Begini Perkembangan Janin di Usia Kehamilan 4 Minggu
Kehamilan

Begini Perkembangan Janin di Usia Kehamilan 4 Minggu

Oktober 10th 2022

Banyak ibu hamil yang belum menyadari dirinya tengah mengandung di usia kehamilan 4 minggu. Hal ini karena belum banyak dan jelas gejala yang dirasakan pada usia kehamilan 4 minggu. Bahkan, seorang perempuan juga belum mengalami keterlambatan haid pada usia kehamilan ini.

Padahal mengetahui kehamilan sejak dini sangatlah penting. Semakin awal diketahui, semakin Anda dapat memberikan nutrisi dan intervensi yang sesuai. Hasil pemeriksaan USG pada usia kehamilan 4 minggu pun jauh lebih akurat daripada di usia kehamilan setelahnya.

Sebenarnya, pada usia kehamilan 4 minggu, janin telah menunjukkan perkembangan. Begitu pula perubahan-perubahan kecil pada tubuh ibu hamil yang kerap diabaikan. Apa saja itu? Apa saja hal yang harus dilakukan di usia kehamilan 4 minggu? Simak penjelasan berikut.

Perkembangan janin di usia kehamilan kehamilan 4 minggu

ilustrasi perkembangan janin di usia 4 minggu
Sumber gambar

Pada usia kehamilan 4 minggu, embrio baru mulai ditanamkan ke dalam rahim. Embrio yang sudah ditanamkan lalu berubah menjadi janin. Plasenta janin mulai terhubung dengan pembuluh darah ibu dan dari sana ia akan memperoleh asupan nutrisi.

Sebelum usia kehamilan 4 minggu, janin masih mendapat nutrisi dari dalam kantong kehamilan. Seiring bertambahnya ukuran janin, kebutuhan nutrisi juga semakin meningkat. Pada saat itulah plasenta mulai terbentuk sempurna dan menjalankan fungsi seutuhnya sebagai media perantara janin dan ibu.

Pada usia kehamilan 4 minggu, janin masih berukuran sangat kecil, sekitar 2mm. Bagian tubuh janin terdiri atas 3 lapisan, luar, tengah, dan dalam. Lapisan terdalam kelak akan berubah menjadi organ pencernaan, paru-paru, dan kandung kemih. Lapisan tengah kelak akan membentuk jantung, pembuluh darah, otot, dan tulang. Sementara itu, lapisan luar akan membentuk sistem saraf, mata, gigi, kulit, dan kuku.

Perubahan tubuh di usia kehamilan 4 minggu

ilustrasi perubahan tubuh di usia kehamilan 4 minggu
Sumber gambar

Meskipun tidak banyak gejala yang dirasakan pada saat kehamilan 4 minggu, namun ada beberapa perubahan yang terjadi pada tubuh ibu. Anda mungkin mengabaikan hal tersebut karena tampak samar. Berikut adalah perubahan pada tubuh ibu di usia kehamilan 4 minggu.

  • Beberapa perempuan bisa telah mengalami keterlambatan haid, namun sebagian belum mengalaminya
  • Payudara membesar dan terasa lebih lembut
  • Rasa metal seperti besi di rongga mulut
  • Mual dan muntah yang akan memburuk di pagi hari (morning sickness)
  • Sering merasa lelah
  • Keputihan yang keluar dari lubang kemaluan
  • Meningkatnya frekuensi dan urgensi untuk buang air kecil
  • Nyeri atau kram di perut bagian bawah
  • Kulit wajah menghitam akibat perubahan hormon
  • Perut kembung

Perubahan tersebut adalah sebagian dari banyak kemungkinan yang bisa terjadi pada ibu hamil. Tidak semua ibu hamil merasakan hal yang sama. Setiap kehamilan adalah proses yang unik sehingga tidak harus sama pada setiap perempuan, bahkan di setiap kehamilan pada perempuan yang sama.

Perubahan di atas rata-rata disebabkan oleh perubahan hormon selama awal kehamilan dan proses implantasi janin di dinding rahim. Sebagian ibu hamil akan merasa terganggu pada perubahan tersebut. Beberapa perubahan dapat berlangsung seterusnya hingga persalinan, namun beberapa dapat menghilang pada trimester kedua atau ketiga.

Apa yang harus dilakukan di kehamilan 4 minggu?

ilustrasi kehamilan awal
Sumber gambar

Usia kehamilan 4 minggu termasuk dalam periode emas perkembangan janin. Banyak organ penting akan mulai terbentuk pada trimester pertama kehamilan. Penelitian membuktikan bahwa penanganan kehamilan secara tepat pada trimester pertama akan memberi dampak positif pada kehidupan anak setelah dilahirkan. Hal ini termasuk dalam perilaku dan kecerdasan anak.

Anda tentu tidak ingin melewatkan periode emas ini dengan sia-sia, bukan? Berikut adalah hal-hal yang harus Anda lakukan ketika menginjak usia kehamilan 4 minggu.

Perawatan prenatal

Perawatan prenatal wajib dilakukan setidaknya sekali dalam setiap bulan. Kegiatan ini dapat dilakukan baik di bidan maupun dokter kandungan, namun setidaknya Anda pernah memeriksakan diri pada dokter kandungan. Pada trimester ketiga, perawatan prenatal akan dilakukan dalam frekuensi yang lebih sering.

Di mana pun perawatan prenatal dilakukan, setidaknya Anda wajib melakukan pemeriksaan USG di awal, tengah, dan akhir kehamilan. Pemeriksaan USG sedini mungkin memiliki akurasi lebih tinggi dalam menghitung usia kehamilan. Selain USG, Anda juga dapat melakukan tes NIPT untuk mendeteksi kelainan kromosom pada janin dalam kandungan sejak usia kehamilan 10 minggu.

Nutrisi yang seimbang

Berikan nutrisi seimbang sesuai kebutuhan janin dan tubuh Anda. Untuk mengetahui kebutuhan yang tepat, Anda dapat melakukan tes nutrigenomik. Tes nutrigenomik akan membantu Anda mengetahui makanan yang cocok bagi tubuh, yang bisa berbeda pada setiap individu.

Jangan lupa menyertakan multivitamin, kalsium, zink, dan asam folat dalam menu keseharian. Anda juga dapat langsung mengonsumsi seluruh nutrisi tersebut dalam susu atau tablet multivitamin. Sebaiknya berkonsultasilah terlebih dahulu dengan dokter kandungan mengenai apa yang akan Anda konsumsi.

Istirahat dan relaksasi

Tubuh mengemban beban berat ketika hamil. Itulah yang menyebabkan Anda akan merasa mudah lelah. Istirahat cukup dan tidurlah 8 jam sehari. Anda juga dapat melakukan relaksasi dan olahraga ringan seperti jalan kaki dan senam untuk menjaga kebugaran tubuh selama hamil.

BACA JUGA: NIPT Test, Metode untuk Cek Kondisi Janin Sejak Dini

Nah, itulah sekilas wawasan mengenai perkembangan janin di usia kehamilan 4 minggu, perubahan pada tubuh ibu hamil, serta apa saja yang harus dilakukan pada usia kehamilan tersebut. Memahami janin dan tubuh Anda sendiri sangat penting selama masa kehamilan. Dengan demikian, Anda dapat menjalani kehamilan dengan sehat, tenang, dan nyaman.

Sumber:

  1. https://www.nhs.uk/pregnancy/week-by-week/1-to-12/4-weeks/#:~:text=In%20weeks%204%20to%205,then%20later%20into%203%20layers
  2. https://www.nhs.uk/start4life/pregnancy/week-by-week/1st-trimester/week-4/

Temukan pengalaman baru cek kesehatan dengan mengetahui masa depanmu!

DAFTAR KONSULTASI GRATIS

Connect with us on instagram

@tanyadna.id