Tips Mendapatkan Kehamilan Sehat, Apa Saja?
Kehamilan

Tips Mendapatkan Kehamilan Sehat, Apa Saja?

Juni 14th 2022

Kehamilan sehat bukanlah sesuatu yang mustahil untuk dimiliki. Selama Anda mengikuti setiap arahan dokter dan menjalani gaya hidup sehat, maka Anda dan janin akan tetap sehat sampai persalinan nanti.

Sebagian orang bisa hamil seperti semudah membicarakan tentang kehamilan. Sedangkan sebagian lainnya harus menempuh berbagai cara dan program hamil untuk berhasil hamil. Bagi Anda yang sedang menjalani program hamil, tentu saja sangat berharap bahwa program kali ini bisa berhasil. Rencanakan untuk mendapatkan pemeriksaan USG untuk mengonfirmasi kehamilan dan NIPT test di trimester pertama untuk mengetahui adanya kemungkinan kelainan genetik pada bayi. Pemeriksaan USG dan NIPT test bermanfaat untuk membantu mempersiapkan kehamilan sehat dan persalinan yang lancar.

Bagaimana kehamilan sehat bisa terjadi?

ilustrasi mendapatkan kehamilan sehat
Sumber gambar

Untuk mengetahui bagaimana kehamilan bisa terjadi, maka terlebih dahulu Anda harus memahami dan mengetahui siklus kesuburan Anda. Dalam siklus kesuburan dikenal istilah ovulasi, di mana sel telur yang matang dilepaskan dari ovarium dan didorong ke bawah tuba falopi untuk dibuahi. Sel telur yang berhasil dibuahi akan menempel di dinding rahim untuk tumbuh dan berkembang di sana.

Begitu pembuahan sudah terjadi, dan sel telur yang telah dibuahi menempel di dinding rahim, Anda akan mulai merasakan tanda-tanda kehamilan. Anda mungkin akan merasakan sakit kepala, mengalami flek (pendarahan ringan), terlambat haid, sembelit, kram, nyeri pinggul, munculnya jerawat, mual dan muntah, perubahan pada payudara, hingga diare.

Kehamilan bisa dikonfirmasi dengan melakukan tes kehamilan. Tes kehamilan akan mendeteksi adanya hCG, hormon yang terbentuk hanya saat Anda hamil. Apabila tes kehamilan menunjukkan hasil negatif namun tanda-tanda kehamilan sudah terlihat, ulangi tes beberapa hari lagi karena terkadang tes kehamilan tidak bisa mendeteksi kehamilan di usia kehamilan yang masih sangat muda.

Tips menjaga kehamilan sehat hingga saat persalinan

ilustrasi tips kehamilan sehat
Sumber gambar

Untuk mendapatkan kehamilan yang sehat, ada banyak hal yang harus Anda lakukan. Sebagian mungkin pernah Anda dengar, dan sebagian lain mungkin masih asing bagi Anda. Yuk simak apa saja yang sebaiknya dilakukan demi kehamilan sehat.

Makan makanan yang sehat dan bergizi untuk mendapatkan kehamilan sehat

Lupakan apa yang dikatakan orang tentang makan untuk dua orang saat hamil. Yang jauh lebih penting bagi kehamilan sehat adalah mengonsumsi makanan yang cukup gizi dan nutrisinya untuk perkembangan dan pertumbuhan bayi. Anda juga disarankan untuk menghindari makanan yang tinggi kandungan garam, gula dan lemak yang bisa berbahaya baik bagi Anda maupun bagi janin.

Saat hamil, Anda dianjurkan untuk makan berbagai jenis sayur-sayuran dan buah-buahan beraneka warna setiap hari, yang akan membantu mencukupi kebutuhan vitamin dan mineral. Yang tak kalah penting adalah makan makanan tinggi zat besi seperti daging merah, tahu dan makanan olahan susu yang rendah lemak untuk mencukupi kebutuhan kalsium tubuh.

Anda tidak disarankan mengonsumsi terlalu banyak kafein dan harus membatasinya hingga 2 cangkir kopi atau 6 cangkir teh sehari.

Berhati-hati pula terhadap risiko keracunan makanan akibat makan makanan yang mentah dan berisiko mengandung bakteri seperti telur mentah, sayuran mentah, saus mayonaise, dan lain sebagainya.

Minum suplemen untuk kehamilan sehat seperti yang telah diresepkan dokter

Vitamin prenatal yang telah diresepkan oleh dokter seperti asam folat, kalsium dan zat besi, telah disesuaikan dengan kebutuhan dan usia kehamilan Anda. Vitamin ini penting untuk membantu perkembangan otak dan sistem saraf janin di trimester pertamanya.

Walaupun mungkin vitamin tersebut dengan mudah bisa diperoleh di toko obat atau apotek, pastikan untuk mengonsumsi sesuai yang telah diresepkan dan ditentukan dosisnya oleh dokter, ya.

Mengontrol kenaikan berat badan dengan tetap berolahraga

ilustrasi mengontrol berat bedan
Sumber gambar

Memiliki problem kelebihan berat badan dan obesitas saat hamil dapat meningkatkan risiko akan berbagai masalah kesehatan, termasuk lahir mati, kelahiran prematur, cacat lahir, tekanan darah tinggi, diabetes gestasional dan depresi. Wanita yang kelebihan berat badan akan membutuhkan perawatan ekstra serta mengurangi kemampuan untuk menyusui.

Untuk itu, amatlah penting untuk tetap aktif bergerak dan berolahraga selama usia kehamilan untuk membantu menurunkan stres, meningkatkan sirkulasi, meningkatkan suasana hati sekaligus menjaga berat badan agar tidak berlebih. Dikatakan pula bahwa aktif bergerak dan rutin berolahraga sepanjang usia kehamilan dapat meningkatkan kualitas tidur dan mencegah gangguan tidur yang sering dikeluhkan oleh ibu hamil.

Tidak harus melakukan olahraga yang berat, Anda mungkin hanya perlu berolahraga seperti berjalan kaki 15-20 menit di tempat yang teduh dan tidak terlalu panas untuk mencegah serangan panas. Olahraga lain seperti yoga prenatal atau berenang juga bisa menjadi pilihan yang baik, namun pastikan untuk membicarakannya terlebih dahulu dengan dokter Anda, sehingga tidak justru malah membahayakan kehamilan Anda.

Penting untuk diingat, selama berolahraga Anda harus mendengarkan tubuh Anda. Apabila tubuh mengindikasikan Anda harus berhenti maka berhentilah dan jangan terlalu memaksakan diri.

Senam kegel demi kehamilan sehat

ilustrasi senam kegel
Sumber gambar

Senam kegel dapat membantu memperkuat otot panggul yang akan memperlancar persalinan. Senam kegel juga efektif membantu Anda agar tidak mengalami inkontinensia (buang air kecil yang tidak disengaja) saat perut semakin membuncit di trimester kehamilan akhir.

Berhenti merokok dan hindari alkohol

Alkohol dan rokok adalah musuh besar bagi kehamilan. Apabila Anda tidak ingin membahayakan janin maka Anda harus berhenti mengonsumsi dua produk tersebut.

Menghindari asap rokok juga sangat penting agar tidak membahayakan janin, karena menghirup asap rokok dapat meningkatkan risiko komplikasi kehamilan seperti bayi prematur, keguguran, berat badan lahir rendah, sindrom kematian bayi mendadak dan kondisi kesehatan lainnya.

Menghindari paparan zat kimia berbahaya

Ada beberapa zat kimia berbahaya yang harus Anda hindari saat hamil, termasuk asap tembakau, zat kimia dari produk pembersih rumah tangga, bahan kimia dari pestisida atau pupuk, dan lain sebagainya. Bahan-bahan tersebut dapat mempengaruhi bayi ketika Anda tak sengaja menyentuh atau menghirupnya.

Menjaga tubuh menghindari stres

ilustrasi liburan
Sumber gambar

Selain kesehatan fisik tubuh, Anda juga sebaiknya tetap memperhatikan kondisi kesehatan mental saat sedang hamil. Walaupun stres saat hamil adalah sesuatu yang normal, namun Anda harus waspada dan segera mencari pertolongan apabila kehamilan menyebabkan Anda mengalami kecemasan atau depresi.

Pastikan pula Anda mendapatkan cukup istirahat dan tidur yang dapat membantu menurunkan stres.

BACA JUGA: NIPT Test, Metode untuk Mengetahui Kondisi Janin Sejak Dini

Tidak sulit bukan untuk mendapatkan kehamilan yang sehat? Jangan lupa untuk mengunjungi dokter dan memeriksakan kehamilan sesuai dengan jadwal yang telah Anda buat sehingga dokter bisa memantau pertumbuhan dan perkembangan janin di dalam rahim Anda.

Sumber:

  1. https://www.parents.com/pregnancy/my-body/pregnancy-health/healthy-pregnancy-tips/
  2. https://brighamhealthhub.org/12-ways-to-stay-healthy-during-pregnancy/
  3. https://www.healthline.com/health/pregnancy#symptoms
  4. https://www.pregnancybirthbaby.org.au/having-a-healthy-pregnancy
  5. https://americanpregnancy.org/getting-pregnant/how-pregnancy-occurs/

Temukan pengalaman baru cek kesehatan dengan mengetahui masa depanmu!

DAFTAR KONSULTASI GRATIS

Connect with us on instagram

@tanyadna.id