Lakukan Ini Ketika Keluar Gumpalan Darah Saat Hamil 6 Minggu
Kehamilan

Lakukan Ini Ketika Keluar Gumpalan Darah Saat Hamil 6 Minggu

September 11th 2022

Keluar gumpalan darah saat hamil 6 minggu bagaikan mimpi buruk bagi setiap ibu hamil. Apalagi bagi ibu hamil yang sudah lama menantikan kehadiran buah hati. Berbagai pikiran negatif menghantui pikiran, membuat perasaan tidak tenang.

Perdarahan merupakan hal yang cukup sering dikeluhkan para perempuan di awal kehamilan. Sebanyak 15-25% perempuan mengalami perdarahan pada trimester pertama kehamilan. Perdarahan ringan dan sedikit seperti flek yang kadang ditemukan di celana merupakan hal yang wajar. Akan tetapi, bila volume darah cukup banyak dan menimbulkan rasa tidak nyaman di perut bagian bawah, Anda perlu lebih waspada.

Sebenarnya apa sebab keluar gumpalan darah saat hamil 6 minggu? Apa yang harus Anda lakukan bila mengalami hal tersebut? Berikut akan dijelaskan seputar penyebab dan tindakan yang harus Anda lakukan ketika terjadi keluar gumpalan darah saat hamil 6 minggu.

Penyebab keluar gumpalan darah saat hamil 6 minggu

ilustrasi Penyebab keluar gumpalan darah saat hamil 6 minggu
Sumber gambar

Perdarahan pada masa kehamilan dibedakan menjadi perdarahan sebelum dan sesudah 12 minggu. Penyebab keluar gumpalan darah saat hamil 6 minggu tentu berbeda dengan perdarahan saat hamil 20 minggu. Perdarahan pada kehamilan muda biasanya disebabkan oleh kondisi janin dan rahim. Sedangkan, perdarahan pada kehamilan tua seringkali disebabkan kelainan pada plasenta.

Untuk mencari tahu penyebab keluar gumpalan darah saat hamil 6 minggu, terlebih dahulu Anda harus memastikan apakah itu benar hanya darah atau tidak. Terkadang, orang salah menyangka itu hanya darah, padahal juga merupakan keluarnya hasil konsepsi. Hasil konsepsi bisa berupa janin maupun plasenta.

Mengidentifikasi darah atau hasil konsepsi sangat penting untuk melakukan diagnosis. Akan tetapi, jika Anda tak dapat membedakannya, dokter yang akan melakukannya. Berikut beberapa sebab keluar gumpalan darah saat hamil 6 minggu.

Abortus (keguguran)

Abortus merupakan keluarnya hasil konsepsi melalui serviks (jalan lahir). Sebenarnya, tidak semua abortus berarti berakhirnya masa kehamilan. Ada kalanya seseorang hanya mengalami perdarahan, namun hasil konsepsi masih utuh di dalam rahim dan serviks masih menutup. Abortus seperti itu dinamakan iminens, yang berarti Anda masih bisa melanjutkan kehamilan.

Akan tetapi, bila hasil konsepsi sudah keluar (sebagian maupun seluruhnya) atau serviks sudah dalam keadaan terbuka, maka kehamilan tidak bisa lagi dipertahankan. Kondisi demikian disebut abortus insipien, inkomplit, dan komplit. Dokter akan melakukan induksi atau kuret untuk membersihkan sisa hasil konsepsi dalam rahim.

Kehamilan ektopik terganggu

ilustrasi kehamilan ektopik
Sumber gambar

Kehamilan ektopik merupakan kehamilan yang terjadi di luar rahim. Kehamilan tersebut bisa terjadi di saluran tuba hingga ke rongga perut. Semua kehamilan yang tidak berada dalam rahim merupakan kondisi yang tidak bisa dipertahankan karena hanya rahim lingkungan yang cocok untuk perkembangan janin.

Kehamilan ektopik yang terjadi di rongga perut mungkin bisa bertahan hingga besar. Akan tetapi, kehamilan pada saluran tuba atau tempat kecil lainnya lambat laun pasti akan pecah. Kondisi mengancam nyawa inilah yang dinamakan kehamilan ektopik terganggu.

Mola hidatidosa (hamil anggur)

Penderita hamil anggur biasanya merasakan mual muntah berlebihan karena tingginya hormon hCG. Hal inilah yang membuat hasil test pack tetap positif. Tak hanya itu, perut akan membesar secara tidak wajar. Pada kehamilan anggur tidak ditemukan janin sehingga tetap harus dilakukan kuret pada penderita.

Itulah kemungkinan penyebab keluar gumpalan darah saat hamil 6 minggu. Beberapa kelainan hanya dapat dideteksi dengan USG. Itulah pentingnya melakukan perawatan prenatal secara rutin. Anda juga bisa melakukan NIPT Test untuk mendeteksi kelainan kromosom pada janin.

Apa yang harus dilakukan jika keluar gumpalan darah saat hamil 6 minggu?

ilustrasi penanganan ibu hamil
Sumber gambar

Keluar gumpalan darah saat hamil 6 minggu bukan hal yang bisa diremehkan. Anda harus segera bertindak dan mengikuti langkah-langkah berikut:

Segera ke dokter

Keluarnya darah dalam jumlah banyak banyak bisa membuat Anda mengalami syok hipovolemik. Anda harus segera mendapatkan pertolongan dari dokter. Pada beberapa kondisi, pertolongan pertama yang tepat juga bisa menyelamatkan janin dalam kandungan.

Tetap tenang dan hindari meminum obat sembarangan

Kadang panik membuat seseorang bertindak gegabah dan salah. Tetaplah berusaha tenang dan sebisa mungkin berpikiran positif. Jangan sekali pun mengonsumsi sembarang obat. Beberapa jenis obat justru akan memperparah kondisi bila tidak digunakan secara tepat.

Istirahat

Setelah mengunjungi dokter, Anda harus banyak beristirahat. Jangan banyak berjalan, naik turun tangga, dan mengerjakan pekerjaan rumah tangga. Jika memungkinkan, lakukanlah bed rest selama beberapa hari sesuai anjuran dokter. Pada saat seperti ini, kerjasama dengan anggota keluarga lain sangat dibutuhkan.

Hindari aktivitas seksual sementara waktu

Hubungan seks memang boleh dilakukan pada saat hamil, namun tidak ketika Anda mengalami perdarahan. Aktivitas seks terhitung memberi beban cukup berat bagi rahim, terutama rahim yang sedang dalam masa pemulihan. Beri pengertian pada pasangan agar tidak memaksakan kehendak untuk berhubungan seks.

BACA JUGA: NIPT Test, Metode untuk Cek Kondisi Janin Sejak Dini

Itulah langkah-langkah yang harus Anda ikuti ketika keluar gumpalan darah saat hamil 6 minggu. Hendaknya Anda tidak terlalu paranoid, namun tetap harus waspada. Bertindaklah dengan setenang mungkin dan tetap berpikir secara rasional. Selalu konsultasikan segala kelainan yang terjadi pada dokter kandungan Anda.

Sumber:

  1. https://www.webmd.com/baby/guide/bleeding-during-pregnancy
  2. https://www.medicinenet.com/are_blood_clots_normal_in_early_pregnancy/article.htm

Temukan pengalaman baru cek kesehatan dengan mengetahui masa depanmu!

DAFTAR KONSULTASI GRATIS

Connect with us on instagram

@tanyadna.id