10 Keluhan Kehamilan 35 Minggu yang Biasanya Dirasakan Para Ibu
Kehamilan

10 Keluhan Kehamilan 35 Minggu yang Biasanya Dirasakan Para Ibu

Agustus 23rd 2022

Keluhan kehamilan 35 minggu mungkin akan terasa cukup berat karena Anda sudah tidak bebas bergerak dan beraktivitas akibat kehamilan. Bertahan saja, karena perkembangan kehamilan Anda menuju akhir trimester ketiga dan sebentar lagi saatnya memasuki waktu persalinan.

Normalnya kehamilan berlangsung 37 hingga 40 minggu. Bagaimana perasaan Anda memasuki usia kehamilan di usia 35 minggu ini? Di usia kehamilan 35 minggu Anda harus mulai menyiapkan segala sesuatunya karena persalinan bisa terjadi kapanpun di usia kehamilan 37 hingga 40 minggu. Anda juga sebaiknya bersabar karena segala sesuatunya mungkin tidak akan mudah. Janin telah tumbuh semakin besar sehingga perut juga mengikuti peregangan rahim yang mempersulit aktivitas dan gerak tubuh. Seperti apa janin di usia kehamilan 35 minggu?

Perkembangan janin di usia kehamilan 35 minggu

ilustrasi perkembangan janin di usia kehamilan 35 minggu
Sumber gambar

Saat ini, janin Anda memiliki berat sekitar 2,5 kg yang mirip seperti sebuah melon. Janin menjadi lebih sulit bergerak karena ruangan yang tidak lagi luas. Posisi janin akan mulai turun mendekati jalan lahir dan menekan kandung kemih. Sudah tidak banyak perkembangan yang dialami oleh janin karena ia sudah benar-benar menyerupai bayi yang siap dilahirkan. Namun lahir di usia kehamilan 35 minggu bukanlah hal yang baik dan bisa dikategorikan sebagai prematur tahap akhir, sehingga Anda tentunya harus menjaga kehamilan dengan lebih baik.

Karena sudah mendekati trimester ketiga akhir, Anda sudah bisa mulai mencicil sebagian besar persiapan persalinan, termasuk baju bayi, foto maternity dan berbagai perlengkapan bayi yang akan dibutuhkan saat persalinan nanti. Semuanya akan lebih mudah karena Anda sudah mengetahui jenis kelamin bayi melalui pemeriksaan NIPT test yang Anda lakukan di trimester awal lalu. NIPT test secara non invasif dapat mengidentifikasi jenis kelamin bayi dengan akurat, sehingga Anda bisa mempersiapkan segala kebutuhan bayi sejak di dalam kandungan.

Keluhan kehamilan 35 minggu dan tips mengatasinya

ilustrasi keluhan kehamilan 35 minggu dan tips mengatasinya
Sumber gambar

Bila ini adalah program hamil pertama Anda, maka akan ada banyak pengalaman baru yang dirasakan di usia kehamilan ini. Sebagian besar gejala kehamilan yang dirasakan mungkin terasa tidak nyaman. Jangan khawatir, karena ada beberapa tips yang dapat membantu mengatasinya.

Kembung dan heartburn

Kembung dan heartburn adalah keluhan kehamilan 35 minggu yang sangat umum dirasakan hampir semua ibu hamil. Saat ini, rahim Anda telah berkembang dan meregang hingga di bawah tulang iga Anda. Karena meregangnya rahim menjadi semakin besar, ditambah dengan pergerakan janin di dalamnya, maka organ-organ di dalam tubuh, termasuk organ pencernaan dan kandung kemih akan berdesakan. Akibatnya Anda akan merasa perut seperti terus menerus kembung, tidak nyaman dan mungkin juga mengalami heartburn (perasaan seperti terbakar di kerongkongan akibat naiknya asam lambung ke kerongkongan).

Ingin buang air kecil terus menerus

Keinginan buang air kecil terus menerus di awal kehamilan dipengaruhi oleh perubahan hormonal di dalam tubuh. Sedangkan di trimester akhir ini, karena janin sudah mulai memposisikan dirinya di depan jalan lahir, maka berat badan janin akan menekan kandung kemih dan menyebabkan Anda jadi sering merasakan ingin buang air kecil terus menerus, terutama di malam hari.

Ceroboh saat bergerak dan beraktivitas

Anda tidak sendiri bila Anda merasa sangat ceroboh di usia kehamilan 35 minggu ini, dan semua bisa dimengerti. Perubahan bentuk tubuh dan berat badan menjadi faktor utama kesulitan pergerakan. Ditambah dengan perubahan hormon yang mempengaruhi persendian dan membuatnya semakin longgar, membuat Anda menjadi kesulitan menjaga keseimbangan. Untuk mencegah persalinan sebelum waktunya, ada baiknya Anda lebih berhati-hati dalam bergerak dan beraktivitas. Minta pasangan atau anggota keluarga lain untuk menemani aktivitas Anda.

Sakit kepala yang mengganggu

Sayangnya, sakit kepala termasuk dalam keluhan kehamilan 35 minggu yang cukup mengganggu. Walaupun sempat muncul di awal trimester pertama, sakit kepala tampaknya juga akan sering menemani Anda di trimester akhir.

Sakit kepala selama kehamilan sangat dipengaruhi oleh peningkatan tekanan darah serta perubahan hormon. Gejalanya akan semakin memburuk akibat perubahan postur tubuh, gangguan tidur serta stres yang Anda alami.

Kesulitan tidur

Keluhan kehamilan 35 minggu yang satu ini dipengaruhi oleh perubahan bentuk tubuh yang mempersulit pergerakan dan menyebabkan ketidaknyamanan saat tidur. Belum lagi Anda harus beberapa kali bangun karena dorongan ingin buang air kecil.

Kombinasi dari heartburn, keringat di malam hari, keinginan buang air kecil, kecemasan maupun rasa bersemangat akan persalinan sangat mempengaruhi kualitas tidur dan menyebabkan Anda lebih sering terjaga di malam hari.

Kebosanan

Sebagian besar wanita merasa bosan di usia kehamilan 35 minggu karena tidak dapat banyak melakukan aktivitas dengan bebas seperti sebelum hamil. Kesulitan mobilitas serta gejala kehamilan lain memang cukup membatasi pergerakan dan aktivitas.

Selain keluhan kehamilan 35 minggu di atas, ada beberapa keluhan lain yang mungkin dialami seperti pembengkakan di kaki, jari atau wajah, wasir, kelelahan dan juga payudara yang terasa lunak.

Tips mengatasi keluhan kehamilan 35 minggu

ilustrasi tips mengatasi keluhan kehamilan 35 minggu
Sumber gambar

Anda hanya perlu bersabar sedikit lagi sampai waktunya persalinan nanti, sehingga berusahalah untuk mengatasi keluhan kehamilan dengan tetap bersemangat. Semoga beberapa tips ini dapat membantu mengatasi keluhan kehamilan 35 minggu.

Untuk mengatasi keluhan sakit kepala

Sakit kepala di usia kehamilan 35 minggu sangatlah mengganggu, Anda bisa mengatasinya dengan beberapa hal berikut:

  • Mengompres kepala dengan air hangat yang juga akan meredakan tegangan tinggi.
  • Dapatkan pijatan prenatal yang aman dari para ahli bersertifikasi untuk merilekskan tubuh dan juga meredakan sakit kepala.
  • Jaga kadar gula darah tetap stabil dengan makan di jam yang rutin agar tidak mudah sakit kepala.
  • Menjaga postur tubuh tetap baik.
  • Berusaha untuk tidur cukup dengan mengatur posisi yang nyaman, mungkin Anda perlu menggunakan bantal kehamilan dan juga mengatur suhu ruang tetap sejuk.
  • Hindari makanan yang memicu sakit kepala seperti coklat, keju tua, yogurt, kacang, roti beragi, sour cream.
  • Mengonsumsi pereda nyeri asetaminofen sesuai dengan yang diresepkan oleh dokter.

Untuk mengatasi keluhan kurang tidur dan gangguan tidur

Mencukupi kebutuhan tidur sangatlah penting selama kehamilan. Jika Anda kesulitan tidur maka lakukan beberapa hal berikut:

  • Jaga tubuh tetap terhidrasi dengan minum setidaknya 2 liter air setiap hari. Atur waktu minum sehingga saat tidur Anda tidak terlalu sering ingin buang air kecil.
  • Hindari makanan yang memicu asam lambung dan atur jam makan agar tidak terlalu dekat dengan jam tidur.
  • Berolahraga ringan seperti yoga atau berjalan kaki untuk menjaga metabolisme tubuh.
  • Atur suhu ruang tetap nyaman dan pencahayaan yang redup agar Anda bisa tidur dengan nyenyak.
  • Gunakan bantal kehamilan untuk menjaga posisi tubuh tetap nyaman sepanjang tidur
  • Matikan dan jauhkan semua peralatan gadget selama tidur.
  • Berusaha menjaga jadwal tidur secara konsisten.
  • Rilekskan tubuh setiap akan memulai tidur.

BACA JUGA: NIPT Test, Metode untuk Cek Kondisi Janin Sejak Dini

Untuk keluhan kehamilan 35 minggu lain yang berhubungan dengan kondisi tertentu, Anda bisa membicarakannya dengan dokter kandungan Anda dan meminta meresepkan obat untuk meredakannya, misalnya ketika Anda mengalami wasir yang tiba-tiba muncul di usia kehamilan ini. Sebaiknya juga hindari mengonsumsi sembarang obat baik obat herbal maupun obat yang dijual bebas di toko obat untuk mengatasi keluhan apapun selama kehamilan. Pastikan memeriksakan diri ke dokter dan hanya mengonsumsi obat atau suplemen yang sudah diresepkan oleh dokter saja.

Sumber:

  1. https://www.babycenter.com/pregnancy/week-by-week/35-weeks-pregnant
  2. https://www.healthline.com/health/pregnancy/35-weeks-pregnant#symptoms
  3. https://www.verywellfamily.com/35-weeks-pregnant-4159237

Temukan pengalaman baru cek kesehatan dengan mengetahui masa depanmu!

DAFTAR KONSULTASI GRATIS

Connect with us on instagram

@tanyadna.id