Apa Saja Larangan Hamil 8 Bulan?
Kehamilan

Apa Saja Larangan Hamil 8 Bulan?

November 24th 2022

Usia kehamilan 8 bulan adalah saat yang penting dalam menantikan buah hati. Sebenarnya, tidak banyak larangan hamil 8 bulan yang harus dihindari. Secara umum, larangan hamil 8 bulan sama dengan hal-hal yang harus dihindari pada usia kehamilan lainnya.

Meski demikian masih banyak orang yang mempertanyakan apa saja larangan hamil 8 bulan karena usia ini dianggap krusial dalam perkembangan janin semasa di kandungan. Semakin besar usia kehamilan, semakin banyak pula keterbatasan para ibu hamil dalam beraktivitas. Itulah mengapa Anda harus lebih berhati-hati dan bukannya meremehkan kondisi kesehatan pada masa ini.

Lalu apa saja hal yang perlu diperhatikan saat usia kehamilan menginjak 8 bulan? Berikut adalah beberapa larangan hamil 8 bulan yang sebaiknya tidak Anda lakukan.

Larangan hamil 8 bulan dalam hal makanan

ilustrasi sushi
Sumber gambar

Larangan hamil 8 bulan cukup banyak dibandingkan dengan larangan lainnya. Namun tenang saja, sebenarnya hal ini tidak susah untuk dipatuhi. Intinya ibu hamil harus mengonsumsi makanan yang bergizi, bersih, matang, dan bebas kontaminasi bakteri atau mikroorganisme lain.

Makanan yang pantang dikonsumsi nomor satu selama hamil adalah makanan mentah atau setengah matang. Selama ini banyak orang mengonsumsi steak setengah matang atau bahkan sashimi yang merupakan ikan mentah. Makanan yang tidak matang dikhawatirkan masih mengandung berbagai bakteri dan cacing yang dapat mengakibatkan berbagai penyakit, termasuk diare.

Anda juga sebaiknya tidak meminum susu murni yang tidak dipasteurisasi. Begitu pula dengan olahan susu, seperti keju yang mentah. Proses pasteurisasi sebenarnya bertujuan untuk mematikan bakteri di dalam susu. Susu murni yang diperoleh langsung tanpa pasteurisasi bukannya mengandung banyak zat gizi, namun justru berbahaya bagi ibu hamil.

Selain itu, larangan hamil 8 bulan dalam hal makanan adalah konsumsi kafein, rokok, dan alkohol. Ketiganya dapat mengganggu sistem peredaran darah dari ibu ke janin, entah melalui mekanisme peningkatan tekanan, maupun penurunan elastisitas pembuluh darah. Alkohol bahkan berdampak buruk pada sistem saraf dan dapat menembus plasenta hingga berdampak ke janin.

Larangan bepergian

ilustrasi ibu hamil bepergian
Sumber gambar

Selain larangan hamil 8 bulan dalam hal makanan, ada pula larangan bepergian yang harus Anda perhatikan. Kebanyakan ibu hamil akan mengambil cuti dan pulang ke kampung halaman menjelang persalinan. Hal itu tidak masalah, asalkan Anda tidak bepergian ketika usia kehamilan sudah terlalu tua.

Bepergian bukanlah larangan mutlak, namun sebaiknya memang tidak dilakukan mengingat berbagai keterbatasan ketika usia kehamilan semakin tua. Anda mungkin merasa tidak nyaman dan pegal pada tulang belakang jika duduk terlalu lama. Usia 8 bulan juga cukup dekat dengan persalinan sehingga akan cukup berisiko jika terjadi kontraksi yang mengarah ke persalinan selama dalam perjalanan.

Larangan berinteraksi dengan hewan

ilustrasi interaksi dengan hewan
Sumber gambar

Anda memiliki hewan peliharaan di rumah? Atau Anda suka memberi makan kucing dan anjing jalanan? Tidak ada salahnya menyayangi hewan, namun usahakan untuk mengurangi frekuensi interaksi dengan hewan ketika hamil.

Pastikan hewan peliharaan Anda telah bersih dan divaksin. Hewan peliharaan memiliki kemungkinan terkontaminasi dengan bakteri dan parasit dalam bulunya. Salah satu penyakit yang sering terjadi adalah toksoplasma, yang juga dapat berdampak pada cacat janin jika Anda terinfeksi selama hamil. Tentu Anda tidak ingin terkena infeksi berbahaya ketika sedang menanti persalinan, bukan?

Larangan menggunakan aksesori tertentu

Larangan hamil 8 bulan yang terakhir adalah agar Anda tidak menggunakan aksesori yang dapat menimbulkan alergi. Reaksi alergi yang terjadi ketika hamil tidak dapat diprediksi dan bisa jadi sangat berbahaya terhadap kondisi kandungan. Alergi pada tiap orang berbeda, hanya Anda sendiri yang sangat mengenalinya.

Aksesori lain yang sebaiknya dihindari adalah sepatu hak tinggi (high heels). Penggunaan high heels akan sangat melelahkan bagi ibu hamil. Tidak hanya itu, posisi yang terus berjinjit idak bagus bagi peredaran darah. Belum lagi jika terlampau tinggi, tentu akan sangat berisiko pada keseimbangan ketika Anda sedang berjalan.

Setelah mengetahui larangan hamil 8 bulan di atas, apa yang ada di benak Anda? Tidak susah untuk dihindari, bukan? Anda hanya perlu lebih berhati-hati dan bersabar sedikit lagi sebelum dapat menikmati hal-hal tersebut kembali setelah melahirkan.

Jangan lupa untuk lebih sering kontrol ke dokter kandungan saat hamil 8 bulan. Mendekati persalinan, kondisi janin harus semakin sering dikontrol. Usahakan memeriksakan kandungan ke dokter karena Anda akan sangat membutuhkan USG, terutama pada awal dan akhir dari kehamilan.

Apabila berkonsultasi dengan dokter, Anda juga dapat melakukan berbagai pemeriksaan tambahan lain. Tes NIPT adalah pemeriksaan kelainan dna atau tepatnya kromosom, yang sedang tren akhir-akhir ini. Tren tes NIPT bukannya tanpa alasan, namun pemeriksaan kromosom memang telah menjadi kewajiban bagi para ibu hamil di luar negeri.

BACA JUGA: NIPT Test untuk Deteksi Masalah Janin Sejak Dini

Anda tidak perlu khawatir akan biaya tes dna yang mahal. Kini sudah banyak lab di Indonesia yang memiliki biaya tes dna terjangkau. Bahkan beberapa asuransi dapat menjaminkan pemeriksaan tersebut. Jika tidak ada kendala biaya, tidak ada salahnya melakukan pemeriksaan yang komprehensif demi sang buah hati tercinta.

Sumber:

  1. https://www.healthline.com/health/pregnancy/things-not-to-do-while-pregnant
  2. https://www.verywellfamily.com/what-to-avoid-during-pregnancy-a-comprehensive-guide-4942479

Temukan pengalaman baru cek kesehatan dengan mengetahui masa depanmu!

DAFTAR KONSULTASI GRATIS

Connect with us on instagram

@tanyadna.id