Mengenal Kalender Kelahiran Cina yang Sering Dijadikan Rujukan
Kehamilan

Mengenal Kalender Kelahiran Cina yang Sering Dijadikan Rujukan

Agustus 17th 2022

Kalender kelahiran Cina seringkali digunakan untuk memprediksi jenis kelamin janin yang ada di dalam kandungan. Uniknya prediksi jenis kelamin ini terkadang tepat dan sesuai.

Kabar tentang kehamilan selalu menghadirkan kebahagiaan tersendiri bagi pasangan maupun keluarga. Kabar berikut yang biasanya ditunggu setelah kehamilan adalah jenis kelamin bayi yang dikandung, apakah perempuan atau laki-laki.

Ada beberapa cara yang biasanya digunakan untuk memprediksi jenis kelamin bayi yang ada di dalam rahim. Sebagian cara prediksi kelamin berlatar belakang medis, seperti pemeriksaan USG, tes cairan ketuban dan juga NIPT test. Bagi Anda yang mengikuti program hamil fertilisasi in vitro atau disebut juga IVF (bayi tabung) tidak harus kebingungan memprediksi jenis kelamin bayi. Jenis kelamin bayi bahkan sudah bisa dipilih dan ditentukan sejak awal karena pembuahan dilakukan di luar rahim.

Sebagian cara lain untuk memprediksi jenis kelamin bayi tidak didasari dengan penelitian ilmiah atau bukti medis. Uniknya, cara ini juga tetap sering digunakan karena dianggap menarik, misalnya melihat bentuk perut, mengikat dan menggantungkan cincin di depan perut, dan memprediksi melalui kalender kelahiran cina.

Seperti apa memprediksi jenis kelamin bayi menggunakan kalender kelahiran Cina?

ilustrasi akurasi kalender kelahiran cina
Sumber gambar

Kalender kelahiran Cina telah digunakan lebih dari 700 tahun untuk memprediksi jenis kelamin janin. Teknik ini pertama kali ditemukan di sebuah makam kerajaan dekat Beijing. Cara penghitungannya cukup sederhana, hanya diperlukan usia ibu dan bulan pembuahan yang kemudian digunakan memeriksa data silang dalam sebuah bagan. Di dalam bagan tersebut tertera jenis kelamin bayi berdasarkan usia ibu dan bulan pembuahan.

Seberapa akurat perhitungan kalender kelahiran Cina?

Cara ini mungkin tidak 100% akurat. Dalam memprediksi jenis kelamin bayi, kalender kelahiran Cina hanya memiliki peluang keakuratan 50% saja. Pun demikian, para praktisi astrologi Cina percaya bahwa bagan kalender kelahiran Cina ini cukup baik dalam memprediksi jenis kelamin bayi. Mereka bahkan mengklaim perhitungan ini memberikan tingkat akurasi hingga 93%.

Walau tidak banyak informasi lain yang bisa ditemukan, banyak calon ibu hamil mengatakan bahwa kalender kelahiran Cina adalah prediksi non-medis terbaik untuk memberi tahu jenis kelamin bayi di dalam kandungan.

Cara memprediksi jenis kelamin bayi berdasarkan medis

ilustrasi memprediksi jenis kelamin bayi secara medis
Sumber gambar

Ada beberapa cara yang berlatar belakang medis yang digunakan untuk memprediksi jenis kelamin bayi. Cara tersebut bisa bersifat invasif maupun non-invasif, apa sajakah?

Pemeriksaan USG

Memprediksi jenis kelamin bayi dengan pemeriksaan USG relatif aman dan cukup akurat, hanya saja Anda harus menunggu sampai usia kehamilan sekitar 20 minggu sehingga memberikan hasil yang tepat.

Sebenarnya, organ kelamin bayi sudah terbentuk sejak usia kehamilan trimester pertama, namun biasanya dokter tetap merekomendasikan untuk melakukan pengecekan ketika usia kehamilan mencapai 20 minggu. Di usia kehamilan di bawah 20 minggu, klitoris dan penis bisa sangat sulit dibedakan. Dokter bisa saja membuat kesalahan prediksi jenis kelamin bayi bahkan ketika sudah melihat hasil pemeriksaan USG melalui USG 3D maupun 4D.

Prediksi jenis kelamin bayi melalui pemeriksaan USG juga tidak 100% akurat, pergerakan janin sangat mempengaruhi hasil. Sebagian janin aktif bergerak dan membuat organ kelaminnya tertutup sehingga sulit untuk dibedakan, apakah itu penis atau klitoris. Kesalahan inilah yang memungkinkan dokter keliru memprediksi jenis kelamin bayi.

Tes CVS (Chorionic Villus Sampling)

Tes CVS adalah salah satu jenis tes prenatal yang akurat dalam mendiagnosis jenis kelamin, sindrom down dan banyak kelainan genetik lainnya. Pemeriksaan ini dilakukan dengan mengambil sebagian kecil sel dari plasenta kemudian dikirim dan dianalisis di laboratorium.

CVS adalah alternatif dari tes amniosentesis (tes cairan ketuban), yang menghasilkan gambaran kromosom bayi dan juga menjelaskan jenis kelaminnya. Tes ini bisa dilakukan di usia kehamilan awal, 10 hingga 13 minggu kehamilan.

Tes ini sangat jarang dilakukan hanya untuk mengetahui jenis kelamin bayi. Biasanya, tes CVS dilakukan apabila ada risiko lebih tinggi atas masalah genetik yang kemungkinan meningkatkan risiko keguguran, komplikasi kehamilan maupun kecacatan pada bayi.

Tes Amniosentesis

Amniosentesis adalah prosedur pengambilan sampel cairan ketuban untuk diuji dan diperiksa. Cairan ketuban mengelilingi dan melindungi janin selama kehamilan, cairan ini mengandung sel-sel janin dan berbagai protein lainnya. Cairan ini memberikan informasi berharga tentang kesehatan janin, seperti kelainan genetik tertentu, kondisi paru-paru janin, jumlah cairan ketuban dan juga jenis kelamin janin.

Sama seperti tes CVS, tes amniosentesis jarang hanya digunakan untuk memprediksi jenis kelamin janin, dan lebih sering digunakan untuk kondisi yang lebih berisiko.

Berbeda dengan tes CVS, amniosentesis baru bisa dilakukan minimal di usia kehamilan 15 minggu.

NIPT test

NIPT test adalah tes prenatal non invasif yang sangat sensitif dalam mencari sindrom down dan kelainan lain pada janin, yang bisa dilakukan sejak trimester pertama kehamilan. Tes ini tidak membahayakan janin, karena dilakukan hanya dengan mengambil sampel darah ibu dan membawanya ke laboratorium untuk diperiksa.

Tes ini cukup efektif untuk mendeteksi adanya sindrom down, sindrom Edwards, sindrom patau, Sindrom Turner dan juga masalah dengan kromosom seks.

Memprediksi jenis kelamin bayi dengan cara yang menyenangkan

ilustrasi memprediksi jenis kelamin bayi
Sumber gambar

Selain memprediksi jenis kelamin bayi melalui kalender kelahiran Cina, ada beragam cara memprediksi jenis kelamin bayi yang menyenangkan.

Tes untuk memprediksi jenis kelamin bayi yang boleh dicoba misalnya seperti:

  • Tes kehamilan dengan baking soda
  • Tes kehamilan dengan menggunakan cincin
  • Tes kehamilan dengan melihat bentuk perut
  • Tes kehamilan dengan garam
  • Tes kehamilan dengan gula

Di antara jenis tes kehamilan di atas, mana yang Anda ingin coba untuk memprediksi jenis kelamin bayi Anda?

BACA JUGA: NIPT Test, Metode untuk Cek Kondisi Janin Sejak Dini

Namun, karena tidak ada latar belakang medis dan penelitian ilmiah yang mendasarinya, sebaiknya Anda tidak terlalu mengandalkannya sebagai satu-satunya prediksi jenis kelamin janin Anda. Jika Anda memang ingin mengetahui jenis kelamin janin dengan lebih akurat, sebaiknya lakukan pemeriksaan ke dokter saja.

Sumber:

  1. https://www.babycenter.com/chinese-gender-predictor
  2. https://www.whattoexpect.com/pregnancy/preparing-for-baby/chinese-gender-predictor-chart/
  3. https://www.verywellfamily.com/finding-out-the-sex-of-your-baby-2758376
  4. https://www.babycenter.com/pregnancy/health-and-safety/chorionic-villus-sampling-cvs_328
  5. https://www.mayoclinic.org/tests-procedures/amniocentesis/about/pac-20392914
  6. https://www.pregnancybirthbaby.org.au/non-invasive-prenatal-testing-nipt
  7. https://www.thebump.com/a/gender-prediction-tests

Temukan pengalaman baru cek kesehatan dengan mengetahui masa depanmu!

DAFTAR KONSULTASI GRATIS

Connect with us on instagram

@tanyadna.id