berbahaya bagi janin dan juga Anda.

Selain kopi, kafein juga terkandung pada teh, soda, cokelat atau minuman berenergi. Demi kebaikan janin dan kehamilan yang sehat lebih baik hindari saja minuman berkafein selama kehamilan.

Minuman beralkohol wajib dihindari selama kehamilan

Bila minum kopi mungkin masih diberikan toleransi selama kehamilan, tidak demikian dengan minuman beralkohol. Paparan alkohol sejak usia kehamilan muda mempengaruhi perkembangan janin dan dapat menyebabkan sindrom alkohol janin (FAS).

Sindrom alkohol janin dapat menyebabkan keterbelakangan mental, malformasi sistem kerangka dan sistem organ utama khususnya jantung dan otak, terhambatnya pertumbuhan janin, adanya komplikasi sistem saraf pusat, keterampilan yang buruk, kesulitan belajar, kesulitan mengingat dan memusatkan perhatian, kesulitan dalam pemecahan masalah, kesulitan berinteraksi sosial, kesulitan berbicara dan mendengarkan di masa depan hingga kematian janin.

Bayi yang dilahirkan dengan sindrom alkohol janin cenderung memiliki ciri wajah khas seperti mata kecil, hidung pendek atau terbalik, pipi rata dan bibir tipis.

Sayuran mentah dan lalapan memang segar, namun berbahaya bagi ibu hamil

Sayuran mentah dan lalapan adalah menu wajib yang biasanya disandingkan dengan sambal. Menu yang banyak ditemukan hampir di seluruh penjuru Indonesia khususnya pulau Jawa ini ternyata tidak aman dikonsumsi oleh ibu hamil. Sayuran mentah berisiko terkontaminasi toksoplasmosis yang mungkin terkandung di tanah tempat sayuran tumbuh. Oleh sebab itu, tahan diri dulu dan masak sayur hingga benar-benar matang sebelum dimakan.

BACA JUGA: NIPT Test, Metode untuk Mengetahui Kondisi Janin Sejak Dini

Menjaga kesehatan kehamilan memang tidak mudah, terutama banyak menu makanan yang Anda suka dan harus dihindari selama kehamilan. Untuk menunjang kehamilan yang sehat, selain mengatur pola makan dan menghindari makanan yang dilarang, Anda juga bisa mendapatkan pemeriksaan NIPT test sejak trimester pertama kehamilan. Bicarakan dengan dokter lebih lanjut apabila Anda tertarik untuk mendapatkan pemeriksaan ini.

Sumber:

  1. https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/pregnancy-week-by-week/in-depth/pregnancy-nutrition/art-20043844
  2. https://www.pregnancybirthbaby.org.au/foods-to-avoid-when-pregnant
  3. https://americanpregnancy.org/healthy-pregnancy/pregnancy-health-wellness/foods-to-avoid-during-pregnancy/
  4. https://americanpregnancy.org/healthy-pregnancy/pregnancy-complications/fetal-alcohol-syndrome/
  5. https://www.babycenter.com/pregnancy/diet-and-fitness/vitamin-a-in-your-pregnancy-diet_675

Temukan pengalaman baru cek kesehatan dengan mengetahui masa depanmu!

DAFTAR KONSULTASI GRATIS

Connect with us on instagram

@tanyadna.id